Cara Cari iPhone Hilang dalam Keadaan Offline dan Online

Cara Cari iPhone Hilang
Cara Cari iPhone Hilang

PindahLubang.com | Smartphone sudah menjadi salah satu benda yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan kita. Jika kamu sedang mengalami momen di mana gadget tersebut hilang, bahkan iPhone pasti akan terasa geran, Kamu harus tahu cara cari iPhone hilang agar perangkatnya dapat digunakan kembali.

iPhone merupakan smartphone premium yang mana pemakaiannya selalu disebut hanya bisa dimiliki orang tertentu saja. Padahal, siapa saja bisa memiliki dan menggunakannya di mana setiap orang pasti memakai ponsel berdasarkan kebutuhan masing-masing.

Read More

Pengguna iPhone sebetulnya bisa melakukan berbagai macam cara cari iPhone hilang yang mudah dan praktis, salah satunya mengaktifkan fitur Find My iPhone. Fitur ini biasanya digunakan untuk memudahkanmu dalam mencari perangkat yang lupa simpan maupun hilang di suatu tempat.

Akan tetapi, kamu sendiri tidak selamanya dituntut bergantung pada fitur tersebut, lho. Kami bakal beritahu langkah-langkah jitu agar iPhone kamu yang hilang dapat ditemukan, serta data dan filenya bisa diamankan untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Cara Aktifkan Fitur Find My iPhone

Fitur Find My iPhone adalah layanan bantuan guna memudahkanmu dalam mencari perangkat iOS yang hilang, baik lupa simpan maupun terjatuh di suatu tempat. Fitur ini selalu diandalkan supaya kamu bisa menemukan iPhone yang hilang untuk diamankan datanya kembali. Simak cara aktifkan fitur Find My iPhone di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting melalui perangkatmu.
  • Pilih menu Apple ID dan pastikan kamu sudah masuk dengan akun iCloud beserta password yang aktif.
  • Klik Find My iPhone.
  • Centang tombol ON untuk mengaktifkan fitur Find My iPhone dari perangkat kamu.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi kalau fitur Find My iPhone sudah aktif dan bisa digunakan untuk keadaan darurat ketika lupa simpan atau hilang.
Terkait:  Cara Hapus Cache iPhone Paling Baru dengan Gambar

Cara Cari iPhone Hilang

Cara Cari iPhone Hilang
Cara Cari iPhone Hilang

Jika kamu belum tahu cara cari iPhone hilang dengan benar, kami akan beritahu panduannya kalau kamu ingin segera menemukan perangkat tersebut. Jangan langsung panik kalau iPhone kesayangan hilang bahkan raib begitu saja.

iPhone seri apapun masih bisa dilacak dan ditemukan dengan mengandalkan fitur-fitur canggih di dalamnya, lho. Sayangnya, banyak orang tidak sadar sekaligus belum tahu cara menemukan iPhone yang hilang. Kamu cukup membutuhkan perangkat bantuan dan koneksi internet stabil.

Langkah 1: Ajukan Klaim Kehilangan dan Pencurian

Jika iPhone kamu yang hilang masih dilindungi oleh AppleCare+ dengan Kehilangan dan Pencurian, maka bisa mengajukan klaim untuk penggantian perangkat. Cara cari iPhone hilang ini bisa dibilang efektif sehingga kamu tidak perlu repot membuang waktu kalau ponselnya tidak ditemukan. Alhasil, kamu dapat klaim untuk memiliki iPhone baru.

Langkah 2: Tandai sebagai Hilang

Ketika menandai perangkat dengan status hilang, kamu akan menguncinya dari jarak jauh menggunakan kata sandi untuk melindungi informasi dan keamanan pribadimu. Cara cari iPhone hilang ini pun dilakukan dengan mematikan Apple Pay pada perangkatnya. Kamu bisa menampilkan pesan khusus berupa informasi kontak dari iPhone yang hilang tersebut.

Langkah 3: Hapus Perangkat dari Jarak Jauh

Kalau iPhone yang hilang adalah perangkat bersistem operasi iOS 15 atau versi lebih baru, kamu masih bisa memanfaatkan Lacak untuk menemukan keberadaannya atau memutar bunyi di iPhone. Akan tetapi, kalau tidak maka kamu akan sulit menemukan perangkat maupun memutar bunyi sesudah menghapus fitur lacak tersebut.

Langkah 4: Laporkan iPhone Hilang ke Pihak Berwajib

Cara cari iPhone hilang yang mungkin bisa kamu coba adalah melaporkan masalah ini kepada pihak berwajib. Seseorang biasanya akan melakukannya kalau iPhone tersebut benar-benar hilang dan tidak ada harapan ditemukan lagi, apalagi kalau perangkatnya menyimpan file rahasia. Selain itu, pihak berwajib biasanya akan meminta nomor seri iPhone yang hilang juga.

