Cara Ukur Lingkar Pinggang Sendiri di Rumah, Gampang Lho!

Cara Ukur Lingkar Pinggang
Cara Ukur Lingkar Pinggang

PindahLubang.com – Bagaimana cara ukur lingkar pinggang dengan akurat dan tepat? Perut merupakan salah satu bagian tubuh yang mudah melebar, lho. Kamu mungkin tidak menyadari bahwa ukuran lingkar pinggangmu akan bertambahkan akibat penumpukan lemak dari makanan yang dikonsumsi.

Siapa sangka kalau penumpukan lemak tersebut cenderung berisiko tinggi menimbulkan beberapa penyakit serius. Oleh karena itu, kamu tidak boleh menyepelekan kondisi tersebut guna mendapatkan bentuk tubuh dan ukuran lingkar pinggang yang proporsional.

Penelitian membuktikan bahwa semakin lebar ukuran lingkar pinggang, semakin tinggi juga risiko kalian mengidap penyakit serius, lho. Secara umum ukuran lingkar pinggang terlalu lebar biasanya disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti umur, kurang olahraga dan merokok.

Kalian perlu mencoba cara ukur lingkar pinggang dengan benar di rumah. Langkah-langkahnya bahkan tidak berbeda seperti mengukur berat badan atau lingkar dada, asalkan kalian tahu prosedurnya untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Kenapa Perlu Mengukur Lingkar Pinggang?

Bagi sebagian besar orang mungkin cara ukur lingkar pinggang akan dilakukan saat hendak membeli celana. Namun, siapa sangka kalau tindakan ini ditujukan untuk mengurangi risiko terkena penyakit serius.

Lemak biasanya akan selalu berada pada area pinggang dan pinggul, sedangkan kondisi tersebut rentan menimbulkan masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2 serta penyakit jantung. Tak hanya itu, risiko tersebut bahkan meningkat dengan ukuran pinggang semakin besar dari 35 inci (wanita) serta 40 inci (pria).

Berapa Ukuran Pinggang Ideal Pria dan Wanita?

Kalian pasti tidak tahu ukuran pinggang ideal pria dan wanita, bukan? Secara umum setiap manusia memiliki ukuran lingkar pinggang berbeda, lho. Pasalnya, kondisi ini disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti genetika, suku sampai asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Terkait:  Cara Membaca Hasil USG

Berdasarkan informasi dari National Library of Medicine, faktor paling berpengaruh terhadap ukuran lingkar pinggang adalah genetika. Faktor ini bahkan berdampak besar terhadap bentuk tubuh seseorang.

Secara umum ukuran lingkar pinggang ideal untuk pria adalah sebesar 37 inci atau setara dengan 93,98 cm di bawahnya, sedangkan wanita sebesar 31,5 inci atau sekitar 80,01 cm di bawahnya. Angka ini harus didapatkan seseorang yang benar-benar ingin memperoleh ukuran lingkar pinggang tepat.

Cara Mengetahui Hasil Pengukuran Lingkar Pinggang

Jika kamu ingin tahu cara ukur lingkar pinggang, kamu bisa pahami cara membaca hasil pengukurannya terlebih dulu. Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, cara membaca hasil pengukuran lingkar pinggang antara lain:

  • Kurang dari 80 cm: ukuran lingkar pinggang ideal.
  • Sekitar 80 s/d 88 cm: ukuran lingkar pinggang agak besar, kamu bisa memulai program diet untuk menurunkan berat badan.
  • Lebih dari 88 cm: ukuran lingkar pinggang terlalu besar, kamu mungkin berisiko terkena penyakit tertentu.

Apabila kamu adalah seorang pria, maka bisa menganalisa hasil pengukurannya sebagai berikut:

  • Kurang dari 90 cm: ukuran lingkar pinggang ideal.
  • Sekitar 90 s/d 102 cm: ukuran lingkar pinggang agak besar, kamu bisa memulai program diet untuk menurunkan berat badan.
  • Lebih dari 102 cm: ukuran lingkar pinggang terlalu besar, kamu mungkin berisiko terkena penyakit tertentu.

