Cara Retur Barang di Lazada

Cara Retur Barang di Lazada
Cara Retur Barang di Lazada

Selain Tokopedia dan Shopee, Lazada adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia sebagai tempat banyak orang mencari berbagai macam keperluan. Namun, namanya juga belanja online dimana apa yang dicantumkan dalam deskripsi produk terkadang tidak sesuai dengan barang yang kita terima. Bahkan, beberapa pembeli menerima barang yang kurang hingga rusak. Jika mengalami hal demikian, lakukan saja cara retur barang di Lazada.

Lazada memberikan layanan retur untuk pembeli yang tidak menerima paket hingga barang pesanan yang diterima tidak sesuai. Lalu, bagaimana cara mengajukan retur barang atau dana di Lazada? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Read More

Cara Retur Barang di Lazada

Cara Retur Barang di Lazada
Cara Retur Barang di Lazada

Sebelum lebih lanjut membahas bagaimana cara mengajukan pengembalian barang di Lazada, kamu harus mengetahui apa saja syarat dan ketentuan retur barang di Lazada.

Syarat dan Ketentuan Retur Barang di Lazada

Berikut ini syarat dan ketentuan cara retur barang di Lazada, antara lain:

  1. Pembeli dapat melakukan retur barang ke gudang Lazada atau mengembalikan secara langsung ke penjual selama masih dalam waktu jaminan retur barang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Waktu jaminan pengembalian barang terhitung mulai dari tanggal penerimaan hingga tanggal cap pos yang tercantum pada paket yang dikembalikan.
  2. Adapun perhitungan garansi pengembalian barang di Lazada, diantaranya adalah:
    • Untuk produk impor (Global Collection dan Taobao) memiliki garansi pengembalian selama 7 hari.
    • Untuk produk FBL (Disediakan oleh Lazada) memiliki garansi pengembalian selama 14 hari.
    • Untuk produk yang dikirimkan oleh seller (MP Lokal) memiliki garansi pengembalian selama 7 hari.
    • Untuk produk Lazmall memiliki garansi pengembalian selama 15 hari.
  1. Agar dapat mengembalikan barang pastikan bahwa status pesanan kamu Telah Diterima.
  2. Jaminan pengembalian barang di Lazada bisa dilihat langsung pada halaman produk yang kamu beli.
  3. Mempunyai berkas-berkas, seperti bukti pembelian (nomor pesanan, resi, faktur pembelian, dan sebagainya).
  4. Isilah rincian bank ketika mengisi Formulir Pengembalian Barang jika metode pembayaran yang dilakukan adalah melalui Bank Transfer, COD, Klik BCA, atau bayar di outlet (Alfamart/ Indomart). Selain itu, kamu juga dapat menyimpan data akun bank agar nantinya memudahkan saat mengajukan pengembalian dana berikutnya.
  5. Apabila kamu memilih menggunakan metode pengiriman Drop Off, maka berikan nomor resi pengembalian barang kepada jasa ekspedisi pengiriman yang bisa dipilih ketika pengisian formulir retur barang.
  6. Alasan pengembalian barang sifatnya harus sah dan syarat persetujuan pengembalian barang juga harus dipenuhi.
  7. Produk pesanan yang dikembalikan harus dikirim ke alamat yang tercantum pada formulir pengembalian barang.
  8. Agar memudahkan dalam pengecekan kualitas, apabila produk pesanan yang akan dikembalikan merupakan komputer, gawai, laptop, atau perangkat lainnya yang dibekali fitur kata sandi, pastikan untuk dibuka terlebih dahulu kata sandinya sebelum dikirimkan ke gudang Lazada.
  9. Apabila kamu menggunakan jasa ekspedisi pengiriman untuk mengirimkan barang selain yang dipilih pada saat pengisian Formulir Pengembalian Barang, maka biaya kirim tidak bisa dikembalikan.
Terkait:  Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android dan iPhone

Tata Cara Retur Barang di Lazada

Dikutip dari laman resmi Lazada, berikut tata cara retur barang di Lazada yang telah diterima oleh pembeli, antara lain:

  • Pertama, buka aplikasi Lazada dan lakukan login akun.
  • Selanjutnya, pilih menu Akun, klik Lihat Semua Pesanan pada halaman Pesanan Saya.
  • Lalu, pilih produk mana yang ingin kamu ajukan retur tapi pastikan status pesanan adalah Telah Diterima.
  • Setelah itu, pilih menu Pengembalian Saya.
  • Selanjutnya, isi semua detail informasi yang diperlukan pada Formulir Pengembalian yang akan diteruskan ke penjual.
  • Pilih alasan mengapa ingin mengajukan pengembalian atau retur barang di Lazada sesuai dengan permasalahan kamu.
  • Kemudian, pilih detail alasan yang sesuai atau mendekati permasalahan yang kamu hadapi.
  • Selanjutnya, pilih metode pengembalian dana atau refund yang diinginkan.
  • Lakukan konfirmasi penerimaan barang, lalu klik Kirim.
  • Berikutnya, kamu tunggu balasan atau respon dari penjual hingga batas waktu maksimal yang akan diberitahukan pada halaman detail pengembalian.

