Cara Sambungkan Laptop ke TV

Cara Sambungkan Laptop ke TV
Cara Sambungkan Laptop ke TV

Kamu bisa lho menonton TV di laptop jika bosan dengan tontonan yang itu-itu saja. Cara sambungkan laptop ke TV pun sangat mudah dan ada beberapa cara yang bisa dicoba.

Laptop tidak hanya digunakan untuk menyelesaikan tugas sekolah atau bekerja, tapi juga untuk lifestyle dan entertainment. Bagi sebagian orang, menonton film atau video, hingga mendengarkan musik dengan laptop sudah menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari untuk mendapatkan hiburan.

Read More

Namun, jika kamu bosan dengan kegiatan hiburan seperti itu atau ingin menikmati tontonan yang gratis tanpa berlangganan, sambungkan saja laptop kamu dengan TV. Seperti yang kita ketahui, program televisi sangat beragam dan bisa dinikmati secara gratis. Kamu bisa menggabungkan keduanya menjadi satu. Teknologi ini memungkinkan kamu yang memiliki laptop bisa menonton televisi dengan mudah. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tidak semua jenis TV bisa memanfaatkan fitur tersebut. 

Selain untuk hiburan, menyambungkan laptop ke TV juga bermanfaat untuk keperluan presentasi. Dengan cara ini, kamu tidak perlu bantuan proyektor atau lcd untuk presentasi karena cukup sambungkan laptop ke TV sehingga lebih praktis dan ekonomis.

Lantas, bagaimana cara sambungkan laptop ke TV? Simak lebih lanjut informasi selengkapnya di bawah ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Cara Sambungkan Laptop ke TV

Cara Sambungkan Laptop ke TV
Cara Sambungkan Laptop ke TV

Berikut ini beberapa cara menghubungkan laptop ke TV dengan mudah yang dapat kamu coba, antara lain:

Terkait:  Cara Hubungkan Laptop ke TV Update Januari 2024

Menggunakan Kabel HDMI

Cara pertama yang paling umum digunakan untuk menyambungkan laptop ke TV adalah dengan menggunakan kabel HDMI. Penggunaan kabel HDMI ini dapat menyajikan kualitas video dan audio yang baik saat melakukan streaming TV.

Supaya kabel ini berfungsi dengan baik, hal yang harus kamu lakukan pertama kali adalah memastikan bahwa laptop dan TV telah didukung port HDMI. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, sambungkan kabel HDMI dari laptop ke port yang ada di TV
  • Kemudian, nyalakan kedua perangkat (laptop dan TV).
  • Atur tombol input pada TV kamu dengan bantuan remote.
  • Setelah itu, layar pada laptop akan secara otomatis muncul pada TV kamu.
  • Akan tetapi, jika tidak bisa muncul secara otomatis maka kamu bisa lakukan ini. Masuk ke menu Setting, pilih menu System, tekan Display, dan pilih TV.
  • Lalu, kamu bisa atur resolusi gambar supaya sesuai dengan layar pada televisi.

Dengan Kabel VGA

Cara selanjutnya ini digunakan untuk menyambungkan laptop dan TV yang tipenya sedikit jadul atau keluaran lama. Kabel VGA mempunyai kualitas video beresolusi rendah dan tidak bisa mentransfer audio dari laptop ke televisi. Dengan kata lain, meskipun laptop telah tersambung dengan kabel VGA, maka suara televisi atau audio tetap akan terdengar dari laptop.

Adapun untuk menghubungkannya, kamu membutuhkan kabel terpisah dalam mengatasi masalah audio tersebut. Berikut ini adalah cara sambungkan laptop ke TV dengan kabel VGA, antara lain:

  • Pertama, hidupkan perangkat TV dan laptop, lalu sambungkan dengan kabel VGA dan apabila memungkinkan juga tambahkan kabel audio ukuran 3,5 mm.
  • Langkah selanjutnya, tekan tombol input pada remote
  • Lalu, pilih PC atau RGB lewat remote.
  • Akan tetapi, jika tidak bisa terhubung secara otomatis maka kamu bisa lakukan ini. Masuk ke menu Setting, pilih menu System, tekan Display, dan pilih TV.
  • Kemudian, kamu bisa atur resolusi gambar supaya sesuai dengan layar pada televisi.
Terkait:  Cara Melihat Bit Laptop

Menggunakan Kabel USB – C

Cara lain untuk menyambungkan laptop ke televisi adalah dengan menggunakan perangkat tambahan, yakni USB tipe C. Namun sebelum itu, kamu harus terlebih dahulu memastikan bahwa port TV milikmu adalah jenis port USB C supaya nantinya bisa langsung terhubung dengan lancar.

