Cara Refund Tiket Kereta Api

Cara Refund Tiket Kereta Api

Terkadang sudah merencanakan untuk pergi bahkan telah membeli tiket kereta api, bus, pesawat, atau mungkin kapal tapi tiba-tiba ada hal yang tidak bisa ditinggal dan terpaksa harus membatalkannya. Sebagian besar dari kita pernah mengalami hal demikian, bukan? Artikel ini akan mengulas khusus bagaimana cara refund tiket kereta api lengkap dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Cara Refund Tiket Kereta Api
Cara Refund Tiket Kereta Api

Syarat dan Prosedur Refund Tiket Kereta Api

PT KAI memperbolehkan para calon penumpang kereta api untuk membatalkan atau refund tiket. Namun, ada syarat dan prosedur yang harus dijalani oleh para penumpang yang ingin melakukan pembatalan. Berikut ini syarat dan ketentuan dari PT KAI terkait prosedur pembatalan atau refund tiket kereta api.

  1. Calon penumpang mengajukan permohonan pembatalan tiket atau refund paling lambat adalah 30 menit sebelum jadwal keberangkatan pada stasiun yang tertera. Selain itu, hanya penumpang yang tercantum pada tiket yang dapat mengajukan pembatalan tersebut.
  2. Wajib menyertakan surat kuasa bermaterai dari calon penumpang apabila diwakilkan ke orang lain.
  3. Pemilik tiket harus menyertakan fotokopi bukti identitas atau surat kuasa pembatalan apabila tiket yang dibatalkan terdiri dari lebih dari satu penumpang dengan kode booking atau pemesanan yang sama.
  4. Calon penumpang yang mengajukan refund harus mengisi formulir pembatalan dan menerima kembali formulir refund tembusan sebagai bukti ketika mengambil biaya refund (tunai).
  5. Untuk prosedur refund biaya tiket akan dilakukan setelah 30 hari secara tunai di stasiun tertentu atau transfer. Pada saat pengambilan biaya refund tiket, pelanggan harus menunjukkan formulir pendaftaran tembusan beserta identitas asli.
  6. Pembatalan tiket dikenai biaya sebesar 25% dari harga pembelian tiket kereta api.
  7. Apabila formulir pembatalan hilang, maka penumpang yang ingin mengajukan permohonan pembatalan tiket harus melampirkan surat keterangan hilang dari Kepolisian ketika pengambilan biaya pembatalan atau refund.
Terkait:  Cara Mengembalikan Akun Facebook

Cara Refund Tiket Kereta Api

Untuk mengajukan permohonan pembatalan tiket, penumpang kereta api bisa melakukannya secara online maupun offline. Lantas, bagaimana tata cara refund tiket kereta api? Berikut tutorial selengkapnya.

Cara Refund Tiket Kereta Api secara Online 

Berikut tutorial permohonan pembatalan tiket kereta api secara online, antara lain:

  • Langkah pertama, buka aplikasi KAI Access di smartphone. Apabila belum memiliki aplikasi tersebut, maka kamu harus menginstalnya terlebih dahulu.
  • Setelah itu, masuk ke menu Tiket dan pilih opsi Kode Booking untuk tiket yang ingin dibatalkan.
  • Kemudian, klik Pembatalan
  • Selanjutnya, baca dan pahami ketentuan yang berlaku
  • Jika sudah, beri tanda centang dan pilih Lanjut.
  • Masukkan nomor rekening bank dengan benar supaya refund yang diajukan bisa ditransfer ke sana dan kamu terima.
  • Selanjutnya, lanjutkan ke proses pembatalan dan periksa semuanya apakah data pembatalan yang diajukan telah sesuai.
  • Pilih Ya saya yakin, dan proses pengajuan pembatalan tiket pun telah selesai.

Cara Refund Tiket Kereta Api Online Via WA

Cara lain untuk melakukan pembatalan tiket kereta api secara online adalah melalui WA. Hal ini disampaikan langsung oleh PT KAI di laman Instagram resminya, @kai121_. Cara pengajuan pembatalan tiket kereta api lewat WA tercetus karena banyak penumpang yang tidak lolos screening negatif Covid-19. Sedangkan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Untuk melakukan cara ini, penumpang harus menyertakan identitas diri, kode booking tiket, serta hasil positif rapid test antigen atau RT- PCR.
  • Lalu, hubungi KAI Whatsapp Contact Center 121 pada nomor 0811-1211-1121.

