Cara Clear Cache Samsung Semua Tipe, Dijamin Anti Lemot!

Cara Clear Cache Samsung
Cara Clear Cache Samsung

PindahLubang.com | Cara clear cache Samsung sebenarnya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, bahkan sama seperti merek smartphone Android lainnya. Samsung memang memanjakan semua pengguna seri Galaxy dengan berbagai macam fitur canggih dan keren di dalamnya.

OS atau sistem operasinya semakin unggul agar kamu dapat melakukan aktivitas apapun seperti menghapus file sampai membersihkan cache untuk menjaga performa ponsel tetap kencang setiap hari. Kondisi ini sebetulnya bisa ditangani asalkan kamu selalu hilangkan semua file sampah pada HP Samsung.

Read More

Apa sebenarnya cache? Cache merupakan file sementara atau data sampah dan berasal dari aplikasi yang biasa digunakan setiap hari. Cache tersebut akan tersimpan pada memori internal smartphone, sedangkan semuanya cukup penting.

File ini bisa dibilang penting karena bisa memaksimalkan kecepatan proses dalam suatu sistem aplikasi, sehingga tidak perlu membuat data serupa lagi. Akan tetapi, kalau dibiarkan menumpuk justru membuat ponsel lemot dan sebaiknya kamu ketahui cara clear cache Samsung yang akan kami bahas melalui artikel ini.

Aplikasi Pembersih Cache Samsung Terbaik

Pengguna Samsung semua tipe sekarang bisa membersihkan semua file sampah dengan menggunakan aplikasi tertentu. Walaupun demikian, beberapa dari mereka tidak akan menyimpan data pribadimu dan pemakaiannya sangat aman. Cek daftar aplikasi pembersih cache HP Samsung terbaik di bawah ini:

  • Phone Cleaner
    Aplikasi ini bisa diandalkan untuk menghapus semua file cache pada HP Samsung yang sedang kamu gunakan. Pemakaiannya bukan sekadar membersihkan cache dengan cepat, tapi juga secara menyeluruh.Aplikasi Phone Cleaner juga dilengkapi berbagai macam fitur keren seperti speed booster, junk cleaner, memory booster dan lainnya. Selain itu, kamu akan menemukan fitur CPU cooler untuk mendinginkan mesin ponsel saat dipakai cukup lama.
  • CCleaner
    Aplikasi pembersih cache terbaik selanjutnya adalah CCleaner. Kamu bisa menghapus file sampah secara menyeluruh dengan cepat dan mudah, lho. Aplikasi ini bahkan memiliki fitur analisis memori untuk mengetahui kapasitas ruang yang ada.Kamu akan tahu detail pemakaian memori pada semua file maupun aplikasi yang sedang dipasang, serta mampu menghapus data-data yang tidak digunakan untuk menambah slot memori agar tetap ngebut.
  • AVAST Cleanup
    AVAST sudah menjadi salah satu software anti-virus andalan di dunia. Kamu bukan sekadar menggunakan produk anti-virusnya, melainkan aplikasi cleaner nya juga. Kamu bisa hilangkan semua file cache yang menumpuk untuk menjaga performa HP Samsung tetap ngebut.Aplikasinya juga bersifat user friendly dan bisa digunakan dengan mudah, lho. Kamu bahkan dapat menggunakan fitur quick clean dan booster untuk hapus cache dengan sekali sentuh.
  • Files by Google
    Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghapus clear cache pada smartphone Samsung secara menyeluruh adalah Files by Google. Kemampuannya yang handal untuk hilangkan semua file sampah dengan cepat dan instan, membuatnya bisa jadi pilihan.Files by Google sendiri punya fitur beragam, salah satunya adalah backup file ke cloud. Kamu bisa memakainya untuk menyimpan data-data tertentu kalau memori penyimpanan terbatas.
Terkait:  Cara Reset Mesin Cuci Samsung

Cara Clear Cache Samsung

Cara Clear Cache Samsung
Cara Clear Cache Samsung

Barangkali kamu masih mencari cara clear cache Samsung dengan cepat dan mudah, kami akan memberitahu panduan lengkapnya melalui artikel ini. Kamu sendiri bisa menggunakan aplikasi atau tidak untuk membersihkan semua file sampah yang terdapat pada HP Samsung.

