Cara Verified Instagram

Apa keuntungan akun Instagram yang memiliki centang biru? Bagaimana cara verified Instagram? Yuk baca artikel ini sampai selesai untuk tahu secara lengkap syarat, cara, dan hal yang harus dihindari saat mengajukan proses verifikasi Instagram.

Mengenal Lencana Terverifikasi di Instagram

Aplikasi Instagram memperkenalkan ikon lencana terverifikasi yang dapat digunakan bagi penggunanya secara gratis tanpa dipungut biaya. Lencana terverifikasi adalah ikon centang verified

yang muncul di samping nama akun Instagram pada pencarian dan di profil. Artinya, Instagram telah mengonfirmasi keaslian akun yang mewakili keberadaan tokoh publik, selebriti, atau merek. Pemberian lencana terverifikasi tidak digunakan untuk mendukung atau mengakui tokoh publik atau suatu brand tertentu.

Lalu, apa itu verifikasi? Verifikasi adalah proses membangun kebenaran, akurasi, atau validitas sesuatu. Verifikasi dari suatu akun diperlukan bagi orang atau pengguna suatu aplikasi untuk menemukan dan mengetahui bahwa akun terkenal yang mereka ikuti atau telusuri asli atau hanya akun tiruan.

Verifikasi instagram artinya akun tertentu mendapat tanda centang terverifikasi (centang biru) atau Verified Badge yang muncul di sebelah nama akun Instagram dalam pencarian dan profil. Logo centang biru tersebut bisa dikatakan menjadi hal yang istimewa karena biasanya hanya dimiliki oleh public figure, influencer, perusahaan, agensi, dan brand ternama.

Mudahnya, pihak Instagram sudah mengkonfirmasi bahwa akun terverifikasi tersebut benar milik seseorang/bisnis tertentu.

Manfaat Verified Instagram

Akun yang sudah diverifikasi memiliki manfaat yang banyak. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan didapat jika akun kamu sudah diverifikasi dan mendapat lencana terverifikasi oleh Instagram:

1. Meningkatkan Kepercayaan Publik

Terkait:  Cara Centang Biru IG

Bagi kamu yang punya akun bisnis, tentu kamu ingin seluruh pembeli yakin bahwa akun bisnis yang kamu miliki di Instagram bukan akun penipu dan abal-abal. Dengan adanya centang biru, pembeli yang datang tidak takut tertipu untuk membeli produk atau jasa yang bisnis kamu tawarkan. Karena mereka bisa tahu siapa pemilik dari bisnis tersebut.

2. Menambah Endorse

Sedangkan untuk selebgram dan influencer, tanda centang biru membantu mereka mendapatkan lebih banyak dukungan secara finansial. Semakin banyak follower yang mengikuti akun selebgram dan influencer secara alami diikuti dengan akun yang sudah terverifikasi membuat pemberi endorsement yakin dan percaya sehingga memberi kepercayaan kepada produk mereka.

Syarat Verified Instagram

Supaya akun dapat diverifikasi, kamu harus mengikuti ketentuan penggunaan dan pedoman komunitas Instagram. Beberapa syarat yang diperlukan yaitu

  • Akun kamu harus autentik, yaitu mewakili orang sungguhan, bisnis, atau entitas terdaftar yang asli.
  • Akun harus memiliki keberadaan orang atau bisnis yang memiliki nilai unik. Sebagai contoh, untuk entitas terkenal biasanya adalah hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan atau akun yang berisi lukisan-lukisan hasil karya sendiri dengan variasi tema.
  • Hanya satu akun untuk setiap orang atau bisnis yang dapat diverifikasi, dengan pengecualian untuk akun dengan bahasa tertentu.
  • Akun harus bersifat publik dan memiliki bio, foto profil, aktif saat mendaftar, dan setidaknya memiliki satu postingan.
  • Akun kamu haruslah mewakili orang, merek, atau entitas yang terkenal dan banyak dicari. Misalnya merek/brand atau entitas tertentu yang banyak dicari oleh pengguna Instagram.

Syarat verified diatas adalah mutlak dan wajib dilakukan agar akun kamu dipertimbangkan oleh pihak Instagram untuk mendapat centang biru.

Setelah mengetahui syarat verifikasi Instagram, selanjutnya adalah bagaimana cara mengajukan verifikasi Instagram. Bagaimana cara verified Instagram? Ikuti 6 langkah mudah dibawah ini!

