Cara Aktivasi Mandiri Online

In Aktivasi, Mandiri 136 views
Bagikan Ke:

Bagaimana Cara Aktivasi Mandiri Online melalui metode yang mudah? Bisakah aktivasi mandiri online internet melalui hp? Apakah mendaftar mandiri online tanpa bank bisa dilakukan? Kita perlu tau bahwa perkembangan teknologi kian hari kian meningkat, tak cuma teknologi smartphone dan jaringan providernya saja.

Melainkan perkembangan uang yang kian lama menjadi digital pun semakin canggih. Sebagaimana kita tau bahwa bank atau tempat kita menyimpan uang juga semakin berinovasi menghadirkan beragam layanan terbaru untuk para nasabahnya. Salah satunya kita sebut saja bank Mandiri.

Bank Mandiri memiliki jutaan hingga puluhan juta nasabah yang setia untuk melakukan pembukaan tabungan rekening hingga persoalan kartu kredit dan asuransi jiwa. Sebagai contoh pembukaan buku tabungan dan rekening yang mana telah dialami oleh kebanyakan nasabah bank Mandiri.

Ketika nasabah bank Mandiri sepertimu menabung uang maka akan berbentuk buku tabungan dan rekening. Dimana rekening tabungan tersebut dapat kamu ambil sewaktu-waktu melalui mesin ATM.

Tak hanya itu, kita sebagai nasabah juga diberikan beragam kemudahan dalam bertransaksi. Bahkan sekarang ini, ketika kita butuh transfer tak perlu membutuhkan mesin ATM lagi dan bisa dilakukan dirumah. Yaitu hanya dengan mengandalkan fasilitas mobile banking dan internet banking dari bank Mandiri.

Tapi sebelum itu, untuk bisa menggunakan kedua layanan tersebut, kita diwajibkan untuk memiliki User ID dan password (kata sandi) yang nantinya dipakai untuk masuk ke akun rekening pribadi/bisnis kita.

Apa Itu User ID Di Mandiri Online?

USER ID merupakan kombinasi huruf dan angka sebanyak 6-10 karakter. Bisa diambil dari nama kamu, atau bisa juga diambil dari nama kekasihmu, bahkan mungkin bisa diambil dari alamat rumah. Sebagai contoh, User ID bisa berupa kodok2019, anita7430, melindanada1999, dan lain sebagainya.

User ID di Mandiri Online nantinya menjadi sebuah nama pengguna yang dipakai untuk login (masuk) ke akun mandiri internet banking kita. Tentu saja dibarengi dengan sebuah password (kata sandi).

Dalam hal ini, password juga berarti PIN yang artinya kita perlu memasukkan User ID dan PIN saat melakukan transaksi Mandiri Online. Nah, kamu akan membutuhkan user id dan password (PIN) saat hendak ingin bertraksaksi menggunakan Mandiri Online. Bagaimana cara mendapatkannya? Tentu saja kita harus mendaftarkan terlebih dahulu layanan Mandiri Online yang berupa internet banking dan mobile banking.

Terkait:  Cara Aktivasi Kartu XL Axiata

Apakah Daftar Mbanking Mandiri Harus Ke Bank?

Kita perlu melakukan pendaftaran untuk mendapatkan user id dan password (PIN). Kabar baiknya, sekarang ini kita dimudahkan untuk daftar m-banking dan i-banking tanpa harus ke Bank. Jadi, kita dapat melakukan pendaftaran Mandiri Online hanya dari rumah tanpa perlu mendatangi Bank Mandiri. Hanya saja, untuk proses aktivasi akun mandiri online harus dilakukan dengan mendatangi kantor cabang Mandiri terdekat.

Bagaimana? Mudah dan tidak ribet bukan memakai layanan Bank Mandiri Online? Enaknya, kita bisa memakai berbagai layanan mandiri online seperti mobile banking dan internet banking tanpa perlu repot mendatangi bank.

Apa Bedanya Internet Banking dan Mobile Banking?

Apakah kamu tau bedanya internet banking dengan mobile banking? Mudah sekali membedakannya. Internet Banking atau disebut juga i-banking adalah salah satu layanan unggulan yang ditawarkan oleh perbankan untuk memudahkan nasabah bertransaksi. Fungsinya sangat fleksibel dan kaya akan fitur, hanya saja tak bisa untuk melakukan tarik tunai.

Sedangkan, Mobile Banking atau lebih dikenal dengan M-Banking merupakan salah satu layanan dari perbankan yang hanya bisa digunakan melalui ponsel saja. Fungsi fiturnya lebih sedikit jika dibanding dengan i-banking. Bahkan, m-banking juga tidak bisa melakukan tarik tunai.

