Cara Usaha Sampingan

cara usaha sampingan
cara usaha sampingan

Memiliki usaha sampingan meski sudah punya pekerjaan tetap bisa menambah pendapatan yang bisa digunakan untuk melakukan hobi kamu lo. Jika saat ini kamu sedang mencari cara usaha sampingan, yuk baca artikel ini sampai selesai. Siapa tahu kamu bisa menemukan usaha sampingan apa yang cocok buat kamu!

Usaha sampingan menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin memiliki pendapatan tambahan diluar gaji pokok menjadi karyawan. Selain pendapatan tambahan, tak ayal usaha sampingan juga bisa menambah link pertemanan jika usaha sampingan dilakukan dengan kerja sama bersama pengusaha/grup tertentu.

Meskipun usaha sampingan awalnya ditujukan untuk menambah pendapatan, tak jarang usaha sampingan justru menjadi sumber pendapatan dengan nominal yang jauh lebih besar dari gaji pokok utama. Hal ini menjadikan banyak karyawan resign dan akhirnya fokus dengan usaha sampingan.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebagai karyawan saat akan membuka usaha sampingan. Beberapa perusahaan terkadang tidak membolehkan karyawannya membuka usaha sampingan. Ini ditujukan agar kinerja karyawan tidak terfokus ke hal lain selain tanggung jawabnya di perusahaan. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuka usaha sampingan:

  1. Usaha Sampingan Tidak Bertentangan dengan Kebijakan Perusahaan. Pada kasus ini, kamu harus melihat kembali dan memastikan kontrak kerja yang telah disepakati sebelumnya. Jika pada kontrak kerja kamu terdapat istilah non competition clause, ini berarti bahwa kamu tidak boleh punya bisnis sampingan yang akan menjadi pesaing bagi perusahaan kamu dalam jangka waktu tertentu.
  2. Rencana Bisnis. Rencanakan bisnis kamu dengan matang. Mulailah dengan menentukan jenis usaha yang akan dilakukan dengan melihat target pasar yang ada.
  3. Tentukan Target Bisnis. Meskipun kamu hanya membuat usaha sampingan, jangan sampai tidak ada target ya dear. Gunakan metode SMART dalam menentukan target kamu. Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Timely.

So, apa saja jenis usaha sampingan yang bisa dilakukan?

Cara Usaha Sampingan

Cara Usaha Sampingan
usaha sampingan

Dropshipper Online Shop

Usaha sampingan pertama yang bisa kamu lakukan dengan modal sangat kecil yaitu menjadi dropshipper. Apa itu dropshipper? Dropshipper adalah sebutan untuk seseorang yang menjualkan produk milik orang lain. Sebagai dropshipper, kamu tidak perlu menyetok barang. Barang akan langsung dikirim ke pembeli yang memesan kepada kamu. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang terlebih dahulu.

Terkait:  Cara Usaha Tanpa Modal

Modal yang kamu perlukan hanya data internet. Sebagai contoh, kamu ingin menjadi seorang dropshipper yang menjual baju anak. Tugas yang pertama kali kamu kerjakan sebagai dropshipper adalah mencari toko online terpercaya yang memiliki banyak stok barang dengan variasi baju anak. Hal ini harus kamu jadikan prioritas utama supaya toko online mengirimkan barang yang benar sesuai pesanan customer kamu kelak.

Setelah itu, postinglah beberapa foto produkmu ke sosial media. Kamu bisa melakukannya lewat status WhatsApp, Instagram, Facebook, dan platform sosial media lainnya yang kamu punya.

Setelah kamu mendapat pesanan dan pembayaran dimuka, segeralah memesan barang ke toko online yang telah kamu tandai. Masukkan alamat pembeli sebagai alamat pengiriman barang. Jangan lupa untuk merubah nama pengirim menjadi nama kamu atau nama tokomu sendiri. Nah, mudah bukan?

Reseller Online Shop

Ingin menjual barang dengan harga murah? Jadilah reseller. Dengan menjadi reseller, kamu bisa mendapatkan harga barang yang jauh lebih murah dari pada membeli satuan. Namun, kamu harus membeli stok barang dalam jumlah banyak ya.

Menjadi reseller cocok untuk kamu yang sudah punya pelanggan tetap dan tahu target pasar yang akan dituju. Dengan begitu, barang yang sudah kamu beli tidak akan tersimpan lama di gudang.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin menjadi reseller.

  • Supplier yang tepat. Penting untuk bekerja sama dengan supplier atau tangan pertama ya dear. Jika kamu membeli barang dari reseller yang membeli barang ke tangan pertama, maka kamu akan menjadi reseller tangan kedua. Artinya, barang yang kamu beli memiliki harga yang sudah jauh lebih mahal karena reseller pertama juga perlu mengambil keuntungan dari produk yang dibelinya.
  • Melihat pasar dan kompetitor. Perhatikan siapa kompetitor kamu. Apakah mereka menjual produk serupa dengan harga yang lebih murah? Melihat target pasar dan kompetitor secara lebih mendalam bisa membuat kamu memilih keputusan yang tepat dalam taktik penjualan produk.
Terkait:  Cara Usaha Tanpa Modal

Blogger

Kalau kamu punya hobi menulis, menjadi blogger juga bisa menjadi usaha sampingan lo. Meski pendapatan yang didapat tidak langsung banyak, rasanya tidak salah mencoba menjadi blogger. Selain menyenangkan, kamu juga bisa mendapat cuan.