Akan tetapi, jika tidak sama jenisnya maka kamu perlu adapter tambahan supaya bisa dikonversikan ke HDMI. Adapun langkah-langkah menggunakan USB type C untuk menghubungkan laptop ke TV adalah sebagai berikut.

  • Pertama, hubungkan port USB-C laptop dan TV menggunakan kabel USB type C.
  • Kemudian, hidupkan televisi beserta laptop
  • Lalu, pilih input pada TV yang sesuai dengan menggunakan remote.

Cara Sambung Laptop ke TV tanpa Kabel

Bagaimana cara menghubungkan laptop ke TV tanpa kabel? Caranya adalah dengan menggunakan Google Chromecast. Ini merupakan adaptor yang dapat menyambungkan laptop ke TV melalui koneksi internet dan wireless atau tanpa kabel. Cara satu ini dianggap lebih modern dan praktis dibandingkan ketiga cara sebelumnya.

Untuk melakukan cara ini, kamu hanya perlu menyiapkan laptop baik Windows atau Mac serta remote TV. Kelebihan lainnya menggunakan Chromecast adalah tidak hanya bisa menonton TV di laptop, tapi juga lewat ponsel pintar berbasis Android ataupun iOS.

Akan tetapi, perangkat ini harganya cenderung lebih mahal dibandingkan HDMI, tapi kamu dapat menggunakannya untuk streaming di TV. Sedangkan cara menghubungkannya adalah sebagai berikut:

  • Setelah memiliki perangkat Google Chromecast, selanjutnya kamu download aplikasi Google Home di Play Store untuk Android atau App Store untuk pengguna iOS.
  • Kemudian, pilih menu Start
  • Lalu, kamu akan diminta untuk melakukan konfirmasi akun Google yang digunakan untuk mengakses Chromecast dan izinkan perangkat kamu untuk menggunakan lokasi serta akses supaya dapat menemukan Chromecast milikmu.
  • Selanjutnya, Google akan melakukan pemindaian lokasi untuk menemukan Chromecast.
  • Lalu, Google Home akan memverifikasi penyambungan Chromecast ke TV dengan memberikan kode unik.
  • Apabila telah selesai diatur, kini kamu buka browser Chrome di laptop dan pilih menu titik tiga yang berada di pojok kanan atas, dan klik Cast.
  • Berikutnya, pilihlah konten yang hendak ditanyakan lewat menu Sources.
Terkait:  Cara Cek Memori Laptop

Selain perangkat Google Chromecast, kamu juga bisa menggunakan Xiaomi Mi Stick yang cara kerjanya tidak jauh berbeda. Ditambah lagi, harga Xiaomi Mi Stick lebih terjangkau dibandingkan Chromecast.

Cara Sambungkan Laptop ke TV Tabung

Nah, jika televisi kamu masih menggunakan jenis TV tabung, kamu tetas bisa menyambungkannya dengan laptop. Caranya adalah dengan menggunakan Converter HDMI to AV RCA yang bisa dibeli secara offline maupun online. Berikut ini langkah-langkah menyambungkan laptop ke TV tabung dengan converter HDMI to AV RCA.

  • Pertama, siapkan kabel RCA, yaitu warna kuning, merah, dan putih, converter HDMI to AV RCA, serta kabel HDMI
  • Jika sudah siap, masukkan satu port HDMI ke laptop dan colokkan satu port lagi ke Converter HDMI to AV RCA
  • Lalu, masukkan kabel RCA ke Converter HDMI to AV RCA dan juga ke TV tabung
  • Selanjutnya, pilih tampilan AV di televisi.
  • Apabila laptop tidak menampilkan layar TV secara otomatis, maka akses menu Control Panel di laptop.
  • Pilih menu Display, klik Adjust Resolution, lalu klik opsi TV. Selesai!

Demikian lima cara sambungkan laptop ke TV yang mudah dan tidak ribet. Semoga bermanfaat!

Related posts