Cara Cek Battery Health iPad

Sudahkah kalian tahu cara cek battery health iPad yang benar? iPad sudah menjadi salah satu gadget unggulan yang belakangan ini semakin diminati banyak orang. Walaupun demikian, tapi beberapa penggunanya justru acuh bahkan kurang peduli terhadap kesehatan baterai perangkatnya.

Baterai iPad sendiri sering dianggap sama dengan iPhone. Akan tetapi, pemikiran kalian tersebut salah karena keduanya mempunyai beberapa perbedaan, lho. Jangan heran kalau kerusakan yang terjadi pada baterai atau komponen lain membuat kamu harus merogoh kocek agak dalam.

Brand Apple sendiri memang dikenal oleh semua orang di seluruh dunia, sedangkan siapapun yang memilikinya pasti akan dianggap lebih keren. iPad sendiri mempunyai kapasitas baterai cukup besar sehingga kamu dapat melakukan kegiatan apapun di sana.

Kalau iPad kamu tidak bisa menunjang hal tersebut karena baterainya rusak, kemungkinan besar akan menghambat aktivitasmu. Oleh karena itu, ketahui cara cek battery health iPad guna meminimalisir kerusakan dan gunakan perangkat sewajarnya agar kamu dapat mencegah pengeluaran biaya service terlalu mahal.

Cara Cek Battery Health iPad
Cara Cek Battery Health iPad

Penyebab Battery Health iPad Menurun

Barangkali kamu penasaran mengapa battery health iPad semakin menurun, bahkan nyaris rusak secara cepat. Oleh karena itu, kami akan beritahu berbagai macam penyebab kesehatan baterai iPad kian berkurang di bawah ini:

  • Charger Sampai Penuh dan Biarkan Baterai Habis
    Tak bisa dimungkiri kalau salah satu kebiasaan yang membuat battery health iPad menurun adalah kamu membiarkan baterainya diisi ulang sampai penuh alias 100%. Kebiasaan ini sebetulnya tidak dianjurkan, apalagi kalau kamu sering bekerja dengan perangkat itu.

    Di samping itu, kamu sendiri jangan membiarkan pemakaian iPad sampai baterainya nyaris menyentuh angka 0%. Jika dibiasakan, maka bisa berdampak buruk pada performa baterai itu sendiri.

  • Main Game Saat iPad dalam Kondisi Charging
    Kebiasaan buruk selanjutnya yang mengakibatkan battery health iPad menurun adalah kamu sering bermain game online dalam kondisi baterai sedang diisi ulang. Secara umum kondisi ini bukan hanya berlaku untuk pengguna smartphone, melainkan juga tab seperti iPad.

    Jangan pernah melakukannya lagi kalau kamu ingin menjaga kesehatan baterai iPad tetap terjaga. Sebab, semakin sering kamu main game saat iPad di charge justru membuat baterai cepat rusak.

  • Terkena Suhu Ekstrem
    Penyebab selanjutnya mengapa battery health iPad kamu semakin menurun adalah perangkat terlalu sering berada di bawah suhu panas. Kamu mungkin selalu meletakkan iPad di bawah sinar matahari langsung atau tempat-tempat bersuhu tinggi lainnya.

    Jika kebiasaan tersebut dibiarkan secara berkala, maka bisa membuat performa gadget menurun. Selain itu, tingkat persentase kesehatan baterai akan berkurang dan tentu saja membuatnya lebih cepat habis.

  • Tidak Pakai Charger Asli dari iPad
    Perangkat iPad akan selalu disematkan semua komponen asli dari Apple, termasuk charger original. Oleh karena itu, kamu harus selalu menggunakan charger asli supaya bisa menjaga performa baterai tetap optimal sepanjang waktu.

    Kalau iPad kamu sering menggunakan charger sembarangan, apalagi bukan dari Apple langsung kemungkinan besar akan membuat persentase battery health menurun bahkan lebih cepat rusak.

Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPad

Jika iPad kamu ingin lebih awet dan tahan lama, sebaiknya perhatikan apa saja yang harus dilakukan agar kamu dapat merawatnya dengan benar. Simak cara menjaga kesehatan baterai iPad yang tepat sebagai berikut:

  • Mengurangi Pemakaian Cahaya di Layar iPad
    Jangan pernah menggunakan intensitas cahaya terlalu tinggi saat kamu sedang menggunakan iPad. Jika kamu sedang mengaktifkan menu battery health, maka kontras cahaya bisa diatur dan dikelola secara otomatis.

    Kalau iPad kamu selalu digunakan dalam intensitas sinar layar rendah setiap hari, maka bisa meminimalisir kerusakan pada baterai dan durasi pemakaiannya pun lebih lama. Jangan kaget kalau iPad kamu bisa digunakan lebih lama dan tidak cepat rusak.

