Cara Raise Hand di Google Meet

Cara Raise Hand di Google Meet

Mungkin sekarang masih banyak orang yang memanfatakan aplikasi Google Meet untuk melakukan Meeting, belajar mengajar, hingga kegiatan lain seperti webinar maupun seminar. Nah di dalam aplikasi tersebut memliki fitur Raise Hand yang digunakan untuk bertanya. Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara raise hand di Google Meet pada saat meeting simak artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Google Meet ?

Google Meet adalah sebuah aplikasi berupa video conference yang berfungsi untuk menjalankan rapat, kegiatan belajar mengajar, seminar, webinar secara online. Google Meet juga telah menjadi bagian dari Google workspace, apabila kamu menggunakan layanan premium Google workspace maka kamu akan dapat mengakses fitur tingkat lanjut dari Google Meet dan aplikasi pendukung lainnya.

Kelebihan dan Fitur Pada Google Meet

Durasi Waktu Dengan Paket Gratisan

Google Meet yang versi gratisan memberikan durasi waktu hingga 1 jam untuk 100 peserta, beda dengan aplikasi video conference seperti ZOOM yang hanya menyediakan waktu 40 menit saja. Jika kamu membutuhkan waktu yang lebih lama, kamu juga bisa upgrade ke paket premium.

Noise Cancelation

Dengan fitur Noise cancelation konferensi video jauh lebih nyaman tanpa adanya suara-suara bising di latar belakang yang menganggu akan tetapi layanan ini hanya tersedia di paket Google Workspace Enterprise saja.

Terkait:  Cara Membuat Link di Google Meet Lewat HP dan Laptop, Mudah!

Real-time Caption

Kelebihan selanjutya Google Meet bisa memunculkan teks secara otomatis berdasarkan percakapan yang terjadi dalam konferensi video karena fitur ini menggunakan teknologi speech recognition.

Dengan adanya fitur ini kamu jauh lebih mudah untuk membuat transkip rapat dan dapat bermanfaat bagi kalangan tunarungu karena mereka bisa terbantu dengan adanya fitur ini. Mereka bisa mengikuti konferensi video menggunakan teks caption yang ada dibawah layar.

Akses yang Fleksibel

Selain bisa diakses melalui aplikasi, Google meet juga bisa dikases melalui website sehingga tisak perlu menginstal aplikasi lagi. Jika kamu ingin menggunakan Google Meet melalui website kamu perlu menggunakan laptop maupun PC apabila kamu ingin menggunakna melalui perangkat mobile perlunya kamu mendownload aplikasi terlebih dahulu.

Terjamin Aman

Google pasti sangat memperhatikan kemanan informasi dan privasi bagi penggunanya, dengan adanya fitur keamanan ini google memastikan bahwa konferensi video di Google meet akan terenkripsi selain itu pemilik rapat juga memiliki kontrol penuh atas siapa saja yang boleh bergabung dalam rapat.

Fitur Raise Hand

Pada aplikasi Google Meet terdapat fitur raise hand yang bisa digunakan untuk melambaikan tangan dengan tujuan mengajukan pertanyan. Artinya kamu mengetuk tombol khusus dan host meeting ditambah peserta lain akan menerima pemberitahuan bahwa kamu telah mengangkat tangat. Lalu bagaimana cara mengangkat tangan di Google Meet? Simak dibawah ini.

Cara Raise Hand di Google Meet

Cara Raise Hand di Google Meet
Cara Raise Hand di Google Meet

Syarat Pengguna Raise Hand di Google Meet

Cara melambaikan tangan di Google Meet cukup mudah kok caranya masih sama dengan di aplikasi ZOOM. Karena fitur ini memiliki sistem kerja yang sama antara Zoom dan Google Meet. Fitur raise hand memang sangat penting karana fitur ini untuk memberikan kode kepada host.

Terkait:  Cara Google Meet Di Laptop

Caranya yaitu hanya dengan mengetuk tombol khusus yang kemudian host dan peserta lain akan menerima pemberitahuan bahwa kamu melakukan raise hand lalu ikon pop up tangan juga akan muncul dan bisa dilihat oleh semua peserta dan moderator.

