Cara Backup Chat WhatsApp iPhone

iPhone sudah menjadi salah satu ponsel pintar yang semakin banyak digunakan, sedangkan orang-orang cenderung memakainya untuk media sosial seperti WhatsApp, dll. Namun, sudahkah kamu tahu cara backup chat WhatsApp iPhone yang benar? Pengguna iPhone mana pun belum tahu soal ini.

Tak bisa dimungkiri kalau WhatsApp sudah menjadi aplikasi percakapan online nomor wahid saat ini. Di samping itu, hampir semua orang memakainya untuk bertukar pesan dalam bentuk tulisan dan media selama 24 jam non stop.

Read More

Ponsel mana pun biasanya selalu mencadangkan semua data WhatsApp dengan menggunakan Cloud dan Google Drive. Namun, cara backup chat WhatsApp iPhone harus tetap mengandalkan iCloud di mana kedua media tadi jarang bahkan tidak pernah digunakan.

Data WhatsApp yang sudah tersimpan di iCloud akan langsung diamankan, lho. Selain itu, kalian bisa melihatnya lagi sesudah melakukan reinstall aplikasi WA. Jika kamu tidak menggunakan iCloud, kamu akan sulit mencadangkan semua chat yang sudah masuk sebelumnya.

Cara Backup Chat WhatsApp iPhone
Cara Backup Chat WhatsApp iPhone

Mengapa Harus Backup Chat dan Data WhatsApp iPhone?

Pengguna iPhone maupun smartphone mana pun wajib mencadangkan alias backup semua data yang sudah tersimpan di dalam WhatsApp, khususnya chat. Pasalnya, seseorang yang tidak pernah backup chat WhatsApp bisa saja kehilangan semua obrolan terkirim atau diterima.

Jika kamu berencana mengganti gadget Apple dengan yang baru, alangkah baiknya segera cadangkan chat dan data di nomor WhatsApp menggunakan iCloud. Gunanya agar dapat mengamankan semua informasi penting untuk bisa diakses dan digunakan di kemudian hari.

Terkait:  Cara Auto Reply WhatsApp

Kalau iPhone kamu sudah tidak digunakan lagi dan beralih ke perangkat Apple, kamu masih bisa mengakses semua data penting tersebut, lho. Kamu cukup menggunakan Apple ID atau akun iCloud aktif untuk mengakses semua chat maupun data yang tersimpan di WhatsApp kalian.

Kalau iCloud bisa diakses ke perangkat Apple yang baru, kamu cukup download aplikasi WhatsApp versi terbaru dari App Store, kemudian lakukan pemasangan seperti biasa dan gunakan akun iPhone kalian untuk mengakses semua data tersebut.

Sementara itu, proses backup chat maupun data ke iCloud bakal dilakukan secara otomatis saat kamu sedang mengisi ulang data iPhone atau iPad. Meski begitu, prosesnya juga bisa berlangsung secara manual oleh dirimu sendiri, lho.

Cara Mengirim Chat WhatsApp iPhone ke Email

Seperti kami sampaikan sebelumnya kalau kamu tidak bisa mencadangkan percakapan dari file backup tanpa menggunakan iCloud. Tapi, kamu bisa menyimpan semua chat ke email sehingga dapat dibaca lagi nanti. Simak cara mengirim chat WhatsApp iPhone ke email sebagai berikut:

  • Pertama, buka chat individu maupun grup yang bakal disimpan ke email kamu.
  • Jika sudah dipilih, klik nama kontak atau grup tersebut.
  • Pilih menu Ekspor Chat.
  • Kemudian, tentukan apakah kamu ingin menyertakan media atau sekadar mengirim chat saja.
  • Kalau sudah ditentukan, buka aplikasi Mail atau klik Lainnya sebagai menu tambahan dari iPhone.
  • Silakan masukkan alamat email tujuan.
  • Klik Kirim.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai semua data berhasil terkirim ke email tersebut.

Cara Backup Chat WhatsApp iPhone

Jika kamu belum tahu cara backup chat WhatsApp iPhone dengan benar, kami akan berikan jawabannya melalui artikel ini. Pengguna iPhone tidak perlu khawatir bahkan takut kalau semua chat bahkan data dari WhatsApp tidak bisa dicadangkan.

