Cara WA Menjadi Akun Bisnis

Cara WA Menjadi Akun Bisnis
Cara WA Menjadi Akun Bisnis

Apakah kamu sedang mencari artikel mengenai cara WA menjadi akun bisnis? Jika, iya kamu sudah masuk ke halaman yang tepat. Karena pada kesempatan kali ini akan mengulas apa yang sedang kamu cari. So, simak acara ini sampai selesai ya.

Aplikasi chatting WA merupakan salah satu media sosial yang memiliki pengguna paling banyak. Tidak hanya di Indonesia saja, melainkan hampir seluruh dunia telah memiliki aplikasi ini. Tidak hanya sebagai media chatt saja melainkan memiliki banyak fitur di dalamnya bahkan bisa juga sebagai media pemasaran produk dan pelayanan bisnis. Untuk itu mengubah WA menjadi akun bisnis sangat dianjurkan, terlebih jika kamu memiliki usaha,

Read More

Kenapa harus beraklih ke akun bisnis padahal sama-sama sebagai media chat. Jadi guys jelas WA bisnis itu berbeda dengan WA biasa, pasalnya dari segi kegunaan lebih lengkap WA bisnis dan biasa biasa belum bisa mengakomodir kebutuhan usahamu dalam melayani pelanggan.

Perbedaan Akun WA Biasa dan WA Bisnis

WhatsApps telah memberikan inovasi untuk mempermudah para penggunannya, yaitu WA bisnis. WA bisnis memiliki tujuan utamanya yaitu untuk mempermudah pelaku usaha bisnis para penggunanya.

Namun apa saja perbedaan antara WA biasa dengan WA bisnis ? berikut adalah penjelasannya:

  • Perbedaan Logo

Jika diamati dan dilihat secara visual, logo antara WA biasa dan WA bisnis berbeda. Untuk WA biasa menggunakan logo berupa gambar telepon, sedangkan WA bisnis menggunakan logonya ada huruf B dengan latar belakang yang sama.

  • Akun Centang Biru
Terkait:  Cara Foto WhatsApp Tidak Tersimpan di Galeri: Gampang!šŸ…

Pada akun bisnis, memiliki tanda simbol centang biru sedangkan WA biasa tidak memilikinya. Jadi ketika WA bisnis, akun yang terdaftar akan mendapatkan simbol centang biru. Nah untuk mendapatkan simbol centang biru atau akun yang telah terverifikasi pada aplikasi WA bisnis akan melalui proses verifikasi data terlebih dahulu.

  • Bentuk Profil

Jadi dalam bentuk profil pada WA biasa dengan WA bisnis berbeda, karena WA bisnis hanya bisa menambahkan profil saat sedang melakukan interaksi komunikasi sedangkan profil bisnis menampilkan sebuah profil usaha yang sedang berjalan.

Pada WA bisnis kamu bisa mengisi deskripsi, alamat email, alamat usaha serta situs web yang berfungsi untuk memudahkan para konsumen untuk mendapatkan informasi yang penting.

  • Fitur Pesan Auto Respon

Di WA bisnis kamu akan mendapatkan fitur ini yang memungkinkan pebisnis untuk menyetel balasan otomatis jika mendapatkan pertanyaan yang sama dari konsumen dan mengirim pesan otomatis untuk menyembut konsumen baru. Tidak hanya itu kamu bisa mengirim ucapan salam dan pesan di luar jam kerja, dapat juga membalas pesan jika sedang sibuk atau sedang di luar jam kerja.

Nah setelah mengetahui perbedaan antara WA biasa dengan WA bisnis apakah tertarik untuk mengubahnya?? Jika iya, kamu bisa simak cara WA menjadi akun bisnis dengan mudah dan tenang aja, kamu tidak akan kehilangan riwayat percakapan di Whatsapp biasa ketika mengubahnya.

Cara WA Menjadi Akun Bisnis

Cara WA Menjadi Akun Bisnis
Cara WA Menjadi Akun Bisnis

Melakukan Back-up Pesan

Jadi kamu perlu melakukan back-up pada pesan agar semua riwayat pesan kamu selama menggunakan WA tidak hilang. Caranya juga cukup musah, yaitu kamu buka aplikasi WA lalu ke pilihan menus “Setelan” dan pilih Chat/Pesan. Setelah itu jamu bisa klik pilihan “Chat Back Up” atau Cadangkan Pesan lalu klik pilihan Back Up.

Terkait:  Cara Aktifkan WhatsApp Kadaluarsa (5 Metode), Anti Ribet!