Terkait:  Cara Menghapus Akun Instagram Permanen

Cara Verified Instagram

Cara Verified Instagram
Cara Verified Instagram
  1. Buka aplikasi Instagram dan Log In ke akun Instagram yang akan kamu ajukan untuk lencana verifikasi.
  2. Klik foto profil yang terletak di bagian kanan bawah untuk membuka profil.
  3. Selanjutnya, klik ikon garis 3 yang ada di kanan atas, kemudian pilih Pengaturan.
  4. Ketuk Akun, setelah itu klik Minta Verifikasi.
  5. Masukkan nama lengkap dan berikan bukti identifikasi yang diperlukan. Misalnya tanda pengenal berfoto yang diterbitkan pemerintah atau dokumen bisnis resmi.
  6. Ikuti petunjuk yang diarahkan oleh Instagram.

Sekarang akun kamu sudah berhasil diverifikasi. Tanda centang biru akan muncul di sebelah nama Instagram kamu. Followers atau pengguna lainnya akan tahu bahwa akun kamu adalah benar dan bukan milik orang lain yang berpura-pura menjadi kamu.

Informasi Tambahan

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui setelah meminta verifikasi akun. Diantaranya sebagai berikut:

  • Permintaan verifikasi akan diproses selama kurang lebih 30 hari. Pemberitahuan atau notifikasi akan masuk melalui fitur Aktivitas.
  • Jika permintaan verfikasi ditolak, kamu bisa mengajukan kembali setelah 30 hari kerja.
  • Setelah mencoba mendapat verifikasi akun dari pihak Instragram dan memenuhi semua persyaratan, pengiriman permintaan kamu belum tentu diproses dan diverifikasi. Pihak Instagram akan meninjau ulang kembali apakah akun kamu sudah layak mendapat verifikasi atau belum.
  • Mengirimkan beberapa permintaan lencana terverifikasi dalam satu waktu tidak akan menjamin akun diverifikasi.
  • Jika kamu mencoba mendaftar kembali untuk permintaan lencana terverifikasi beberapa kali sebelum menerima keputusan, maka pendaftaran kamu juga akan dibatalkan.
  • Akun yang sudah diverifikasi (tanda centang biru) tidak dapat dipindahkan ke akun lain dan tidak dapat pula diubah nama penggunanya.
  • Meskipun Instagram dan Facebook ada dalam satu perusahaan yang sama, memiliki tanda centang biru di akun Instagram kamu tidak akan membuat akun Facebookmu juga mendapat verifikasi.
  • Selain itu, jika ternyata verifikasi akun dilakukan dengan cara curang seperti menggunakan informasi palsu atau menyesatkan selama proses verifikasi, maka lencana terverifikasi akan dihapus oleh pihak Instagram atau bahkan akun dinonaktifkan.
  • Selain itu juga jika akun yang terverifikasi dijual kepada orang lain, maka pihak Instagram akan mengambil tindakan tegas. Entah itu penghapusan akun dan lain sebagainya.
Terkait:  Cara Tambah Follower IG

Hal-Hal Yang Bisa Menghapus Lencana Terverifikasi

Berdasarkan info website resmi Instagram, ada beberapa hal yang harus dihindari oleh pengguna Instagram yang sudah mendapat lencana terverifikasi.

  • Mengiklankan, mengalihkan, atau menjual lencana terverifikasi Anda.
  • Menggunakan foto profil, bio, atau bagian nama Anda untuk mempromosikan layanan atau aktivitas lain yang melanggar Pedoman Komunitas atau Ketentuan Penggunaan kami.
  • Mencoba memverifikasi akun Anda melalui pihak ketiga.
  • Mengalihkan akun Anda dari publik ke pribadi terlalu sering.

Nah, beberapa poin diatas wajib untuk dihindari agar akunmu tetap aman dan tidak dicabut centang birunya. Lalu, bagaimana jika kamu sudah mencoba berkali-kali mengajukan verifikasi namun tidak kunjung disetujui oleh pihak Instagram?

Ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memberi tahu follower bahwa akun milik kamu autentik, yaitu dengan menautkan situs web resmi, halaman Facebook, akun YouTube, dan lain sebagainya ke akun Instagram. Cara ini juga bisa membuktikan bahwa akun yang kamu miliki adalah benar milik kamu.

Demikianlah cara verified Instagram yang bisa kamu ikuti. Jangan lupa share artikel ini ke sahabat kamu ya. Mungkin saja mereka butuh informasi ini. Selamat mencoba dan sampai berjumpa kembali.

 

 

Related posts