Cara Usir Semut

Cara Usir Semut

Kehadiran semut di rumah, mobil, dan tempat-tempat tertentu kerap kali mengganggu kenyamanan jika dibiarkan. Jika saat ini kamu sedang mencari cara usir semut, kamu datang di tempat yang tepat. Yuk baca beberapa tips di bawah ini yang bisa kamu ikuti untuk mengusir semut!

Semut memiliki variasi yang bermacam-macam. Semut dalam jumlah kecil tentu tidak terlalu mengganggu. Namun beberapa diantaranya sering menggigit manusia dan meninggalkan rasa gatal atau pun luka.

Para ahli binatang memperkirakan setidaknya ada lebih dari satu juta semut per satu manusia di muka bumi ini. Ada yang bersarang di pohon, batang kayu, dan tembok bangunan. Ini juga berarti bahwa hampir setiap rumah di dunia ini memiliki semut didalamnya.

Semut-semut yang sudah membuat sarang akan keluar dari sarangnya untuk mencari makanan dan minuman. Satu semut datang memastikan bahwa ada makanan, kemudian diikuti oleh semut-semut yang lain.

Berikut ini beberapa cara usir semut yang bisa kamu lakukan dengan mudah:

Cara Usir Semut

Cara Usir Semut
Cara Usir Semut

Cara Usir Semut di Rumah

Untuk mengusir semut di rumah, kamu bisa menggunakan bahan kimia maupun bahan alami. Berikut ini beberapa bahan kimia yang bisa kamu gunakan untuk mengusir semut:

1. Pakai Cairan Pembersih Kaca dan Detergen

Gunakan cairan pembersih kaca dan detergen sebagai cairan obat yang disemprotkan ke semut. Campurkan beberapa sendok cairan pembersih kaca dengan 1/2 sendok makan detergen. Tambahkan air secukupnya, kemudian masukkan kedalam botol semprot.

Kocok semua bahan, kemudian semprotkan ke bagian rumah yang sering didatangi semut atau di ruang tempat keluar semut. Jangan gunakan cairan terlalu banyak ya. Gunakan secukupnya saja. Pasalnya cairan ini akan terasa sedikit lengket jika mengering dan akan licin jika terkena air.

Terkait:  Cara Mengatasi HP Ngehang Baterai Tanam (3 Langkah) Simpel

2. Pakai Sabun Cuci Tangan Cair

Punya sabun cair tangan cair? Campurkan sabun cair tangan dengan air menggunakan perbandingan 1 : 10. Masukkan ke dalam botol semprot dan kocok hingga tercampur rata. Setelah itu, semprotkan pada area bersemut. Kamu bisa menyemprotkan ini di pinggir meja makan. Tapi pastikan cairan tidak mengenai makanan dan minuman yang ada di atas meja.

3. Pakai Cairan Sabun Pel

Masih dengan bahan yang sering ditemukan di rumah, kamu bisa mengunakan cairan sabun pel merek apapun. Caranya, campur beberapa sendok cairan sabun pel dengan air. Masukkan campuran sabun pel dan air kedalam botol semprot. Semprotkan ke bagian-bagian rumah yang sering didatangi oleh semut.

4. Pakai Ampas Kopi

Setelah menyeduh kopi jangan buang ampasnya. Bahan dapur ini ternyata bisa digunakan untuk mengusir semut. Taburkan ampas kopi ke tempat yang dihinggapi semut agar semut tidak datang.

5. Pakai Air Lemon dan Kulit Lemon

Semut ternyata tidak menyukai air perasan lemon. Mereka akan menjauh jika mencium aroma lemon karena bau asamnya. Ambil satu buah lemon segar, kemudian potong menjadi beberapa bagian. Peras lemon sehingga mengeluarkan sarinya. Semprotkan air lemon di tempat yang didatangi semut.

Ambil ampas lemon kemudian pisah kulit buah lemon dengan bulirnya. Parut atau iris halus kulit jeruk. Setelah itu, letakkan di bagian rumah yang sering didatangi semut.

6. Pakai Bubuk Merica

Cara mudah selanjutnya untuk mengusir semut adalah dengan menggunakan bumbu dapur, merica. Semut sangat menyukai bumbu dapur gula, tapi sangat membenci merica atau lada. Baik merica putih atau hitam, semut tidak suka.

Ambil beberapa butir merica, kemudian tumbuk menjadi bubuk. Kamu juga bisa membeli merica bubuk instan sehingga tidak perlu repot menumbuk lagi. Taburkan di bagian rumah yang sering didatangi semut. Selain taburan merica bubuk, kamu juga bisa menggunakan semprotan cairan yang terbuat dari merica dan air. Setelah itu, semprot ke sumber keluarnya semut.

Terkait:  Penyebab Klakson Mobil Mati

7. Pakai Kayu Manis dan Cengkeh

Bumbu dapur selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengusir semut yaitu kayu manis dan cengkeh. 2 bahan ini memiliki aroma yang sangat kuat dan tidak disukai oleh semut.

