Cara Wantek Baju

Mau tau bagaimana cara wantek baju yang udah luntur ?? Pas banget nih bestie, karena pada artikel ini akan membahasnya lebih lengkap dan tentunya mudah diaplikasikan. So, simak dibawah ini ya!

Apa Itu Wantek ?

Wantek adalah zat pewarna kain yang dapat mengembalikan warna baju yang sudah kusam menjadi terlihat baru lagi. Wantek tersedia dalam banyak warna sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika tidak mendapatkan warna baju yang sesuai dengan baju yang kamu miliki.

Nah jadi ketika baju lama kamu mulai pudar warnanya, jangan buru-buru dibuang atau langsung beli baru ya. Coba dulu pakai cara wantek baju untuk mengembalikan warna yang mulai pudar. Tenang aja gais, prosesnya mudah kok dan tentu harganya jauh lebih terjangkau.

Jika kamu ingin mengembalikan warna baju seperti semula dengan wantek, alangkah baiknya jika kamu mengetahui persiapan apa saja yang harus kamu lakukan sebelum mencobanya. Untuk itu berikut adalah penjelasannya.

Persisapan Sebelum Ngewantek Baju

Ketika mewantek baju kamu bisa melakukannya dengan cara merebus, untuk ada beberapa beralatan yang harus kamu persiapkan sebelum memulai cara wantek baju. tenang aja, peralatan yang kamu butuhkan tidak ribet kok dan pastinya sudah ada dirumah kalian.

  • Wantek

Tentunya kamu harus meyiapkan bahan ini ya, karena ini kuncinya hehe. Kamu bisa mendapatkannya di toko kain atau kamu bisa membelinya melalui online. Harganya juga bervariasi kamu bisa dapatkan dimulai harga RP. 3000 (tergantung kualitas). Kamu bisa memilih wantek sesuai dengan warna baju, atau jika tidak menmukan kamu bisa memilih paling tidak mendekati baju jangan sampai gunakan warna yang berbeda jauh.

  • Panci
Terkait:  Cara Pelaporan SPT Tahunan

Kedua sediakan panci yang agak besar sebagai wadah untuk merebus, disarankan sebaiknya pakai panci yang sudah tidak digunakan lagi. Karena wantek merupakan bahan kimia dan panci yang sudah terpapar dengan bahan kimia sebaiknya jangan digunakan untuk keperluan memasak makanan lagi.

  • Kompor

Selanjutnya kamu juga harus menyediakan kompor untuk merendam di dalam cairan wantek sambil direbus, agar warna lebih menyerap ke dalam serat kain dan bisa bertahan lama.

  • Pengaduk

Kegunaan pengaduk ini selama di direbus agar pewarnaan bisa merata, oh ya ketika jangan sekali kali pengaduk ini dipakai lagi untuk keperluan memsak ya karena sudah tercampur dengan bahan kimia. Sebaiknya gunakan pengaduk yang sudah tidak terpakai lagi.

  • Sarung Tangan 

Untuk aman dan mencegah kulit kamu dari alergi bahan kimia tertentu, dianjurkan untuk menggunakan sarung tangan. Karena dalam proses ngewantek ada proses mencampur air dan membilas baju setelah diwarnai, proses ini menggunakan tangan. Untuk itu dianjurkan kamu untuk menggunakan sarung tangan.

Nah setelah kamu menyiapkan alat dan bahan yang sudah tertera diatas, kini kamu bisa praktekan cara wantek baju dengan cara dibawah ini.

Cara Wantek Baju

Cara Wantek Baju
Cara Wantek Baju

Cara wantek baju itu sangat mudah loh, yuk ikuti setiap langkahnya untuk hasil wantek yang merata dan warna bisa awet dan lebih lama. Berikut adalah tahapannya.

Pilih Pakaian Berdasarkan Warna dan Ketebalan Kain

Pertama kamu bisa sortir baju terlebih dahulu, jika kamu ingin mewantek satu baju mungkin kamu bisa langsung ketahap berikutnya yaitu menyiapkan air dan wantek. Namun ketika kamu ingin ngwantek beberapa baju, sebaiknya pisahkan baju yang warnanya sama dan pilih wantek sesuai warna. Jangan mencampur warna baju karena nanti hasilnya tidak memuaskan.

Oh ya ketebalan baju juga berpengaruh loh, jadi kamu perlu memperhatikan tebal tipisnya baju. Baju yang terlalu tipis beresiko untuk rusak setelah diwantek, seperti nylon, polyster, sutra, parasut bahan tersebut tidak bisa diwantek. Jadi kamu harus paham betul baju yang ingin kamu wantek.

