Cara Agar Baterai HP Awet Xiaomi

Cara agar baterai HP awet Xiaomi adalah suatu hal yang sangat penting diketahui para penggunanya. Pasalnya, sebagus apapun performa smartphone bila baterai cepat habis tentu saja akan sulit digunakan.

Di samping itu, sebesar apapun kapasitas baterai nya kalau kalian menggunakan ponsel tanpa batas tentunya akan menghabiskan baterai dengan cepat. Kami beritahu bahwa kapasitas baterai HP besar bukan jaminan bisa dipakai lebih lama, di mana semuanya tergantung kebiasaan kalian menggunakan ponsel Xiaomi masing-masing.

Read More

Pengguna Xiaomi sekarang tidak perlu khawatir kalau baterai ponsel cepat habis. Kami akan beritahu cara agai baterai HP awet Xiaomi sehingga kamu dapat menggunakannya lebih lama. Selain itu, semua prosedurnya sangat sederhana guna menjaga performa gadget tetap kencang seharian.

Kalian harus menjaga kesehatan baterai HP Xiaomi sehingga tidak berdampak buruk yang dapat merusak bagian internal ponselnya. Kami pastikan semua tips tersebut ampuh dan efektif demi menjaga kapasitas baterai tetap bagus dan bisa dipakai lebih lama setiap hari.

Cara Agar Baterai HP Awet Xiaomi
Cara Agar Baterai HP Awet Xiaomi

Cara Agar Baterai HP Awet Xiaomi

Barangkali kalian sedang mencari tahu cara agar baterai HP awet Xiaomi seharian, maka bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Kami akan membantu para pengguna HP Xiaomi agar dapat menjaga kekuatan baterai tetap awet dan tidak cepat habis, bahkan saat digunakan main games online.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 3

Kalian sendiri perlu memperhatikan penggunaan wallpaper dan tidak boleh memainkannya saat sedang diisi ulang dayanya. Jika kamu melakukan kebiasaan tersebut, baterai akan cepat habis dan HP Xiaomi pun berisiko rusak.

Langkah 1: Matikan Konektivitas Tidak Penting

Secara umum para pengguna HP Xiaomi harus menonaktifkan semua konektivitas tidak penting yang mengakibatkan baterai ponsel cepat habis. Kamu bisa mematikan fitur-fitur yang jarang digunakan seperti NFC, GPS, Bluetooth, WiFi, Mi Share, Hot Spot dan lainnya. Semua yang disebutkan tadi biasanya jarang sekali digunakan, kecuali saat kondisi tertentu saja.

Langkah 2: Kecerahan Layar

Layar terlalu terang ternyata tidak selalu bagus untuk performa HP Xiaomi kalian, khususnya baterai. Kamu bisa mengatur kecerahan layar secara manual, sebaiknya gunakan tingkat kecerahannya yang paling rendah. Kamu mungkin perlu mencoba kontras layar kurang dari 20 persen, asalkan masih nyaman dan tidak mengganggu pandanganmu.

Langkah 3: Auto Brightness

Kalian harus tahu kalau sumber konsumsi layar terbesar berada pada kecerahan layar. Menariknya, Xiaomi luncuran terbaru sudah didukung Auto Brightness. Fitur ini merupakan sensor pada layar yang bisa mengenali siang, malam, gelap dan terang. Tak hanya itu, layar pun akan langsung mengatur kecerahannya secara otomatis dan kamu bisa melihat layar tetap nyaman tanpa boros baterai.

Langkah 4: Pakai Refresh Rate Rendah

Smartphone Xiaomi terbaru, khususnya pada kelas midrange sudah didukung refresh rate berkisar 90 Hz sampai 120 Hz. Refresh rate tinggi akan membuat layar lebih mulus atau smooth, tapi juga menimbulkan pemborosan pada baterai. Oleh karena itu, kamu bisa menurunkan tingkat refresh rate menjadi 60 Hz agar baterai awet dan kualitas layar tetap baik.

