Cara Sukses Bisnis Online dari Nol, Pemula Wajib Tahu!

Cara Sukses Bisnis Online
Cara Sukses Bisnis Online

PindahLubang.com – Siapa saja bisa mencapai keberhasilan dan kesuksesan secara finansial, meski jalannya berbeda dan salah satunya adalah menjalani bisnis online. Sayangnya, beberapa orang tidak tahu cara sukses bisnis online yang benar sampai sekarang.

Secara umum seseorang yang sedang menjalankan kegiatan tersebut akan merasa susah susah gampang, lho. Pelaku akan terjun ke dalam bidang yang belum pernah dilakukan sebelumnya, sedangkan mereka akan menghadapi setiap konsumen dengan beragam keluhan atau pertanyaan secara virtual.

Read More

Belakangan ini bisnis online memang sedang booming dan digandrungi banyak orang, sedangkan mayoritas dari pelaku utamanya mengklaim bahwa income yang didapatkan lebih besar daripada menjalani pekerjaan utama (offline).

Apabila kamu ingin meraup cuan bernilai fantastis, sebaiknya ketahui cara sukses bisnis online dari usaha yang dilakukan nanti. Selain itu, kamu harus memilih dan menentukan pekerjaan apa yang bakal dijalani dalam jangka panjang, pastikan sesuai dengan minat dan potensimu saat ini.

Rekomendasi Bisnis Online yang Menguntungkan

Orang-orang pasti penasaran bisnis apa saja yang menguntungkan bila dilakukan secara online. Kami sudah merangkum berbagai macam pekerjaan tersebut untuk dipertimbangkan agar kamu dapat meraup cuan lebih banyak meski dari rumah melalui daftar usaha di bawah ini:

  • Penulis Online
    Pekerjaan ini memang ditujukan untuk seseorang yang gemar membaca dan menulis, salah satunya menjadi seorang blogger atau content writer. Jika kamu punya blog sendiri, maka bisa pakai Google AdSense atau mengelola WordPress orang lain. Selain itu, bisnis online ini mampu memberi pendapatan mencapai Rp.5 juta per bulan, lho!
  • Dropshipper dan Reseller
    Apakah kamu gemar belanja online? Jika benar, maka kamu bisa meraup cuan tambahan dengan mengembangkan bisnis virtual sebagai dropshipper atau reseller. Kamu perlu mencari penjual pada e-commerce seperti Lazada, Shopee dan lainnya untuk memasarkan barang dagangannya. Bisnis ini terbilang menggiurkan dengan income yang besar.
  • Jasa Desain
    Apabila kamu gemar menggambar atau membuat desain, sebaiknya kembangkan bakatmu dengan membuka bisnis online berdasarkan minat tersebut. Kini, kegiatan tersebut semakin berkembang dan menjamin cuan banyak, lho. Apabila kamu sudah punya jam terbang tinggi, tidak menutup kemungkinan kamu bakal meraup cuan hingga jutaan rupiah per bulan.
  • YouTuber
    Jika kamu punya kemampuan public speaking dan terbiasa di depan kamera, sebaiknya coba berbisnis sebagai seorang YouTuber. Kamu cukup membuat channel YouTube dan melakukan review atau buat konten sesuai dengan tema yang sedang booming. Apabila jumlah subscriber dan viewers semakin banyak, jumlah cuan yang bakal diperoleh pun semakin besar.
  • Admin Media Sosial
    Siapa saja pasti tidak bisa lepas dari pemakaian media sosial, apalagi era modern seperti sekarang. Kamu perlu melihat situasi ini sebagai peluang untuk meraup cuan banyak, yakni menjadi seorang admin media sosial. Kamu bisa mengelola platform perusahaan dan bekerja dari rumah, sehingga semua akun tersebut dapat selalu update setiap hari.
Terkait:  Cara Menawarkan Produk ke Perusahaan

Cara Sukses Bisnis Online

Cara Sukses Bisnis Online
Cara Sukses Bisnis Online

Barangkali kamu ingin tahu cara sukses bisnis online dari nol sampai kaya, maka kami bisa memberitahu segalanya yang wajib dilakukan sejak awal. Orang-orang terkadang hanya fokus terhadap hasil usahanya, tapi tidak dengan prosesnya.

Kami tegaskan bahwa bisnis apa saja wajib mengutamakan proses dan konsistensi yang kalian lakukan, lho. Walaupun kamu masih awal dan belum meraup omset besar, namun lambat laun kamu bakal mengantongi uang banyak bila niat dan sungguh-sungguh melakoninya.

