Cara Ukur Saturasi Oksigen

Barangkali kalian telah mengetahui cara ukur oximeter sebelumnya, tapi justru banyak orang masih belum tahu cara ukur saturasi oksigen dengan benar. Oximeter sudah menjadi salah satu alat medis yang mana pemakaiannya hampir sering dibutuhkan dalam kehidupan.

Pandemi seperti sekarang membuat beberapa orang, terutama pengidap penyakit virus corona harus siaga memiliki alat tersebut. Gunanya supaya mereka bisa tahu kadar oksigen dalam darah dan memastikan kondisi tubuh selalu bugar setiap hari.

Read More

Secara umum cara ukur saturasi oksigen bisa dilakukan dengan menggunakan dua metode, yakni Analisis Gas Darah (AGD) atau memanfaatkan alat oximeter. Meski begitu, keduanya punya berbagai macam perbedaan yang perlu kamu tahu.

Di samping itu, kalian sendiri harus paham cara ukur oximeter sehingga dapat memperoleh hasil pengukuran saturasi oksigen yang akurat. Pasalnya, proses pengukurannya tidak bisa lepas dari penggunaan alat tersebut, di mana pengoperasiannya pun terbilang mudah dan praktis.

Cara Ukur Saturasi Oksigen
Cara Ukur Saturasi Oksigen

Apa yang Terjadi saat Saturasi Oksigen Turun?

Saturasi oksigen lebih rendah dibandingkan kadar normal disebut sebagai hipoksemia. Hipoksemia bisa disebabkan oleh komplikasi kardiopulmoner, obat-obatan tertentu, sleep apnea dan berada di tempat ketinggian.

Gejala paling umum termasuk detak jantung cepat, sakit kepala, sesak napas, batuk, napas berbunyi, kebingungan sampai timbul kebiruan pada kulit maupun selaput lender (sianosis). Sianosis merupakan kondisi patologis yang ditandai oleh saturasi oksigen yang begitu rendah.

Sianosis mempunyai dua golongan yakni sianosis sentral serta sianosis perifer. Sianosis sentral biasanya ditandai oleh tingkat saturasi oksigen turun, bahkan kurang dari 85% yang mengakibatkan timbulnya warna kebiruan yang tampak pada seluruh kulit beserta mukosa.

Terkait:  Cara Mematikan Alarm Mobil

Sementara itu, sianosis perifer biasanya disebabkan oleh peningkatan pengambilan oksigen melalui jaringan perifer. Warna kebiruan hanya tampak pada bagian tubuh perifer, seperti kaki dan tangan. Gejala umum dari sianosis perifer termasuk paparan dingin ektrim (statis vena).

Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen yang Rendah

Penurunan saturasi oksigen normal pada titik kritis, wajib ditangani dengan tambahan oksigen eksternal. Meski begitu, pada situasi ringan sampai sedang, terdapat cara alami untuk meningkatkan tingkat saturasi oksigen darah.

Kalian bisa melakukan berbagai macam langkah sederhana seperti latihan fisik setiap hari untuk meningkatkan kapasitas paru-paru demi pertukaran gas sekaligus mencegah hipoksemia. Kamu cukup olahraga ringan seperti jogging atau push up demi meningkatkan saturasi oksigen dalam tubuh.

Sementara itu, kalian sendiri perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum membiasakan diri berolahraga atau menerapkan perubahan dalam kebiasaan latihan fisik tersebut. Konsumsi berbagai macam makanan bergizi sehat dan seimbang juga bisa membantu meningkatkan saturasi oksigen.

Tak bisa dimungkiri bahwa kekurangan zat besi merupakan salah satu alasan utama saturasi oksigen sangat rendah. Kamu harus mengonsumsi beragam makanan yang kaya zat besi seperti ikan, kacang merah, daging, lentil serta kacang mete.

Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen dengan Posisi Tengkurap

Apabila kamu mempunyai tingkat saturasi oksigen yang rendah, maka bisa menerapkan posisi berbaring secara tengkurap seperti langkah-langkah di bawah ini:

