Cara Ukur Lingkar Dada Pria dan Wanita, Akurat dan Mudah

Cara Ukur Lingkar Dada
Cara Ukur Lingkar Dada

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara ukur lingkar dada sehingga dapat mencegah kesalahan saat membeli baju, apalagi kalau dibeli secara online. Belanja pakaian merupakan suatu kegiatan yang tidak bisa dilakukan sembarangan.

Kamu tidak boleh memilih baju berdasarkan model dan warnanya saja, melainkan ukurannya juga. Apalagi kalau kamu membelinya secara online, di mana konsumen sering kecewa akibat baju yang dipesan terlalu besar bahkan sempit. Masalah ini terjadi akibat seseorang tidak pernah mengukur lingkar dada sebagai acuannya.

Jika kamu sering mengalami kesalahan saat membeli baju, biasanya kamu tidak pernah mengetahui cara ukur lingkar dada yang benar. Pasalnya, orang-orang hanya sekadar tahu ukuran standar baju seperti XS, S, M, L dan XL.

Tak bisa dimungkiri standar tersebut justru akan berbeda saat pakaian tersebut dikenakan secara langsung. Jangan heran ukuran standar nya bisa saja lebih sempit atau lebih longgar. Maka dari itu, kamu harus bisa mengukur lingkar dada sendiri agar dapat membeli baju lebih mudah saat belanja online.

Cara Mengukur Lengan dan Bahu Perempuan

Kamu juga harus tahu cara mengukur pergelangan lengan dan bahu bahkan pinggul. Pakaian wanita biasanya tidak butuh ukuran lengan, namun bakal sangat membantu bila kamu belanja melalui dunia maya. Kamu bisa meletakkan ujung pita pengukur pada ujung bahu, kemudian turun ke pergelangan tangan.

Ukur tempat jatuhnya lengan baju yang diinginkan, sedangkan letakkan ujung pita pengukur pada ujung bahumu. Kamu bisa membentangkan di sepanjang punggung. Cari ukuran bahu melalui ujung bahu ke ujung bahumu yang lain, guna memastikan pitanya masih datar di punggung kalian.

Terkait:  Cara Ngelacak Hp Oppo

Tips yang Perlu Diketahui saat Mengukur Lingkar Dada

Apabila kamu sedang berniat membeli pakaian secara online, sebaiknya perhatikan berbagai macam hal ketika mengukur lingkar dada sebagai berikut:

  • Melepas Bra
    Jika kamu ingin tahu cara ukur lingkar dada yang akurat dan benar, sebaiknya lepas bra saat melakukannya. Pasalnya, bra merupakan bantalan payudara yang mengakibatkan ukuran lingkar dada wanita tidak efektif.Apabila seorang perempuan ingin tahu ukuran lingkar dadanya yang asli, alangkah baiknya hindar pemakaian bra saat proses pengukurannya. Kami anjurkan supaya kamu bisa menemukan hasil akurat dan baju yang akan dikenakan nanti lebih nyaman.
  • Memperhatikan Posisi Tubuh
    Siapapun bisa mendapatkan hasil pengukuran lingkar dada akurat dan efektif dengan memperhatikan posisi tubuh saat prosesnya berlangsung. Kamu harus berdiri tegap saat mengukur lingkar dada.Jangan berdiri dengan posisi membungkuk, lantaran angka hasil dari pengukuran mungkin berbeda dan berdampak terhadap ukuran baju yang dipesan. Kami tegaskan cara ukur lingkar dada sambil berdiri tegap adalah kunci utama untuk memperoleh ukuran tubuh yang tepat.
  • Menyesuaikan dengan Tabel Ukuran Baju
    Jika kamu benar-benar yakin dengan ukuran lingkar dada yang telah dilakukan sebelumnya, kami sarankan kamu menyesuaikan hasil pengukurannya dengan tabel ukuran baju yang tersedia.Secara umum setiap jenis pakaian mempunyai size berbeda, di mana ukuran baju orang dewasa terdiri dari S, M, L dan XL. Oleh karena itu, sebaiknya kalian menyesuaikan lagi hasil pengukurannya dengan tabel ukuran baju guna mencegah pakaian yang dipesan terasa longgar atau sempit.

Cara Ukur Lingkar Dada

Cara Ukur Lingkar Dada
Cara Ukur Lingkar Dada

Barangkali kalian masih belum tahu cara ukur lingkar dada yang benar dan efektif, jawabannya hanya bisa ditemukan melalui artikel ini. Kami telah merangkum panduannya sehingga kamu dapat mengukur lingkar dada untuk membeli baju online lebih mudah.

