Cara Ukur Berat Badan Ideal Pria dan Wanita, Dijamin Akurat

Cara Ukur Berat Badan Ideal
Cara Ukur Berat Badan Ideal

PindahLubang.com – Siapa saja pasti ingin mempunyai berat badan ideal, bukan? Secara umum semua orang ingin memiliki postur tubuh atau berat badan yang tidak terlalu kurus atau sangat gemuk, asalkan tahu cara ukur berat badan ideal yang benar. Jangan heran siapapun bahkan kamu sendiri pasti ingin mempunyai bentuk tubuh yang bagus.

Akan tetapi, banyak orang masih gagal mendapatkannya akibat sulit mengatur pola makan teratur. Selain itu, kamu sendiri mungkin tidak bisa menerapkan pola hidup yang sehat sehingga belum mampu mencapai berat badan ideal yang didambakan semua orang.

Sayangnya, cara ukur berat badan ideal masih salah dilakukan banyak orang. Kamu mungkin berpikir postur tubuh yang tinggi dengan bobot lebih dari 60 kg sudah bagus, bahkan proporsional. Padahal, sudut pandang dan asumsi tersebut tidak selalu benar, lho.

Kalian harus tahu berbagai macam cara mengukur berat badan yang pas. Pasalnya, siapapun tidak punya bentuk tubuh yang sama di mana satu sama lain memiliki proses tumbuh kembang berbeda, sedangkan asupan nutrisinya pun bergantung pada jenis kelamin dan usia setiap individu.

Pengertian Berat Badan Ideal

Berat badan ideal merupakan berat badan yang disebut paling menyehatkan untuk seseorang, sedangkan aspeknya berpacu pada tinggi badannya. Maka dari itu, berat badan tersebut bakal memberi angka harapan hidup cukup tinggi untuk kalian.

Walaupun tinggi badan adalah acuan utama, tapi kamu juga harus mempertimbangkan berbagai macam aspek dalam menilai apakah berat badan kalian tergolong sehat atau tidak. Selain itu, beberapa faktor tersebut biasanya terdiri dari usia, bentuk tubuh, jenis kelamin hingga massa otot.

Terkait:  Cara Menjadikan HP Sebagai Modem dengan Kabel USB, Anti Ribet!

Kalian harus tahu cara ukur berat badan ideal supaya bisa menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Langkah ini juga adalah suatu tindakan sehingga kamu dapat mencegah berbagai macam penyakit di masa depan.

Berat badan berlebih cenderung menimbulkan risiko penyakit serius seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung hingga diabeter melitus. Di samping itu, berat badan kurang bahkan terlalu rendah justru mengakibatkan anemia, gangguan pertumbuhan sampai osteoporosis.

Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal

Bagi sebagian besar orang mungkin cara mendapatkan berat badan ideal merupakan sesuatu yang sangat sulit, padahal pemikiran tersebut salah. Kamu bisa memiliki berat badan proporsional dengan menerapkan hal-hal di bawah ini:

  • Olahraga
    Aktivitas fisik membantu membakar kalori untuk siapapun yang ingin menurunkan berat badan. Jika kamu ingin menambah berat badan, olahraga mampu membangun massa otot. Kamu harus memastikan olahraga rutin paling tidak 30 menit dalam sehari.
  • Makan Makanan Bergizi
    Jangan pernah menyepelekan berbagai macam asupan nutrisi dalam kehidupan sehari-hari, di mana mereka bisa membantumu mendapat berat badan ideal. Kamu bisa makan makanan bergizi seperti karbohidrat, vitamin dan protein agar postur tubuh ideal tetap terjaga.
  • Konsumsi Sayur dan Buah
    Buah dan sayur sangat bagus untuk membantu menambah atau menurunkan berat badan. Keduanya punya kandungan serat tinggi dan membuatmu kenyang lebih lama, mengontrol gula darah dan kolesterol, melancarkan pencernaan sampai melindungi tubuh dari penyakit.
  • Sarapan
    Tak sedikit orang sering melewatkan sarapan untuk menurunkan berat badan. Tapi, sarapan bukan sekadar memberi tubuh energi untuk beraktivitas, namun mencegah keinginan untuk mencegah hasrat mengonsumsi berbagai macam makanan lebih lama saat siang dan sore hari.
  • Atur Pola Makan
    Jangan sampai kamu tidak bisa mengatur pola makan setiap hari. Kamu harus memilih asupan makanan apa saja yang perlu ditambah atau dikurangi untuk menambah atau menurunkan berat badan. Kamu juga bisa menambah snack khusus guna mendukung asupan energi harian.
  • Ikuti Pola Makan Secara Konsisten
    Berat badan kalian tidak akan stabil bila tidak menjalani pola makan secara konsisten. Oleh karena iti, buatlah menu selama sepekan ke depan, termasuk ketika kalian bakal bepergian sehingga pola makanan dapat terjaga sekalipun kegiatan harian berubah atau tidak teratur.
Terkait:  Cara Membaca Abjad Bahasa Inggris

