Cara Backup WhatsApp iPhone ke Google Drive

Cara backup WhatsApp iPhone ke Google Drive merupakan langkah tepat untuk mencadangkan semua data WhatsApp yang sudah tersimpan pada perangkat iPhone kalian. Langkah ini bisa dibilang efektif karena sudah terintegrasi langsung dengan akun Gmail kalian, lho.

Di samping itu, ruang penyimpanannya juga cukup besar sehingga dapat menyimpan beragam data dengan mudah. Selain itu, kalian pun tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun karena semua file yang tersimpan di Google Drive bisa diamankan secara gratis.

Read More

Backup WhatsApp dari Android ke iPhone mungkin cukup mudah, tapi justru banyak orang masih belum tahu cara backup WhatsApp iPhone ke Google Drive. Padahal, metode nya tidak jauh berbeda dengan mencadangkan data WA dari perangkat mana pun, lho.

Jika kalian baru pertama kali pakai iPhone, langkah tersebut pasti akan membingungkan. Maka dari itu, kami akan bantu supaya kalian bisa backup semua data dan file yang tersimpan pada WhatsApp dari perangkat iPhone untuk dicadangkan dan disimpan ke Google Drive dengan mudah.

Cara Backup WhatsApp iPhone ke Google Drive
Cara Backup WhatsApp iPhone ke Google Drive

Bagaimana Cadangkan WhatsApp iPhone ke Google Drive secara Langsung?

Belakangan ini sebagian besar pengguna WhatsApp di iPhone masih penasaran, bagaimana cadangkan data WA dari perangkatnya ke Google Drive secara langsung? Pasalnya, G-Drive hanya bisa diakses dan digunakan untuk mencadangkan foto, kalender dan video dari iPhone.

Terkait:  Cara Mengunci Jaringan 4G

Jika kamu ingin backup semua data tersebut, kamu bisa cadangkan kontak/nomor telepon ke Google Contacts, foto ke Google Photos dan kalender di Google Calendar. Selain itu, proses pencadangan file dan obrolan pada WA iPhone hanya bisa dilakukan melalui iCloud saja.

Cara Backup WhatsApp iPhone via iCloud

iCloud merupakan bagian penting pada setiap perangkat iPhone. Jangan heran segala aktivitas yang kalian lakukan melalui gadget tersebut tidak bisa lepas dari pemakaian akun iCloud. Bagi kalian yang sedang mencari tahu cara backup WhatsApp iPhone melalui iCloud, ikuti dan simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pastikan iPhone kalian sudah menggunakan OS iOS 10 atau versi lebih baru.
  • Buka aplikasi WhatsApp melalui iPhone kalian.
  • Jika sudah masuk halaman utama, klik Menu atau tekan icon titik tiga yang letaknya berada di samping kanan atas.
  • Pilih menu Setelan atau Setting.
  • Klik Obrolan atau Chat.
  • Pilih menu Cadangkan Obrolan atau Backup Chat.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai muncul informasi untuk mengaktifkan maupun mencadangkan data WhatsApp secara otomatis atau manual.
  • Jika kalian ingin mencadangkan data WhatsApp secara otomatis, klik Auto Backup.
  • Kalau WhatsApp kalian ingin dicadangkan secara manual, pilih menu Cadangkan Sekarang atau Backup Now.
  • Terakhir, silakan menunggu untuk memastikan proses backup data WhatsApp ke iPhone selesai.

Cara Menyimpan Semua Foto dan Video WA iPhone ke Google Drive

Pengguna iPhone ternyata bisa menyimpan semua foto dan video dari WhatsApp ke Google Drive dengan cepat, lho. Kamu tidak perlu repot memilih berbagai macam media yang bakal disimpan ke G-Drive karena semuanya bisa langsung ditransfer ke kamera roll iPhone. Simak panduan lengkapnya di bawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp melalui iPhone kamu.
  • Jika sudah masuk halaman utama, klik Menu atau icon titik tiga yang berada di samping kanan atas.
  • Pilih menu Setelan atau Setting.
  • Klik Obrolan atau Chat.
  • Kemudian, geser ke menu Simpan ke Kamera Roll atau Save to Camera Roll.
  • Jika menunya sudah ditekan, tunggu beberapa saat sampai semua medianya tersimpan secara otomatis.
Terkait:  Cara Melacak Handphone dengan IMEI

