Cara Riset Pasar Online

Cara Riset Pasar Online
Cara Riset Pasar Online

 

Banyak orang mengira bahwa bisnis online adalah bisnis yang bisa dilakukan lewat hp dan kuota internet. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, tapi pada dasarnya bisnis online sama seperti bisnis pada umumnya yang membutuhkan modal uang, riset pasar, dan lainnya agar tetap bertahan, berkembang, dan menghasilkan banyak profit. Untuk cara riset pasar online sendiri ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Cara Riset Pasar Online
Cara Riset Pasar Online

Apa Itu Riset Pasar

Sebelum lebih jauh mengulas bagaimana cara riset pasar online, ketahui terlebih dahulu mengenai apa itu riset pasar. Dalam bisnis apapun, riset pasar memiliki peran yang sangat penting agar dapat membuat keputusan yang baik.

Hampir tidak ada bedanya dengan riset pasar tradisional, riset pasar online adalah proses mengumpulkan, menganalisa, menerjemahkan informasi mengenai pasar, tentang produk, layanan, dan preferensi kelompok sasaran atau target market online. Seluruh data dari informasi tersebut bisa membuat sebuah brand atau toko online mengembangkan strategi yang paling tepat untuk menghasilkan profit.

Baik dalam merilis produk baru, mengembangkan produk lama, hingga menguji efektivitas iklan, peran riset pasar sangatlah penting agar para pelaku bisnis dapat membuat keputusan yang terbaik.

Sebagai pelaku bisnis, mempelajari kebiasaan belanja konsumen, brand awareness (mengukur kesadaran pasar terhadap produk), membuat konsep baru dan mengujinya adalah hal yang sangat penting agar bisnis yang dijalankan tetap bertahan dan terus berkembang.

Melakukan riset terhadap pasar tradisional atau online akan memberikan hasil yang lebih cepat, efektif, dan cenderung terjangkau untuk menganalisis segmentasi pasar baik untuk toko online kecil, startup, atau, perusahaan besar.

Terkait:  Cara Affiliate Shopee

Apabila sudah mengetahui informasi demografis konsumen, maka dengan melakukan survey bisa mengetahui tingkat kepuasan mereka dengan mudah bahkan untuk mengembangkan peluncuran produk baru.

Masing-masing konsumen dapat menjadi kunci kesuksesan pada setiap bisnis. Hal yang dilakukan oleh para pelaku bisnis adalah bertanya kepada konsumen agar para pelanggan lama tetap setia bertahan atau menarik para calon pelanggan baru.

Riset pasar juga sangat penting untuk terus mengembangkan bisnis yang telah berjalan agar tetap bertahan di tengah persaingan yang sangat kompetitif di era digital saat ini. Sebab, produk yang sukses dan bisnis yang semakin berkembang pesat tidak dapat terwujud hanya dengan mengandalkan keberanian serta kata hati.

Untuk mengetahui bagaimana melakukan riset pasar online, berikut informasi selengkapnya yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Cara Riset Pasar Online

Riset pasar memungkinkan para pelaku bisnis untuk melihat peluang, mengetahui tren terkini, bahkan digunakan untuk melakukan evaluasi bisnis. Bagi kamu para pemula yang ingin terjun dalam bisnis online, berikut beberapa cara riset pasar online agar bisnis yang dijalankan berjalan lancar.

Menentukan Target Market

Dalam melakukan riset pasar, hal yang perlu dilakukan adalah menentukan target market. Pengertian target market sendiri adalah konsumen atau calon pelanggan yang akan menjadi sasaran pemasaran untuk sebuah bisnis.

Tentukan siapa yang akan menjadi target market kamu yang sesuai, cocok, membutuhkan produk yang kamu jual, dan berpotensi bisa membelinya. Untuk mengetahui hal tersebut, kamu harus menentukan secara detail, mulai dari jenis kelamin, umur, demografis, dan sebagainya. Pasalnya, ini akan mempengaruhi banyak aspek, seperti harga produk, jenis produk yang dijual, dan cara kamu berkomunikasi kepada para pelanggan.

