Cara Ukur Cincin

Apakah kamu sedang berencana memberi cincin untuk tunangan atau pasangan? Kami sarankan kalian mencari tahu cara ukur cincin dengan benar. Gunanya agar hadiah berharga tersebut dapat dikenakan oleh orang terkasih lebih nyaman, tidak kebesaran atau kekecilan.

Cincin sudah menjadi salah satu perhiasan yang sering dijadikan sebagai hadiah istimewa bagi pasangan. Jika kamu sedang berencana tunangan atau menikah, cincin adalah kado terbaik untuk calon pasanganmu untuk dikenakan di kemudian hari.

Read More

Secara umum cincin mempunyai berbagai macam ukuran sesuai dengan diameter jari seseorang yang akan menggunakannya, lho. Jangan heran cara ukur cincin menjadi sesuatu yang kerap dianggap sulit oleh banyak orang, khususnya mereka yang bakal menikah.

Akan tetapi, kamu tidak perlu repot bahkan bolak balik ke toko emas untuk menukar cincin tersebut. Pasalnya, siapa saja bisa mengukur cincin menggunakan berbagai macam langkah, di mana kamu bisa mengandalkan cincin lama sampai benang untuk mengukurnya dengan mudah.

Cara Ukur Cincin
Cara Ukur Cincin

Daftar Ukuran Cincin Pria dan Wanita

Secara umum ukuran cincin pria dan wanita sangat berbeda, lho. Tak bisa dimungkiri mayoritas cincin khusus pria dirancang khusus dengan ukuran lebih besar dibandingkan wanita. Simak tabel ukuran cincin pria dan wanita di bawah ini:

Tabel Ukuran Cincin Pria

Nomor Cincin Diameter Cincin Keliling Cincin
Nomor 15 16,5 cm 51,9 cm
Nomor 16 16,5 cm 51,9 cm
Nomor 17 18,1 cm 57 cm
Nomor 18 18,9 cm 59,5 cm
Nomor 19 19,8 cm 62,1 cm
Nomor 20 20,6 cm 64,6 cm
Nomor 21 21,4 cm 67,2 cm
Nomor 22 22,2 cm 69,7 cm
Terkait:  Cara Menanam Cabe

Tabel Ukuran Cincin Wanita

Nomor Cincin Diameter Cincin Keliling Cincin
Nomor 7 14,9 cm 49 cm
Nomor 8 15 cm 50 cm
Nomor 9 15,1 cm 51 cm
Nomor 10 18,9 cm 59,5 cm
Nomor 11 15,8 cm 53 cm
Nomor 12 16 cm 54 cm
Nomor 13 16,2 cm 55 cm
Nomor 14 16,8 cm 56 cm
Nomor 15 16,9 cm 57 cm
Nomor 16 17 cm 58 cm
Nomor 17 17,5 cm 59 cm
Nomor 18 18 cm 60 cm

Daftar Merek Cincin Terbaik

Jika kamu telah mempertimbangkan ukuran, maka bisa mengetahui daftar merek cincin terbaik untuk diberikan kepada orang tersayang. Simak daftar merek cincin berkualitas yang direkomendasikan sebagai berikut:

  • Loulourose
    Brand ini merupakan merek perhiasan lokal yang tampak modern dan minimalis. Loulourose menggunakan bahan silver 925 dan emas 14K serta 18K dalam pembuatan anting, cincin, gelang, kalung dan lainnya. Kamu juga bisa custom perhiasannya sesuai dengan keinginanmu.
  • Litany
    Litany selalu konsisten menyediakan beragam desain perhiasan keren dan unik dari berbagai macam tumbuh-tumbuhan seperti anggrek, mawar dan lainnya. Kamu bisa beli cincin, gelang, anting, kalung dan lainnya, sedangkan semuanya tampak mewah dan elegan.
  • Pandora
    Brand asal Copenhagen, Denmark ini sudah hadir sejak tahun 1982 silam dan dikenal menyediakan berbagai macam custom perhiasan yang bagus. Kamu bisa membeli cincin, anting, kalung, gelang dan lainnya dengan tampilan formal maupun informal, lho.
  • Frank & Co
    Brand perhiasan lokal ini memiliki tingkat warna F serta kejernihan VVS dengan sertifikat dari Gemological Intitute of America (GIA). Frank & Co fokus menyediakan beragam jenis perhiasan terbaik seperti cincin dan berlian, sedangkan ragam cincinnya juga menarik.
  • Fifth Bloom
    Brand perhiasan ini berbasis di Australia dan Indonesia. Selain itu Fifth Bloom sudah terkenal berkat berlian premium hearth & arrows yang dipotong secara khusus guna menampilkan presisi simetri untuk memancarkan kilau menawan. Kamu pun bisa dapatkan perhiasan custom seperti cincin tunangan dan cincin kawin.
Terkait:  Cara Hitung BMI

Cara Ukur Cincin

Jika kamu tidak tahu cara ukur cincin yang benar dan mudah, kami akan beritahu langkah-langkahnya melalui artikel ini. Seseorang mungkin tidak mengerti bahkan sulit mengukur cincin sebagai hadiah kejutan untuk orang tersayang.

