Cara Cek Kesehatan Baterai Realme

Cara Cek Kesehatan Baterai Realme, Aman dan Valid!

PindahLubang.com | Smartphone bisa digunakan untuk tetap terhubung dengan siapapun setiap hari, asalkan kondisi baterai dalam keadaan baik. Jika kamu menggunakan smartphone Realme, sebaiknya ketahui cara cek kesehatan baterai Realme guna mencegah masalah yang mengakibatkan ponsel tidak berfungsi.

Baterai merupakan salah satu komponen penting di mana kamu harus selalu memperhatikan kesehatannya secara berkala. Selain itu, kebiasaanmu menggunakan smartphone pun menentukan usia pemakaian baterai itu sendiri, lho.

HP Realme mempunyai berbagai macam fungsi penting yang patut diperhitungkan. Popularitasnya bahkan mampu bersaing di tengah gencarnya beragam merk smartphone yang muncul saat ini.

Jika kamu ingin punya HP Realme yang bisa dipakai jangka panjang, alangkah baiknya ketahui cara cek kesehatan baterai Realme dengan benar.

Baterai smartphone apapun memang tidak akan selalu mempunyai kualitas yang sama dalam jangka panjang. Meski begitu, kami akan beritahu apa saja yang perlu kamu lakukan guna menjaga usia pemakaiannya menjadi lebih lama.

Cara Melihat Persentase Baterai HP Realme

HP Realme dan mayoritas smartphone Android biasanya tidak menunjukkan persentase sisa baterai melalui status bar. Orang-orang biasanya bisa lihat icon animasi di sudut yang tidak menunjukkan informasi lengkap tentang kapasitas pemakaian baterai. Jika kamu ingin melihat persentase baterai HP Realme, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Realme kamu.
  • Pilih menu Pemberitahuan & Status.
  • Klik Persentase Baterai.
  • Terakhir, informasi persentase baterai HP Realme kamu akan langsung ditampilkan secara otomatis.
Terkait:  Harga Realme 5 Terbaru

Tips Menjaga Kesehatan Baterai Realme

Jika kamu ingin mempunyai baterai ponsel Realme lebih awet dan tahan lama, sebaiknya ikuti dan simak tips menjaga kesehatan baterai Realme yang benar sebagai berikut:

  • Jangan Gunakan Ponsel Saat Diisi Ulang
    Kebiasaan buruk yang paling sering dijumpai seorang orang, bahkan sampai sekarang adalah menggunakan ponsel saat sedang diisi ulang. HP Realme kamu bisa memanas dengan cepat sekaligus menimbulkan kerusakan lebih cepat.Kamu bisa mengisi ulang daya kapan saja dan dimana saja, tapi tidak dianjurkan mencabut perangkat dari sumber listrik kalau masih di bawah 100%. Kami anjurkan kamu isi ulang baterai sampai penuh atau hampir 100%.
  • Simpan HP Jangka Panjang
    Jika kamu berencana untuk menyimpan HP Realme dalam jangka waktu yang lama, alangkah baiknya kamu tidak mengisi ulang baterai sampai 100 persen. Kami anjurkan kamu cukup isi ulang sekitar 60-70 persen saja.Secara umum baterai ponsel yang dibiarkan begitu saja, yakni tanpa pemakaian apapun akan berdampak buruk terhadap kesehatan performa HP. Pasalnya, komponen internal yang tidak pernah dioperasikan cenderung menimbulkan kerusakan.
  • Gunakan pada Suhu Normal
    Jangan sampai kamu mengisi ulang daya baterai HP Realme pada suhu rendah atau tinggi, serta hindari lingkungan terlalu lembab bahkan di bawah paparan sinar matahari langsung. Baterai dibuat untuk bekerja dengan baik pada suhu kisaran 16-25 derajat celcius.Suhu tersebut adalah temperatur normal di mana baterai ponsel mampu beroperasi secara efektif, lho. Jika bekerja pada suhu lebih dari 45 derajat celcius, bisa menurunkan kualitasnya.
  • Selalu Pakai Charger dan Kabel USB dari Realme
    Brand smartphone mana pun pasti selalu memberikan komponen perangkat lengkap untuk konsumen yang membeli HP baru. Jika kamu membeli smartphone Realme baru, alangkah baiknya selalu menggunakan charger dan kabel USB dari Realme.Gunanya agar dapat menjaga kesehatan baterai ponsel lebih lama. Tak hanya itu, pemakaian kabel USB beserta charger merk lain, apalagi dengan harga murah rentan menimbulkan kerusakan.
Terkait:  Cara Cek Kesehatan Baterai Samsung Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Cara Cek Kesehatan Baterai Realme

Cara Cek Kesehatan Baterai Realme
Cara Cek Kesehatan Baterai Realme

Barangkali kamu masih belum tahu cara cek kesehatan baterai Realme dengan benar, kami akan jabarkan semua informasinya melalui pembahasan artikel ini. Baterai merupakan jantung pada suatu perangkat telepon genggam, di mana fungsinya sangat krusial.

