Cara Ukur Tinggi Badan

Cara ukur tinggi badan ternyata bisa dilakukan dengan berbagai macam langkah, lho. Kalian bisa tahu ukuran tinggi badan menggunakan alat bantu sederhana. Selain itu, siapa saja bahkan mampu mengukurnya tanpa ke klinik atau rumah sakit, di mana kamu bisa melakukannya di rumah juga.

Cara mengukur tinggi badan biasanya hampir sering dilakukan semua orang, terutama para orang tua untuk mengetahui proses tumbuh kembang anaknya. Kamu bahkan mampu mendapatkan hasil pengukuran tersebut lebih mudah, asalkan mengandalkan bantuan orang lain.

Jika kamu sedang mengunjungi klinik atau rumah sakit, cara ukur tinggi badan biasanya dilakukan dengan menggunakan sebuah alat bernama stadiometer. Akan tetapi, kalian tidak bisa memakainya ketika berada di rumah.

Apabila kamu merasa penasaran dengan tinggi badan sendiri, gunakan penggaris sampai jengkal lengan sendiri untuk tahu hasil pengukurannya. Walaupun sepele, siapa sangka kalau hasil perhitungannya cukup akurat guna memastikan apakah kamu berpostur tinggi, standar atau pendek.

Cara Ukur Tinggi Badan
Cara Ukur Tinggi Badan

Fakta Menarik tentang Tinggi Badan

Kamu pasti tidak menyadari bahwa tinggi badan bisa berubah sepanjang hari, bukan? Di samping itu, banyak sekali fakta menarik tentang tinggi badan yang wajib kalian tahu sebagai berikut:

  • Tinggi Badan Bisa Berubah Tergantung Waktu
    Kalian pasti tidak menyangka kalau tinggi badan ternyata bisa berubah suatu waktu. Kamu berada di posisi paling tinggi ketika bangun tidur, tapi akan memendek sekitar 1 cm ketika malam hari.

    Pasalnya, diskus atau bantalan tulang belakang menjadi terkompresi saat malam hari karena tekanan yang didapatkannya sepanjang hari. Ketika tidur, tubuh bakal memperbaiki diri serta bantalan tersebut akan kembali seperti semula.

  • Tinggi Badan Anak Ketika Dewasa Bisa Diprediksi
    Jika kamu sudah punya anak, maka bisa memprediksi tinggi badannya saat mereka dewasa nanti. Kamu bisa mencatat tingginya ketika berumur dua tahun, kemudian kalikan dua. Hasil tersebut adalah prediksi tinggi badannya saat dewasa nanti.

    Cara lainnya adalah menghitung rata-rata tinggi kedua orang tua, berikutnya ditambahkan hasilnya dengan 6,35 cm untuk tinggi anak laki-laki dan dikurangi 6,35 cm untuk anak perempuan.

  • Tinggi Badan Berlebih Bisa Timbulkan Risiko Kanker
    Apabila seseorang memiliki tinggi badan berlebih, orang tersebut biasanya bakal berisiko kecil terkena penyakit kanker. Meski begitu, kalian tidak perlu khawatir akan hal tersebut asalkan menerapkan pola hidup sehat.

    Orang bertubuh tinggi memang rentan terkena kanker, karena jumlah sel dalam tubuhnya lebih banyak. Di samping itu, orang bertubuh pendek justru minim risiko penyakit jantung dibandingkan kalian yang punya postur tinggi.

  • Tinggi Badan Bisa Dipengaruhi Apapun yang Dikonsumsi
    Makanan apa pun yang kalian konsumsi ternyata berdampak terhadap tinggi badan, lho. Jika kamu ingin menjaga proses pertumbuhan tetap optimal, termasuk kesehatan tulang lebih baik maka bisa mengonsumsi asupan nutrisi penting setiap hari.

    Kamu cukup memakan makanan yang kaya gizi akan vitamin D, protein, kalsium, fosfor, magnesium serta probiotik pada daging, sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, yogurt, buah dan susu.

Kapan Waktu Terbaik Ukur Tinggi Badan?

Jika kamu sudah tahu fakta menarik tentang tinggi badan, kini saatnya mengetahui kapan waktu terbaik untuk ukur tinggi badan. Jika sedang dalam masa pertumbuhan tinggi seseorang relatif berubah sepanjang hari.

Akan tetapi, kondisi tersebut sama seperti mengukur berat badan, di mana langkah terbaik adalah melakukannya pada titik yang sama secara konsisten. Gunanya supaya bisa merekam pertumbuhan yang sedang dialami. Maka dari itu, kamu bisa tahu berapa tinggi badan sendiri atau si kecil dari waktu ke waktu.

