Cara Upgrade RAM Laptop

Ingin upgrade RAM di toko komputer takut biayanya membengkak ? Tenang bestie, kamu bisa upgrade RAM laptop dengan mandiri kok. Mau tau caranya? Simak artikel ini karena akan membahas cara upgrade RAM laptop mandiri dengan mudah.

RAM (Random Access Memory) merupakan penyimpanan sementara berbagai program yang ada di dekstop ataupun laptop. Apabila semakin tinggi RAM di perangkat kamu maka semakin kecil kemungkinan perangkat tersebut mengalami lagging saat menjalankan berbagai macam program yang berat.

Cara Menambah RAM Laptop Secara Mandiri

Cara upgrade RAM laptop secara mandiri ini bisa kamu gunakan apabila RAM kamu mengalami kerusakan, lemot dan perlu melakukan penggantian. Semisal RAM kamu tidak rusak maka kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat dengan menambah RAM, seperti mengaktifkan konfigurasi Dual Channel atau Quad Channel, dapat melakukan multi-tasking lebih banyak dan bisa membuat laptop lebih responsive cepat.

Syarat Menambah RAM pada Laptop

Sebelum menambah RAM, kamu perlu memperhatikan syaratnya. Kan sayang banget semial kalau sudah beli RAM baru tapi laptop kamu tidak ada slot yang kosong. Untuk itu kamu bisa memperhatikan syarat-syarat penting yang wajib kamu penuhi sebelum menambah RAM laptop:

Terdapat Slot Kosong

Jadi produsen laptop pasti menggunakan RAM onboard yang mana RAM tersebut telah disolder sehingga menempel secara permanen di motherboard. Karena mungkin dari beberapa produsen berfikir bahwa calon pembeli akan tergiur untuk mengganti laptopnya dengan laptop baru apabila laptop lamanya sudah lemot karena alesan RAM yang kecil.

Terkait: Cara Upgrade Kartu XL

Hal tersebutlah yang tidak bisa mengganti RAM dengan kapasitas yang lebih besar, namun masih ada kok beberapa tipe laptopyang menyediakan slot RAM tambahan. Untuk itu kamu cek terlebih dahulu slotnya.

Cek Terlebih Dahulu Kompatibilitas

Setiap slot memiliki jumlah maksimum kapasitas RAM yang bisa ditampung, untuk itu jangan sampai kamu membeli 1 keping RAM 8GB untuk dipasang di slot yang bisa menampung RAM 2GB.

Nah ketika hendak membeli sebuah laptop, kamu tau terlebih dahulu slot RAM yang kamu miliki, entah itu DDR2, DDR3, maupun DDR4, karena masing-masing memiliki pin yang berbeda sehingga harus sesuai.

Memiliki RAM yang Sama

Pada setiap keping RAm itu memiliki tipe yang berbeda-berda tergantung dari pasitas, merk, dan transfer rate. Apabila laptop memiliki 2 slot RAM ataupun lebih maka pastikan bahwa kamu engisi tiap slot dengan keping RAM yang setipe.

Karena hal ini sangat berkaitan dengan kinerja RAM yang digunakan di laptop. Dengan 2 keping RAM yang memiliki kuruan, merke, maupun transfer rate berbeda membuat laptop kamu gak bekerja secara optimal.

Setelah kamu memahami persyaratan diatas dan hendak mengupgrade RAM laptop secara mandiri, kamu bisa simak penjelasan di bawah ini.

Cara Upgrade RAM Laptop

Cara Upgrade RAM Laptop
Cara Upgrade RAM Laptop

Cara Upgrade RAM Laptop Secara Mandiri

Kamu bisa melakukan upgrade Ram laptop sendiri bakal menghemat bujet loh, namun kamu juga perlu ketelitian jika hendak menggunakan cara ini atau kamu juga bisa langsung bawa ke tukang service komputer yang ada di kotamu, tapi ya itu siapkan bujet yang lebih.