Jangan heran kalau baterai HP Realme atau merk smartphone apapun yang tidak sehat, apalagi cepat habis akan berdampak buruk terhadap komponen internal ponselnya. Maka dari itu, kami akan beritahu panduan pengecekan kesehatan baterai HP Realme untuk memastikan bagiannya benar-benar masih bagus.

Cara Cek Kesehatan Baterai Realme dengan Aplikasi Electron

Electron merupakan aplikasi yang bisa menampilkan berbagai macam informasi penting mengenai status kesehatan baterai HP Android. Kamu akan tahu informasi baterai smartphone Realme secara on time maupun status usia baterainya, lho.

Aplikasi ini bahkan bisa menunjukkan detail status keausan baterai sehingga kamu dapat mengetahui kapan waktu tepat untuk menggantinya. Jika kamu belum pernah menggunakannya, simak cara cek kesehatan baterai Realme dengan aplikasi Electron di bawah ini:

  • Download aplikasi Electron melalui Google Play Store terlebih dulu.
  • Jalankan dan buka aplikasi Electron.
  • Jika aplikasinya sudah dibuka, tunggu beberapa saat sampai muncul keterangan Battery Health.
  • Geser dari kiri ke kanan untuk mendapatkan informasi lanjut tentang kapasitas baterai, jumlah mAh, kesehatan baterai, suhu baterai, status pengisian dan detail lainnya.

Cara Cek Kesehatan Baterai Realme dengan Aplikasi AccuBattery

Aplikasi AccuBattery sudah menjadi salah satu rekomendasi untuk kalian yang sedang mencari software guna mengetahui kesehatan baterai ponsel secara detail. AccuBattery berguna untuk mengukur tingkat pemakaian baterai sesuai dengan informasi dari pengisian dayanya.

Aplikasi ini bahkan dipakai untuk memeriksa kesehatan baterai HP Realme secara lengkap, lho. Kalau baterai ponselmu ingin diperiksa, maka bisa mengikuti panduan cara cek kesehatan baterai Realme dengan AccuBattery di bawah ini:

  • Download aplikasi AccuBattery melalui Google Play Store terlebih dulu.
  • Jalankan dan buka aplikasi AccuBattery.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai kamu diminta melakukan kalibari baterai HP Realme.
  • Jika proses kalibari selesai, pakai HP Realme kamu seperti biasa selama beberapa hari guna memudahkan AccuBattery dalam mengumpulkan semua data tentang kesehatan baterainya.
  • Kalau HP Realme sudah digunakan sebagaimana mestinya, buka aplikasi AccuBattery dan klik Health.
  • Terakhir, muncul informasi seputar kondisi baterai HP Realme kamu secara lengkap.
Terkait:  Cara Cek Baterai Health Samsung (4 Metode), 100% Ampuh!

Cara Cek Kesehatan Baterai Realme dengan Aplikasi AIDA64

Walaupun kualitasnya belum sebanding dengan aplikasi Electron dan AccuBattery, tapi AIDA64 termasuk salah satu aplikasi pengecekan kesehatan baterai smartphone yang patut diperhitungkan, lho.

Aplikasi ini akan memudahkanmu dalam mengetahui berbagai macam informasi tentang persentase batrerai, besaran tegangan, tingkat suhu sampai kapasitas baterai yang dimiliki HP Realme kamu. Selengkapnya, ikuti dan simak panduan cara cek kesehatan baterai HP Realme dengan aplikasi AIDA64 di bawah ini:

  • Download aplikasi AIDA64 melalui Google Play Store terlebih dulu.
  • Jalankan dan buka aplikasi AIDA64.
  • Jika aplikasinya sudah dibuka, pilih menu Battery.
  • Terakhir, kamu akan melihat beberapa informasi tentang spesifikasi hardware, sistem, CPU, baterai, layar, jaringan, kamera, sensor sampai versi sistem Android dari HP Realme kamu.

Demikian tutorial tentang cara cek kesehatan baterai Realme dengan aplikasi yang aman, mudah dan praktis untuk kamu ketahui. Gunakan HP Realme sewajarnya untuk menjaga kesehatan dan kualitas baterai tetap awet dan tahan lama, salah satunya dengan tidak dipakai saat charging setiap hari.

Similar Posts