Cara Hemat Baterai Xiaomi

Cara Hemat Baterai Xiaomi
Cara Hemat Baterai Xiaomi

Bagi para pengguna ponsel termasuk Xiaomi tentunya ingin baterai HP tetap awet dan tidak cepat habis atau lowbat. Baterai yang cepat habis akan mengganggu aktivitas mengakses ponsel secara optimal. Lalu, bagaimana cara hemat baterai Xiaomi? Yuk, ikuti ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara Hemat Baterai Xiaomi

Cara Hemat Baterai Xiaomi
Cara Hemat Baterai Xiaomi

Xiaomi adalah salah satu brand ponsel yang diminati masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari penjualan Xiaomi yang laris manis setiap meluncurkan produk ponsel baru.

Read More

Meskipun tidak sedikit brand yang membekali produk ponsel mereka dengan baterai berdaya tahan tinggi, tapi jika dioperasikan dengan banyak fungsi sekaligus maka hal tersebut tidak ada artinya. Sedangkan brand Xiaomi sendiri memang selalu mengembangkan fitur baterai, baik dari kapasitas, waktu penggunaan baterai, maupun efektivitas pengisian daya.

Nah, agar baterai ponsel kamu tetap awet, berikut beberapa tips dan trik cara hemat baterai Xiaomi.

Mengaktifkan Fitur Hemat Daya

Cara hemat baterai Xiaomi yang pertama adalah dengan mengaktifkan fitur Battery Saver atau hemat daya. Fitur tersebut dapat membuat baterai menjadi lebih tahan lama karena akan menonaktifkan pekerjaan layar belakang. Saat mengaktifkan fitur battery saver, kamu tetap bisa mengakses notifikasi. Akan tetapi, ada beberapa fitur lain yang tak tidak dapat diakses, seperti kecerahan layar, GPS, Bluetooth, NFC, dan fitur lainnya yang memakan banyak daya.

Terkait:  Harga Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Untuk mengaktifkan fitur Battery Saver, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu Settings (Pengaturan)
  • Lalu, pilih opsi Battery and Performance
  • Selanjutnya, kamu centang pada menu Use Adaptive Battery.

Fitur ini bisa kamu aktifkan ketika daya tinggal 20% dan kamu ingin baterai HP lebih tahan lama.

Selain Battery Saver, kamu juga bisa mengaktifkan fitur bernama Ultra Battery Saver. Fitur ini hampir mirip seperti Battery Saver hanya saja memiliki kinerja yang lebih ekstrim. Pasalnya, mengaktifkan Ultra Battery Saver tidak hanya menonaktifkan beberapa fitur tapi juga membuat jaringan 5G dimatikan karena cukup memakan daya.

Performa lain pada Hp juga akan diturunkan sehingga kamu hanya bisa mengakses fitur telepon dan SMS saja. Apabila ingin lebih menghemat baterai, kamu bisa aktifkan fitur Ultra Battery Saver dengan cara berikut:

  • Masuk ke menu Settings (Pengaturan)
  • Lalu, pilih opsi Battery and Performance
  • Selanjutnya, pilih opsi Ultra Battery Saver.

Gunakan Fitur Fix Battery

Tidak hanya mengaktifkan fitur Battery Saver, kamu juga bisa menggunakan fitur Fix Battery untuk menghemat penggunaan baterai Xiaomi. Cara menggunakan fitur satu ini adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Settings (Pengaturan)
  • Lalu, pilih opsi Battery and Performance
  • Selanjutnya, pilih menuh Fix Battery Usage Issue.

Fitur Fix Battery bisa memperbaiki apabila ada kendala pada baterai HP atau terdapat aplikasi yang sedang berjalan pada latar belakang, hingga membersihkan cache dan aplikasi yang menyebabkan kinerja baterai Xiaomi tidak optimal.

Nonaktifkan Sistem Notifikasi

Tahukah kamu jika notifikasi yang terus masuk bisa memakan daya lebih banyak? Jika dilihat lebih lanjut, tidak semua notifikasi yang masuk tersebut sangat penting. Tidak sedikit merupakan notif iklan atau informasi kurang begitu diperlukan. Apabila notifikasi terus berjalan di latar belakang, maka dapat menguras daya baterai ponsel. Oleh karena itu, kamu bisa menonaktifkan beberapa aplikasi yang tidak begitu penting untuk menghemat baterai HP Xiaomi milikmu.

Terkait:  Cara Agar Baterai HP Awet Xiaomi, Aman dan Efektif

Selain aplikasi, beberapa fitur di ponsel yang jarang dipakai juga perlu dinonaktifkan notifikasinya. Misalkan saja fitur WiFi, GPS, Bluetooth atau lainnya yang sudah tidak diperlukan lagi bisa segera dinonaktifkan sebagai salah satu cara hemat baterai Xiaomi.