Untuk langkah-langkahnya kamu bisa simak di bawah ini:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah “Membeli RAM” kamu bisa membeli RAM baru maupun bekas, dan pastikan bahwa ketika kamu membeli RAM harus sesuai dengan laptop kamu.
  • Kemudian kamu bisa membongkar laptop secara hati-hati, pasalnya setiap membongkar laptop itu berbeda-beda sesuai jenis laptop yang kamu gunakan.
  • Jika sudah berhasil membongkar laptop, selanjutnya kamu cari dan temukan “Slot RAM” yang berwarna hijau, tenang aja nanti ada tulisannya kok.
  • Setelah itu kamu bisa “Pasang RAM” dengan posisi miring sambil ditekan masuk. Oh ya pastikan bahwa semua bagian logam pin masuk ke dalam slot RAM ya dan pastikan juga slot RAM tersebut tidak keras atau tidak ada yang mengganjal.
  • Apabila dirasa sudah pas selnajutnya kamu bisa “Kunci RAM” dengan benar, biasanya ketika kamu mengunci RAM dengan baik maka akan timbul suara “Klik”. Pastikan juga pada bagian ini tidak keras dan tidak ada bagian yang mengganjal.
  • Langkag terakhir, kamu bis bisa rakit laptop kembali dan nyalakan laptop serta gunakan laptop seperti biasa.
  • Selesai deh, mudah bukan??
Terkait: Cara Upgrade OVO Premier Lewat Tokopedia

Masalah Umum Ketika Menambahkan RAM Pada Laptop

Terkadang ada masalah ketika kamu menambahkan RAM di laptop meskipun kamu sudah mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar atau bahkan laptop kamu malah gak bisa nyala sama sekali.

Namun tenang aja teman-teman, tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini juga membahas beberapa permasalahan yang biasa ditemui dan tentu ada solusinya. Simak sebagai berikut ya!

Latop Tidak Mau Menyala dan Berbunyi Beep

Biasanya masalah yang sering dijumpai pada saat menambahkan RAM yaitu membuat laptop tidak mau nyala dan menimbulkan bunyi Beep, bunyi beep umumnya berbeda-beda aya yang berbunyi 4 kali bahkan 5 kali itu tergantung merk latop masing-masing. Untuk itu kamu bisa melakukan solusi sebagai berikut:

  • Pertama, kamu dapat melepaskan RAM terlebih dahulu lalu cobalah di laptop lain.
  • Kedua, kamu juga bisa mencoba untuk membersihkan pin RAM dengan penghapus karet, biasanya masalah ini terjadi karena RAM tidak terdeteksi ataupun rusak.

BSOD (Blue Screen of Death)

Jika terjadi BSOD (Blue Screen of Death) merupakan masalah yang cukup kompleks karena memang BSOD ini beragam banyak jenisnya. Salah satunya juga bisa dikarenakan penambahan atau penggantian RAM ini.

Nah apabila kamu menemui masalah ini, kamu dapat melakukan beberapa cara yang ada dibawah ini:

  • Pertama, kamu bisa coba bongkar lalu pasang perlahan kembali dan pastikan bahwa semuanya terpasang dengan baik.
  • Lepaskan RAM lalu kamu bisa coba terdahulu di laptop lain dan pastikan juga RAM berjalan dengan baik.
  • Lepaskan RAM terdahulu, lalu kamu juga bisa coba untuk membersihkan RAM di bagian pin RAM dengan penghapus, terutama bagi kamu yang memakai RAM bekas.
Terkait: Biaya Ganti Keyboard Laptop

Konfigurasi 2 Channel Yang Tidak Aktif

Dengan mengaktifkan konfigurasi Dual Channel maka RAM kamu akan memiliki channel bandwith yang jauh lebih luas, artinya bisa jauh lebih cepat dan responsif. Namun ketika sata penambahan RAM dan Dual Channel tidak atif maka hal ini biasanya terjadi pada laptop yang memiliki 4 slot RAM.

Untuk itu usahakan ketika memasang RAM tidak berdekatan, misal slot 1 dan slot 3. Kamu bisa coba pasang RAM hanya pada slot merah saja.

Demikianlah cara upgrade RAM laptop secara mandiri dan lengkap, jika dilihat secara garis besar caranya hampir enggak mudah sekali. Intinya kamu perlu mengetahui cara membongkar laptop kamu dengan benar.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai, apabila kamu berkenan untuk membaca artikel sebelumnya kamu bisa klik linkCara Upgrade OVO

Sampai jumpa di artikel selanjutnya! See u!

Related posts