Cara Reapply Sunscreen

Haii siapa disini yang suka pake sunscreen?? Pasti sudah kebanyakan tau ya kegunaan sunscreen itu sangat penting akan tetapi mungkin masih aja dari kalian yang kurang memperhatikan cara reapply sunscreen dengan benar. Nah untuk itu pada kesempatan kali ini akan membahasnya secara lebih detal dan juga ga ribet. Mau tau caranya? Simak artikel ini sampai selesai ya!

Apa Itu Sunscreen ??

Sunscreen merupakan zat untuk melindungi kulit terhadap paparan sinar matahari terutama sinar ultraviolet. Zat yang berasal dari sunscreen sangat dibutuhkan bagi manusia terutama yang memiliki kulit yang sangat peka terhadap sinar ultraviolet matahari. Terutama jika kita tinggal di negara tropis yang selalu disinari oleh matahari, untuk itu sangat penting bagi kita untuk menggunakan tabir surya alias sunscreen untuk melindungi kulit kita.

Penggunaan sunscreen dapat dianalogikan sebagai filter yang menyaring paparan sinar matahari ke kulit, sunscreen memiliki kandungan SPF (Sun Protector Factor) dengan berbagai presentasi. Semakin tinggi nilai SPF nya maka semakin kuat juga perlindungannya terhadap paparan sinar matahari terutama jika aktivitas kamu berada di luar ruangan yang lama.

Manfaat Penggunaan Sunscreen

Melindungi Kulit dari Radiasi UVA & UVB

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kegunaan utama menggunakan sunscreen adalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dengan pengaplikasikan sunscreen pada wajah dan tubuh mampu memaksimalkan penyeraban vitamin D yang dihasilkan oleh sinar matahari tanpa harus takut menanggung risikoo tinggi paparan sinar UV tersebut.

Terkait:  Cara Reroll Genshin Impact

Mencegah Kulit Belang

Biasanya sering kali dijumpai permasalahan kulit masyarakat Indonesia adalah kulitnya yang belang. Misal di beberapa bagian tubuh kulit ada yang cenderung gelap dan ada yang tampak putih. Nah dengan pemakaian sunscreen yang teratur maka akan mencegah kulit yang belang.

Mencegah Penuaan Dini

Penggunaan sunscreen juga untuk memperlambat bahkan mencegah munculnya tanda penuaan pada kulit wajah. Untuk tandanya berupa keriput dan garis yang tepampang di wajah. Para peneliti juga mengatakan bahwa penuaan dini terhadap seseorang yang menggunakan sunscreen secara rutin lebih kecil dibandingkan dengan seseorang yang tidak menggunakan sunscreen secara rutin.

Membuat Kulit Lebih Sehat

Karena sunscreen memiliki kandungan berupa keratin, kolagem, dan juga elastin yang mampu menjada kulit tetap sehat dan halus. Selain itu kamu juga harus memastikan bahwa sunscreen yang kamu gunakan memiliki kandungan titanium oksida yang berguna meningkatkan atau memaksimalkan hasil dari penggunaan sunscreen yang teratur.

Dapat Melembabpkan Wajah

Wajah yang lembab akan tampak lebih sehat, karena sunscreen memiliki bahan aktif berupa HA, Aircilium, dan Ascorbyl Glucoside yang bermanfaat untuk mearik cairan dibandingkan molekulnya yang berat sehingga kulit menjadi lembab dan terhjaga seharian.

Mencegah Terjadinya Kulit yang Menggelap

Nah ternyata sunscreen juga bisa mencegah kulit yang menggelap loh, akna tetapi disini kamu harus menggunakan sunscreen yang memiliki kandungan SPF +30 karena dapat mencegah kulit yang gelap. Gunakan sunscreen setiap dua jam jika kamu memiliki kulit yang sensitif untuk menghasilkan secara maksimal.

Nah setelah kamu mengetahui beberapa kegunaan sunscreen diatas, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara reapply sunscreen secara lengkap dan tidak ribet.

Cara Reapply Sunscreen

Cara Reapply Sunscreen
Cara Reapply Sunscreen

Kenapa Harus Reapply Sunscreen ??

Alasan utama kenapa harus reapply sunscreen adalah karena kemampuannya untuk melindungi kulit dari sinar UV dapat menurun seiring berjalannya waktu. Terlebih jika kamu sering terpapar sinar matahari secara langsung, kemampuan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV lebih cepat memudar. Hal ini disebabkan karena kemampuan UV filter pada sunscreen dapat melemah ketika terus-terusan bekerja menetralisir sinar UV yang menyentuh kulit.