Terkait:  Cara Nego Gaji

Siapkan Air dan Wantek

Langkah selanjutnya kamu perlu menyiapkan air dan wantek guna untuk mencampurkan si wantek. Selama proses merebus ini, kamu juga perlu mengaduk baju agar semua warna tercampur secara merata. Untuk itu jangan isi air terlalu penuh, kira-kira saja air yang cukup untuk meredam baju dengan sempurna.

Tuangkan wantek sesuai takaran air, biasanya 3 liter air bisa digunakan untuk 2 bungkus wantek. Namun dalamkemasan wantek sudah ada aturan pakai kok, jadi kamu bisa baca aturan tersebut jika masih ragu. Aduk hingga larutan tercampur dengan rata, lalu masukkan baju dan masa dengan api sedang.

Rebus Pakaian Kurang Lebih 20 Menit

Pakaian direbus kurang lebih 20 menit dambil diaduk sesekali agar warna tersebar merata dan terserap dengan sempurna. Nah jika dirasa sudah rata, kamu bisa matikan apil sambil tetap diaduk hingga air mulai hangat agar warna tercampur merata.

Bilas Pakaian

Setelah air yang dipanci sudah dingin, kamu bisa bilas pakaian tersebut dengan air bersih. Biasanya baju perlu dibilas hingga 5x supaya benar-benar bersih dari larutan wantek. Nah setelah dibilas kamu bisa langsung jemur pakaian di tempat yang Tidak Terkena Sinar Matahari langsung untuk menjaga ketahan warna baju kamu.

Cara Wantek Baju Berbahan Jeans

Seperti yang sudah dijelakan diatas, bahwa tidak bisa mencapur baju yang hendak diwantek. Baju-baju jenis tertentu membutuhkan perhatian khusus saat mengaplikasi wantek. Berikut adalah cara wantek baju berbahan jeans.

Karena sturktur kain denim yang lebih tebal jika dibandingkan dengan jenis kain biasa maka kamu bisa double atau menggandakan jumlah wantek dan air yang digunakan supaya hasilnya maksimal. Nah biasanya baju yang berbahan jeans warna hitam yang termasuk sering pudar.

Terkait:  Cara Gunakan Flip

Cara Wantek Baju Berbahan Sweter

Nah apabila kamu ingin ngewantek baju yang berbahan sweter seperti brokat dan bahan-bahan sensitif lainnya, kamu dianjurkan untuk membaca label perawatan pakaian untuk memastikan baju bisa dimasukkan ke dalam air mendidih.

Tetap safety dan hati hati saat membolak-balik, kamu bisa gunakan sendok kayu berkepala lebar supaya tidak menyebabkan koyak pada bahan yang sensitif.

Tips Mencuci Baju Arga Warna Tetap Cemerlang

Terdapat tips ketika mencuci baju tidak cepat memudar, berikut adalah tipsnya:

  • Cuci Baju Berdasarkan Warnanya

Selain untuk mengindari warna kain yang memudar, memilah baju berdasarkan warna yang mirip bisa mempertahankan warna aslinya loh.

  • Gunakan Detergen Pencerah Warna 

Beberapa detergen tertentu memang diformulasikan khusus untuk menjaga supaya warna baju tetap cemerlang.

  • Keringkan Cucian Secara Benar 

Tips selanjutnya keringkan cucian secara benar, pilih menjemur pakaian daripada memakai mesin pengering cucian supaya warna aslinya lebih tahan lama. Tempat yang tidak terlalu panas paling tepat untuk menjemur pakain berwarna gelap.

  • Balik Pakaian Luar ke Dalam Sebelum Dijemur 

Memang trik ini memakan waktu ekstra selama proses mencuci, namun cara ini termasik paling efektif agar warna baju tidak cepat memudar loh.

  • Cuci Menggunakan Air Dingin 

Jika mungkin, kamu bisa mencuci pakaian dengan air dingin karena membantu menjaga warna tetap melekat dibaju. Mencuci dengan air dingin juga ramah lingkungan kok.

Nah itulah cara wantek baju beserta tips-tips mencuci agar warna baju kamu tidak cepat memudar, oh ya kamu bisa mampir di artikel sebelumnya yang membahas Cara WA Menjadi Akun Bisnis.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa diartikel selanjutnya. See u!

Rate this post

Related posts