Menurunkan Tingkat Kecerahan

Cara lain yang bisa kamu lakukan agar baterai Xiaomi lebih awet adalah dengan menurunkan kecerahan. Pasalnya, tingkat kecerahan yang semakin tinggi akan secara otomatis memakan lebih banyak daya pada baterai Xiaomi.

Cara melakukannya adalah dengan menarik layar HP dari atas ke bawah hingga menu navigasi muncul. Pada pengaturan tingkat kecerahan atau brightness, kamu atur hingga layar agak redup karena selain bisa menghemat daya pada baterai juga tidak membuat mata semakin sakit.

Caranya adalah tarik layar hp Xiaomi dari atas ke bawah sampai muncul menu navigasi. Di menu tersebut ada pengaturan kecerahan, silahkan geser hingga agak redup tapi jangan sampai terlalu gelap karena bisa membuat mata menjadi semakin sakit.

Gunakan Wallpaper Gelap

Memilih wallpaper warna-warni memang terlihat menarik dan lucu. Akan tetapi, hal tersebut ternyata bisa membuat baterai semakin terkuras. Ini bisa terjadi apabila ponsel Xiaomi didukung dengan layar jenis Amoled. Untuk mengatasinya, disarankan menggunakan wallpaper berwarna hitam. Sebab, LED akan dinonaktifkan jika menampilkan warna hitam pada layar jenis Amoled dan daya pada baterai dapat lebih hemat.

Aplikasikan Refresh Rate Rendah

Produk ponsel Xiaomi terbaru atau di kelas midrange telah didukung dengan fitur refresh rate 90 Hz hingga 120 Hz. Mengaktifkan refresh rate yang tinggi dapat membuat layar tampak lebih smooth namun juga membuat baterai semakin boros. Untuk itu, turunkan refresh rate pada 60 Hz supaya baterai HP lebih hemat dan awet

Terkait:  Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Semakin banyak aplikasi yang terinstal di HP, maka kinerja RAM pun akan semakin tinggi sehingga otomatis membuat penggunaan daya pada baterai cepat habis. Meskipun kamu tidak mengaktifkannya, aplikasi tersebut tetap berjalan tanpa diketahui.

Pakai Charger Original

Penggunaan charger juga sangat berpengaruh dengan daya baterai. Perlu diketahui bahwa menggunakan charger sembarangan atau murahan bisa merusak HP karena bisa menyebabkan tegangannya tidak stabil. Oleh karena itu, kamu harus menjaga charger resmi bawaan HP agar proses charging maksimal dan baterai tetap awet.

Menggunakan Jaringan Wifi

Beberapa orang mungkin ada yang tidak sependapat dengan hal ini, tapi menggunakan sinyal WiFi jauh lebih menghemat baterai dibandingkan jaringan data seluler untuk mengakses internet.

Hal ini disebabkan karena setiap pergantian jaringan 2G/Edge ke 3G atau 4G hingga 5G itu memerlukan daya baterai yang lebih besar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa mengatur jaringan ke mode otomatis yang ada di HP akan memakan lebih banyak daya pada baterai.

Hindari HP Kepanasan

Cara hemat baterai Xiaomi lainnya yang tidak kalah penting adalah menghindari HP hingga kepanasan. Sebab HP yang panas bisa menyebabkan baterai menjadi cepat habis.

Menggunakan Aplikasi Battery Saver

Cara menghemat baterai Xiaomi yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi battery saver. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa kamu instal untuk menghemat baterai Xiaomi, antara lain:

  1. Power Battery
  2. Greenify
  3. GO Battery Saver
  4. Avast Battery Saver
  5. Avira Optimizer
  6. Battery Saver – Power Saver
  7. AccuBattery
  8. Battery Doctor
  9. Extra Battery
  10. Kaspersky Battery Life

Penyebab Baterai Xiaomi Boros

Tidak hanya cara menghemat baterai, kamu juga harus mengetahui penyebab baterai cepat habis supaya dapat dihindari, antara lain:

  1. Sering digunakan hingga panas sekali.
  2. Dipakai untuk bermain game terus-terusan.
  3. Baterai HP Xiaomi milikmu sudah bocor.
  4. Hp Xiaomi telah digunakan untuk waktu yang cukup lama atau bertahun-tahun.
  5. Mengalami kerusakan, tercebur dalam air, kepanasan di bawah sinar matahari, jatuh terbanting, dan lain sebagainya.

Demikian 11 cara hemat baterai Xiaomi yang paling direkomendasikan sehingga tidak cepat habis. Semoga membantu!

Related posts