Cara Self Healing

Cara Self Healing, Sesuaikan dengan Kebutuhanmu

Belakangan ini sebagian besar masyarakat sedang ramai membahas istilah ‘healing’ untuk menenangkan mental dan pikirannya. Namun, bagaimana cara self healing yang benar? Secara umum proses penyembuhan diri dan mentalmu tidak bisa dilakukan sembarangan.

Kegiatan ini harus dilakukan bila kamu merasa lelah secara emosional dan fisik. Selain itu, self healing juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, asalkan kamu mampu menempatkan diri untuk menjaga emosi tetap stabil setiap hari.

Apabila kamu benar-benar merasa lelah secara emosional, sebaiknya ketahui cara menyembuhkan mental sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Kelelahan emosi tersebut biasanya disebabkan rasa cemas, sedih, gagal melakukan sesuatu dan masalah lainnya di masa lalu.

Sementara itu, self healing bahkan menjadi salah satu rahasia ampuh mengatasi gangguan psikologis seseorang, lho. Siapa sangka healing justru sedang booming dan diklaim sebagai langkah efektif supaya kamu bisa tetap sehat secara lahir dan batin, serta terhindar dari stress berlebih.

Apa itu Self Healing?

Self-healing merupakan suatu proses untuk menyembuhkan luka batin yang mengganggu emosi dan psikologis. Dalam Bahasa Inggris, self healing mempunyai arti penyembuhan diri sendiri. Beberapa orang pasti memilikimasalah dan lelah secara psikis.

Luka batin tersebut biasanya terjadi dalam jangka panjang atau pendek, serta berdampak pada aktivitas sehari-hari. Selain itu, penyembuhan diri sendiri juga bisa dilakukan dengan berbagai macam langkah sederhana seperti meditasi, yoga sampai relaksasi pernapasan di rumah.

Cara Self Healing

Cara Self Healing
Cara Self Healing

Siapa saja pasti pernah mengalami masalah yang berdampak pada aktivitas sehari-hari. Kamu harus tahu cara self healing dengan baik dan benar supaya perkara tersebut tidak bisa mengganggu fisik dan mentalmu. Healing sudah menjadi sesuatu yang sedang dibutuhkan banyak orang, apalagi era modern seperti sekarang.

Terkait:  Cara Pelaporan SPT Tahunan

Di samping itu, self healing tidak selalu identik dengan sesuatu yang menghabiskan uang banyak. Kamu bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja, bahkan di rumah sendiri untuk menjaga mental dan psikis tetap sehat.

Langkah 1: Berbicara dengan Diri Sendiri

Cara self healing pertama adalah berbicara dengan diri sendiri. Kamu bisa melihat cermin dan berkata sejujurnya pada diri sendiri. Tak bisa dimungkiri bahwa berbicara sendirian mampu melampiaskan perasaan buruk terhadap sesuatu, lho.

Apabila kamu sudah mulai memahami dan mengerti diri sendiri, lambat laun bakal muncul rasa syukur dan berterima kasih atas segalanya yang telah diberikan oleh Tuhan dalam hidupmu. Kamu bisa membuktikannya langsung untuk menyembuhkan diri sendiri dari rumah.

Langkah 2: Me Time

Me Time artinya meluangkan waktu untuk diri sendiri. Secara umum masalah yang belum tuntas berkaitan dengan keberadaan orang lain. Me Time bermanfaat membuat diri sendiri merasa lebih nyaman, rileks dan tenang.

Apabila kamu mempunyai waktu senggang cukup banyak, sebaiknya luangkan waktu untuk diri sendiri tanpa sibuk memikirkan orang lain supaya mentalmu bisa tetap sehat dan waras. Cara self healing ini membuat diri kamu sendiri menjadi pusat semua aspek kehidupan, sedangkan orang lain hanya pelengkapnya saja.

Langkah 3: Menulis

Menulis adalah cara self healing untuk mengungkapkan semua perasaan yang sedang dialami. Kamu tidak perlu memperhatikan ejaan maupun tanda baca untuk menulis ekspresif, lho. Kamu bisa menuangkan apa saja yang sedang terbesit dalam pikiranmu di atas kertas.

Tak bisa dimungkiri menulis mampu meredakan emosi dan stress. Selain itu, teknik menulis ekspresif juga bisa membantu proses penyembuhan dan memberi gambaran melalui sudut pandang lainnya, sedangkan waktu menulis yang dibutuhkan tidak lebih dari 30 menit saja.

Terkait:  Cara Mencari Jurnal Internasional

Langkah 4: Memaknai Masa Lalu

Siapa saja pasti mempunyai cerita masa lalu yang berbeda. Kisah tersebut mampu berdampak terhadap kehidupan masa kini maupun masa depan seseorang, lho. Namun, memikirkan masa lalu terlalu berlebihan juga bisa menghantui psikismu.