Terkait:  Cara Lapor Penipuan Online

Siapapun mungkin terbiasa mengikuti standar ukuran pakaiannya dari size S sampai XL. Akan tetapi, acuan tersebut tidak selalu benar di mana ukuran pakaian dari dalam dan luar negeri sangat berbeda, sedangkan kamu perlu mengukur lingkar dada dulu sebelum membeli model baju yang diinginkan.

Cara Ukur Linggar Dada dengan Meteran Jahit

Jika kamu sedang berencana menjahit baju, cara ukur lingkar dada yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan meteran jahit, bahkan sering dipakai untuk mengukur pakaian siapapun, lho. Jika kamu bakal mengukurnya, terdapat dua langkah yang perlu dilakukan.

Pertama, kamu bisa meminta bantuan orang lain guna mengencangkan pada area lengan dan punggung. Kedua, kamu bisa memakai meteran dengan menyimpannya di tempat atau permukaan datar dengan posisi lurus atau tidak renggang, sehingga dapat memberikan hasil yang pas.

Jika proses pengukuran selesai, lakukan lagi dari bawah ketiak secara melentang paling tidak sejauh 5 cm. Apabila hasilnya telah didapatkan, maka kamu bisa kalikan dua dari angka tersebut dan hasilnya menjadi ukuran akhir lingkar dada yang tepat.

Kami beritahu bila kamu memiliki lingkar dada sekitar 100 cm, alangkah baiknya menambahkan setidaknya 4-6 cm dari ukuran sebenarnya. Gunanya supaya baju atau pakaian yang dipesan nanti bisa dipakai lebih nyaman, sehingga tidak dapat menimbulkan gerah akibat terlalu ketat.

Cara Ukur Lingkar Dada dengan Jengkal Jari

Kamu bisa mencoba cara ukur lingkar dada menggunakan jengkal jari saat bakal mengukur baju. Secara umum setiap jengkal jari memiliki ukuran sekitar 2 cm, lho. Jika ingin memastikannya, maka bisa mengukur lingkar dada dengan jengkal jarimu sebagai berikut:

  • Pertama, letakkan jari di atas punggung.
  • Hitung lingkar dada dari punggung ke arah dada bagian depan.
  • Terakhir, hasil pengukuran lingkar dada berhasil didapatkan.
Terkait:  Cara Tutup Akun Jenius dan Cara Blokir Kartunya, Gratis!

Cara Ukur Lingkar Dada dengan Penggaris

Jika kamu tidak punya meteran jahit di rumah, maka bisa mencoba cara ukur lingkar dada dengan menggunakan penggaris. Kamu cukup mengambil baju yang bakal diukur, kemudian simpan bajunya di atas meja atau permukaan yang datar.

Ukuran ketiak sebelah kanan hingga ketiak sebelah kiri atau sebaliknya, jangan lupa catat hasilnya. Apabila hasilnya sudah didapatkan, segera kalikan dua. Contohnya, kamu memperoleh hasil pengukurannya sebesar 45 cm dan dikalikan dua menjadi 90 cm dan angka tersebut digunakan patokan untuk lingkar dadamu.

Cara Ukur Lingkar Dada dengan Tali Rafia

Tali rafia menjadi salah satu sarana supaya kamu bisa mengukur lingkar dada dengan mudah. Kamu harus menggunakan tali rafia dengan panjang sekitar 1 meter, kemudian gulung pada area lingkar dada.

Apabila digunakan untuk mengukur lingkar dada perempuan, langkahnya sedikit berbeda. Jika ukuran lingkar dada kurang dari 1 meter, berarti terdaftar dalam ukuran 5 untuk laki-laki. Apabila lingkar dada dengan panjang sekitar 95 cm, termasuk ke dalam kategori M dan untuk 100 cm sama seperti size L.

Cara Mengukur Lingkar Dada dengan Kertas

Walaupun terdengar aneh, tapi cara ukur lingkar dada dengan kertas hampir sering dilakukan banyak orang, baik laki-laki maupun perempuan. Kalian harus memastikan ukuran kertas mempunyai panjang yang stagnan atau tetap.

Kamu bisa menggunakan karton berukuran 21×27 cm atau bahkan uang kertas pecahan Rp.50,000 maupun Rp.100,000. Jika telah disiapkan, kamu bisa mengukurnya dari punggung ke dada. Kamu harus tahu kalau uang Rp.50 ribu berukuran 149×65 mm dan pecahan Rp.100 ribu berukuran 151×65 mm dan perkirakan sendiri saat perhitungannya nanti.

Demikian cara ukur lingkar dada dan tips yang harus diperhatikan sebelum melakukan proses pengukurannya. Semoga bermanfaat!

Related posts