Terkait:  Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Pasalnya, kalian sendiri cukup bermodalkan Apple ID dan perangkat penunjang untuk mengamankan semua file penting tersebut. Prosesnya pun bahkan kurang dari 10 menit, sedangkan pengguna iPhone bisa melakukannya secara otomatis atau manual sesuai kebutuhan masing-masing.

Langkah 1: Buka Aplikasi WhatsApp

Cara backup chat WhatsApp iPhone pertama yang bisa dilakukan adalah membuka aplikasi WA terlebih dulu. Jika aplikasinya sudah dibuka, kamu cukup memilih menu Pengaturan atau Setting dari icon titik tiga (menu) yang terletak di samping kanan atas pada halaman utama WhatsApp.

Langkah 2: Klik Opsi Cadangkan Chat

Jika sudah masuk ke menu pengaturan, langkah berikutnya yang wajib dilakukan adalah memilih menu Chat atau Obrolan. Kemudian, kamu akan melihat beberapa opsi dari menu tersebut. Berdasarkan tujuan awal, kalian ingin backup semua chat WA. Maka dari itu, klik opsi Backup Chat atau Cadangkan Obrolan untuk menuju tahap berikutnya.

Langkah 3: Cadangkan Obrolan WhatsApp

Cara backup chat WhatsApp iPhone selanjutnya adalah kalau kamu sudah menekan tombol Cadangkan Obrolan, maka bisa langsung menekan tombol Cadangkan Sekarang atau Backup Now. Tak hanya itu, kamu juga akan langsung mencadangkan semua chat secara otomatis untuk langsung mengamankannya ke iCloud pribadimu.

Langkah 4: Aktifkan Fitur Ekripsi di iCloud

Cara backup chat WhatsApp iPhone terakhir adalah mengaktifkan fitur enkripsi pada iCloud. Kalau kamu belum pernah melakukannya, cukup tekan tombol Cadangkan Terenkripsi End-to-end dan semua data yang dicadangkan bakal langsung dienkripsi end-to-end ke Apple ID kalian secara otomatis.

Cara Backup Chat WhatsApp iPhone Lewat Google Drive

Walaupun banyak pengguna iPhone mengklaim kalau mereka tidak bisa backup semua chat WhatsApp melalui G-Drive, tapi kamu bisa mencoba cara backup chat WhatsApp iPhone via Google Drive di bawah ini:

  • Pastikan iPhone kalian sudah terhubung dengan akun Google (Gmail) yang aktif.
  • Jika sudah dihubungkan, buka aplikasi WhatsApp dari iPhone kalian.
  • Klik Menu atau icon titik tiga yang berada di samping kanan atas.
  • Pilih menu Setelan atau Setting.
  • Klik Chat atau Obrolan.
  • Pilih menu Backup Chat atau Cadangkan Obrolan.
  • Klik Cadangkan ke Google Drive atau Backup to Google Drive.
  • Kalian akan menemukan berbagai macam frekuensi waktu backup seperti harian, mingguan dan bulanan. Kalau semuanya ingin dicadangkan dalam jangka waktu bulanan, klik Bulanan atau Monthly.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai proses pencadangan chat WhatsApp berhasil.
Terkait:  Cara Backup WhatsApp iPhone Tanpa iCloud

Cara Backup Chat WhatsApp iPhone secara Manual

Jika kamu ingin mencadangkan semua chat WhatsApp di iPhone secara manual, syarat utamanya adalah kamu harus punya Apple ID terlebih dulu. Hal ini dikarenakan kalian hanya bisa masuk ke iCloud dengan menggunakan Apple ID. Simak cara backup chat WhatsApp iPhone secara manual di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari iPhone kalian.
  • Klik Masuk ke Apple ID.
  • Pilih menu iCloud.
  • Geser layar ke bawah sampai kamu menemukan opsi WhatsApp, lalu hidupkan aplikasi tersebut.
  • Kemudian, buka aplikasi WhatsApp.
  • Klik Setelan atau Setting.
  • Pilih menu Chat atau Obrolan.
  • Klik Backup Chat atau Cadangkan Obrolan.
  • Pilih menu Backup Now atau Cadangkan Sekarang.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai proses pencadangan semua chat WhatsApp selesai.

Demikian tutorial tentang cara backup chat WhatsApp iPhone secara otomatis dan manual yang wajib kamu tahu. Jangan lupa bagikan atau share artikel kami di atas agar para pengguna iPhone lain dapat mencadangkan semua chat dengan benar. Semoga membantu!

Related posts