Letakkan kayu manis dan cengkeh di pintu masuk rumah dan area yang sering dimasuki semut. Selain mengusir semut, kayu manis dan cengkeh dapat memberikan wangi segar alami pada rumah.

Untuk memberikan hasil yang lebih efektif, kamu bisa menambahkan minyak esensial oil ke kayu manis yang sudah dijadikan bubuk. Campuran kedua bahan ini dapat memberikan wangi aromaterapi sekaligus mengusir semut.

Cara Usir Semut di Mobil

Selain muncul di rumah, kehadiran semut seringkali mengganggu di mobil. Semut bisa masuk ke mobil dan membuat sarangnya. Penyebab semut bersarang karena suhu mobil relatif stabil dari siang hingga malam, sehingga semut betah berlama-lama di kabin. Semut masuk ke kabin mobil dalam berbagai cara.

Semut bisa masuk saat mobil yang sedang terparkir di tempat sarang semut berada. Apalagi jika di dalam mobil terdapat sisa makanan atau minuman yang tidak dibersihkan. Jika sudah terlalu lama dibiarkan, hal ini akan mengundang semut untuk hadir. Bagaimana cara mengusir semut dari mobil?

1. Membersihkan Sela-Sela Mobil

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengusir semut adalah selalu membersihkan mobil terutama sela-sela mobil setelah bepergian jauh. Dengan membersihkan mobil, tentunya semut akan malas untuk membuat sarang.

Mulailah dengan membersihkan sela-sela kabin, karpet, dan bagian lainnya hingga ke sela-sela terkecil yang sulit dijangkau. Buang sisa makanan yang menumpuk di mobil. Jangan lupa juga untuk mengelap bagian mobil yang terkena tumpahan air gula.

Kamu bisa membersihkan mobil sendiri menggunakan penyedot debu khusus mobil supaya seluruh kotoran tersedot. Cara ini cukup ampuh untuk membersihkan sisa-sisa makanan berupa rempahan yang masuk ke sela-sela bagian mobil.

Terkait:  Penyebab Busi Mobil Hitam

2. Memancing Semut Keluar dari Persembunyian

Jika semut sudah terlanjur membuat sarangnya di dalam mobil, kamu tidak perlu khawatir. Cobalah untuk memancing semut keluar terlebih dahulu dari sarang yang dibuatnya di sela-sela mobil.

Gunakan bahan alami seperti cairan air lemon atau campuran air + deterjen. Untuk cairan lemon, gunakan lemon yang diperas dan masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan cairan tersebut ke sela-sela mobil yang sekiranya semut tinggal. Cara ini akan memancing semut keluar karena bau air lemon yang menyengat dan tidak disukai oleh semut.

Semut ternyata tidak hanya membuat sarang di rumah dan di mobil saja, tapi juga seringkali bersarang di dalam laptop. Bagian-bagian laptop yang terbuka seperti ventilasi udara dan sela-sela keyboard, menjadi jalan masuk semut ke dalam laptop. Jadi, jangan heran jika tiba-tiba banyak semut yang keluar masuk area tersebut.

Cara Usir Semut di Laptop

Sebelum membahas mengenai cara mengusir semut dari laptop, ada baiknya kita tahu hal-hal apa saja yang perlu dicegah agar semut tidak masuk ke dalam laptop?

  • Jangan makan dan minum di atas laptop. Sisa makanan berupa rempah-rempah bisa masuk ke dalam sela-sela laptop melalui keyboard. Jadi, usahakan untuk tidak makan di atas laptop ya dear.
  • Gunakan kapur serangga dan letakkan di meja kaki laptop supaya semut enggan untuk naik ke laptop.
  • Jauhkan laptop dari tembok. Jangan tempelkan laptop ke dinding. Terutama dinding yang sering dijadikan aur lalu lintas semut.

Setelah mengetahui cara mencegah semut datang, bagaimana cara mengusir semut dari dalam laptop?

  • Siapkan sebatang kapur serangga dan selembar kertas. Kemudian, cari jalan masuk semut ke dalam laptop.
  • Goreskan kapur pada lembar kertas tersebut secara merata dan tipis. Gunakan sarung tangan saat memegang kapur.
  • Letakkan laptop dalam keadaan mati diatas goresan kapur. Bau yang menyengat dari kapur akan memaksa semut keluar dari persembunyiannya.
  • Setelah semut keluar, bersihkan laptop dan cuci tanganmu agar racun dari kapur serangga tidak menempel pada tubuh.

Oke dear, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir semut di rumah, di mobil, maupun di laptopmu.

Dibandingkan mengusir semut, ada baiknya mencegah kehadiran semut sebelum mebuat saragnya ya. Sekian artikel cara usir semut kali dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa.

 

Similar Posts