Cara Usaha Tanpa Modal

Memiliki usaha sendiri memang tidaklah mudah. Namun, seorang pengusaha dapat mengatur jadwalnya sendiri tanpa memiliki jam kerja yang diatur. Selain itu, seorang pengusaha juga tahu kapan harus bergerak dan berhenti dengan bisnisnya. Artikel ini menyediakan cara usaha tanpa modal yang bisa kamu lakukan. Selamat membaca!

Memiliki pekerjaan menjadi seorang pengusaha muda sedang trend saat ini. Pasalnya, seorang pengusaha dapat mempekerjakan orang lain menjadi karyawan sehingga mampu membuka peluang pekerjaan. Bagi kamu yang menjadi ibu rumah tangga dan masih seorang pelajar, tentu membuka usaha sendiri dapat menambah pendapatan dan uang jajan. Namun kendala modal seringkali menjadi hambatan yang meruntuhkan niat menjadi seorang pengusaha. Tapi, tahukah kamu bahwa ada usaha yang dapat dilakukan tanpa modal?

Read More

Berikut ini 4 cara usaha tanpa modal yang direkomendasikan untuk kamu calon pengusaha muda:

Cara Usaha Tanpa Modal

cara usaha tanpa modal
cara usaha tanpa modal

Mulailah Menjadi Seorang Dropshipper

Rekomendasi usaha tanpa modal pertama yang direkomendasikan untuk kamu adalah menjadi dropshipper. Well, apa sih dropshipper itu? Dropshipper adalah sebutan kepada seseorang yang menjalankan bisnis dropship. Jadi, kalau nanti kamu menjalankan bisnis dropship, maka kamu akan dipanggil dropshipper.

Dropship sendiri sebenarnya adalah model bisnis yang mempertemukan pembeli dan supplier melalui pihak ketiga (dropshipper). Tugas dropshipper ini adalah mempromosikan produk milik supplier. Jika ada pembeli yang memesan barang kepada dropshipper, maka supplier akan mengirim barang ke pembeli atas nama dropshipper.

Apa saja sih keuntungan dari melakukan bisnis dropship? Keuntungan pertama adalah kamu bisa melakukannya tanpa modal. Tentu pada hal ini kuota internet akan kita anggap gratis dan tidak dihitung sebagai modal ya kawan. Selain itu, kamu tidak perlu memikirkan produksi dan pengiriman barang karena semua sudah menjadi tugas produsen. Seorang dropshipper juga tidak perlu menyetok barang. Cukup mengiklankannya saja.

Selain tanpa modal, melakukan bisnis dropship dapat dilakukan kapanpun. Mudahnya, bisnis ini sangat fleksibel sehingga tidak akan mengganggu waktu kerja kamu. Keuntungan terakhir yaitu banyak pilihan produk yang bisa kamu jual. Kenapa bisa banyak? Karena kamu bisa mendropship barang apapun dari berbagai supplier.

Terkait:  Cara Usaha Sampingan

Tantangan bisnis dropship yang mungkin bisa kamu alami adalah memilih supplier yang tepat. Kamu harus memilih supplier yang benar-benar bisa dipercaya dan akan mengirimkan barang sesuai dengan foto produk yang kamu iklankan. Jadi, lakukan research terlebih dahulu. Kemudian pilihlah supplier berdasarkan hasil poin terbaik dari research-mu.

Tantangan kedua yaitu keuntungan yang terbatas. Karena menjadi dropshipper artinya mendropship barang sesuai keinginan customer. Umumnya customer membeli barang secara satuan dan tidak banyak. Ini berarti harga barang yang diberikan oleh supplier adalah harga barang satuan. Supaya produk kamu laku, tentu kamu tidak mungkin memberikan harga tinggi kepada customer. Hal ini bisa membuat calon customer kamu beralih ke penjual lain.

Tapi jika customer membeli banyak barang hingga mencapai kodian, ada kemungkinan kamu akan memiliki keuntungan yang sedikit lebih besar.

Menarik bukan? Meski ada tantangan yang menjadi penghambat dropshipper tetap menjadi pilihan usaha tanpa modal yang patut kamu coba dear.

Menjadi Copywriter & Penulis Blog (Blogger)

Hobi menulis? Kenapa tidak jadi seorang copywriter atau blogger saja? Selain hobimu tersalurkan, menjadi copywriter atau blogger juga bisa menjadi usaha sampingan tanpa modal terbaik untuk mendapatkan cuan lo.

Nah, copywriter adalah sebutan untuk seseorang yang melakukan kegiatan copywriting. Sedangkan blogger adalah sebutan untuk seseorang yang menulis di blog. Apa saja sih perbedaan keduanya? Selain itu, apa yang dimaksud dengan copywriting dan blog?

Blogger dan copywriter sama-sama menulis suatu teks. Namun, tujuan dari penulisan keduanya berbeda.  Blogger memiliki tujuan mendapatkan kepercayaan pembaca. Sementara itu, copywriter memiliki tujuan agar pembacanya dapat tertarik membeli suatu produk tertentu (marketing).

Lebih jelasnya, copywriting adalah teknik atau aktivitas penulisan teks iklan atau materi publikasi yang mendorong audiens untuk melakukan tindakan tertentu seperti membeli barang, mengunjungi situs, mengklik link, dan lain sebagainya. Sebenarnya, copywriting tidak hanya dalam bentuk tulisan. Namun juga bisa dalam bentuk audio dan visual. Nama dan deskripsi pada kemasan produk serta konten di media sosial termasuk dalam copywriting.