  • Menghidupkan Mode Daya Rendah
    Cara menjaga kesehatan baterai iPad selanjutnya adalah mengaktifkan mode daya rendah secara berkala. Kamu harus selalu menghidupkan fitur tersebut supaya bisa menjaga usia pemakaian iPad yang sedang dimiliki sekarang.

    Fitur ini biasanya terdapat pada pengaturan baterai, sedangkan kegunaannya sangat patut diperhitungkan. Kalau kamu mengaktifkannya setiap hari, usia pemakaian iPad akan lebih lama dan baterai nya pun tidak mungkin rusak.

Cara Cek Battery Health iPad

Jika kamu sudah tahu penyebab battery health iPad cepat menurun dan tips menjaga kesehatan baterainya dengan benar, kami akan menjelaskan tentang cara cek battery health iPad. Kamu harus tahu apakah baterai iPad kamu benar-benar masih bagus atau tidak.

Sementara itu, pemakaian iPad sendiri tidak boleh dilakukan selama 24 jam non stop. Hal ini dikarenakan kamu harus tetap biarkan perangkat dalam keadaan dingin, sehingga baterai dan komponen internalnya dapat bekerja secara efektif untuk digunakan lagi nanti.

Cara Cek Battery Health iPad iOS 15 Semua Seri

iPad iOS 15 adalah perangkat yang pertama kali dirilis oleh Apple sekitar tahun 2021 kemarin. Kamu bukan sekadar menerapkannya ke tab, melainkan juga ke iPhone agar smartphone dapat mengakses dan menikmati kecanggihan semua fiturnya. Kamu sendiri bisa mencoba cara cek battery health iPad iOS 15 semua seri di bawah ini:

  • Pertama, pasang aplikasi CoconutBattery melalui perangkat bantuan seperti Mac, PC atau laptop (kecuali iPad).
  • Jika aplikasinya sudah dipasang, hubungkan iPad dengan perangkat tersebut dengan menggunakan kabel USB.
  • Kalau sudah diperbarui menjadi CoconutBattery Plus, jaringan bisa disambungkan via koneksi WiFi.
  • Kemudian, halaman utama akan menampilkan berbagai macam informasi tentang kesehatan baterai iPad.
  • Pilih iOS device yang dihubungkan ke PC untuk meneruskan pengecekan kesehatan baterai iPad kamu.
  • Aplikasi akan langsung menampilkan data terbaru sekaligus riwayat penting yang berkaitan dengan battery health perangkat.
  • Berikutnya, perhatikan informasi yang menunjukkan Kapasitas Daya Pengisian Penuh dan Kapasitas dari Desain baterai melalui perangkat iPad kamu.
  • Cek informasi di bagian bawah pada Kapasitas Desain baterai. Jika mendekati angka 100%, performa baterai dipastikan masih bagus. Tapi, kalau sebaliknya maka bisa menindaklanjuti untuk mengganti baterainya.
  • Terakhir, pilih menu Info Baterai untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang battery health lainnya dari perangkat iPad kamu.

Cara Cek Battery Health iPad Air

Apple memang tidak pernah berhenti meluncurkan beragam seri perangkat iPad untuk pencinta setianya, salah satunya yang cukup populer adalah iPad Air. Fiturnya canggih dan beragam membuat kamu bisa melakukan apa saja dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa cob acara cek battery health iPad Air sebagai berikut:

  • Pertama, pastikan terdapat laptop atau Mac dengan OS minimum Windows.
  • Download dan pasang aplikasi iMazing 2 melalui browser.
  • Sambungkan dengan menggunakan kabel USB charger iPad agar dapat dihubungkan ke perangkat bantuan.
  • Jalankan aplikasi iMazing 2 yang baru saja diunduh tadi.
  • Kemudian, amati tampilan dari device iPad yang berada di samping kiri, yang sudah disambungkan tadi.
  • Klik iPad untuk mengetahui informasi tentang battery health perangkatnya.
  • Jika muncul keterangan Technical Data 100%, berarti kemampuan dan performa baterai perangkatnya masih bagus dan normal.
  • Kamu juga bisa melihat informasi lainnya tentang siklus durasi pengisian daya, biaya dari desain asli, suhu, peringatan dan lainnya tentang baterai iPad kamu.

Demikian pembahasan seputar cara cek battery health iPad Air dan iOS 15 yang wajib diketahui. Kamu juga harus pahami penyebab kesehatan baterai menurun beserta cara menjaga performanya tetap optimal sesuai panduan kami di atas.

Rate this post
Terkait:  Cara Buat Stiker WA

Related posts