Cara Agar HP Samsung Tidak Lemot

Bagaimana cara agar HP Samsung tidak lemot dan lag? Jika kamu menggunakan smartphone Samsung, tidak menutup kemungkinan akan menemukan masalah seperti lemot yang membuat performanya menurun. Kondisi ini tentu saja sangat menyebalkan, bukan?.

Walaupun demikian, kalian tidak perlu repot atau susah payah menemukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. HP Samsung yang sedang kalian gunakan pasti bisa tetap stabil, sedangkan performanya selalu kencang meski dipakai komunikasi maupun berselancar di dunia maya setiap hari.

Read More

Sementara itu, banyak orang mungkin menganggap kalau cara agar HP Samsung tidak lemot adalah dengan mengurangi penggunaan game online. Padahal, kalian sebetulnya bukan sekadar bergantung pada game online saja, lho.

Kamu harus memperhatikan kebiasaan sendiri saat menggunakan HP Samsung tersebut. Maka dari itu, kami akan beritahu apa saja penyebab smartphone Samsung kamu sering lemot, serta langkah apa saja yang wajib dilakukan guna meminimalisir masalah tersebut saat ini juga.

Cara Agar HP Samsung Tidak Lemot
Cara Agar HP Samsung Tidak Lemot

Penyebab HP Samsung Lemot

Jika kamu belum tahu hal-hal yang mengakibatkan HP Samsung kamu semakin lemot, maka bisa memperhatikan poin-poin penting di bawah ini:

  • HP Samsung dipenuhi oleh banyak aplikasi, khususnya aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi, sedangkan penambahan aplikasi tersebut akan memangkas kapasitas penyimpanan internal.
  • Pengguna HP Samsung lupa menutup aplikasi yang sudah berjalan sebelumnya, alhasil ponsel menjadi lemot saat akan membuka aplikasi atau program lainnya.
  • HP Samsung akan lemot karena penggunanya membuka aplikasi berkapasitas cukup berat secara bersamaan, sedangkan jumlah penyimpanan memori internalnya cukup terbatas.
Terkait:  Cara Membersihkan RAM HP Samsung

Cara Agar HP Samsung Tidak Lemot

Jika kamu ingin tahu cara agar HP Samsung tidak lemot setiap hari, kami akan beritahu rahasianya supaya kamu bisa memahaminya kalau masalah itu terjadi padamu. Pengguna Samsung tidak perlu cemas bahkan takut kalau smartphone kesayangan lemot bahkan lag.

Kondisi ini biasanya jarang terjadi jangka panjang, asalkan kamu tahu tindakan yang wajib dilakukan. Selain itu, kalian perlu memperhatikan beberapa kebiasaan kecil untuk dihindari, demi mencegah masalah pada HP Samsung yang lebih serius.

Langkah 1: Mengidentifikasi Masalah

Cara agar HP Samsung tidak lemot pertama adalah mengidentifikasi masalahnya dulu. Jika ingin mengetahuinya lebih lanjut, maka bisa mengunduh aplikasi Profiler melalui Google Play Store.

Kamu bisa download aplikasinya secara gratis, lho. Kalau kamu sudah mempunyai aplikasi ini, dipastikan kamu bakal melihat kinerja CPU dan memori internal ponselnya juga. Selain itu, kamu juga akan tahu jaringan pada HP Samsung secara real-time.

Langkah 2: Mengosongkan Sebagian Ruang Penyimpanan

Kalian pasti tahu kalau aplikasi, foto, video dan berkas lainnya mampu menyedot kapasitas internal HP Samsung yang sedang digunakan sekarang. Jika kamu menyimpannya dalam jumlah cukup banyak, HP kamu bisa lemot, lho.

Cara agar HP Samsung tidak lemot adalah mengosongkan sebagian ruang penyimpanan yang benar-benar tidak perlu. Kamu bisa membuka File Manager atau aplikasi File Management dari HP Samsung, kemudian tentukan file mana saja yang tidak digunakan untuk segera dihapus.

Langkah 3: Menghapus Widget dari Lockscreen

Kami beritahu kalau system Android memiliki fitur bernama Widgets. Fitur ini biasanya selalu ditampilkan dan diakses melalui homescreen, seperti widget cuaca, jam dan lainnya.