Pertama, buatlah blog di platform terbaik. Kamu bisa menggunakan WordPress sebagai awal membuat blog. Selain dapat digunakan secara gratis, WordPress cocok digunakan oleh pemula dan memiliki kualitas yang tinggi.

Supaya blog kamu ramai oleh pengunjung, buatlah konten blog yang bermanfaat dan menarik. Jangan lupa untuk meningkatkan kualitas SEO blog kamu supaya tulisan kamu muncul di halaman pertama pencarian mesin Google oleh calon pembaca. Cara lain supaya blog kamu ramai pengunjung adalah dengan mempromosikannya di media sosial.

Lalu, dari mana saja penghasilan blog jika kamu hanya menulis konten? Penghasilan dari blog bisa berasal dari Google Adsense, endorsement, afiliasi dengan brand tertentu, dan lain sebagainya. Meski butuh waktu lama untuk mendapatkan penghasilan dari sumber tersebut, bukan berarti kamu tidak akan pernah mendapatkannya ya dear. Kuncinya adalah dengan tetap terus berkarya dan membuat konten secara konsisten.

Podcaster

Jadi podcaster? Siapa takut! Membuat podcast dan menjadi seorang podcaster patut diperhitungkan sebagai pekerjaan sampingan. Selain menjadi pekerjaan yang cukup trend dan menarik saat ini, membuat podcast dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Sama seperti membuat blog, kamu bisa mendapatkan pendapatan dari iklan atau endorsement meski membutuhkan waktu yang lama hingga podcast kamu dikenal oleh pendengar. Banyak media yang bisa kamu gunakan untuk membuat podcast. Salah satunya adalah Spotify. Kamu bisa memulainya dengan merekam suara dari kisah menarik yang kamu alami hari ini. Selamat mencoba!

YouTuber

Usaha sampingan lainnya yang cukup populer di kalangan generasi Z saat ini adalah industri kreatif, YouTube. Menjadi YouTuber dengan jutaan subscriber dan jutaan viewers pervideo bisa memberikan pendapatan yang cukup menjanjikan. Tapi tentu saja hal ini tidak bisa didapatkan dengan mudah. Perlu banyak waktu hingga akun YouTubemu dikenal masyarakat dan mendapat peminatnya sendiri ya dear.

Untuk kamu YouTuber pemula, berikut ini cara menjadi YouTuber yang bisa kamu lakukan:

  • Gunakan HP dengan kualitas kamera yang cukup bagus.
  • Buat channel YouTube kamu sendiri.
  • Buatlah konten yang menarik dan sedang menjadi perbincangan.
  • Gunakan aplikasi editor video yang ramah di HPmu.
  • Unggah video secara rutin meski hanya video pendek.
Terkait:  Cara Usaha Tanpa Modal

Gamer Online

Suka main game di sela-sela istirahat kerja? Kenapa tidak mencoba merekamnya dan upload ke platform YouTube? Atau bermain game sambil menyiarkan langsung di platform sosial media secara langsung? Siapa tahu konten gamemu banyak peminatnya. Kamu bisa bermain untuk me-refresh kembali otakmu sambil melakukan usaha sampingan (merekam video).

Kegiatan ini tentu tidak akan merasa melelahkan karena kamu melakukannya dengan senang. Supaya video kamu lebih menarik, kamu bisa mengeditnya dengan menambahkan subtitle atau menambahkan komentar di setiap video. Video yang banyak peminatnya akan menarik perhatian brand tertentu. Nah, selanjutnya kamu bisa mendapatkan cuan dari endorsement dan jumlah view videomu.

Menjual Foto di Internet

Usaha sampingan terakhir yang bisa kamu jadikan referensi adalah menjual foto di internet. Ada banyak sekali situs yang bisa menjadi tempat menjual foto. Salah satu situs yang bisa kamu gunakan untuk menjual foto adalah Shutterstock. Di situs ini kamu bisa menjual foto dengan harga yang lumayan. Kira-kira apa saja yang perlu dipersiapkan?

  • Mendaftar dan membuat akun di situs jual foto.
  • Foto dengan jenis file dan resolusi yang disesuaikan dengan ketentuan situs jual foto.
  • Memilih foto yang tidak memiliki unsur SARA.
  • Foto harus merupakan hasil karya sendiri.
  • Foto tidak memiliki unsur brand atau watermark.

Nah, itu dia beberapa cara usaha sampingan yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Minim modal dan dapat dilakukan kapanpun saat kamu ada waktu luang.

Apapun jenis usahanya, jika dilakukan dengan serius dan konsisten, tentu akan menghasilkan cuan yang bisa menambah uang jajan kamu. Sekian artikel kali ini, semoga membantu. See you!

Related posts