Untuk prosedur pengajuan pembatalan tiket dilakukan maksimal pada H+14 dari jadwal keberangkatan di tiket dan pengembalian akan ditransfer pada 14 hari setelah mengajukan pembatalan.

Terkait:  Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Cara Refund Tiket Kereta Api di Stasiun

Apabila ingin mengajukan refund tiket kereta api secara offline, maka kamu bisa mendatangi stasiun. Jangan lupa untuk membawa serta kartu identitas diri yang asli maupun fotocopy. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pertama, kunjungi laman resmi KAI yang terdapat informasi daftar stasiun pembatalan melalui link berikut https://www.kai.id/corporate/passenger_services/1
  • Setelah itu, datang ke stasiun pembatalan tiket kereta yang dituju
  • Langsung saja menuju ke bagian loket untuk mengajukan permohonan pembatalan tiket.
  • Petugas akan memberikan formulir pembatalan tiket
  • Selanjutnya, isi semua data dan tandatangani formulir pembatalan tiket tersebut.

Untuk proses refund, silakan perhatikan apa yang disampaikan oleh petugas.

Cara Refund Tiket Kereta Api di Traveloka

Traveloka adalah salah satu platform yang menyediakan berbagai layanan termasuk booking tiket kereta api. Nah, jika kamu ingin membatalkan tiket kereta api yang dipesan di Traveloka, berikut cara selengkapnya.

Memperhatikan batas waktu

Terdapat batas waktu untuk proses refund tiket kereta di Traveloka, yakni maksimal 60 menit sebelum jadwal keberangkatan. Misalkan, jadwal keberangkatan kereta kamu adalah 09.42 WIB, maka pengajuan pembatalan tiket dilakukan maksimal sebelum 08.18 WIB.

Ada biaya yang dikenakan untuk refund

Jika ingin melakukan pembatalan tiket, calon penumpang dikenakan potongan sebesar 25% dari harga tiket seperti yang diberlakukan PT KAI. Namun, itu belum termasuk dengan potongan diskon atau biaya layanan, contohnya harga tiket Rp100 ribu, maka uang yang di-refund sebesar Rp75 ribu saja.

Bawa KTP dan identitas diri

Sama seperti cara mengajukan pembatalan secara offline di atas, kamu tetap harus mendatangi stasiun kereta api. Selain itu, pastikan bahwa kamu telah mendownload e-tiket sebagai bukti untuk ditunjukkan kepada petugas. Kamu juga harus menunjukkan kartu identitas diri, seperti KTP, SIM, paspor dan Kartu Pelajar atau Mahasiswa untuk calon penumpang yang usianya di bawah 17 tahun.

Terkait:  Cara Mengembalikan DM IG yang Terhapus

Siapkan surat kuasa bermaterai

Kamu juga harus menyiapkan surat kuasa bermaterai Rp10.000 yang ada tanda tangan penumpang sebagai salah satu syarat pembatalan tiket. Selain itu, bawa serta fotokopi kartu identitas dan kartu identitas asli.

Isi formulir

Langkah berikutnya adalah kamu akan diminta untuk mengisi formulir pembatalan tiket oleh petugas PT KAI. Apabila ada hal yang tidak dipahami terkait ada pengisian formulir, langsung saja bertanya ke petugas agar tidak terjadi kesalahan.

Setelah berhasil melakukan pembatalan tiket kereta api yang dipesan lewat Tokopedia, terdapat dua metode pengembalian biaya atau refund. Metode pertama adalah refund via transfer dimana PT KAI akan memberikan pemberitahuan visa SMS jika biaya pembatalan tiket telah ditransfer ke rekening bank kamu. Sedangkan cara kedua adalah refund secara tunai, dimana kamu harus datang ke stasiun yang sama dimana kamu mengajukan pembatalan tiket kereta api.

Untuk waktu refund sendiri berlangsung cukup lama, yakni selama 30 hari setelah formulir pengajuan pembatalan disetujui oleh PT KAI. Metode pengembalian atau refund tiket akan disesuaikan dengan yang kamu pilih, yakni tunai atau transfer.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai refund tiket kereta api, kamu bisa menghubungi nomor telepon PT KAI  021-121 (24 jam).

Demikian informasi mengenai bagaimana cara refund tiket kereta api secara online maupun offline. Semoga membantu.

Similar Posts