Cara Usaha Kecil Kecilan

Cara Usaha Kecil Kecilan

Apakah saat ini kamu sedang ingin menambah penghasilan? Ingin buka usaha tapi bingung mulai dari mana? Atau saat ini kamu sedang mencari cara usaha kecil-kecilan? Kalau kamu sedang bingung dan tidak tahu harus mulai dari mana, artikel ini bisa bantu kamu lo. Baca artikel ini sampai selesai supaya tahu tips dan trik, serta jenis usaha kecil-kecilan yang direkomendasikan khusus buat kamu. Here we go!

Menjadi ibu rumah tangga dan tinggal di desa tidak menjadi penghalang untuk menambah penghasilan. Kamu mahasiswa dan pelajar juga bisa melakukan usaha kecil-kecilan untuk menambah uang jajan. Terlebih lagi, banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan. Mulai dari bisnis yang kecil, hingga bisnis yang besar.

Nah, menambah pemasukan rumah tangga atau sekedar menambah uang jajan akan menjadi menyenangkan jika kamu tahu jenis usaha yang sesuai ditambah tips dan triknya. So, ini dia cara usaha kecil-kecilan untuk kamu yang mau menambah cuan!

Cara Usaha Kecil Kecilan

Cara Usaha Kecil Kecilan
Cara Usaha Kecil Kecilan

Berjualan Pulsa

Rekomendasi usaha kecil kecilan pertama yang cocok untuk kamu adalah berjualan pulsa. Berjualan pulsa dapat dilakukan oleh siapa pun baik ibu rumah tangga yang tinggal di desa dan kota maupun pelajar dan mahasiswa.

Selain itu, untuk berjualan pulsa hanya dibutuhkan modal kecil. Biasanya, dengan bermodal seratus ribu rupiah saja, kamu sudah bisa berjualan pulsa. Tapi harga ini tergantung dari agen pulsa masing-masing ya.

Meskipun nantinya kamu diminta membayar lebih dari seratus ribu, uang tersebut tetap akan menjadi pulsa yang selanjutnya bisa kamu jual kembali. Jadi, kamu tetap tidak rugi. Kamu juga perlu tahu bahwa penggunaan pulsa kini tidak hanya dilakukan oleh orang kota saja, namun juga orang di desa. Jadi, skala pasar kamu akan sangat besar karena semua orang membutuhkan pulsa.

Terkait:  Bagaimana Cara Membuka WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka (9 Metode)

Dropship Online Shop

Pecinta belanja online tentu tahu fitur dropship di Online Shop. Fitur yang memungkinkan pembelinya mengganti nama pengirim menjadi namanya sendiri ini menjadi peluang yang bagus untuk kamu yang ingin membuka usaha kecil-kecilan.

Selain hanya bermodal data internet, kamu tidak perlu menyetok barang yang akan dijual. Bagaimana caranya? Pertama, carilah toko online terpercaya. Kamu bisa mencari toko tersebut di platform Shopee, Tokopedia, BukaLapak, dan lain sebagainya.

Pilih barang yang ingin kamu jual dan mulailah memasarkan barang tersebut ke social media yang kamu punya seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan lainnya. Setelah ada yang memesan barang yang kamu iklankan, segeralah pesan barang tersebut dan kirim ke alamat pemesan barang.

Jangan lupa untuk merubah status pengiriman menjadi dropshiper. Hal ini supaya nama toko online tempat kamu membeli barang, berubah menjadi nama kamu dan nomor telponmu. Mudah bukan?

Berjualan Sarapan

Siapa yang tidak suka sarapan di pagi hari? Semua orang umumnya akan sarapan sebelum melakukan aktivitasnya di pagi hari. Berjualan sarapan tentu akan menjadi peluang yang menguntungkan dalam membuka usaha kecil-kecilan.

Banyak menu sarapan simple yang bisa kamu jual seperti nasi uduk dan nasi kuning. Modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Kamu bisa mencoba berjualan sarapan dengan jumlah porsi yang lebih kecil terlebih dahulu. Setelah mendapat banyak pelanggan, kamu bisa menjual dengan jumlah porsi yang lebih banyak lagi.

Menerima Pesanan Kue

Kamu pintar memasak kue? Usaha yang satu ini cocok buat kamu. Kamu bisa melakukannya tanpa mengeluarkan modal diawal. Caranya, mintalah uang muka pesanan kue diawal sebesar 50% atau sesuai kebutuhan. Setelah seluruh kue selesai dimasak, barulah kamu minta bayaran sisanya.