Bagaimana tidak, kamu tidak tahu diameter dan keliling jari orang tsb yang bakal dikenakan cincin nya nanti. Namun, kalian sekarang jangan repot karena cara mengukur cincin bisa menggunakan berbagai macam metode praktis. Hasil pengukurannya pun akurat dan cincin yang akan dipasang nanti tidak terasa longgar maupun sempit.

Cara Ukur Cincin dengan Penggaris

Kamu bisa mencoba cara ukur cincin menggunakan penggaris. Kamu harus mengukur cincin lamamu termasuk diamaternya dengan penggaris di rumah. Selain itu, kamu bakal lihat berapa diameter cincinnya berdasarkan ukuran jarimu. Maka dari itu, kamu tidak akan ragu membeli cincin bahkan secara online setelah mengetahui lingkar diamaternya.

Cara Ukur Cincin dengan Meteran Kain

Apabila kamu tidak punya cincin yang bisa diukur, maka bisa menggunakan meteran kain sebagai solusinya. Cara ukur cincin dengan meteran kain hanya melilitkan meteran kainnya ke salah satu jari yang bakal dikenakan cincin nanti, kemudian lihat ukurannya. Gunakan hasil pengukuran diameter tersebut untuk mendapatkan perhiasan yang bagus dan pas.

Cara Ukur Cincin dengan Kertas

Kamu tidak perlu khawatir jika sulit mengukur jari menggunakan cincin lama atau meteran kain, kamu bisa melakukan cara ukur cincin dengan kertas. Kamu bisa siapkan kertas yang dipotong memanjang bak pita terlebih dulu. Kemudian, lilitkan kertas pada jari yang bakal diukur dan diberi tanda di mana kedua sisi saling bertemu, sehingga kamu dapat membeli cincin dengan ukuran yang pas.

Terkait:  Cara Gacha Genshin Impact

Cara Ukur Cincin dengan Tali

Apabila kamu malas menggunting kertas, cara ukur cincin selanjutnya adalah menggunakan tali. Kamu harus melilitkan tali pada jari, kemudian tandai ujungnya dan lepaskan. Bentangkan pada tempat atau permukaan datar, kemudian ukur diameternya menggunakan penggaris guna mengetahui ukuran cincin yang sesuai dengan jari kamu.

Cara Ukur Cincin dengan Foto Jari

Jika kamu ingin mencoba cara ukur cincin yang lebih rahasia, gunakan foto jari untuk menemukan jawabannya. Kamu bisa meminta foto jari dari orang tersayang yang bakal diberikan cincin emas atau silver. Kemudian, konsultasikan dengan staf atau ahli pada toko perhiasan untuk mendapatkan ukuran cincin yang pas. Namun, pastikan foto jari tersebut adalah gambar terbaru sehingga cincin yang dibeli dapat dikenakan dengan nyaman.

Cara Ukur Cincin dengan Benang

Gunakan sehelai benang supaya kamu bisa tahu ukuran cincin yang pas. Selain itu, kamu perlu memanfaatkan media lainnya seperti pensil, penggaris dan gunting kemudian lingkarkan benang tersebut pada jari untuk menemukan ukuran cincin yang tepat. Apabila telah sesuai, tandai pada titik yang pas dan potong menggunakan gunting.

Cara Ukur Cincin dengan Cincin yang Ada

Kalian perlu mencoba cara ukur cincin terakhir dengan menggunakan cincin yang telah ada. Contohnya, kalian ingin memberi cincin pada tunangan atau pasanganmu, kamu cukup pinjam cincinnya dan sesuaikan ukurannya saja. Kalian bakal tahu ukuran cincin tersebut dengan benang atau gambar di atas kertas, kemudian bawa ke toko cincin guna menyesuaikan ukuran diameter dan kelilingnya.

Demikian panduan cara ukur cincin beserta daftar merk dan ukurannya untuk pria maupun wanita yang harus kamu tahu. Jangan lupa bagikan artikel ini agar siapapun dapat mengukur dan membeli cincin dengan ukuran pas untuk orang tersayang. Semoga bermanfaat!

Related posts