Langkah 1: Memahami Sesuatu yang Akan Dijual

Jika kamu tidak paham bahkan belum tahu apa yang bakal dipasarkan, kamu akan mengalami kesulitan untuk berbisnis online, lho. Kamu perlu memahami dan mengenali potensi diri sendiri sebelum memberanikan diri melakukan bisnis online.

Apabila kamu memahami dan menguasai SEO dan mahir membuat artikel, sebaiknya geluti usaha sebagai content writer. Di samping itu, kamu juga bisa berusaha sebagai designer atau animator bila menguasai beberapa aplikasi seperti Photoshop, Adobe dan sejenisnya.

Langkah 2: Melakukan Riset Kompetitor

Siapa sangka bahwa bisnis online yang sedang kamu lakukan bukan hanya dilakoni oleh dirimu sendiri, lho. Secara umum manusia mempunyai bakat masing-masing, sedangkan siapapun pasti memiliki kesempatan untuk menjalani bisnis online.

Cara sukses bisnis online yang wajib kamu lakukan adalah melakukan riset terhadap para kompetitor yang melakoni usaha serupa. Gunanya supaya bisa tahu segalanya yang menjadi kelebihan dan kelemahan mereka, sedangkan kamu dapat menciptakan sebuah perbedaan untuk menarik perhatian calon konsumen nanti.

Langkah 3: Mencari Klien

Pekerjaan yang bakal dilakukan tidak akan berkembang bahkan maju bila tanpa keberadaan seorang supplier atau klien, lho. Kamu harus mencari seseorang yang bisa dipercaya untuk mendorong bisnis onlinemu agar dapat maju dan bertahan lebih lama dibandingkan orang lain.

Terkait:  Cara Ukur Tinggi Badan Sendiri di Rumah, Akurat dan Praktis

Tak bisa dimungkiri orang-orang bukan sekadar bekerja sama dengan mereka dari dalam negeri saja, lho. Kamu punya kesempatan dan langkah yang sama untuk mengembangkan sayap dengan menjalin relasi dengan orang asing dari luar negeri.

Langkah 4: Membuat Brand Bisnis Online

Calon konsumen akan tertarik menggunakan bahkan mengonsumsi produk yang kamu jual dalam jangka panjang, asalkan brand jasa atau produk tersebut bisa dipercaya. Selain itu, lakukan branding yang menarik agar siapa saja merasa penasaran dan dapat mencobanya.

Kami sarankan kamu tidak boleh melakukan cara sukses bisnis online secara curang, yakni meniru brand orang lain. Oleh karena itu, asah kreativitasmu dengan membuat brand atau merk untuk produk bisnis online sehingga calon konsumen dapat mengenalnya, bahkan menjadi top of mind yang dikenal secara luas.

Langkah 5: Membuat Media Sosial atau Website

Era canggih dan modern seperti sekarang perlu dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis online untuk menarik perhatian calon konsumen, baik dari dalam maupun luar negeri. Kamu bisa membuat akun media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter sampai WhatsApp untuk mempromosikan bisnis online yang dijalani.

Untuk memaksimalkan potensi usahamu, buatlah website sesuai dengan nama bisnis online tersebut. Contohnya adalah www.pindahlubang.com sebagai salah satu situs berita dan panduan up to date terbaik di Indonesia.

Langkah 6: Melakukan Promosi

Cara sukses bisnis online selanjutnya adalah melakukan promosi gratis sampai berbayar. Kamu bisa memanfaatkan Facebook dan Instagram yang menyediakan jasa promosi berbayar sesuai dengan durasinya masing-masing. Di Facebook, biaya beriklan yang perlu disiapkan berkisar antara USD$ 5 sampai USD$ 50 per pekan, lho.

Apabila engagement nya cukup tinggi, tidak menutup kemungkinan orang lain akan melihat semua produk daganganmu dan calon konsumen akan membanjiri daftar followers dan kolom komentar postinganmu setiap hari, lho.

Terkait:  Cara Menghitung BEP

Demikian panduan cara sukses bisnis online yang wajib kamu tahu. Jangan lupa bagikan atau share informasi di atas agar siapa saja punya kesempatan melakukan kegiatan tersebut untuk meraup cuan banyak sesuai dengan minatnya masing-masing. Semoga bermanfaat!

Related posts