Cara Aktivasi Mobile Banking BNI

In Aktivasi, BNI 155 views
Bagikan Ke:

Sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara aktivasi mobile banking bni dengan mudah? Cara daftar m banking bni lewat hp mudah saja dilakukan dengan beberapa metode sederhana.

Mobile Banking BNI merupakah salah satu layanan dari bank BNI yang dapat kita manfaatkan untuk kepentingan bertransaksi melalui internet. Bagi nasabah lama BNI tentunya sudah tidak asing dengan layanan M Banking BNI yang satu ini. Bahkan sebagian besar dari mereka sudah sering menggunakannya terlebih untuk keperluan transfer pengiriman uang.

Namun bagaimana dengan mereka yang baru saja mendaftar jadi nasabah BNI? Apakah mereka sudah tau cara untuk bertransaksi menggunakan layanan m banking BNI ini? Mungkin, bagi nasabah baru BNI ini sudah tau layanan m banking dari BNI tapi belum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan layanan m banking ini.

Ada juga yang sudah mengetahui dari layanan m banking di bank lain, seperti misalnya Internet Banking BRI atau Mandiri Online Banking.

Nah, untuk dapat memakai layanan mobile banking BNI maka kita harus melakukan aktivasi alias pendaftaran layanan m-banking dulu. Baru kemudian kita diberikan user id dan password yang nantinya dapat dipakai untuk login ke akun M-Banking BNI kita.

Apa Itu User ID Internet Banking BNI?

Didalam setiap bank, pastinya menyediakan satu user id dan password bagi setiap nasabahnya. Karena nantinya user id ini akan dipakai untuk login dan memulai bertransaksi lewat internet. Lalu, apa itu user id?

User ID atau user name merupakan serangkaian huruf yang merupakan tanda pengenal untuk masuk dan mengakses internet. Sedangkan User ID BNI adalah identitas yang dimiliki oleh setiap Nasabah pengguna dan harus dicantumkan/diinput setiap kali mengakses BNI Internet Banking atau BNI Mobile Banking.

User ID tak akan berguna tanpa adanya sebuah PIN alias password. Untuk itulah user id selalu dikaitkan dengan sebuah password. Bila ingin menggunakan layanan BNI i-banking atau m-banking hanya dengan user id saja maka sama saja tidak akan berhasil untuk masuk ke akun. Jadi, untuk dapat menggunakan Mobile Banking BNI selain diharuskan aktivasi juga harus memakai user id dan password. Juga, diperlukan pula sebuah token yang nantinya telah disediakan oleh pihak Bank BNI.

Terkait:  Cara Aktivasi Kartu Smartfren

Apa Itu Token BNI?

BNI e-Secure atau istilah mudahnya sering kita sebut dengan Token adalah perangkat otorisasi transaksi berbentuk fisik yang dilengkapi dengan PIN untuk kegiatan transaksi BNI Internet Banking yang dapat dipunyai oleh Pengguna dengan mendatangi Kantor Cabang BNI terdekat untuk memperoleh secara instan. Token BNI inilah yang nantinya dapat kita gunakan sebagai piranti bertransaksi melalui mobile banking.

Bagaimana Cara Daftar Mobile Banking BNI?

Tak seperti bank lain, untuk melakukan pendaftaran atau registrasi BNI Mobile Banking harus dengan mendatangi kantor cabang BNI untuk nantinya mendapatkan akses ke layanan tersebut. Prosedurnya sangat mudah, kita hanya diharuskan untuk men-download dan install aplikasi BNI Mobile Banking di smartphone atau dengan mendatangi kantor cabang terdekat.

Proses aktivasinya pun tak memerlukan waktu lama. Ketika kita melakukan registrasi, nantinya akan diberikan User ID BNI Mobile Banking yang selanjutnya dapat dipakai untuk aktivasi BNI Mobile Banking.

Setelah itu, kamy tinggal download aplikasi BNI Mobile Banking dari Google Play Store atau AppStore deh. Usai terinstall, langsung buka dan jalan prosedur selanjutnya seperti berikut ini.

Cara Aktivasi Mobile Banking BNI

Cara Aktivasi BNI Mobile Banking

Aktivasi BNI Mobile Banking

Metode untuk aktivasi mobile banking BNI telah kita rangkum sebagaimana mestinya menjadi beberapa langkah yang mudah dipraktekkan. Langkah untuk aktivasi M Banking BNI adalah sebagai berikut.

Aktivasi Mobile Banking BNI Pakai Smartphone

Kita juga bisa memanfaatkan smartphone untuk melakukan aktivasi mobile banking BNI dan langkahnya adalah seperti berikut ini.