Terkait:  Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Whatsapp di HP

Langkah 5: Hapus iPhone Hilang dari Akun Kamu

Kalau kamu punya AppleCare+ dengan Kehilangan dan Pencurian, jangan langsung hapus iPhone hilang dari akun sampai pengajuan klaim disetujui. Kamu bisa akses laman www.appleid.apple.com guna menghapus iPhone hilang dari daftar perangkat terpercaya yang tersedia.

Langkah 6: Hubungi Operator Nirkabel

Cara cari iPhone hilang terakhir yang mungkin bisa kamu coba adalah menghubungi operator nirkabel terkait. Kamu perlu meminta pihak tersebut untuk mematikan akun kamu guna mencegah teks, panggilan maupun pemakaian data. Jika iPhone kamu ternyata dilindungi paket operator nirkabel, segera ajukan klaim.

Cara Cari iPhone Hilang Lewat Fitur Find My iPhone

Fitur Find My iPhone sudah menjadi salah satu andalan yang biasa digunakan oleh para pengguna untuk mencari perangkat hilang. Jika kamu baru pertama kali menggunakannya, simak cara cari iPhone hilang dengan fitur Find My iPhone di bawah ini:

  • Pertama, kunjungi laman icloud.com/find melalui peramban browser.
  • Masukkan Apple ID dan password yang aktif.
  • Jika sudah masuk halaman utama, fitur Find My iPhone akan menampilkan detail keberadaan perangkat, apakah offline atau mati total.
  • Jika iPhone tersebut dalam keadaan aktif, klik Action.
  • Kemudian, pemberitahuan GPS bakal menampilkan lokasi keberadaan iPhone dan perangkat tersebut bakal mengeluarkan suara (bunyi).
  • Kalau iPhone kamu yang hilang dalam kondisi mati, hilang di tempat yang sinyalnya jelek atau offline ketika menggunakan mode pesawat, biasanya muncul titik terakhir saat perangkat masih berada di tempat yang sinyalnya cukup kuat.
  • Kalau iPhone hilang mati total maupun dalam mode pesawat, silakan menunggu untuk memastikan perangkatnya aktif kembali.
  • Jika iPhone hilang karena dicuri, pilih menu Mode Hilang atau Lost Mode.
  • Kalau iPhone hilang tidak terlalu jauh dari lokasimu sekarang, perangkat bakal mengeluarkan bunyi agar dapat didengar oleh pemiliknya.
Terkait:  Cara Melacak iPhone yang Offline atau Mati dengan Mudah

Cara Cari iPhone Hilang dalam Kondisi Mati

Siapapun tidak ada yang tahu apakah iPhone yang hilang dalam kondisi menyala atau mati. Oleh karena itu, kalau iPhone kamu ternyata sudah dalam keadaan mati tentu saja berisiko susah dihubungi lagi. Akan tetapi, cobalah panduan cara cari iPhone hilang meskipun perangkatnya mati sebagai berikut:

  • Pertama, kunjungi situs resmi iCloud via icloud.com melalui peramban browser.
  • Masukkan Apple ID atau akun iCloud dan kata sandi ke kolom tersedia.
  • Jika sudah masuk ke halaman utama, muncul beberapa aplikasi bawaan iPhone dan klik Find My iPhone atau Lacak.
  • Berikutnya, cari perangkat iPhone kamu dan tunggu beberapa saat hingga muncul peta dengan lokasi terakhir keberadaan perangkatmu tersebut.
  • Kalau iPhone tersebut benar-benar mati alias dalam kondisi offline, biasanya icon bulat penanda lokasi keberadaan terakhir perangkat bakal berubah warna menjadi abu-abu.
  • Pilih menu Mode Hilang atau Lost Mode.
  • Kemudian, masukkan nomor ponsel yang aktif supaya kamu bisa dihubungi dengan mudah.
  • Jika sudah, masukkan pula pesan singkat guna memudahkanmu dalam meminta perangkat tersebut dikembalikan.
  • Nomor HP dan pesan singkat tersebut akan langsung muncul di iPhone kamu saat kondisi layar (home screen) terkunci.
  • Pilih Pembaruan Email.
  • Klik Selesai.
  • Terakhir, pihak Apple bakal mengirimkan informasi lokasi terakhir sesudah email diperbarui ke alamat email yang digunakan sebagai Apple ID kamu secara otomatis.

Demikian cara cari iPhone hilang dalam keadaan mati atau menyala yang wajib kamu tahu. Jika iPhone kamu lupa simpan apalagi raib begitu saja, jangan panik dan segera gunakan tutorial dari kami agar perangkat dapat ditemukan dan semua data pribadimu bisa diamankan.

Related posts