Cara Watermark PDF

Bingung bagaimana cara watermark PDF ? Tenang aja bestie, karena artikel pada kali ini akan membahasnya secara lengkap dan mudah dilakukan. So, simak artikel ini sampai habis ya!

Apa Itu Watermark ?

Watermark adalah logo atau ikon yang disematkan ke dalam sebuah karya berupa gambar, foto, video, maupun di PDF. Menurut KBBI, watermark merupakan tanda dalam kertas (misalnya pada mnuskrip uang kertas) yang hanya tampak samar-samar di lihat.

Menurut Wikipedia, watermark memiliki arti sebagai gambar atau pola identifikasi di kertas yang muncul berbagai warna terang maupun gelap yang bisa dilihat. Penempatan watermark pada umumnya berada di sebelah pojok sebuah karya, akan tetapi bisa juga ditaruh di tengah dan dimana aja sesuka hati.

Ukuran watermark juga bebas, mau kecil besar juga silahkan. Contohnya seperti foto yang dijual di situs-situs tertentu menggunakan watermark yang berukuran besar guna foto tersebut tidak bisa dijual belika dengan bebas.

Watermark sendiri biasanya juga didesain secara transparan, hal ini bertujuan supaya siapa aja dapat melihat karya yang ada dengan baik tanpa gangguan secara visual dari watermark itu sendiri. Jadi jika kamu ingin menggunakan watermark di kayarmu, kamu bisa menggunakan watermark yang transparan saja.

Fungsi Watermark

Meskipun terlihat hanya sebagai cap pada sebuah karya, namun watermark memiliki manfaat yang tidak terbatas pada copyright saja. Berikut adalah manfaat lain yang bisa di dapat melalui watermark.

  • Keaman Produk Akan Terjamin

Di dunia desain digital, tidak sedikit oknum yang memanfaatkan jasa mereka untuk mendesain logo tanpa membayar. Kelalaian ini bisanya dialami oleh seorang desainer pemula, selain itu biasanya desainer pemula ini akan mengirimkan file yang baru saja dibuat tanpa adanya watermark maupun tanda pengenal lainnya.

Terkait:  Cara Memotong Video Online

Kesalahan fatal yang dilakukan oleh seorang desainer pemula ialah ketika si oknum pemesan meminta gambaran produk sebelum pembayaran, dan ketika gambar dikirim tanpa watermark bisa saja oknum tersebut tidak mau bayar dan akan mengeklaim gambar tersebut adalah karya dia.

Akan tetapi jika kamu menyematkan setidaknya watermark transparan yang menutupi 70% dari desain yang dijual, paling tidak hal tersebut bida dihindari. Jadi pentingnya watermark untuk keamanan produk atau hasil karya kamu.

  • Mencegah Web Scraping 

Jika kamu belum tahu apa itu web scraping, plis baca ini. Jadi web scraping merupakan metode pengambilan data pada sebuah website. Web scraping menggunakan 2 metode yaitu dengan cara manual atau otomatis.

Jika menggunakan metode yang manual, maka penggunanya harus meng-copy paste data dari website lain. Sedangkan jika menggunakna yang otomatis maka pengguna harus menggunakna coding atau aplikasi.

Pada intinya web scraping dapat dilakukan dengan tindakan yang negatif dan merupakan pihak yang datanya disalin, nah dengan kamu menggunakan dan menyematkan watermark pada gambar di website kamu kemungkinan besar seorang scraper akan kesulitan menggunakan data yang di salin pada website kamu.

  • Menghindari Pencurian Karya 

Tidak jarang seseorang memanfaatkan logo maupun desain miliki orang lain dalam menciptakan desain mereka sendiri. Mungkin jika pelaku hendak menjadikan logo yang kamu buat sebagai inspirasi dengan hasil akhir bisa di tolerir jika desainya tidak sama ketiplek dengan karya kamu.

Namun apabila mereka memanfaakan kesamaannya hampir mirip bahkan bisa dikatakan mirip 100% terlebih jika dikomersialkan tanpa meminta izin kepada si pembuat aslinya, maka hal tersebut masuk pada tindak kriminal.

Maka dari itu dengan memberikan watermark pada sebuah karya merupakan sebuah hal yang harus dilakukan guna mencegah hal yang merugikan di kemuadian hari, kecuali jika kamu memang berniat membuatnya dibagikan secara gratis.

Terkait:  Cara Ngereset Hp Samsung

Watermark juga bisa digunakan ke dalam dokumen-dokumen penting seperti hasil thesis, skripsi maupun dokumen yang lainnya. Terlebih jika kamu seorang mahasiswa maupun dosen yang memiliki karya pada sebuah tulisan yang di PDF kan.

Nah untuk itu, pada artikel ini akan menjelaskan cara watermark PDF dengan mudah sebagai berikut.

Cara Watermark PDF

Cara Watermark PDF
Cara Watermark PDF
  • Kemudian kamu bisa pilih jenis watermark, jika kamu ingin membuat watermark teks maka pilih saja Text dan ketik teks di dalam kontak dengan begitu kamu harus menyesuaikan setting ataupun format yang diperlukan.
  • Bagi kamu yang ingin menggunakan watermark gambar, maka bisa pilih File lalu klik Browser dan pilih file Gambar.
  • Apabila kamu ingin mengubah ukuran gambar pada watermark dengan ukuran asli file gambar, kamu bisa masukkan presentase pada opsi Absolute Scale (pada kontak Source). 
  • Jika kamu ingin mengubahnya ke ukuran watermark yang berkaitan dengan dimensi halaman PDF, kamu bisa tinggal memasukkan presentase dalam opsi Scale relative to target page (pada kontak Appearance). 
  • Pada opsi Rotation ini, maka kamu bisa memutar balik teks ataupun gambar sesuai dengan keinginan kamu dan terdapat pilihan yang disediakan yaitu -45, none 45, dan customs.
  • Jika opsi Opacoty ini, digunakan untuk setting transparasi dari pilihan watermark yang kamu pilih.
  • Untuk lokasi opsi Location, digunakan untuk penempatan watermark. Gunanya untuk apakah bisa di tempatkan di Appear behind page (tampilan di belakang halaman) atau Appear on top Page (tampilan di atas halaman).
  • Jika settingan sudah semua, maka kamu bisa klik OK.
  • Selesai.

 

Cara Watermark PDF yang Tertutup

Berikut adalah bagaimana cara watermark PDF yang tertutup, simak di bawah ini:

  • Sama seperti diatas, kamu bisa klik Tools > Page > Watermark > Add Watermark.
  • Apabila sudah muncul Windows Watermark (Add) lalu klik Add Files.
  • Kemudian, pilih mana yang akan di beri watermark.
  • Setelah itu klik Open untuk pemulihan file dan ini bisa lebih dari satu.
  • Setelah itu kamu bisa ikuti langkah-langka 2 hingga 6 prosedur untuk menambahkan watermark dengan dokumen yang terbuka.
  • Jikalau tidak sesuai maka kamu bisa langsung klik Ok saja.
  • Selesai.
Terkait:  Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Nah ituah proses bagaimana cara watermark PDF yang tertutup maupun terbuka dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya.

Apabila berkenan kamu bisa buka artikel sebelumnya yang membahas mengenai Cara Wantek Baju. Hehe

Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya, see u!

Related posts