  • Posisi Pertama
    • Pertama, tempatkan bantal di bawah kepala.
    • Berbaring tengkurap dengan kepala menghadap ke satu sisi.
    • Selipkan kedua tangan di bagian bawah dada.
  • Posisi Kedua
    • Pertama, tempatkan bantal di bagian bawah kepala dan di bawah perut.
    • Berbaring tengkurap dengan kepala menghadap ke satu sisi.
    • Posisikan kedua tangan di bagian samping bantal.
  • Posisi Ketiga
    • Pertama, tempatkan bantal di bagian bawah kepala.
    • Berbaring tengkurap dengan kepala menghadap ke satu sisi.
    • Tekuk kaki yang sama seperti arah kepala menghadap ke satu sisi tadi, membentuk sudut 90 derajat. Contohnya, jika kepala menghadap ke arah kanan, kaki yang ditekuk juga harus mengarah ke sisi kanan.
    • Letakkan bantal di bagian bawah kaki yang ditekuk supaya bisa lebih nyaman.
    • Posisikan kedua tangan dengan benar dan senyaman mungkin.
  • Posisi Keempat
    • Pertama, tempatkan bantal di bagian bawah kepala.
    • Berbaring tengkurap dengan kepala menghadap ke satu sisi.
    • Letakkan bantal tambahan di bagian depan tubuh dan sisi tubuh menempel pada tempat tidur, serta di antara kedua lutut untuk menyangga badan.
Terkait:  Cara Menabung yang Benar

Kamu bisa melakukan empat teknik proining di atas untuk meningkatkan saturasi oksigen sangat rendah. Selain itu, ubahlah posisi setiap satu atau dua jam sekali, sehingga teknik proining ini dapat dilakukan dengan nyaman.

Kamu sendiri perlu memantau saturasi oksigen secara teratur, bila hasilnya masih tetap rendah atau semakin menurun sebaiknya langsung hubungi dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Cara Ukur Saturasi Oksigen

Barangkali kalian masih belum tahu cara ukur saturasi oksigen dengan benar, kami akan beritahu jawabannya melalui artikel ini. Kami telah menyiapkan informasinya supaya kamu bisa mendapatkan hasil pengukuran yang akurat dan tepat.

Jangan sampai kamu melakukannya asal-asalan guna mencegah hasil pemeriksaannya tidak rendah, apalagi semakin menurun. Di samping itu, kalian harus tetap menerapkan pola hidup sehat seperti rajin olahraga dan mengonsumsi asupan gizi serta mineral untuk meningkatkan hasil ukur saturasi oksigen nya.

Cara Ukur Saturasi Oksigen Rendah

Apabila kamu ingin tahu cara ukur saturasi oksigen rendah, maka bisa memperhatikan kriterianya sebagai berikut:

  • Analisis Gas Darah (PaO2): di bawah 80 mmHg.
  • Oximeter (SpO2): di bawah 94%.

Seseorang yang mempunyai kadar saturasi oksigen rendah atau hipoksemia biasanya akan merasakan berbagai macam gejala, seperti sesak napas, batuk, nyeri dada, detak jantung cepat, sakit kepala, kulit membiru serta kebingungan.

Meski begitu, orang yang mengidap hipoksemia bisa tidak akan merasakan gejala apapun, kondisi ini disebut dengan happy hypoxia dan dapat dialami oleh pasien penyakit virus corona.

Cara Ukur Saturasi Oksigen Normal

Jika kamu ingin mencoba cara ukur saturasi oksigen normal, sebaiknya ketahui detail informasi tersebut di bawah ini:

  • Analisis Gas Darah (PaO2): 80 s/d 100 mmHg.
  • Oximeter (SpO2): 95 s/d 100%.
Terkait:  Cara Menghilangkan Vokal pada Lagu

Seseorang yang memang mempunyai penyakit paru-paru seperti PPOK, biasanya mempunyai nilai saturasi oksigen normalnya bakal berbeda, tergantung kondisi penyakit yang dideritanya. Contohnya, orang dengan PPOK cukup berat bisa saja diminta dokter untuk mempertahankan kadar saturasi oksigen normalnya pada nilai SpO2 sekitar 88 s/d 92%.

Cara Cek Ukur Saturasi Oksigen Tinggi

Orang sehat terkadang mempunyai kadar saturasi oksigen yang mungkin bisa tinggi. Meski begitu, umumnya kondisi saturasi oksigen tinggi hampir sering dijumpai pada seseorang yang memperoleh terapi oksigen, baik menggunakan selang maupun masker oksigen pada pasien yang menerima bantuan pernapasan lewat mesin ventilator.

Jika ingin mendeteksi saturasi oksigen terlalu tinggi, biasanya harus dilakukan dengan menggunakan pemeriksaan analisis gas darah, yaitu dengan hasil PaO2 di atas 120 mmHg.

Demikian panduan cara ukur saturasi oksigen dan cara meningkatkan saturasi oksigen nya yang rendah untuk kalian tahu. Jangan lupa bagikan artikel kami agar siapa saja dapat tahu hal ini, guna menjaga kesehatan tubuhnya tetap fit dan bugar setiap hari. Semoga bermanfaat!

Related posts