  • Buka aplikasi BNI Mobile Banking.
  • Tekan tombol Aktivasi.
  • Kemudian input/masukkan user ID BNI Mobile Banking yang sudah kita dapatkan saat melakukan registrasi tadi.
  • Input/masukkan 16 digit angka yang ada di kartu debit (kartu ATM) langsung pilih Lanjut.
  • Lalu, kita akan dibawa ke layar berikutnya dengan instruksi Kirim SMS OTP.
  • Silakan tekan/pilih tombol tersebut, secara otomatis BNI akan mengirimkan 4 digit kode melalui SMS ke nomor smartphone yang telah kita daftarkan saat registrasi tadi.
  • Masukkan 4 digit kode tersebut ke dalam kotak yang tertera pada menu BNI Mobile Banking.
  • Selanjutnya pilih/tekan Lanjut. (Jika mungkin tak menerima SMS, ada kemungkinan nomor smartphone yang kamu daftarkan tadi salah. Apabila seperti itu, lakukanlah perbaikan atau perubahan data di Kantor Cabang BNI terdekat).
  • Selanjutnya, kita diminta untuk membuat Mobile Banking PIN (MPIN) dan Password MPIN (terdiri dari 6 digit angka). Harap diingat dengan baik MPIN ini, karena ini yang selalu dipakai untuk login akun. Tips dari kami, kamu bisa menyamakan MPIN dengan PIN ATM agar dapat diingat dengan mudah. MPIN juga berbeda dengan Password Transaksi. Dimana nantinya Password Transaksi akan selalu dibutuhkan setiap kita akan melakukan transaksi perbankan. Password Transaksi terdiri dari kombinasi angka dan huruf. Harap selalu diingat juga akan password transaksi kita. Jika perlu, bisa disimpan ditempat lain yang dianggap paling aman.
  • Usai buat MPIN dan Password Transaksi, langsung saja pilih/tekan Lanjut.
  • BNI Mobile Banking kamu telah aktif dan dapat digunakan untuk bertransaksi dan memanfaatkan fitur lain yang tersedia.
  • Untuk login kembali ke BNI Mobile Banking, kita cukup membuka aplikasi dan kemudian memasukkan User ID beserta MPIN yang sudah dibuat tadi.
Terkait:  Cara Daftar Internet Banking BCA Lewat HP

Aktivasi SMS Banking BNI

Cara Aktivasi Mobile Banking BNI

Proses Aktivasi SMS Banking BNI

Masih tentang mobile banking BNI, SMS banking BNI ini juga sangat berkaitan dan dapat kita manfaatkan saat sedang offline atau tidak ada koneksi internet. Karena layanan ini hanya membutuhkan fitur SMS untuk mulai bertransaksi.

Untuk aktivasinya, kita bisa melakukan pendaftaran SMS Banking BNI melalui kantor cabang terdekat dan ATM BNI terdekat.

Pendaftaran SMS Banking BNI melalui ATM

Langkahnya adalah seperti berikut:

  • Datangi ATM terdekat dengan wilayahmu.
  • Setelah sampai ATM, masuklah dan pastikan tidak ada hal yang mencurigakan didalam ATM.
  • Setelah dipastikan aman, mulailah dengan memasukkan kartu ATM BNI kamu.
  • Masukkan password ATM seperti biasa.
  • Carilah menu Registrasi e-channel.
  • Lanjutkan dengan memilih SMS Banking BNI
  • Lalu masukkan nomor handphone yang akan digunakan untuk melakukan transaksi SMS Banking.
  • Buat PIN baru untuk SMS Banking BNI. Perlu diperhatikan bahwa PIN SMS Banking BNI berbeda dengan PIN ATM ya. Meskipun sebenarnya dapat dibuat menjadi sama, tapi sangat disarankan untuk membedakannya.
  • Proses selanjutnya tunggulah hingga mesin ATM mengeluarkan struk bukti registrasi SMS Banking BNI.
  • Cek juga ponselmu, ada SMS masuk dari 3346 yang menyatakan bahwa registrasi telah berhasil dilakukan.

Pendaftaran SMS Banking BNI melalui Kantor Cabang Terdekat

Kamu juga bisa melakukan pendaftaran SMS Banking BNI dengan mendatangi kantor cabang BNI terdekat. Lalu, jalankan langkah berikut ini.

