Cara Riset Kata Kunci YouTube

Cara Riset Kata Kunci YouTube
Cara Riset Kata Kunci YouTube

Salah satu cara untuk meningkatkan views sebuah konten YouTube adalah melakukan riset kata kunci. Sebagai content creator tidak hanya membuat konten yang menarik tapi juga harus tahu seperti apa konten yang dicari atau disukai pengguna YouTube. Pentingkah melakukan riset kata kunci untuk konten YouTube dan bagaimana cara riset kata kunci YouTube? Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini.

Cara Riset Kata Kunci YouTube
Cara Riset Kata Kunci YouTube

Mengapa Perlu Riset Keyword YouTube?

Para content creator YouTube perlu melakukan riset kata kunci, mengapa demikian? Berikut beberapa alasan mengapa riset keyword YouTube itu penting.

Mendapat views yang lebih banyak

YouTube dan Google hampir memiliki kemiripan dalam sistem ranking di hasil pencarian yang dilakukan oleh pengguna. YouTube juga memiliki algoritma yang dapat menentukan indikator sebuah video tersebut masuk peringkat tertinggi. Salah satu indikatornya adalah memakai kata kunci yang tepat. Kata kunci ini bisa kamu sisipkan pada judul video YouTube, pada bagian deskripsi, tag, atau lain sebagainya.

Apabila video yang kamu unggah di YouTube termasuk dalam daftar peringkat tertinggi, maka peluang untuk ditonton pengguna menjadi semakin besar. Dengan kata lain, views video juga semakin tinggi.

Mengetahui konten video yang banyak dicari target audiens

Dalam melakukan riset kata kunci, kamu akan tahu apa saja konten yang sering dicari oleh target penonton kamu. Dari sana, kamu bisa mengetahui ide-ide untuk membuat video. Karena sebenarnya algoritma platform YouTube mengedepankan pengalaman pencarian yang dilakukan oleh penggunanya.

Terkait:  Cara Nonton YouTube Tanpa Iklan (3 Metode), Cepat dan Praktis!

YouTube akan menampilkan konten-konten video yang relevan dengan kata kunci yang sering dicari audiens. Di samping itu, informasi personal pengguna juga menjadi faktor tambahan, seperti channel yang diikuti (subscribe), lokasi, riwayat pencarian, dan sebagainya.

Selain itu, riset kata kunci juga dapat memudahkan kamu menentukan prioritas konten yang harus dibuat dan diunggah terlebih dahulu.

Audiens yang di targetkan akan lebih mudah menemukan video kamu

Semakin banyak melakukan riset kata kunci yang relevan, maka semakin mudah juga konten video tersebut ditemukan oleh penonton yang kamu targetkan. Oleh karena itu, gunakanlah kata kunci yang tepat dan komunikatif sesuai dengan audiens yang ditargetkan.

Apabila kamu telah menargetkan kata kunci tertentu, maka persaingan konten video menjadi lebih kecil. Sehingga video milikmu akan dengan mudah ditemukan audiens yang mencarinya di kolom pencarian. Video yang muncul di halaman pertama pencarian YouTube memiliki peluang di-klik lebih besar terutama jika konten yang disajikan sangat menarik atau bermanfaat.

Meningkatkan subscriber

Jika video memiliki views yang tinggi, kemungkinan untuk meningkatkan jumlah subscriber juga tinggi. Contohnya saja ketika kamu mencari sebuah video tutorial atau tips dalam kolom pencarian, biasanya secara otomatis yang diklik adalah video dengan views tertinggi, bukan?

Nah, setelah menonton video kamu dan dianggap sangat menarik atau berguna bagi audiens, mereka akan secara otomatis subscribe channel kamu.

Cara Riset Kata Kunci YouTube

Berikut beberapa cara riset kata kunci YouTube yang dapat dicoba untuk meningkatkan jumlah views dan subscriber.

Menentukan Niche dan Target Audiens

Hal pertama dalam melakukan riset kata kunci YouTube adalah menentukan niche dan target audiens channel kamu. Niche yang kuat dan kamu kuasai akan memudahkan dalam menemukan topik untuk konten-konten video selanjutnya.

Terkait:  Cara Nonton YouTube di TV dengan WiFi First Media, 100% Benar!

Apabila telah menemukan niche yang pas, maka dilanjutkan dengan menentukan topik untuk channel YoTube. Misalkan channel kamu niche-nya adalah beauty, maka topik yang kamu kembangkan tentu seputar kecantikan. Salah satu topik yang bisa kamu jadikan konten adalah review produk, tutorial makeup, dan banyak lainnya.