Alat untuk Ukur Tinggi Badan

Jika kalian ingin mengukur tinggi badan dengan hasil yang akurat, maka bisa menggunakan berbagai macam alat bantu sebagai berikut:

  • Pita Ukur
    Kamu bisa memanfaatkan pita sebagai alat cara ukur tinggi badan yang benar. Pita ukur merupakan alat yang telah dipakai secara turun temurun untuk mengukur tinggi badan maupun lingkar badan lainnya.

    Penggunaannya mungkin lebih susah dibandingkan penggaris, apalagi kalau tidak ada orang yang bisa membantumu saat menggunakannya.

  • Penggaris
    Alat ini selalu digunakan untuk mengukur tinggi badan, penggunaannya bahkan sama dengan pita ukur. Jika kamu menggunakan pengaris sebagai salah satu cara ukur tinggi badan, maka bisa meminta bantuan orang lain untuk melihat hasil pengukuran tinggi badanmu yang akurat dan tepat.
  • Alat Ukur Otomatis
    Cara ukur tinggi badan dengan alat pengukur otomatis sangat mudah digunakan, lho. Kamu cukup berdiri di alat tersebut dan posisikan tongkat pengukur ke puncak kepala. Apabila tongkat telah ditempatkan di atas kepala, monitor akan langsung menunjukkan hasil pengukuran tinggi badan yang akurat. Canggih, bukan?.

Cara Ukur Tinggi Badan

Apabila kamu tidak tahu cara ukur tinggi badan dengan benar, kami akan beritahu bahwa prosedurnya sama dengan cara ukur berat badan untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal. Kamu bisa melakukan proses pengukurannya sendiri atau meminta bantuan orang lain.

Walaupun usia semakin bertambah, tapi tidak salah kalian mengukur tinggi badan secara berkala. Tujuannya supaya kalian bisa tahu apakah pertumbuhan fisikmu terbilang baik atau tidak, khususnya anak-anak yang masih dalam fase perkembangan saat ini.

Cara Ukur Tinggi Badan dengan Penggaris

Bagaimana cara ukur tinggi badan dengan menggunakan penggaris? Kamu bisa melakukannya lebih cepat dan mudah, lho. Secara umum penggaris mempunyai panjang berkisar 10-30 cm, sedangkan ukuran paling panjangnya adalah 1 meter.

Walaupun ukurannya terbatas, penggaris masih sering dimanfaatkan untuk mengukur tinggi badan. Caranya adalah membuat atau mencetak penggaris berdasarkan template. Kamu hanya mencari permukaan yang rata seperti tembok, kemudian tempelkan badan tanpa mengenakan alas kaki apapun.

Cara Ukur Tinggi Badan dengan Meteran

Meteran menjadi salah satu alat bantu untuk mengukur tinggi badan dengan mudah. Pemakaiannya hampir sama dengan penggaris, sedangkan ukurannya lebih panjang dibandingkan penggaris yang hanya mencapai 1 meter saja.

Apabila kamu mencoba cara ukur tinggi badan menggunakan meteran, kamu tidak perlu melakukan kalkulasi terlebih dulu. Tak hanya itu, waktu dan tenaga untuk mengukur tinggi badan pun lebih hemat. Meteran atau roll meter biasanya dijual dalam bentuk gulungan di toko bangunan, toko bangunan maupun pasar terdekat.

Cara Ukur Tinggi Badan dengan Jengkal Tangan

Kalian bisa mengetahui ukuran tinggi badan dengan menggunakan jengkal tangan, lho. Berdasarkan informasi dari Science and Engineering Practices, rasio jengkal tangan dengan tinggi badan adalah sebesar 1:7.

Kamu harus memanfaatkan penggaris berukuran 30 cm atau lebih, kemudian ukur berapa panjang jengkal tangan dari ujung ibu jari menuju ujung jari tengah.

Apabila angkanya telah ditemukan, kamu cukup mengalikannya dengan angka 7. Contohnya adalah saat panjang jengkal 25 cm, berarti tinggi badan kalian adalah 25 cm x 7 = 175 cm.

Demikian informasi tentang cara ukur tinggi badan dan fakta menarik lainnya yang perlu kamu tahu. Jangan lupa bagikan artikel kami di atas agar siapa saja dapat mengukur tinggi badannya sendiri dengan benar dan mudah. Semoga bermanfaat!

Terkait:  Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI

Related posts