Nah nanti kamu akan diminta untuk menunggu beberapa saat hingag proses pencadangan selesai, oh ya usahakan untuk memiliki koneksi internet yang stabil ketika menjalan proses ini agar lebih cepat selesai.

Mengunduh dan Install WA Bisnis

Lakukan pengunduhan dan install alikasi WA busnis melalui Google Play Store atau App Store, tenang aja memori yang dibutuhkan tidak besar kok. Karena aplikasi ini hanya memakan memori kurang dari 150 MB saja.

Login dan verifikasi Nomor Kode OTP

Setelah proses pengunduhan selesai, kamu bisa langsung login menggunakan nomor telepon Whatsapp. Oh ya jangan lupa pastikan bahwa nomor telepon ini masih aktif dan dapat menerima SMS, karena pada proses login ini kamu akan menerima pesan yang berisikan kode OTP dan kode OTP inilah yang akan kamu gunakanuntuk verifikasi nomor telepon.

Pemulihan Data

Apabila kamu telah berhadil masuk ke akun bisnis WA teresebut, kamu akan diberi pilihan jenis media dan preferensi pesan yang akan dipulihkan dari riwayat percakapan yang telah dicadangkan tadi. Proses pemulihan data ini akan memakan waktu yang hampir sama dengan proses percadangan pesan sebelumnya.

WA Bisnis Telah Aktif dan Siap Digunakan

Yeayy akhirnya WA Bisnis sudah bisa kamu gunakan, namun perlu diingat juga bahwa ketika kamu sudah mengalihkan nomor WA biasa ke WA Bisnis itu tidak dapat dikembalikan ke WA Biasa lagi ya. Sehingga kamu perlu memastikan bahwa nomor telepon yang diubah memang khusus digunakan untuk menjalani pelayanan pelanggan bisnis kamu.

Fitur yang Tersedia dalam WA Bisnis

Ingin tahu apa saja fitur yang ada di WA bisnis untuk para pelaku usaha online ? Simak selengkapnya di bawah ini.

  • Auto GreetingĀ 
Terkait:  Cara Buat Sticker WhatsApp di Android dan iPhone, Mudah!

Fitur yang paling penting disini ialah Auto Greeting karena sangat bermanfaat bagi para pengguna akun bisnis WA, jadi Auto greeting yaitu fitur untuk membalas pelanggan yang datan ke akun bisnis secara cepat dan otomatis.

Seperti pesan salam dan pesan salam bisa kamu modifikasi sesuai keinginan sendiri, tentu hal ini lebih praktis terlebih jika kamu tidak bisa mengecek chat masuk. Atau kamu juga bisa menyiapkan fitur seperti FAQ (frequently asked question) atau tata cara pemesanan produk yang kamu sediakan.

  • Auto Reply SchedulerĀ 

Fitur selanjutnya yaitu Auto Reply Scheduler, yang merupakan fitur untuk mengatur balasan secara otomatis ketika para pelanggan menghubungi akun bisnis. Terutama pada saat luar jam kerja, para pelanggan akan mendapatkan balasan secara otomatis berdasarkan pesan yang telah dibuat.

  • Broadcast MessageĀ 

Bisnis kamu sedang berkembang pesat dan ingin membagikan notifikasi diskon untuk menjangkau semua pelanggan?? Maka kamu hanya perlu menyiapkan boradcast message dan set kepada nomor pelanggan agar mereka semua bisa menerima pesannya sekaligus dalam waktu bersamaan. Nah, mudah bukan??

  • Buat Boomark atau Label ChatĀ 

Nah kamu bisa menggunakan fitur ini ketika kamu kesulitan untuk mengecek nama mana saja pelanggan yang sudah melakukan pesanan atau mana pelanggan yang belum membayar pesasan yang mereka buat. Disini kamu bisa untuk mengedit sendiri label yang ingin kamu tandai dengan kategori yang bereda bahkan lengkap dengan warnanya.

  • Statistik Pesan

Terdapat lagi keunggulan dari WA bisnis, yaitu kamu bisa mengetahui traffic interaksi melalui fitur statistik pesan. Berdasarkan kategorinya antara lain pesan yang terkirim, pesan yang hanya pelanggan baca saja, dan pesan yang sudah dibalas.

Tentu ini sangat efektif untuk mengetahui seberapa pengaruhnya interaksi yang kamu lakukan bersama pelanggan.

Nah demikianlah informasi mengenai cara WA menjadi akun bisnis, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. Apabila berkenan kamu bisa baca artikel sebelumnya yang membahasĀ Cara Viral di Tiktok.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya, see u!

Related posts