Sedangkan blog sendiri adalah media online yang multifungsi. Artinya, kamu dapat menulis topik apapun di dalam blogmu tanpa merujuk pada tujuan tertentu. Misalnya, kamu ingin menulis topik tentang lifestyle, finance, kesehatan, teknologi, kuliner, pengalaman pribadi, materi sekolah, atau sekedar menulis puisi yang kamu buat di jam kosong pelajaran sekolah. Selain itu juga kamu bisa membuat konten dalam bentuk artikel, video dan foto.

Terkait:  Cara Usaha Kecil Kecilan

Tips Copywriting

Berikut ini tips untuk kamu yang masih pemula dalam urusan copywriting, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

  • Perbanyak membaca buku seputar copywriting. Selain itu, cobalah membaca iklan atau tulisan untuk memperbanyak referensi kamu.
  • Berlatih menulis serutin mungkin. Kembangkan ide-ide kamu dalam bentuk tulisan sehingga meningkatkan skill menulis kamu.
  • Pelajari dasar-dasar menulis persuasif. Karena copywriting bertujuan untuk mendorong audiens melakukan tindakan tertentu, maka kata-kata yang kamu tulis harus mempengaruhi tindakan pembaca.
  • Kuasai kemampuan dasar seorang copywriter seperti menulis headline, landing page, email marketing, dan lain sebagainya.

Tips Blog

  • Pertama, tentukan konten yang ingin dibuat terlebih dahulu. Apakah berisi review buku, film, drama, atau apapun yang kamu suka.
  • Supaya blogmu ramai pengunjung, buatlah jadwal pasti kapan saja waktu meng-upload tulisan di blog. Jangan lupa posting dengan konsisten ya.
  • Selalu perhatikan isi tulisan dan format penulisan kamu. Apakah mudah dibaca oleh pembaca atau tidak?
  • Supaya lebih menarik, tambahkan gambar atau visual yang bisa mendeskripsikan isi dari tulisan kamu. Misalnya kamu menulis tentang topik kuliner, maka tambahkan gambar makanan lezat yang sekiranya akan membuat ngiler pembaca yang mampir di blogmu.
  • Langkah terakhir, promosikan blogmu di sosial media. Marketing pertama yang bisa kamu lakukan supaya mendapat pengunjung adalah mengajak seluruh sahabat dan kerabat dekat untuk mampir di blogmu.

Bagaimana? Tertarik menjadikan coprywriting dan blogger sebagai usaha kamu? Tanpa mengeluarkan modal, kamu sudah bisa mendapatkan pendapatan dari copywriting dan blog.

Membuka Konsultasi Berbayar

Apakah kamu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik? Cobalah untuk mendapatkan sertifikasi agar memiliki kualifikasi konsultan manajemen bersertifikat. Jika kamu memiliki sertifikat, tentu orang akan lebih percaya dan mau membayar untuk setiap sesi konsultasi yang kamu lakukan.

Terkait:  Cara Usaha Sampingan

Jenis jasa konsultasi yang paling umum adalah konsultasi bisnis. Kamu diharuskan memiliki softskill untuk bisa bernegosiasi, berkolaborasi dan berorganisasi. Bagaimana cara memulai konsultasi?

Target Pasar

Pilihlah pasar yang sesuai dengan kamu. Misalnya, jenis layanan apa yang akan diberikan. Mulailah dengan jenis layanan konsultasi dari pengalaman kamu di industri tertentu. Semakin banyak pengalaman yang kamu miliki dalam suatu industri tertentu, maka semakin meningkat keahlian dalam bidang tersebut. Berikut ini beberapa bidang konsultasi yang bisa kamu lakukan:

  • Konsultasi bisnis
  • Konsultasi manajemen
  • Konsultasi keuangan dan akuntansi
  • Konsultasi informasi web dan komputer
  • Konsultasi data

Rencanakan Penawaran Harga

Buatlah penawaran harga yang akan kamu berikan disetiap sesi konsultasi. Kamu bisa memberikan harga berdasarkan jenis masalah yang dialami klien dan tujuan apa yang akan mereka capai. Selain itu, kamu juga bisa me-range harga berdasarkan waktu lamanya konsultasi.

Cari Koneksi

Setelah memilih jenis konsultasi dan penawaran harga yang diberikan kepada klien, carilah koneksi seorang konsultan yang memiliki jam terbang tinggi. Dengan membangun jaringan komunikasi, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk dikenalkan dengan calon klien.

Selain itu, dengan memiliki koneksi bersama para konsultan berpengalaman, kamu juga akan terhubung dengan orang-orang penting lainnya. Hal ini akan mempermudah kamu dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi klien nantinya.

Menjadi Progammer

Rekomendasi usaha tanpa modal terakhir adalah menjadi programmer dengan kemampuan coding atau bahasa pemrograman. Profesi programmer saat ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Lantas, bagaimana caranya seorang programmer dapat menghasilkan cuan?

  • Bekerja di perusahaan sebagai web developer, app developer, software engineer, UX designer dan profesi programmer lainnya.
  • Freelance programmer. Menjadi freelance programmer bisa memberikan penghasilan yang lebih besar jika lewat perusahaan. Namun, kamu akan sedikit lebih sulit menemukan klien.
  • Menjadi content creator. Dengan keahlian programmer yang kamu miliki, kamu bisa membagikan tips dan trik seputar programmer melalui video, tulisan, ataupun blog.

Itu dia 4 cara usaha tanpa modal yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba!

 

5/5 – (1 vote)

Related posts