Jika cache dibiarkan begitu saja, apalagi tidak pernah dibersihkan sama sekali maka bisa mengakibatkan performa ponsel lemot. Walaupun membantu sistem aplikasi lebih kencang, tapi sebaiknya file-file tersebut dihapus setiap hari.

Langkah 1: Buka Menu Pengaturan

Cara clear cache Samsung pertama yang bisa dilakukan adalah masuk ke menu Pengaturan atau Setting dari perangkat terlebih dulu. Kemudian, kamu akan melihat berbagai macam opsi yang satu sama lain punya perannya sendiri, langkah ini tidak mewajibkanmu pakai aplikasi apapun.

Langkah 2: Klik Opsi Aplikasi

Jika kamu sudah masuk ke menu Pengaturan, cara clear cache Samsung selanjutnya adalah menekan tombol Aplikasi atau Application. Kamu akan melihat berbagai macam daftar aplikasi bawaan atau unduhan yang sedang digunakan melalui HP Samsung sekarang.

Langkah 3: Cari Sumber Cache dari Aplikasi

Kamu bisa memilih dan menentukan salah satu aplikasi yang ingin di hapus cache nya, baik aplikasi sistem maupun unduhan. Contoh, kamu bisa memilih aplikasi WhatsApp untuk menghapus semua data sampahnya. Walaupun demikian, aplikasi dan riwayat chat masih tetap ada dan tidak terhapus.

Langkah 4: Klik Opsi Penyimpanan

Cara clear cache Samsung selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih menu Penyimpanan atau Storage. Jika kamu sudah menentukan aplikasi yang file sampahnya akan dihapus, segera tekan tombol tersebut untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Langkah 5: Pilih menu Hapus Memori

Cara clear cache Samsung terakhir adalah menekan tombol Hapus Memori atau Erase Memory. Kamu hanya perlu menunggu beberapa saat sampai semua file sampah berhasil terhapus secara otomatis, kemudian uji coba kecepatan HP Samsung kamu untuk memastikan performanya ngebut lagi.

Terkait:  Cara Membersihkan Cache di HP Vivo

Cara Clear Cache Samsung Lewat Device Care

Fitur Device Care merupakan salah satu layanan yang bisa diakses dan digunakan melalui semua model atau tipe HP Samsung terbaru. Gunanya agar dapat menghapus semua file sampah dan data-data tidak penting yang mengakibatkan performa ponsel semakin lemot. Simak cara clear cache Samsung dengan fitur Device Care di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Samsung kamu.
  • Geser ke bawah sampai muncul menu Pemeliharaan Perangkat atau Device Care.
  • Klik Penyimpanan atau Storage.
  • Pilih menu Bersihkan Sekarang atau Clean Now, kemudian muncul data cache dan berkas sampah yang terdapat pada HP Samsung kamu.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai file sampah dan cache akan terhapus secara otomatis.

Cara Clear Cache Samsung Lewat File Manager

File Manager sudah menjadi bagian penting yang pasti disematkan pada semua merk smartphone, termasuk Samsung. Fitur ini berguna untuk menyimpan berbagai macam data atau file sesuai dengan jenis foldernya masing-masing. Kamu sendiri bisa mencoba cara clear cache Samsung lewat File Manager sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu File Manager melalui smartphone Samsung kamu.
  • Jika File Manager sudah dibuka, masuk ke folder instalasi atau unduhan.
  • Kemudian, periksa dulu apakah ada berkas atau file yang sudah dipakai lagi. Jika ada, maka data tersebut bisa segera dihapus.
  • Cek lagi setiap folder lainnya untuk memastikan kalau file cache benar-benar sudah dihapus semuanya.
  • Kalau masih ada tentu saja hapus lagi dengan memilih file-file cache tersebut dan klik Hapus atau Delete.
  • Terakhir, cek kapasitas memori internal untuk memastikan kalau jumlahnya bertambah sesudah file cache dihapus.

Demikian panduan tentang cara clear cache Samsung semua tipe untuk menjaga performanya tetap kencang setiap hari. Jangan biarkan semua file atau data sampah menumpuk, agar kinerja ponsel dapat lebih stabil dan tidak lemot saat sedang digunakan. Semoga membantu!

Terkait:  Cara Bersihkan Cache HP Samsung Semua Tipe, Auto Ngebut Lagi!

Related posts