Cara Ukur Berat Badan Ideal

Cara Ukur Berat Badan Ideal
Cara Ukur Berat Badan Ideal

Barangkali kamu belum tahu cara ukur berat badan ideal untuk menjaga kesehatan tubuh, maka bisa mengetahui informasinya melalui artikel ini. Kami telah merangkum panduan lengkapnya agar kamu dapat mengukur berat badan yang sesuai dengan postur tubuhmu.

Jangan sampai bobot badanmu terlalu gemuk, apalagi kurus demi menjaga kesehatan fisik tetap bugar dan prima. Selain itu, seseorang yang ingin mempunyai berat badan ideal harus menjaga gaya hidup sehat dan menghindari berbagai macam hal yang mengganggu kesehatan tubuhnya.

Cara Ukur Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI

BMI atau Indeks Massa Tubuh merupakan metode umum untuk menghitung sekaligus mengukur berat badan ideal berdasarkan berat serta tinggi badan. Secara umum BMI berpacu pada perbedaan usia setiap orang. Berdasarkan National Intitute of Health (NHI), berikut adalah keterangan yang menampilkan status berat badan pasca dihitung, yakni:

  • Indeks Massa Tubuh kurang dari 18,5 berarti kekurangan berat badan (underweight).
  • BMI berkisar antara 18,5 hingga 24,9 adalah sangat ideal (normal).
  • Indeks Massa Tubuh berkisar antara 25 hingga 29,9 adalah kelebihan berat badan (overweight).
  • BMI lebih dari 30 berarti obesitas (kegemukan).

Secara umum sebagian besar orang hampir sering menggunakan kalkulator BMI melalui website www.nhlbi.nih.gov/health/educational/lose_wt/BMI/bmi-m.htm dan kalkulator tersebut bakal menghitung berat badan kamu ideal atau tidak secara otomatis.

Cara Ukur Berat Badan Ideal dengan Metode Waist to Hip Ratio (WHR)

Metode Waist to Hip Ratio (WHR) adalah sebuah langkah perbandingan untuk mengukur ukuran linggar pinggang serta pinggul kalian. Cara ukur berat badan ideal ini bahkan bisa membedakan perhitungan antara laki-laki dan perempuan. Simak rumur WHR sebagai berikut:

Terkait:  Cara Hitung Bunga Deposito

Lingkar Pinggang : Lingkar Pinggul = Hasil.

Keterangan untuk Laki-laki:

  • Kurang dari 0,9 : risiko rendah.
  • Dari 0,9 sampai 0,99 : risiko sedang.
  • Lebih dari 1,0 : risiko tinggi.

Keterangan untuk Perempuan:

  • Kurang dari 0,8 : risiko rendah.
  • Dari 0,8 sampai 0,89 : risiko sedang.
  • Lebih dari 0,9 : risiko tinggi.

Walaupun demikian, metode WHR tidak dianjurkan untuk seseorang yang mempunyai nilai BMI lebih dari 35, serta anak-anak di bawah usia 13 tahun.

Cara Ukur Berat Badan Ideal dengan Rumus Broca

Seseorang bisa mencoba cara ukur berat badan ideal menggunakan rumus Broca. Rumus ini ditemukan oleh Paul Broca yang membedakan cara perhitungan antara laki-laki dan perempuan. Hal ini dikarenakan laki-laki dan perempuan punya komposisi tubuh berbeda.

Rumus Broca untuk menghitung berat badan ideal antara laki-laki dan perempuan bisa diketahui sebagai berikut:

  • Laki-laki: berat badan ideal (kilogram) = (tinggi badan (cm) – 100) – ((tinggi badan (cm) – 100) x 10 persen).
  • Perempuan: berat badan ideal (kilogram) = (tinggi badan (cm) – 100) – ((tinggi badan (cm) – 100) x 15 persen).

Contoh:

Apabila kamu seorang pria yang punya tinggi badan 170 cm, cara ukur berat badan idealnya adalah (170 – 100) – ((170 – 100) x 10%), 70-7 = 63. Jadi, berat badan idealmu adalah seberat 63 kg.

Demikian panduan cara ukur berat badan ideal dan tips mendapatkan bobot tubuh proporsional yang wajib kamu tahu. Semoga bermanfaat!

Related posts