Cara Unreg Kartu Indosat

Kamu sedang cari artikel bagaimana cara unreg kartu Indosat? Pas banget nih, karena kali ini kami akan membahasanya secara detail dan tentunya mudah diikuti. So, simak artikel ini sampai habis ya!

Caranya cukup mudah loh, kamu dapat melakukannya melalui SMS, Telepon atau Dial Up maupun langsung ke Costumer Servicenya akan tetapi kamu harus hadal untuk nomor telepon yang akan di unreg, jika tidak tahu nomor teleponnya berapa maka kamu bisa meminta bantuan daru CS indosatnya.

Read More

Pastikan juga bahwa nomor tersebut memang sudah terdaftat dengan NIK dan Nomor KK yang kamu miliki, karena jika tidak cocok maka dengan cara apapun pasti akan gagal.

Mungkin dari sekain banyak orang memiliki beberapa alasan kenapa harus melakukan unreg dan kenapa unreg dibutuhkan. Alsan utama kenapa unreg dibutuhkan yaitu karena adanya pembatasan maksimal 3 nomor saja yang bisa terdaftar dalam satu identitas seperti KK dan NIK. Nah, apabila kamu merasa sudah mendaftarkan pada 3 nomor teleon maka kamu tidak bisa mendaftar lagi dengan identitas yang sama.

Akan tetapi kamu bisa mendaftarnya kembali dengan identitas yang kamu miliki dengan cara unreg salah satu nomor yang telah kamu daftarkan dan yang menurut kamu kartu tersebut sudah tidak layak dipakai lagi.

Pada tiap kartu pasti memiliki cara tersendiri, seperti halnya unreg Axis, unreg kartu 3, dan yang lainnya. Namun sedikit berbeda kok, jadi caranya hampir sama. Nah pada kesempatan kali ini akan membahas cara unreg kartu indosat saja.

Menkominfo telah membuat peraturan dan menungkapkan bahwa peraturan 1 NIK hanya untuk 3 nomor kartu saja, jadi jikalau kamu gonta ganti nomor lebih dari 3 kali dalam 1 NIK maka dapat dipastikan tidak bisa mengganti kartu lagi. Akan tetapi hal tersebut bisa diakali kok, yaitu dengan melakukan unreg pada salah satu nomor lama kamu.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Salah Satu Paket Indosat

Daftar Isi

Pentingkah Melakukan Unreg Pada Kartu?

Jawabanya ialah yap!! sangat penting untuk meunreg kartu karena hal ini bisa mengatasi agar identitas kamu tidak disalah gunakan orang loh dan kamu bisa mengamankan kartu untuk pengguna sayang suka pakai kartu sekali pakai lalu buang. Jadi secara garis besar, unreg kartu akan menjadi jalan kamu untuk menonaktifkan kartu tersebut selama-lamanya.

Cara Unreg Kartu Indosat

Cara Unreg Kartu Indosat
Cara Unreg Kartu Indosat

Agar bisa melindungi dan memonitoring aktivitas pada pengguna kartu SIM telepon seluler maka pemerintah telah menerapkan peraturan baru yaitu wajib untuk melakukan registrasi.

Melakukan resgistrasi cukup mudah dilakukan kok, hanya dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) maka sudah bisa bisa melakukan registrasi ke nomor baru.

Sudah sejak tahun 2019 kementrian komunikasi dan informatika (kominfo) telah mengumumkan bahwa NIK hanya bisa digunakan untuk mendaftar tidak lebih dari 3 nomor, untuk itu apabila kamu pengguna kartu Indosat kamu bisa ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

Cara Unreg Kartu Indosat Via SMS

Cara yang pertama untuk melakukan unreg kartu indosat kamu bisa melalui SMS, cara ini tergolong praktis dan mudah karena hanya dengan mengirimkan SMS ke nomor operator unreg kartu Indosat. Adapun langkah-langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Pada langkah pertama kamu bisa membuka handphone dan kartu kamu Indosat
  • Kemudian kamu bisa buka aplikasi Messengers atau SMS pada telepon seluler kamu
  • Lalu kamu bisa ketik UNPAIR#Nomor HP# yang ingin kamu unreg
  • Sebagai Contoh UNPAIR#085436782987# 
  • Selanjtunya kamu bisa kirimkan SMS tersebut ke nomor layanan unreg Indosat yaitu ke nomor 444
  • Apabila berhasil mengirimkan SMSke nomor tersebut, kamu bisa nunggu notifikasi atau balasan dari operator Indosat
  • Prosesnya tidak lama kok tidak sampai iber jam-jam melainkan membutuhkan waktu beberapa menit saja.
  • Namun apabila belum mendapatkan notifikasi balasan dari operator Indosat kamu bisa langsung menghubungi Customer Service nya saja.
Terkait:  Biaya Ganti Kartu Indosat yang Hilang