Cara Menyimpan Sebagian Foto dan Video WA iPhone ke Google Drive

Metode ini memungkinkan pengguna WhatsApp iPhone untuk menyimpan beberapa foto maupun video ke kamera roll. Selain itu, kamu bisa pilih dan cadangkan file tersebut ke G-Drive secara manual. Kamu bisa menyimpan foto dan videonya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Download aplikasi Google Drive melalui App Store terlebih dulu.
  • Jalankan dan buka aplikasi Google Drive.
  • Jika halaman utama G-Drive sudah terbuka, klik Pengaturan.
  • Pilih menu Cadangan Google Drive atau Google Drive Backup.
  • Klik Cadangkan ke Google Photos.
  • Kemudian, buka fotonya dan klik opsi untuk mengaktifkan sistem backup otomatis dengan geser toogle nya ke arah kanan.
  • Jika sudah, masuk lagi ke halaman cadangan dan klik Mulai Cadangan.
  • Kalau kamu ingin cadangkan foto dan video ke Google Photos, pastikan koneksi internet stabil untuk menyelesaikan proses backup tersebut.

Cara Backup WhatsApp iPhone ke Google Drive

Barangkali kalian masih belum tahu cara backup WhatsApp iPhone ke Google Drive dengan benar, kami akan beritahu jawabannya lewat artikel ini. Pengguna iPhone tidak perlu cemas kalau tidak bisa cadangkan semua data WhatsApp nya, karena semuanya bisa dilakukan dengan beragam metode simple.

Kalian sendiri perlu mengandalkan alamat email aktif dan iCloud agar prosesnya dapat berjalan lancar. Kalau WhatsApp iPhone kalian menyimpan data sangat penting dan harus dicadangkan, kalian cukup ikuti pembahasan kami selanjutnya.

Langkah 1: Buka Aplikasi WhatsApp

Kalian bisa membuka aplikasi WhatsApp dari iPhone terlebih dulu. Pastikan WA kalian selalu tersambung dengan koneksi internet kencang dan stabil agar proses pencadangan datanya dapat berjalan lancar. Kalau WhatsApp sudah dibuka, maka bisa menekan icon titik tiga yang letaknya berada di samping kanan atas.

Terkait:  Cara Backup WhatsApp iPhone

Langkah 2: Klik Opsi Setelan

Cara backup WhatsApp iPhone ke Google Drive selanjutnya adalah menekan tombol Setelan atau Setting, yakni sesudah kalian klik icon titik tiga tersebut. Jika menu setelan sudah ketemu, kamu akan diarahkan ke laman selanjutnya yang menampilkan berbagai macam opsi untuk customisasi atau kelola akun WhatsApp dari iPhone kalian.

Langkah 3: Klik Opsi Chat

Jika kalian sudah masuk ke laman pengaturan dan diarahkan ke laman berikutnya, cara backup WhatsApp iPhone ke Google Drive berikutnya adalah menekan tombol Chat atau Obrolan. Kemudian, tunggu beberapa saat sampai kalian menemukan beragam pilihan menu yang tersedia. Jika menu chat sudah dipilih, kalian harus tekan tombol Backup Chat atau Cadangkan Obrolan.

Langkah 4: Mulai Cadangkan ke Google Drive

Cara backup WhatsApp iPhone ke Google Drive selanjutnya adalah memilih menu Backup to Google Drive atau Cadangkan ke Google Drive. Jika kalian sudah menekan tombol tersebut, kalian akan diminta keterangan mengenai periode cadangkan semua data atau file dari WhatsApp ke G-Drive berdasarkan kebutuhan.

Langkah 5: Pilih Sistem Backup

Kalian harus menentukan sistem backup WhatsApp iPhone yang dibutuhkan. Pasalnya, aplikasi WA menyediakan proses pencadangan secara manual atau otomatis. Kalian bisa memilihnya berdasarkan keinginan. Jika kalian ingin mencadangkan semua data WhatsApp secara manual, klik opsi Jangan Pernah untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Langkah 6: Selesaikan Proses Backup

Cara backup WhatsApp iPhone ke Google Drive terakhir adalah menekan tombol Cadangkan melalui pada jaringan tersebut. Kemudian, kalian akan memilih proses pencadangan saat terhubung dengan data seluler maupun WiFi. Kalian bisa menentukannya berdasarkan keinginan dan pastikan proses backup data WhatsApp dilakukan sampai selesai.

Demikian panduan cara backup WhatsApp iPhone ke Google Drive dan cara menyimpan semua atau sebagian media ke G-Drive yang perlu diketahui. Semoga membantu!

Related posts