Cara Screenshot Samsung A52

Samsung sudah menjadi brand smartphone berbasis Android nomor wahid di dunia. Di Indonesia, banyak penggunanya membuktikan kualitas dan performanya sangat unggul, salah satunya Samsung A52. Tak bisa dimungkiri banyak orang masih belum tahu cara screenshot Samsung A52, lho.

Kamu sebenarnya hanya perlu menggunakan tombol fisik dan langkah lainnya untuk menangkap layar bagian atau halaman yang sedang diakses. Gunanya agar kamu dapat menyimpan informasi penting tanpa mengunjungi laman tersebut kembali.

Read More

Samsung Galaxy A52 menjadi salah satu series brand smartphone asal Korea Selatan ini yang tidak kalah unggul dibandingkan pendahulunya, termasuk Samsung A22. Screenshot menjadi sesuatu yang penting bahkan tidak pernah absen dalam aktivitas seseorang saat main ponsel, lho.

Kamu pasti akan melihat dan menemukan informasi penting untuk disimpan jangka panjang. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu cari tahu cara screenshot Samsung A52 agar dapat menangkap gambar-gambar khusus dan tersimpan ke dalam galeri secara otomatis.

Cara Screenshot Samsung A52
Cara Screenshot Samsung A52

Spesifikasi Samsung A52

Samsung Galaxy A52 mempunyai spesifikasi lebih unggul dibandingkan beberapa seri HP Samsung lainnya, lho. Smartphone ini bahkan didukung fitur NFC sampai kapasitas memori lebih besar, sehingga kamu dapat menyimpan data sampai game online berukuran besar. Simak rincian informasinya melalui tabel di bawah ini:

Spesifikasi Keterangan
Body Dimensi 159.9 x 75.1 x 8.4 mm
Tahan Debu dan Air
Proteksi Gorilla Glass 5
Bobot 189 gram
Layar 6.5 inci
1080 x 2400 pixel
Super AMOLED
Refresh Rate 90Hz
Chipset & OS Qualcomm Snapdragon 720G
Android 11, One UI 3.1
GPU Adreno 618
Memori 8 GB RAM + 128 GB ROM
8 GB RAM + 256 GB ROM
Memori Eksternal hingga 1 TB
Kamera Utama Quad Camera 64 MP, f/1.8, 26mm (Wide), 12 MP, f/2.2, 123’ (Ultra Wide), 5 MP, f/2.4 (Macro), 5 MP, f/2.4 (Depth)
Perekam Video hingga 4K @ 30fps
Kamera Depan Single Camera 32 MP, f/2.2, 26mm (Wide)
Perekam Video hingga 4K @ 30fps
Baterai 4.500 mAh
Fast Charging 25 Watt
Fitur Hybrid Dual SIM
NFC
USB Type-C
Earjack 3.5mm
Game Booster
Sensor Sidik Jari dalam Layar
Harga (Saat Rilis) Rp.4,999,000 (8/128 GB)
Rp.5,399,000 (8/256 GB)
Terkait:  Cara Screenshot HP Samsung A32

Kelebihan Samsung A52

  • Kamera Berkualitas
    Samsung Galaxy A52 mempunyai OIS sebagai penstabil gambar berbasis optik yang jarang dimiliki smartphone mid range. Kinerjanya berguna meminimalisir blur, baik saat mengambil gambar maupun merekam video. Selain itu, kameranya juga berkualitas dengan lensa utama beresolusi 64 MP.
  • Speaker Stereo yang Bagus
    Smartphone ini pun didukung speaker stereo di bagian grill bawah, sedangkan sisanya menyatu dengan earpiece. Selain itu, keluaran yang dihasilkan sangat bagus dan mantap, meski tidak paling bersih dan lantang. Tapi, speaker nya mampu mengunggu beberapa ponsel kelas menengah lainnya, lho.
  • Baterai Awet
    Tak bisa dimungkiri banyak orang sempat meragukan kapasitas daya ponsel ini. Namun, Samsung A52 membuktikan dirinya sebagai salah satu smartphone yang mampu tahan lama saat dipakai seharian.

    Jika kamu memutar video offline, ketahanannya bisa menembus durasi 14 jam 2 menit dan dipakai telepon (3G) selama 36 jam 40 menit untuk sekali charge.

  • Performa Stabil
    Secara umum chipset Exynos belum sebaik Snapdragon dalam segi pengolahan grafik. Kini, Samsung sudah beralih ke chipset Snapdragon dan menerapkan pada Samsung Galaxy A52. Uji coba performanya terbilang stabil dan tangguh, bahkan tetap kencang meski dipakai untuk game online berkapasitas cukup tinggi.
  • Tampilan Keren
    Samsung A52 bukan sekadar mempunyai desain keren dan segar, namun tampilannya cukup ciamik. Panel Super AMOLED Full HD+ yang digunakan menyokong penyegaran 90Hz, sedangkan touch sampling rate 180Hz.

