Cara Ganti Nama di Google Classroom

Cara ganti nama di Google Classroom cukup mudah dan praktis. Kamu bisa melakukannya dengan langkah-langkah sederhana saja, lho. Google Classroom sudah menjadi aplikasi belajar online yang sebagian besar sekolah sering menggunakannya sekarang.

Google Classroom merupakan bagian dari G Suite for Education yang tersedia dalam versi aplikasi seluler. Kamu bukan sekadar mengaksesnya melalui smartphone, tapi juga lewat berbagai macam peramban browser seperti Chrome, Mozilla Firefox dan Internet Explorer.

Siapa saja bisa mengikuti proses pembelajaran melalui Google Classroom dengan efektif dan efisien, lho. Sayangnya, banyak orang belum tahu cara ganti nama di Google Classroom saat ini.

Kamu juga bisa mengakses berbagai macam layanan yang sudah terhubung dengan Classroom seperti Drive, Form, Calendar, Meet, Docs kalau baru pertama kali gabung. Kami beritahu kalau proses penggantian namanya sangat mudah seperti cara keluar dari kelas atau cara upload foto di Google Classroom yang sudah pernah dibahas sebelumnya.

Cara Ganti Nama di Google Classroom
Cara Ganti Nama di Google Classroom

Apakah Nama di Google Classroom Bisa Diganti?

Jika kamu belum pernah mengganti nama di Google Classroom, mungkin akan berpikir kalau namanya hanya bisa digunakan bahkan diubah sekali saja. Padahal, siapa saja bisa menggantinya sesuai dengan keinginan masing-masing.

Kendati demikian, pengguna Google Classroom tidak serta merta mengubah nama sendiri melalui aplikasi langsung, lho. Kamu hanya bisa melakukannya dengan mengakses akun Google alias Gmail. Akun tersebut tentu saja harus terhubung dengan Classroom yang biasa kalian gunakan.

Terkait: Cara Keluar dari Kelas di Google Classroom

Secara umum nama akun Google akan selalu sama dengan nama yang tercantum pada Google Classroom kalian. Maka dari itu, kamu bisa mengganti namanya melalui Gmail sehingga menyesuaikan dan dapat memenuhi kebutuhan sekolah, khususnya perihal absensi untuk menunjang sistem pembelajaran di sekolah.

Mengapa Tidak Bisa Ganti Nama di Google Classroom?

Kalau kamu tidak bisa mengganti nama di Google Classroom, kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah dilakukan melalui aplikasi HP. Seperti kamu sebut sebelumnya kalau pengguna Google Classroom tidak bisa mengubah namanya melalui ponsel.

Kamu harus mengakses situs resminya melalui desktop, kemudian menggantinya langsung lewat akun Google atau Gmail kalian. Pasalnya, pengguna tidak akan menemukan fitur ganti nama dari aplikasi Classroom.

Jika saat kalian tidak bisa mengganti nama melalui akun Google, bisa saja kalian terlalu sering mengubah nama akun Google dalam kurun waktu singkat, lho. Kami sarankan kalian mengganti nama akun Gmail paling tidak selama 2-3 bulan sekali.

Jangka waktu tersebut terbilang standar bahkan cukup lama, sehingga kalian dapat mengganti namanya untuk Google Classroom kalian. Selain itu, hindari penggunaan nama samaran karena Classroom adalah akun belajar yang identitas aslimu akan selalu dibutuhkan dalam sistem penilaian oleh guru.

Cara Ganti Nama di Google Classroom

Jika kamu belum pernah mengubah nama sendiri di Google Classroom, kami akan memberitahu semua langkahnya melalui artikel ini. Siapa saja tidak perlu menghabiskan waktu untuk sekadar ganti nama di Classroom sendiri, lho.

Kamu cukup menggunakan akun Gmail guna menyelesaikan setiap cara ganti nama di Google Classroom yang mudah dan praktis.

Kalau kamu baru bergabung sebagai pengguna Classroom dan salah memasukkan identitas, sekarang bisa mengatasinya dengan cepat dan mudah, tapi tak sedikit orang membuktikan kalau namanya bisa diganti lewat aplikasi langsung, lho.