  • Datangilah kantor BNI sembari membawa kartu identitas seperti KTP, paspor, ataupun SIM.
  • Bawa juga buku tabungan dan kartu ATM sebagai bukti lain pemilik rekening.
  • Masuklah ke bank BNI maka kamu akan disambut oleh satpam. Tenang, sampaikan saja bahwa kamu ingin melakukan pendaftaran SMS banking BNI. Selanjutnya akan langsung diberikan nomor antrian.
  • Antrilah dengan sabar. Kamu juga bisa membuka sosmed atau update status sembari menunggu nomor urut antrianmu dipanggil. 😀
  • Setelah tiba antrianmu, maka kamu akan berhadapan dan langsung disambut dengan ramah oleh mbak2 cantik atau mas2 ganteng yang sering disebut dengan customer service.
  • Sampaikan keluhanmu bahwa kamu ingin melakukan pendaftaran SMS Banking BNI.
  • Mbak2 atau Mas2 customer service tersebut akan membantu permasalahanmu hingga selesai.
  • Ohya, satu lagi lur. Sebelum mendatangi bank, pastikan kamu punya pulsa yang cukup karena nantinya dipakai untuk melakukan aktivasi.
  • Oke selesai. SMS Banking BNI kamu sudah aktif dan dapat digunakan.
  • Pulanglah dengan hati-hati dijalan. Bila perlu, cium tangan sama customer servicenya, hihi
Terkait:  Cara Aktivasi LinkAja (TCASH)

Format Perintah SMS Banking BNI

Jenis Transaksi Format SMS Contoh
Cek Saldo SAL SAL
Cek Transaksi Terakhir HST HST
Isi Ulang Pulsa TOP <spasi> No. HP <spasi> NOMINAL TOP 081234567899 25000 (nominal pulsa minimal Rp25.000 lalu kelipatannya ditulis tanpa titik).
Isi Ulang PLN Prabayar TOP <spasi> PLN <spasi> ID PELANGGAN/NO.METER <spasi> NOMINAL TOP PLN 123456789 50000
Transfer Uang ke Sesama BNI TRF <spasi> NO.REKENING <spasi> NOMINAL TRF 0123456789 100000 ( nominal uang juga ditulis tanpa titik).
Transfer Uang ke Bank Lain TRF <spasi> ANTARBANK <spasi> KODE BANK+NO. REKENING <spasi> NOMINAL TRF ANTARBANK 002012345678912345 100000 (002 merupakan kode BRI, 012345678912345 merupakan nomor rekening. 100000 merupakan nominal uang Rp100.000,00).
Bayar PLN Pascabayar PAY <spasi> PLN <spasi> NO. PELANGGAN PAY PLN 123456789
Tagihan Kartu Kredit BNI TAG <spasi> BNI <spasi> NO. KARTU KREDIT BNI
Tagihan Listrik PLN TAG <spasi> PLN <spasi> NO. LANGGANAN
Tagihan Telkom TAG <spasi> TELKOM <spasi> 4 DIGIT KODE AREA + NO. TELEPON
Perlu Bantuan HELP

Sebagai saran untuk kenyaman bertransaksi, kami menyarankanmu untuk menghapus setiap pesan setelah bertransaksi SMS Banking BNI. Mulai dari sms terkirim hingga sms balasan kami sarankan agar dihapus saja. Untuk antisipasi jika suatu saat nanti smartphone kita dipegang orang lain agar tidak diketahui siapapun.

Yak, cukup sekian saja pembahasan mengenai cara aktivasi mobile banking BNI melalui dua metode yang mudah dilakukan. Selanjutnya jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman ya gaes!

Topik Terkait:

  • aktifasi mbangkin gmail
Bagikan Ke:

Tags: #Aktivasi #Aktivasi Mobile Banking BNI #BNI #Cara Aktivasi #Cara Aktivasi Mobile Banking #Cara Aktivasi Mobile Banking BNI #I Banking BNI #Internet Banking BNI #M Banking BNI #Mobile Banking BNI

author
Sosok wanita karir yang mandiri. Mencoba berbagi karya melalui sebuah tulisan yang bermanfaat untuk semua.
Cara Daftar Internet Banking BNI
Cara Daftar Internet Banking BNI
Bagaimana cara daftar internet banking bni online
Cara Daftar Internet Banking Mandiri Secara Online
Cara Daftar Internet Banking Mandiri Secara Online
Pernahkah terfikirkan olehmu untuk melakukan cara daftar
Cara Daftar Internet Banking BCA Lewat HP
Cara Daftar Internet Banking BCA Lewat HP
Cara daftar internet banking BCA lewat hp
Cara Daftar Internet Banking BRI
Cara Daftar Internet Banking BRI
Bagaimana cara daftar internet banking bri yang
Cara Daftar M Banking BNI
Cara Daftar M Banking BNI
Cara daftar m banking BNI lewat hp
Cara Aktivasi LinkAja (TCASH)
Cara Aktivasi LinkAja (TCASH)
Sudah taukah kamu bahwa Tcash telah berubah

Leave a reply "Cara Aktivasi Mobile Banking BNI"

Must read×

Top
Tulung ojo di copy ya lur...