Oh ya terdapat 2 syarat yang harus kamu penuhi jika ingin menggunakan fitur ini, diantaranya adalah:

  • Pertama, handphone yang kamu gunakan minimal menggunakan OS Marshmallow atau yang terupdate, kemudian untuk pengguna iPhone sistem operasinya minimal menggunakan iOS 12.
  • Pengguna mempunyai akun Google Workspace seperti education bisnis, teaching and learning upgrade, enterprise dan nonprofits. Simpelnya adalah apabila kamu menggunakan Google Meet pribadi maka kamu tidak bisa menggunakan fitur raise hand ini.

Cara Raise Hand di Google Meet Melalui PC, Andorid, dan iPhone

Apabila syarat di atas sudah kamu penuhi maka untuk langah selanjutnya adalah tinggal eksekusi. Dibawah ini adalah tutorial bagaimana cara menggunakan fitur raise hand di Google Meet, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu bisa klik layar di ponsel
  • Kemudian kamu bisa klik ikon Raise Hand maka secara otomatis ikon dari fitur tersebut akan muncul di layar peserta lain di Google Meet.
  • Lalu fitur inilah yang membuat moderator melihatmu, baru kamu bisa mengajukan pendapat atau pertanyaan.
  • Pada saat bersamaan ketika kamu menggunakan fitur ini, maka seluruh pengguna di room juga akan mendapatkan notifikasi. karena fitur ini masih bisa terlihat oleh peserta lain meskipun peserta lain mematikan mic ataupun kameranya.
  • Setelah kamu dipersilahkan, kini giliran kamu mengajukan pertanyaan atau pendapat, oh iya selain itu kamu juga bisa melakukannya melalui microfon atau menggunakan fitur chat loh.
  • Nah apabila semua sudah selesai memberikan pertanyaan maupun pendapat kamu bisa langsung untuk menghilangkan ikon tersebut dengan klik ikon Raise Hand saja maka secara otomatis ikonnya akna hilang.
Terkait:  Cara Gunakan Google Meet

Lalu Bagaimana Cara Melihat Siapa Saja yang Mengguakan Fitur Raise Hand?

Kamu pasti pernah mengalami saat bertanya tapi teman kamu juga melakukannya di waktu yang bersamaan. Ini juga dapat terjadi selama pertemuan online. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui siapa saja yang ada di dalam ruangan dan mengantre untuk menggunakan fitur ini. Berikut adalah langkah-langlah untuk antre:

  • Pertama, biasanya terdapat nama meeting yang berada di bagian atas layar nah kamu bisa klik saja.
  • Kemudian kamu akan di bawa ke halaman “About this Call”.
  • Setelah itu pada tab “People” kamu akan melihat daftar antrean yang menggunakan fitur tersebut.
  • Kamu akan melihat daftar antrean secara urut atau peserta yang lebih dulu mengeklik fitur Raise Hand tersebut akan berada di antrean paling atas.
  • Jika kamu menjadi yang keempat mengklik ikon tersebut, maka kamu berada di urutan ke 4.

Cara Menurunkan Tangan di Google Meet

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara raise hand di Google Meet maka kamu juga perlu tau bagaimana cara menurunkan tangan di Google meet. Artinya kamu juga harus tau cara menutup fitur Raise Hand di Google Meet. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Untuk cara pertama menurunkan tangan kamu di Google Meet adalah dengan mengetuk tombol Angkat tangan lagi.
  • Cara kedua kamu adalah host rapat yang berwenang untuk menurunkan tangan kamu.
  • Kemudan jika moderator menjatuhkan tangan kamu, maka Google Meet akan memberitahu kamu.

Ketersediaan Fitur Angkat Tangan di Google Meet

Raise Hand tidak tersedia di akun semua orang akan tetapi fitur ini hanya tersedia di edisi workspace sebagai Essential, Business Standard, Nonprofits, G Suite Business, Education Fundamentas, dll.

Demikianlah informasi mengenai cara Raise Hand di Google Meet, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. Jangan lupa untuk mampir di artikel sebelumnya yang membahas tentangĀ Cara Pulsa Dijadikan Saldo Gopay

Similar Posts