    Namun, siapa sangka bahwa tampilan yang dihasilkan justru bukan seperti layar 90Hz, melainkan HP Samsung dengan kualitas gambar mulus.

Kelemahan Samsung A52

  • Chipset Standar
    Snapdragon 720G bukan chipset berkualitas terbaik di dunia, sedangkan dia masih kalah dengan Snapdragon 765 serta 750 dengan skor antutu nya berkisar 300 ribuan. Selain itu, Samsung Galaxy A52 bisa dikatakan lebih responsif dibandingkan terdahulunya, A51 di mana performanya mampu dimaklumi.
  • Adaptor Kurang Mantap
    Snapdragon 720G dan One UI 3.1 bekerja sebagai manajemen daya Samsung A52. Keduanya membuat baterai 5.000 mAh ponsel ini tak mubazir. Sayangnya, adaptor yang disediakan justru tidak terlalu mantap. Di Indonesia, Samsung Galaxy A52 hanya disediakan adaptor berdaya 15 watt saja.
  • Build Quality serta Ketebalan
    Samsung A52 mempunyai tingkat ketebalan lebih membengkak dibandingkan A51, di mana ukurannya bertambah 0.5 mm dan A51 sekitar 7.9 mm. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman saat kamu sedang menggenggam ponselnya terlalu lama, khususnya saat melakukan panggilan telepon suara (voice call).
  • Warna Foto Tidak Konsisten
    Samsung A52 menghasilkan kualitas gambar setara dengan smartphone kelas menengah. Tak bisa dimungkiri kondisi tersebut membuat warna foto perlu ditingkatkan. Masalah ini bukan sekadar dialami kamera belakang, namun juga kamera depan. Fitur Auto HDR serta Scene Optimizer mampu mengatasi hal tersebut saat kamu sedang ambil gambar.

Cara Screenshot Samsung A52

Jika kamu masih belum tahu cara screenshot Samsung A52, sebaiknya ikuti dan simak pembahasan artikel ini dengan seksama. Kami telah merangkum informasi lengkapnya supaya kamu bisa mempraktikkan langsung proses menangkap layar secara cepat dan mudah.

Samsung Galaxy A52 mempunyai spesifikasi mumpuni dengan harga yang sama dengan kualitasnya, lho. Kamu bisa mendapatkannya melalui Samsung Flagship Store di seluruh Indonesia, serta buktikan hasil tangkapan layarnya sangat jelas dan jernih.

Cara Screenshot Samsung A52 dengan Assistant Menu

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting melalui HP Samsung A52 kamu.
  • Pilih menu Accessibility.
  • Klik Interaction and Dexterity.
  • Berikutnya, aktifkan fitur Assistant Menu.
  • Jika sudah diaktifkan, Assistant Menu bakal melayang pada layar ponsel secara otomatis.
  • Cari halaman yang bakal di-screenshot.
  • Buka Assistant Menu.
  • Klik Screenshot.
  • Jika muncul suara shutter dan layar berkedip, proses screenshot berhasil.
  • Terakhir, buka Gallery untuk melihat hasil tangkapan layar tadi.

Cara Screenshot Samsung A52 dengan Gestur

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting melalui HP Samsung A52 kamu.
  • Pilih menu Advanced Features.
  • Klik Motions and Gesture.
  • Pilih menu Palm Swipe to Capture.
  • Kemudian, keluar dari menu pengaturan dan cari halaman yang bakal di-screenshot.
  • Geser tangan dari kanan ke kiri untuk menangkap layar.
  • Terakhir, bila layar berkedip dan muncul suara shutter maka bisa dipastikan proses screenshot berhasil.

Cara Screenshot Samsung A52 dengan Tombol Fisik

  • Pertama, cari halaman yang akan di-screenshot melalui HP Samsung Galaxy A52 terlebih dulu.
  • Apabila sudah ditemukan, tekan tombol Power dan Volume Down dalam waktu yang sama.
  • Jika layar ponsel berkedip dan muncul suara shutter, proses screenshot bisa dipastikan berhasil.
  • Terakhir, buka Gallery untuk melihat hasil screenshot yang dilakukan tadi.

Demikian informasi tentang cara screenshot Samsung A52 yang perlu kamu tahu. Jangan lupa bagikan panduan kami di atas agar para penggunanya dapat menangkap layar dengan cepat dan mudah. Semoga bermanfaat!

Rate this post

Related posts