Sementara itu, kamu juga dapat mengubah atau membatalkan pengajuan formulir retur barang. Kamu juga bisa melacak pengembalian, dan memeriksa riwayat percakapan lewat detail halaman pengembalian produk yang dapat diketahui pada bagian menu Retur dan Pembatalan.

Biaya Pengembalian Barang

Lalu, bagaimana dengan biaya pengiriman pengembalian barang di Lazada? Siapa yang akan menanggungnya? Lazada telah menyediakan dua metode pengiriman untuk pengembalian barang yang tidak sesuai, yakni pick up dan drop off. Apabila pembeli memilih metode drop off, maka kamu dapat mengirimkan barang kembali dengan gratis.

Dikutip dari laman resmi Lazada, drop off adalah layanan pengiriman produk yang hendak dikembalikan lewat kantor/ outlet/ cabang J&T atau JNE. Jika menggunakan layanan drop off, maka tidak akan dikenakan biaya.

Terkait:  Cara Mengembalikan Akun Mobile Legend

Terdapat ketentuan berat maksimal gratis pengembalian barang menggunakan layanan drop off, antara lain:

  • JNE Cashless maksimal beratnya tidak lebih dari 15 kg dan panjangnya tidak lebih dari 70 cm.
  • J&T Cashless maksimal beratnya tidak lebih dari 50 kg dengan dimensi maksimal 150 cm.

Sedangkan tata cara pengembalian barang menggunakan metode drop off, yaitu:

  • Pertama, mengisi Formulir Pengembalian Barang secara online.
  • Setelah itu, pilih metode Drop Off saat mengisi formulir pengajuan pengembalian barang, lalu pilih jasa pengiriman yang disediakan.
  • Ketika mengisi formulir retur barang Lazada, kamu akan mendapat nomor resi serta kode otoritas pengembalian barang (Return Authorization/ Return Number) yang bisa dilihat pada halaman rincian pengembalian.
  • Selanjutnya, kemas ulang produk yang hendak kamu kembalikan.
  • Kemudian, datangi kantor/cabang/outlet jasa pengiriman yang kamu pilih maksimal tiga hari setelah pengisian formulir pengembalian barang supaya proses pengembalian barang dan dana bisa dipercepat.
  • Setelah selesai memberikan produk ke pihak jasa ekspedisi pengiriman, jangan lupa untuk memastikan bahwa kamu mendapat nomor resi (airway bill) pengiriman supaya bisa melacak pengiriman barang.
  • Jasa ekspedisi pengiriman akan mengirimkan retur barang kamu ke gudang Lazada dengan estimasi waktu kurang lebih 5 hari. Akan tetapi, lamanya waktu pengiriman bisa dipengaruhi oleh jarak dan lokasi pengiriman.

Kebijakan Membatalkan Pesanan di Lazada

Hal lain yang perlu pembeli ketahui adalah mengenai kebijakan pembatalan pesanan di Lazada. Berikut ketentuannya:

  1. Pembatalan pesanan dapat dilakukan maksimal satu jam setelah checkout pesanan.
  2. Pembatalan pesanan tidak dapat dilakukan, apabila produk yang dipesan adalah Koleksi Taobao, sudah diproses oleh supplier, sudah diproses di gudang, dan sudah berada dalam pengiriman
  3. Voucher, potongan diskon, voucer, atau promosi lainnya yang diaplikasikan pada pesanan yang dibatalkan tidak dapat digunakan kembali.
  4. Apabila kamu menggunakan metode transfer bank, maka proses refund akan memakan waktu selama 3 hingga 7 hari kerja setelah diproses oleh tim Lazada. Akan tetapi, jika menggunakan metode pembayaran kartu kredit, KlikPay, dan atau limit, atau cicilan, maka saldo tersebut akan dikembalikan dalam jangka waktu 7 hingga 14 hari kerja.
  5. Pesanan yang telah dibatalkan tidak dapat diaktifkan kembali.
Terkait:  Cara Mengembalikan File yang Sudah Lama Terhapus di Android

Cara retur barang di Lazada sangatlah mudah asalkan alasan dan bukti yang diberikan pembeli memenuhi persyaratan. Semoga membantu!

Related posts