Cara Unreg Kartu Indosat Melalui Customer Service Indosat 

Kamu tidak perlu risau apabila tidak mendapatkan notifikasi balasan dari Indosat perilhal unreg kartu. Kamu cukup mendatangi gerai Indosat yang terdekat yang ada di daerahmu dan jangan lupa untuk membawa dokumen penting yang dibutuhkan untuk unreg, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan juga Kartu Keluarga (KK) serta kamu perlu menyiapkan nomor yang ingin kamu unreg.

Kemudian ketika sudah sampai di gerai Indosat kamu bisa langsung menumi Customer Service dan sertakan apa maksud dan tujuan kamu melakukan unreg pada kartu indosat yang kamu gunakan dengan menunjukkan identitas resmi dan dokumen yang dibutuhkan.

Kamu bisa menjelaskan juga apabila kamu sudah melakukan unreg melalui SMS dan belum berhasil, nanti pihak Customer Servicenya akan segera membantu dengan melakukan unreg pada kartu Indosat yang kamu gunakan.

Cara Unreg Kartu Indosat Melalui Telepon

Kamu juga bisa melakukan unpair indosat melalui telepon dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pertama kamu bisa hidupkan smartphone kamu dan pada layar smartphone kamu bisa pilih aplikasi Panggilan Telepon.
  • Kemudian kamu bisa ketik *123*4444# dan Ok atau bisa tekan tombol Call.
  • Setelah itu, pengguna bisa memilih opsi yang sudah tersedia seperti cek status, cek registrasi, cek NIK, dan hapus data registrasi (unreg).
  • Selanjutnya kamu bisa pilih opsi Unreg/hapus data registrasi dan konfirmasi dengan menekan tombol OK.
  • Lalu lanjutkan proses ini dengan mengetik angka 1.
  • Apabila proses atau cara unreg indosat melalui telepon ini sukses makan nanti akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa “UNREG” berhasil terhapus atau “UNREG nomor telah sukses”.
  • Selesai.

Cara Unreg Kartu Indosat yang Hilang

Sebenarnya cara untuk unreg kartu Indosat yang hilang sama dengan unreg kartu Indosat padaumumnya, yang terpenting bahwa kamu masih ingat nomor kartu yang akan di unreg.

Terkait:  Cara Gadai di Pegadaian

Terdapat macam alasan yang membuat seseorang untuk melakukan unreg kartu Indosat, salah satunya yaitu apabila kehilangan HP maupun perangkat seluler yang hilang. Jika tidak diketemukan kembali maka kamu bisa meminta bantuan kepada CS Indosat. Berikut langkahnya:

  • Apabila kartu kamu hilang maka kamu bisa segera hubungii CS Indosat melalui telepon (021) 30003000 untuk segera mendapatkan tindakan lanjut
  • Kemudian kamu bisa jelaskan perihal kehilangan kartu tersebut, nanti akan ditanya seperti kapan kartu hilang, lokasi dimana, siapa identitas pemiliknya. Dengan begitu kamu langsung jawab saja sejujurnya supaya prosesnya lebih cepat.
  • Jika memungkinkan kamu bisa datang ke gerai Indosat terdekat maka sangat dirasankan menggunakan cara ini dan jangan lupa untuk membawa berkas yang diperlukan seperti KK, KTP, SIM dan formulir yang digunakan ketika mendaftar kartu Indosat.

Nah demikianlah informasi mengenai cara unreg kartu indosat baik melalui SMS, melalui customer service, Telepon, maupun kartu kartu Indosat yang telah hilang. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai.

Jangan lupa untuk share, like, dan comment ya. See u!

Rate this post

Related posts