Terkait:  Cara Membuka Situs yang Diblokir di Laptop

Membuka Toko Kelontong

Punya toko kelontong kecil di rumah bisa menjadi usaha kecil yang cocok bagi ibu rumah tangga. Kamu tidak perlu benar-benar membuat bangunan toko. Dengan memanfaatkan teras rumah dan sebuah meja besar, kamu bisa membuat toko kelontong ala rumahan kamu sendiri.

Mulailah dengan berjualan produk yang tidak mudah basi dan memiliki masa penyimpanan yang lama.

Produk tersebut bisa berupa minyak goreng kemasan, mie instan, gula pasir, kecap, saos, sabun, sampo, sikat gigi, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan jajanan anak-anak agar bisa menambah luas target pasarmu. Jadi, selain ibu-ibu tetangga, anak-anak juga bisa mampir ke toko kelontong milikmu.

Berjualan Dengan Sistem Warung Jujur

Pernah dengar istilah warung jujur? Biasanya, warung jujur didesain dengan mengandalkan sistem kejujuran si pembeli. Sebagai contoh, kamu menjual beberapa produk makanan. Makanan ini diletakkan di suatu tempat dan diberi label harga.

Setiap pembeli yang datang bisa membeli makanan tersebut dengan memasukkan uang kedalam tempat yang telah disediakan. Jika butuh kembalian, pembeli akan mengambilnya sendiri di tempat uang tersebut.

Warung jujur ini cocok untuk mahasiswa dan pelajar yang ingin menambah uang jajan. Kamu bisa mulai berjualan makanan ringan dalam skala kecil. Meski keuntungan yang didapat tidak banyak, namun jika dilakukan secara konsisten, bisa menambah uang jajan kamu lo.

Berjualan Frozen Food

Usaha frozen food kini menjadi cukup populer. Selain penyajian frozen food yang terkesan sangat mudah, rasanya nikmat dan sangat disukai anak-anak. Banyak orang tua yang bekerja dan tidak punya waktu beralih ke frozen food untuk mempermudah proses masak di dapur. Hal ini bisa menjadi peluang untuk kamu yang mau mulai usaha kecil-kecilan.

Terkait:  Biaya Buka Rekening BCA

Frozen food juga bisa bertahan lama hingga berbulan bulan didalam kulkas. Jadi, tidak perlu khawatir jika kamu ingin menyimpan stok produk yang banyak di lemari es.

Well, itu dia beberapa cara usaha kecil-kecilan yang bisa kamu lakukan. Setelah memilih ide usaha yang akan kamu rintis, ini dia tips dan trik yang bisa kamu lakukan sebelum membuka usaha kecil-kecilan.

Tips Membuka Usaha Kecil Kecilan

  • Riset. Mulailah dengan melakukan riset terhadap cakupan target pasar kamu. Apakah oang tua atau anak-anak. Hal ini bisa menjadi pertimbangan jenis produk apa yang akan kamu jual.
  • Modal. Setelah melakukan riset, pikirkan tentang modal. Berapa modal yang akan dikeluarkan serta dari mana modal tersebut berasa. Jangan lupa juga untuk menghitung kapan sekiranya modal tersebut akan terbayarkan kembali dari hasil berjualan.
  • Mencari pemasok. Tips yang satu ini dilakukan untuk menghindari harga bahan dasar atau produk yang akan kamu jual memiliki harga beli yang tinggi. Carilah pemasok terpercaya dengan kualitan bahan/produk yang baik.
  • Menawarkan produk ke orang terdekat. Jika baru pertama kali berjualan, cobalah untuk menawarkan produk kamu ke orang terdekat terlebih dahulu. Biasanya, orang terdekat yang membeli produkmu akan merekomendasikan produkmu ke temannya. Secara tidak langsung. ini akan menjadi marketing dari mulut ke mulut.
  • Social media. Gunakan seluruh social media yang kamu miliki untuk menawarkan produkmu.

Mulai dari modal yang sedikit, hingga modal yang lumayan besar. Kamu bisa memilih usaha mana yang paling nyaman kamu lakukan. Tapi, ada satu hal yang perlu kamu ingat. Usaha kecil-kecilan dengan modal sedikit tidak akan memberikan hasil seperti halnya kamu membuat usaha dengan modal besar. Meski begitu, jika dijalankan dengan sungguh-sungguh, usaha kecil juga akan menjadi usaha besar seiring berjalannya waktu.

So, selamat mencoba!

 

Similar Posts