Terkait:  Cara Endorse Selebgram

Mencari kata kunci pada produk

Akses Google atau Bing untuk mencari kata kunci produk dengan cara memasukkan kata kunci pada kolom pencarian. Misalkan, apabila kamu ingin melakukan riset pasar mengenai produk kaos jumbo terbaik, maka masukkan kata tersebut untuk melihat hasil yang muncul di mesin pencarian.

Dengan melakukan pencarian kata kunci, kamu bisa mengetahui produk dan kompetitor yang menawarkan produk serupa. Ditambah lagi, kamu juga bisa mengetahui jenis produk atau brand apa saja yang paling banyak diminati jika riset menggunakan mesin pencari. Jadi, nantinya bisa tahu seberapa tinggi permintaan pasar pada jenis produk tersebut dan dapat dijadikan sebagai peluang.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Instagram, Facebook, Twitter, atau media sosial lainnya untuk melakukan riset pencarian kata kunci dan mengetahui apa yang warganet diskusikan terkait kata kunci tersebut. Misalkan memasukkan kata kunci ‘kupon online terbaik’ pada Twitter dan klik tinjau pencarian. Dari sana, kamu bisa riset kebiasaan calon konsumen, apa yang mereka suka, dan banyak lainnya.

Menyiapkan Pertanyaan

Saat melakukan riset online dan telah menentukan target market, hal lainnya yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan berbagai pertanyaan agar bisa digunakan insight untuk strategi bisnis. Beberapa pertanyaan tersebut, seperti:

  • Bagaimana kebiasaan konsumen dalam belanja online
  • Berapa jumlah biaya yang akan dikeluarkan konsumen untuk dapat membeli produk kamu
  • Bagaimana pandangan konsumen mengenai nama dan logo toko online milikmu,
  • Dan banyak lainnya.

Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu cari tahu jawabannya dan digunakan sebagai saran yang perlu dipertimbangkan dalam evaluasi bisnis online yang dijalankan.

Riset Kompetitor

Tidak hanya riset kata kunci dan konsumen, kamu juga perlu melakukan riset terhadap kompetitor. Cari kompetitor-kompetitor yang menjual jenis produk yang mirip dengan milikmu.

Terkait:  Biaya J&T Express

Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pasar dan membuat kamu supaya tetap waspada. Mungkin saja jika tidak melakukan riset kompetitor ini, kamu akan menganggap bahwa bisnis toko online milikmu sedang tidak ada masalah padahal jika diamati telah tertinggal dengan kompetitor lainnya.

Nah, riset kompetitor ini bisa membantu dalam membuat strategi terbaik agar bisnis tetap bekembang dan bersaing dengan yang lain. Misalkan saja cari tahu mengenai produk apa yang dijual di toko online tersebut, produk apa yang paling laris, dan bisa dijual di toko kamu.

Mencari tahu tren

Cara lain yang penting dilakukan saat riset market adalah mencari tahu tren yang sedang digemari. Tentunya, sebagai pebisnis atau penjual online harus selalu berkreasi dan menemukan inovasi agar produk kamu berkembang dan konsumen tidak merasa bosan. Cara berinovasi salah satunya adalah dengan melihat perkembangan tren saat ini.

Kamu bisa menggunakan tools seperti Google Trends untuk mencari tahu apa yang sedang tren. Google Trends sendiri merupakan grafik statistik pencarian web yang dapat menunjukkan ketenaran sebuah topik pencarian dalam kurun waktu tertentu.

Tidak hanya lewat Google Trends, kamu juga bisa mengamati tren di beberapa media sosial atau marketplace mengenai produk apa yang sedang laris. Lalu, berikan inovasi sehingga produk milikmu berbeda tapi unik dan tetap mengikuti tren.

Demikian informasi mengenai beberapa cara riset pasar online bagi kamu yang baru mau memulai bisnis atau mengembangkan bisnis yang sudah ada agar semakin besar. Dengan mengetahui kondisi pasar, kamu bisa menyiapkan berbagai strategi terbaik agar bisnisnya semakin matang dan berkembang, tidak hanya menyiapkan modal serta ketersediaan produk. Bagaimana, cara-cara riset pasar di atas cukup mudah dilakukan, bukan?

Related posts