Terkait:  Cara Unpair Indosat

Kebiasaan yang sering memegang kulit, berkeringkat dan terkenai air dapat menggeser sunscreennya yang dapat tidak bisa melindungi kulit secara maksimal. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk mereapplu sunscreen setiap 2 jam sekali.

Bagaimana Cara Reapply Sunscreen ?

Double Cleansing

Usahakan sebelum kamu melakukan reapply sunscreen adalah dengan double cleansing minimal membersihkan wajah dari sisa makeup maupun kotoran dengan micellar water. Step ini penting loh supaya tidak terjadi penyumbatan pori-pori yang menyebabkan jerawat atau bruntusan.

Gunakan Basic Skincare

Setelah wajah kamu bersih, untuk langkah selanjutnya bisa gunakan face mist atau pelembab sebagai dasar sebelum menggunakan sunscreen. Kamu bisa menggunakan merk apapun, bisa Wardah, Emina, Azarine dll.

Aplikasikan Sunscreen

Apabila semua sudah meresap maka kamu bisa mengaplikasikan sunscreen secara merata pada seluruh wajah mulai ari pipi, area telinga, leher, dahi dengan takaran dua jari bukan dua ruas jari. Takaran ini sangat direkomendasikan oleh skin expert agar kulit terproteksi secara menyeluruh.

Nah mungkin sebagian dari kalian ada yang masih bingung bagaimana cara reapply sunscreen jika kita menggunakan makeup? Tenang-tenang dibawah ini ada penjelasannya.

Cara Reapply Sunscreen di Atas Makeup

Bagi pengguna makeup sehari-hari perlu juga untuk reapply sunscreen, tenang tidak perlu menghapus makeup kok. Caranya juga mudah, ikuti tips dibawah ini.

Siapkan Cushion Puff

Cushion Puss ini dijadikan apikator untuk mengaplikasikan sunscreen di atas makeup. Usahaka kamu punya cushion puff yang terpisah dan tidak digunakan sebagai aplikator makeup.

Aplikasikan Sunscreen dengan  Cushion Puff

Takar sunscreen sebanyak 2 jari kemudian aplikasikan menggunakan cushion puff dengan cara ditepuk-tepuk ke wajah. Inget ya hanya di tepuk-tepuk jangan di geser. Karena cara ini terkbukti ampuh buat kamu yang malas menghapus makeup tapi tetap mau reapply sunscreen.

Terkait:  Cara Sedekah Subuh untuk Wanita

Cara Reapply Sunscreen Setelah Olahraga

Ketika kamu berolahragapun sebaiknya pemakaian sunscreen tetap dilakukan terlebih jika kamu olahraga di luar lapangan. Kegiatan olahraga membuat produksi minyak dan keringat yang berlebih. Berikut adalah langkah-langlahnya:

  • Pertama, kamu perlu mencuci wajah terlebih dahulu sebelum melakukan proses reapply sunscreen.
  • Kemudian keringkan wajah dengan menggunakan tissue yang bersih.
  • Setelah wajah dirasa lebih bersih sleanjutnya kamu bisa aplikasikan toner atau hydtrating mis sebelum menggunakan sunscreen.
  • Tunggu hingga setengah kering lalu kamu bisa langsung reapply sunscreen sebanyak 2 ruas jari ke wajah. Ingat ya 2 jari bukan 2 ruas jari.

Rekomendasi Produk Sunscreen Terbaik

Emina Sun Protection

Sunscreen emina merupakan produk lokal yang banyak diminati karena mampu melindungi kulit dari sinar matahari dan harganya juga masih terjangkau.

Wardah Sunscreen Gel

Sunscreen Wardah juga terbukti ampuh untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Wardah sunscreen ini mengandung SPF 30 dengan memliki tekstur yang gel, tebal dan lengket sehingga cicik digunakan untuk tipe kulit yang kering.

Cetaphil UVA/UVB Defense

Nah sunscreen ini untuk tipe jenis kulit yang sensitif, cetaphil UVA/UVB Defense mengandung glycerin yang membuat tabir suryaini bekerja 2x lipat dibanding yang lain, selain itu dapat melembabkan sekaligus memberikan perlindungan bagi kulit. Tabir surya ini juga memiliki kandungan SPF 50+ yang baik untuk melindungi dari sinar matahari.

Nah itulah penjelasan bagaimana cara reapply sunscreen dengan benar dan tidak ribet, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. Kamu juga bisa membaca artikel sebelumnya yang membahas Cara Raise Hand di Google Meet

 

Rate this post

Related posts