Dalam Bank Mandiri, juga ada layanan yang disebut dengan SMS Banking. Apa itu? SMS Banking juga menjadi salah satu layanan dari perbankan dimana fungsi fiturnya sangat terbatas dibanding i-banking dan m-banking. Keunggulannya, kita bisa menggunakan layanan SMS Banking tanpa perlu koneksi internet.

Cara Aktivasi Mandiri Online

Cara Aktivasi Mandiri Online

Aktivasi Mandiri Online

Langkah mengaktivasi Mandiri online bisa dilakukan secara dua tahap metode. Yakni aktivasi mandiri online (mobile app) dan internet banking.

1. Aktivasi Mandiri Mobile Banking

Untuk dapat mendaftarkan layanan Mandiri Online, kita harus melengkapi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Pastikan kamu telah:

  • Terdaftar sebagai nasabah mandiri tabungan.
    Bawa kartu identitas kamu dan kunjungi cabang Bank Mandiri terdekat untuk membuka mandiri tabungan.
  • Memiliki kartu mandiri debit.
  • Mengaktifkan fitur SMS Finansial dan memiliki MPIN.
  • Hubungi Mandiri Call 14000 atau kunjungi cabang terdekat untuk mengetahui status SMS Finansial Anda.
  • Aktifkan SMS Finansial dan buat 6 digit MPIN di cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa kartu identitas, kartu debit dan buku mandiri tabungan.

Sementara untuk nomor operator jaringan seluler yang dipakai juga harus memenuhi persyaratan dan harus sama dengan yang terdaftar pada rekening. Berikut persyaratannya.

Terkait:  Cara Aktivasi Kartu Telkomsel

Syarat Nomor dan Perangkat yang Digunakan

  • Bank Mandiri didukung oleh operator: Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren dan 3 (Tri).
  • Pastikan pulsa kamu mencukupi. Aplikasi Mandiri Online akan mengirimkan SMS untuk memverifikasi nomor Anda. Biaya akan dibebankan kepada penerima.
  • Jika smartphone kamu memiliki dual SIM, pastikan nomor yang didaftarkan berada pada SIM 1.
  • Spesifikasi minimum OS smartphone untuk Mandiri Online:
    Android: versi 5 (Lollipop) ke atas
    iOS: versi 8 ke atas

Jika semua persyaratan tersebut diatas sudah dilengkapi semuanya, tiba saatnya kita praktek untuk melakukan aktivasi Mandiri online (daftar M Banking Mandiri).

Aktivasi Mandiri Online

Untuk dapat melakukan aktivasi mandiri online, kita harus menjalankan langkahnya sebagai berikut:

  1. Download dan Install aplikasi Mandiri Online melalui Google Play atau App Store.
  2. Jika sudah terinstall dengan benar, maka langsung saja buka aplikasi tersebut.
  3. Masukkan data mandiri kartu debit. Masukkan nomor mandiri kartu debit Anda, beserta expiry date, dan tanggal lahir Anda.
  4. Verikasi Nomor Ponsel melalui SMS. Kirim SMS untuk melakukan verifikasi nomor ponsel Anda, lalu kembali ke aplikasi Mandiri Online.
  5. Tentukan User ID dan Password akun. Setelah nomor anda berhasil terverifikasi, tentukan user ID dan password yang Anda inginkan.
  6. Lengkapi Data Tambahan. Masukkan alamat Email kamu. Tambahkan gambar profil (opsional), lalu klik Buat Akun untuk melakukan perubahan data.
  7. Masukkan MPIN. Masukkan MPIN yang telah kamu buat dan aktivasi di cabang Bank Mandiri.
  8. Registrasi Selesai. Aktivasi Mandiri Online kamu telah selesai. Silakan masuk dengan menggunakan user ID dan password yang telah kamu buat.

Tips Atasi Gagal Aktivasi Mobile Banking Mandiri di Android

  • Langkah awal, masuklah ke menu Setting atau Pengaturan.
  • Scroll atau gulir layar ke atas untuk menuju ke menu Setelan Aplikasi yang ada di bawah lalu pilih opsi Perizinan.
  • Pada menu Perizinan pilihlah opsi Mulai Otomatis.
  • Lalu cek apakah aplikasi Mandiri Online sudah diizinkan otomatis. Jika belum maka sentuh bagian aplikasi tersebut untuk mendapat izin mulai otomatis.

Cara Akses Mandiri Online

Sekarang kamu telah memiliki user id dan password (PIN) yang dapat dipakai untuk mengakses Mandiri online. Bagaimana cara pakainya? Langkahnya adalah sebagai berikut.

  • 1. Akses via Mandiri Online Apps

Untuk mulai menggunakan bertraksaksi secara online, kamu bisa mendownload aplikasi mobile Mandiri Online di Google Play (pemakai smartphone android) dan App Store (pemakai smartphone iOS).