Ubahlah stigma masa lalu sebagai pengalaman dan guru terbaik, ambil sisi positifnya agar kamu dapat tumbuh dan berkembang menjadi pribadi lebih baik lagi. Masa lalu harus dimaknai sebagai sesuatu yang tidak boleh terjadi kembali demi menyusun kehidupan masa depan lebih indah.

Langkah 5: Berdamai dengan Situasi

Kejadian buruk mungkin meninggalkan bekas tersendiri pada benak seseorang. Kamu berhak kecewa bahkan marah akibat keadaan tersebut. Berhenti menyalahkan diri sendiri dan cobalah berdamai dengan situasi yang sudah terjadi.

Kamu harus menerima setiap situasi yang terjadi untuk mengambil hikmahnya. Tuhan tidak akan pernah menguji setiap orang di luar batas kemampuannya, sedangkan keadaan yang menimbulkan masalah akan membuatmu menjadi pribadi lebih bijak dan dewasa dalam menyikapi sesuatu dalam hidup ini.

Langkah 6: Self Compassion

Self Compassion merupakan sebuah kondisi di mana kamu harus memahami situasi emosi atas penderitaan yang sudah dialami. Cara self healing ini bermanfaat untuk menyikapi diri sendiri dengan bijak dan dewasa.

Self compassion mampu membuat seseorang meningkatkan rasa empati, kepedulian, menanggapi kejadian buruk serta berusaha membebaskan diri dari masa lalu yang menyakitkan bahkan menakutkan. Walaupun sederhana, tapi dampaknya sangat besar bagi psikis kamu di kemudian hari.

Langkah 7: Meditasi

Meditasi merupakan cara self healing selanjutnya yang dilakukan dalam suasana santai dan enang. Kamu bisa mencari cara meditasi yang benar melalui internet. Jika tidak, kamu hanya perlu meletakkan kaki di tanah, ambil napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan.

Terkait:  Cara Over Kredit Rumah

Tak bisa dimungkiri langkah sederhana tersebut mampu menyembuhkan psikis kamu, lho. Selain itu, kamu cukup melakukannya sekali sepekan dan pastikan dirimu benar-benar tidak sibuk dan jangan memikirkan sesuatu yang bukan menjadi urusanmu.

Langkah 8: Memaafkan Diri Sendiri

Jika kamu sudah melakukan langkah-langkah sebelumnya, cara self healing selanjutnya adalah memaafkan diri sendiri. Kamu mungkin sulit memaafkan diri sendiri yang disebabkan masa lalu, bahkan enggan melupakan kejadian masa lalu yang melukai hatimu.

Jangan heran seseorang mungkin kamu perlu waktu bertahun-tahun untuk menerima dan memaafkan keadaan bagi dirimu sendiri. Cara self healing ini menjadi langkah terbaik supaya emosional dan psikis kamu sembuh dan terbebas dari sesuatu yang sudah terjadi di masa lalu.

Langkah 9: Melatih Pernapasan

Cobalah untuk berbaring secara telentang, kemudian tarik napas selama 5-6 hitungan dan buang dalam jumlah waktu yang sama. Cobalah bernapas melalui dada dan hidung, selanjutnya hembuskan dari mulut. Kamu bisa mengulangi langkah yang sama sekitar 5-10 menit.

Siapa sangka berlatih pernapasan mampu menenangkan emosi dan pikiran, lho. Kamu bisa melakukannya setidaknya sehari sekali, agar emosionalmu semakin terkendali dan pikiran-pikiran buruk hilang demi mental yang lebih sehat setiap hari.

Langkah 10: Melakukan Kegiatan Positif

Cara self healing terakhir yang bisa dilakukan adalah menekuni hobi atau kegiatan positif saat waktu senggang. Kamu harus memanfaatkan waktu luang sendirian untuk mengurangi rasa sakit secara emosional yang sedang dialami.

Kamu bisa membaca buku, menonton film, berkebun, bersepeda maupun mendengarkan musik. Kegiatan-kegiatan positif tersebut mampu menolongmu atau seseorang untuk lebih bahagia dan damai terhadap dirinya sendiri, sedangkan kamu semakin semangat menghadapi hidup dengan pikiran positif.

Demikian penjelasan mengenai cara self healing yang benar untuk menyembuhkan diri sendiri. Jangan lupa bagikan artikel ini agar siapa saja dapat menghilangkan rasa sakit secara emosional untuk lebih berdamai pada dirinya sendiri. Semoga bermanfaat!

Similar Posts