Cara Mengurangi Ukuran Lingkar Pinggang

Bagi siapa saja yang ingin mengurangi ukuran lingkar pinggang, alangkah baiknya melakukan berbagai macam hal sederhana sebagai berikut:

  • Mengurangi Asupan Kalori
    Cara mengurangi ukuran lingkar pinggang paling simple adalah meminimalisir asupan kalori harianmu. Kamu harus memilih makanan rendah kalori yang mengenyangkan, serta rajin berolahraga. Walaupun sederhana, tapi jika dibiasakan akan mengurangi ukuran lingkar pinggangmu.
  • Meningkatkan Asupan Protein dan Serat
    Protein dan serat adalah dua asupan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Siapa sangka kalau keduanya punya peran penting untuk mengurangi ukuran lingkar pinggangmu. Kamu bisa mengonsumsi sarapan dengan sumber protein ini, batasi susu dan produk olahan susu dan makan makanan berkarbohidrat tinggi bagi kesehatan.
  • Menghindari Makanan Tertentu
    Jangan mengonsumsi makanan sembarangan jika kamu ingin mengurangi ukuran lingkar pinggang. Apabila kamu ingin mengecilkan bagian tubuh tersebut, sebaiknya hindari beragam karbohidrat olahan seperti roti putih, makanan dan minuman manis, soda sampai alkohol yang membuat ukuran lingkar pinggangmu semakin besar.
  • Melakukan Aktivitas Fisik
    Olahraga menjadi salah satu rahasia supaya bisa mengecilkan lingkar pinggangmu. Kamu bisa mencoba berbagai macam aktivitas fisik sederhana guna menurunkan ukuran bagian tubuh tsb seperti gerakan pilates, senam irama menggunakan hula hoop sampai senam aerobik yang melibatkan gerakan memutar pada pinggangmu.
  • Memperoleh Tidur yang Cukup
    Kamu biasanya tidak bisa mendapatkan jam tidur ideal setiap hari, di mana seseorang perlu beristirahat paling tidak 7-8 jam per hari. Durasi tersebut membantumu menurunkan produksi hormon nafsu makan. Tak hanya itu, lemak bakal terbakar dan tubuh bakal membangun otot saat kalian tidur.
Terkait:  Cara Tiup Balon Huruf dengan Pompa dan Sedotan, Gampang Lho!

Cara Ukur Lingkar Pinggang

Cara Ukur Lingkar Pinggang
Cara Ukur Lingkar Pinggang

Belakangan ini orang-orang ingin tahu cara ukur lingkar pinggangnya masing-masing, apakah tergolong ideal, terlalu kecil atau terlalu besar. Kamu tidak perlu meminta bantuan dokter atau tenaga medis untuk melakukannya, lho.

Siapa saja bisa mengetahui ukuran lingkar pinggang sendiri di rumah, sedangkan prosedurnya cepat dan mudah. Kalian cukup menggunakan meteran supaya bisa tahu berapa ukurannya. Selain itu, kalian pun tidak selalu bergantung terhadap penggunaan meteran karena pengukurannya bisa dilakukan tanpa menggunakan alat tersebut.

Cara Ukur Lingkar Pinggang dengan Meteran Jahit

Apabila kamu mempunyai meteran jahit di rumah, cobalah cara ukur lingkar pinggang sendiri dengan menggunakan alat tersebut. Walaupun banyak orang sering memanfaatkan benang atau tali, tapi meteran jahit juga sering digunakan untuk tahu ukuran lingkar pinggang. Simak cara langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, kenakan pakaian berbahan tipis di sekitar wilayah perut.
  • Lilitkan meteran jahit pada semua area pinggang, seperti ketika kalian menggunakan gesper atau sabuk.
  • Kemudian, mulailah mengukur di area antara pusar dan tulang rusuk.
  • Jangan sampai menahan napas, lakukanlah dengan sikap biasa saja.
  • Jika kamu biasanya menekan celana di bawah pinggang, lakukan juga pengukuran di area tersebut untuk memperoleh ukuran lingkar pinggang yang ideal.

Cara Ukur Lingkar Pinggang Tanpa Meteran

Apabila kamu tidak punya meteran jahit di rumah, cara ukur lingkar pinggang bisa dilakukan dengan sarana lainnya. Kamu bisa menggunakan benang atau tali yang keduanya pasti tersimpan di lemari rumahmu. Jika telah ditemukan, ikuti langkah-langkah sederhananya sebagai berikut:

  • Pertama, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti benang/tali, spidol dan penggaris.
  • Tarik benang atau tali, kemudian lilitkan ke pinggangmu.
  • Kemudian, pegang benang/tali dengan ibu jari dan telunjuk menggunakan tangan kiri (tidak dominan), berikutnya tandai titiknya dengan spidol.
  • Ukur panjang tali tersebut menggunakan penggaris, dari titik awal hingga titik dengan spidol.
  • Apabila tidak ada penggaris, gunakan jengkal lenganmu untuk memprediksi ukuran pinggang yang telah ditandai pada benang atau tali tadi.
Terkait:  Cara Menggabungkan File PDF

Demikian panduan cara ukur lingkar pinggang dengan atau tanpa meteran yang bisa kamu coba di rumah. Jangan lupa bagikan artikel kami agar siapa saja dapat mengukur lingkar pinggangnya sendiri demi menjaga bentuk tubuh yang ideal. Semoga bermanfaat!

Related posts