Terkait: Cara Upload Foto di Google Classroom

Langkah 1: Buka Google Classroom

Cara ganti nama di Google Classroom pertama adalah membuka aplikasinya terlebih dulu. Kamu bisa membukanya melalui smartphone masing-masing. Login dengan menggunakan akun Gmail atau Classroom yang biasa digunakan. Kamu cukup menunggu beberapa saat sampai diarahkan ke halaman utama aplikasinya.

Langkah 2: Pilih menu Profil

Jika kamu sudah masuk halaman utama, cara ganti nama di Google Classroom berikutnya adalah menekan foto profil akun Google kamu. Kemudian, pilih menu Kelola Akun Google kalau kamu ingin mengubah berbagai macam informasi di dalamnya, termasuk nama pribadi yang akan ditampilkan pada Google Classroom sendiri.

Langkah 3: Klik Informasi Pribadi

Kalau kamu sudah memilih menu Kelola Akun Google sebelumnya, langkah selanjutnya adalah memilih menu Informasi Pribadi. Silakan tunggu beberapa saat sampai detail data dirimu ditampilkan, kemudian klik Nama. Cermati baik-baik apakah namamu benar-benar sama dengan kebutuhan absensi atau tidak.

Langkah 4: Ganti Nama Akun

Jika kamu benar-benar yakin ingin mengubah nama tersebut, segera ganti namanya sesuai dengan identitas dirimu sebenarnya. Jangan gunakan nama samaran atau data diri orang lain agar guru dapat mengidentifikasimu sebagai murid mereka. Cek kembali apakah namamu dan informasi pribadi lainnya sudah benar atau belum sebelum disimpan.

Langkah 5: Simpan Perubahan

Cara ganti nama di Google Classroom terakhir adalah memastikan kalau nama kamu benar-benar sudah tepat dan tidak akan diubah lagi. Jangan sampai kamu keliru saat mengubah informasinya untuk keperluan belajar online. Kalau kamu sudah yakin, maka bisa menekan tombol Simpan dan semua perubahan tersebut akan langsung tersimpan secara otomatis.

Cara Ganti Nama di Google Classroom Lewat PC

Jika kamu ingin tahu cara ganti nama di Google Classroom melalui laptop atau PC, maka bisa mengakses situs resmi Classroom melalui peramban browser yang biasa kalian gunakan. Simak panduan lengkapnya sebagai berikut:

  • Pertama, akses situs resmi Google Classroom via classroom.google.com melalui peramban browser (Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dll).
  • Login dengan menggunakan akun Google atau Gmail kalian yang aktif.
  • Kalau sudah masuk halaman utama, klik foto profil akun Google kalian.
  • Pilih menu Kelola Akun Google atau Manage Your Google Account.
  • Klik Informasi Pribadi atau Personal Information.
  • Pilih menu Nama atau Name.
  • Silakan ganti nama Google Classroom kalian berdasarkan informasi yang benar.
  • Kalau namanya sudah benar, klik Simpan atau Save.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai nama Google Classroom kalian berubah secara otomatis.
Terkait: Cara Upload Tugas Di Classroom

Cara Ganti Nama di Google Classroom Lewat Akun Gmail

Kalau kamu sudah tahu prosedur mengubah nama Classroom lewat laptop atau PC, kamu sekarang harus paham bagaimana cara ganti nama di Google Classroom melalui akun Google atau Gmail. Jika belum pernah melakukannya, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama, akses akun Gmail kalian terlebih dulu.
  • Jika sudah masuk halaman utama, klik Menu yang berada di samping kiri atas.
  • Pilih menu Pengaturan atau Setting.
  • Kalau kamu punya beberapa akun Gmail di HP, tentukan salah satu akun yang bakal digunakan untuk Google Classroom kamu.
  • Jika sudah masuk laman pengaturan, klik Kelola Akun Anda atau Manage Your Account.
  • Pilih menu Informasi Pribadi atau Personal Information.
  • Klik Nama atau Name.
  • Ubah nama kamu, baik nama depan dan nama belakang berdasarkan data diri yang benar.
  • Jika sudah benar, klik Simpan atau Save.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat hingga nama Google Classroom kamu berubah secara otomatis.

Demikian panduan cara ganti nama di Google Classroom melalui akun Google atau PC yang benar dan mudah. Jangan lupa bagikan artikel kami agar pengguna Classroom lain dapat mengubah data dirinya dengan cepat.

Related posts