Setelah menentukan produk atau topik untuk konten, maka bisa kamu kembangkan lagi menjadi beberapa topik yang lebih spesifik. Contohnya seperti review lipstik murah di bawah Rp20 ribu, tutorial makeup untuk kulit berminyak anti luntur, dan sebagainya. Jika merasa kurang, kerucutkan lagi menjadi topik-topik yang lebih spesifik. 

Selanjutnya, simpan daftar topik-topik spesifik tadi untuk digunakan dalam proses riset kata kunci YouTube yang lebih detail dan mendalam.

Setelah menentukan niche yang ingin digunakan dalam konten YouTube, kini tentukan siapa target audiens untuk channel kamu.

Dalam menentukan siapa target penonton yang potensial, kamu dapat memanfaatkan fitur Find My Audience. Melalui situs tersebut, kamu dapat memilih tipe penonton yang ditargetkan, yaitu in-market audiences atau affinity audiences. 

Nantinya, kamu dapat mengetahui jenis penonton yang potensial dan seperti apa profilnya. Informasi tersebut sangat penting karena dapat memudahkan kamu dalam membuat konten yang berpotensi banyak disukai dan dapat menghasilkan konversi.

Memanfaatkan YouTube Autocomplete

Cara riset kata kunci YouTube selanjutnya adalah memanfaatkan YouTube Autocomplete atau Suggestion. Cara satu ini sebenarnya sering dimanfaatkan oleh pengguna saat mencari video di kolom pencarian YouTube. Ketika kamu mengetikkan topik atau judul konten, YouTube akan secara otomatis menyarankan beberapa kata kunci populer atau paling sering dicari.

Misalkan ingin mencari video tentang review HP Samsung, nanti akan muncul beberapa kata kunci tambahan setelahnya, seperti review HP Samsung a52, review HP Samsung a53 5g, review HP Samsung a33 5g, dan banyak lainnya.

Terkait:  Cara Download Video YouTube di HP Tanpa Aplikasi

Melalui saran yang muncul, kamu tidak hanya mendapatkan kata kunci YouTube yang potensial, tapi juga topik atau ide untuk membuat video yang menarik. 

Melihat Video Terbaik dari Kompetitor

Cara lain untuk riset kata kunci YouTube yang potensial adalah mengamati video dari kompetitor. Ini bisa jadi solusi bagi yang kesulitan dalam menemukan ide konten YouTube. Kamu hanya perlu mengamati video dari YouTuber atau content creator, lalu ditiru, dan selanjutnya dimodifikasi.

Cara melakukannya adalah cari channel yang mirip dengan niche punya kamu, kemudian lihat apa saja postingan video terbaik milik mereka. Lalu, buat konten yang mirip dengan video tersebut tapi kamu modifikasi dengan lebih baik lagi.

Memperhatikan Tag Video Terpopuler

Dengan mengamati judul dan deskripsi dari beberapa video terbaik dan populer milik kompetitor, kamu bisa langsung mengetahui daftar kata kunci yang potensial. Akan tetapi, jika kamu ingin melakukan riset yang lebih mendalam, maka kamu perlu memperhatikan meta tag video mereka.

Cara melihatnya sangat mudah, yaitu pada bagian deskripsi video di YouTube, klik kanan dan klik view page source. Setelah itu, tekan sekaligus tombol CTRL + F, dan ketikkan keywords. Nantinya, kamu akan melihat kata kunci YouTube yang digunakannya.

Kata kunci tersebut bisa kamu gunakan untuk membuat atau melakukan optimasi pada konten YouTube kamu. Misalkan saja, disematkan pada bagian judul, deksripsi video, tag, atau script saat proses pembuatan.

Menggunakan aplikasi atau tool

Untuk melakukan riset kata kunci YouTube yang lebih mendalam, kamu bisa menggunakan tools atau aplikasi lain. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi dan tools untuk riset keywors YouTube, antara lain:

  • YouTube Analytics
  • vidIQ
  • Semrush’s Keyword Magic Tool
  • Google Trends’ YouTube Search Tab
  • Trending on YouTube
  • Keyword Tool for YouTube
  • Google Ads Keyword Planner
  • Ahrefs’ Keyword Explorer
  • TubeBuddy
  • Keyword.io

Nah, itulah beberapa cara riset kata kunci YouTube yang bisa kamu coba terapkan.

Related posts