Tapi, kalau terlalu banyak widget justru bisa memakan resource sistem Android. Maka dari itu, gunakan widget yang penting saja, sedangkan sisanya lebih baik dibuang guna menjaga kapasitas ruang agar HP Samsung tidak lemot dan lag.

Terkait:  Cara Clone Aplikasi di Samsung

Langkah 4: Mengaktifkan Fitur Device Care

Cara agar HP Samsung tidak lemot selanjutnya adalah mengaktifkan fitur Device Care. Layanan ini berguna supaya smartphone tidak lag dan lemot, meskipun digunakan hampir seharian.

Jika ingin mengaktifkan fitur ini, kalian harus mengakses menu Pengaturan saja. Apabila fitur Device Care sudah diaktifkan, HP Samsung kalian akan jarang lag apalagi lemot untuk membuatmu nyaman saat komunikasi maupun main media sosial setiap hari.

Langkah 5: Menonaktifkan Animasi

Walaupun tampak bagus dan keren, tapi animasi launcher ternyata mampu mengakibatkan lag dan lemot terhadap HP Samsung kalian, lho. Fitur ini akan menguras resource performa gadget dan kamu harus mematikannya efek spesial animasi tersebut. Kalau kamu menggunakan HP Samsung A30S atau tipe lainnya dengan OS Android Pie v.9.0, maka bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Samsung kamu.
  • Pilih menu Advanced Features.
  • Klik Reduce Animations.
  • Terakhir, fitur animasi launcher akan langsung dinonaktifkan secara otomatis.

Langkah 6: Memeriksa Overheat Ponsel

Jika kamu ingin mengatasi masalah pada HP Samsung yang sering lag dan lemot, maka bisa memeriksa bagian belakang body ponselnya. Apakah suhu panasnya sudah melampaui batas normal atau tidak (overheat).

Jika ya, kamu harus mendiamkan HP Samsung selama beberapa menit dan jangan digunakan dulu. Kalau suhu panasnya menurun apalagi lebih dingin, maka bisa digunakan untuk komunikasi seperti biasa.

Langkah 8: Mengatasi Loading Lama

Cara agar HP Samsung tidak lemot yang perlu diperhatikan adalah mengatasi masalah tersebut dengan memperhatikan salah satu aplikasi yang menjadi sumber masalahnya. Kamu bisa clear cache pada aplikasi tersebut dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Samsung kamu.
  • Pilih menu Apps.
  • Jika daftar aplikasinya sudah ketemu, cari salah satu aplikasi yang data cache nya ingin dibersihkan secara menyeluruh.
  • Pilih menu App Info.
  • Klik Storage.
  • Kalau semuanya sudah benar, klik Clear Cache untuk membersihkan semua sampah dan data tidak penting di dalamnya.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai proses pembersihan cache aplikasinya selesai.
Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A70S

Langkah 9: Memperbarui Sistem Ponsel

Cara agar HP Samsung tidak lemot yang jarang diketahui adalah melakukan pembaruan sistem ponselnya dulu. Kalian cukup menggunakan menu Pengaturan untuk memperbaruinya, lho. Perbaruan OS ini biasanya tersedia untuk semua tipe HP Samsung, baik lama maupun baru. Simak panduan lengkapnya di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Samsung kamu.
  • Geser ke bawah sampai ketemu menu Update Perangkat Lunak.
  • Klik Unduh dan Install untuk melanjutkan.
  • Kalau tersedia pembaruan, segera perbarui One UI HP Samsung kalian.
  • Terakhir, ikuti instruksi selanjutnya hingga proses pembaruan berhasil.

Langkah 10: Melakukan Reset Factory

Jika kamu masih merasa HP Samsung sering lemot, mungkin perlu menempuh jalan alternatif dengan melakukan reset factory atau setelan pabrik, lho.

Tapi, pastikan semua data dan file sudah di backup atau dicadangkan agar hal-hal penting tidak dapat terhapus. Kamu perlu mencadangkan semua data tersebut ke laptop atau PC, supaya kamu bisa memasukkannya lagi ke HP Samsung tersebut.

Demikian panduan cara agar HP Samsung tidak lemot dan lag yang perlu kamu tahu. Jangan lupa bagikan artikel kami supaya pengguna smartphone Samsung lainnya bisa mengatasi ponselnya menjadi lambat dengan mudah.

Related posts