Langkah 5: Gunakan Fitur Fix Battery

Fitur Fix Battery menjadi salah satu rahasia supaya kamu bisa memperbaiki masalah pada baterai HP Xiaomi, lho. Selain itu, fiturnya mampu mengatasi suatu hal bila terdapat aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang, sekaligus membersihkan cache maupun aplikasi yang membuat kinerja baterai semakin boros. Cara aktifkan fitur Fix Battery pada HP Xiaomi bisa diikuti di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting terlebih dulu.
  • Klik Battery and Performance.
  • Terakhir, klik Fix Battery Usage Issue.
Terkait:  Cara Hemat Baterai Xiaomi

Langkah 6: Battery Saver

Gunakan Battery Saver untuk menyelamatkan baterai HP Xiaomi kamu supaya bisa awet lebih lama. Jika sudah diaktifkan, fitur ini akan langsung bekerja mematikan berbagai macam aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Selain itu, fiturnya juga bisa menurunkan kinerja ponsel agar performanya semakin baik dan efisien, sedangkan kalian bisa menggunakan gadget lebih nyaman.

Langkah 7: Gunakan Charger Asli

Kalian mungkin tidak menyadari kalau penggunaan baterai asli bisa membantu kualitas baterai ponsel tetap terjaga. Kalian harus tetap menggunakan charger original HP Xiaomi demi menjaga umur baterainya. Charger KW bahkan murahan cenderung merusak baterai lebih cepat, lantaran tegangannya bisa tidak stabil dan berisiko terhadap komponen internal sekitar baterai.

Langkah 8: Nonaktifkan Notifikasi

Jangan sampai kamu menghidupkan semua notifikasi pada aplikasi yang terpasang pada HP Xiaomi. Aktifkan pemberitahuan untuk beberapa aplikasi penting saja karena banyaknya APK yang berjalan di latar mampu membuat baterai cepat habis. Matikan semua notifikasi tidak penting demi menjaga performa baterai tetap awet dan kamu dapat menggunakan HP Xiaomi lebih nyaman.

Langkah 9: Matikan Location Service di Google

Jarang disadari bahwa kinerja GPS di Google selalu berjalan meski kalian tidak sedang menggunakan Google Maps. Location Service di Google aktif sepanjang hari membuat baterai HP Xiaomi kamu lebih boros dan cepat habis, lho. Maka dari itu, sebisa mungkin matikan layanan tersebut pada akun Google kamu demi menjaga kualitas baterai tetap awet dan tidak habis dalam sekejap.

Langkah 10: Matikan Screen Saver

Cara agar baterai HP awet Xiaomi selanjutnya adalah menonaktifkan aplikasi Screen Saver. Aplikasi ini cukup banyak mengonsumsi daya baterai, lho. Walaupun kinerjanya bisa membuat baterai ponsel lebih keren, tapi lambat laun mengakibatkan baterai HP Xiaomi kamu cepat habis dan kamu pasti akan mengisi ulang dayanya berulang kali dalam sehari.

Terkait:  Cara Cek Garansi Xiaomi

Langkah 11: Terapkan Mode Gelap

Penggunaan Dark Mode atau mode gelap bisa dibilang cukup efektif untuk menghemat baterai HP Xiaomi kamu, khususnya yang menggunakan jenis layar AMOLED. Wallpaper warna warni ternyata mampu menghabiskan baterai dengan cepat daripada pemakaian wallpaper dominan berwarna hitam. Penggunaan mode gelap dan reading mode terbilang efektif menghemat baterai HP kamu.

Langkah 12: Jangan Biarkan Ponsel Kepanasan

Cara agar baterai HP awet Xiaomi berikutnya adalah tidak pernah membiarkan smartphone kamu kepanasan. Jangan sampai kamu mengabaikan masalah ini, sebab kondisi suhu ponsel yang panas mampu menguras daya baterai dengan cepat. Hindari meletakkan ponsel di atas tempat bersuhu hangat apalagi di bawah sinar matahari langsung. Pastikan kamu tidak memainkan HP saat dayanya diisi ulang demi mencegah suhunya menjadi panas.

Langkah 13: Power Saving

Power Saving biasanya bakal membuat smartphone hanya mampu menjalankan berbagai macam aplikasi ringan saja. Fitur ini sangat bagus dan efektif untuk membuat baterai HP Xiaomi kalian lebih awet dan tahan lama. Kamu bisa memanfaatkannya setiap hari, sehingga tidak dapat khawatir bila smartphone sedang digunakan bermain media sosial bahkan komunikasi seharian.

Demikian tutorial cara agar baterai HP awet Xiaomi setiap hari yang wajib kamu tahu. Kalian pun tidak boleh mengunduh beberapa game berat karena penggunaannya bisa membuat baterai ponsel terkuras habis. Semoga bermanfaat!

Related posts