  • 2. Akses via Web Mandiri Online

Kamu juga bisa menggunakan web mandiri online untuk mulai bertransaksi. Caranya: akses Mandiri Online melalui web browser kamu di alamat URL: https://www.bankmandiri.co.id/

2. Aktivasi Mandiri Internet Banking

Cara Aktivasi Mandiri Online

Mendatangi bank Mandiri untuk melakukan aktivasi

Setelah melakukan pendaftaran mandiri online mbanking, sekarang kita praktekkan cara aktivasi Internet Banking Mandiri melalui tahapan berikut ini:

Terkait:  Cara Blokir ATM Mandiri

Tahap 1. Dapatkan ID Akses

ID Akses bisa didapatkan melalui dua metode, diantaranya:

Melalui ATM Mandiri
  • Pilih menu registrasi e-banking, kemudian ikuti instruksi yang diberikan di layar ATM Mandiri untuk membuat Access Code.
  • Buat ID akses dengan menggunakan 16 digit yang tertera di kartu debit Mandiri Anda.
  • Setelah mendaftarkan kode akses di ATM Mandiri, segera ke kantor Bank Mandiri terdekat untuk mendapatkan token, yaitu dengan cara mengisi formulir aplikasi token dan ikuti instruksi yang tercantum dalam manual penggunaan token.
Mendatangi Kantor Cabang Mandiri
  • Isi formulir registrasi e-banking di kantor cabang terdekat.
  • Setelah mendapat email dari pihak bank berupa ID Akses, selanjutnya ambil token di kantor Bank Mandiri yang dipilih.

Tahap 2. Aktivasi Token

  • Aktifkan Mandiri Internet dan token ke www.bankmandiri.co.id
  • Masukan ID akses dan kode akses yang sudah diterima dari pihak Bank setelah pendaftaran melalui ATM atau datang ke kentor cabang mandiri.
  • Buat ID pengguna Internet Banking Mandiri dan PIN, agar bisa login.

Persyaratan Pendaftaran Mandiri Internet:

  • 1. Nasabah mengisi dan menandatangani Formulir Aplikasi Internet Banking dan SMS Banking yang dapat diperoleh di cabang atau di situs Internet Bank Mandiri (www.bankmandiri.co.id).
  • 2. Menunjukkan bukti asli identitas diri yang sah (KTP, SIM, Paspor, KIMS) dan bukti kepemilikan pemegang rekening.
  • 3. Setiap perorangan pemegang rekening gabungan masing-masing harus mengisi Formulir Aplikasi Internet Banking dan SMS Banking dan memperoleh User ID dan PIN yang berbeda.
  • 4. Nasabah harus memiliki alamat email.
  • 5. Nasabah Pengguna telah memperoleh Access ID dan Access Code dari Bank untuk keperluan aktivasi di situs Mandiri Internet.
  • 6. Telah membaca dan memahami Syarat dan Ketentuan Mandiri Internet.

Sekarang kamu sudah bisa memakai layanan internet banking dan mobile banking dari Mandiri untuk mulai bertransaksi melalui jaringan internet.

Mungkin cukup sampai disitu saja ulasan mengenai cara aktivasi mandiri online internet banking dan mobile banking yang mudah dilakukan. Jangan lupa bagikan artikel ini ya gaes!

Bagikan Ke:

Tags: #Aktivasi #Aktivasi Mandiri Online #Cara Aktivasi #Cara Aktivasi Mandiri Online #I-Banking Mandiri #Internet Banking #M-Banking Mandiri #Mandiri #Mandiri Online #Mobile Banking

author
Sosok wanita karir yang mandiri. Mencoba berbagi karya melalui sebuah tulisan yang bermanfaat untuk semua.
Cara Daftar Internet Banking BCA
Cara Daftar Internet Banking BCA
Apakah kamu tengah mencari informasi mengenai cara
Cara Daftar Internet Banking BNI
Cara Daftar Internet Banking BNI
Bagaimana cara daftar internet banking bni online
Cara Daftar Internet Banking Mandiri Secara Online
Cara Daftar Internet Banking Mandiri Secara Online
Pernahkah terfikirkan olehmu untuk melakukan cara daftar
Cara Daftar Internet Banking BCA Lewat HP
Cara Daftar Internet Banking BCA Lewat HP
Cara daftar internet banking BCA lewat hp
Cara Daftar Internet Banking BRI
Cara Daftar Internet Banking BRI
Bagaimana cara daftar internet banking bri yang
Cara Daftar Internet Banking Mandiri
Cara Daftar Internet Banking Mandiri
Apakah cara daftar internet banking Mandiri tengah

Leave a reply "Cara Aktivasi Mandiri Online"

Must read×

Top
Tulung ojo di copy ya lur...