Cara Klaim Garansi Samsung

Cara Klaim Garansi Samsung
Cara Klaim Garansi Samsung

Cara klaim garansi Samsung sebenarnya tidak begitu sulit dan terbilang mudah. Hanya saja, pengguna harus mengetahui apa saja persyaratan dan ketentuan agar bisa mengklaim garansi perangkat Samsung tersebut.

Cara Klaim Garansi Samsung

Cara Klaim Garansi Samsung
Cara Klaim Garansi Samsung

Samsung adalah brand elektronik ternama dan salah satu yang terpopuler khususnya produk perangkat seluler. Untuk itu, Samsung selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para konsumen setianya termasuk dalam garansi. Sama seperti produk teknologi pada umumnya, produk Samsung yang dibeli secara resmi tentu sudah dilengkapi dengan layanan garansi. Garansi tersebut dapat diklaim sebelum masa berlakunya habis.

Read More

Lantas, bagaimana cara cek garansi Samsung, cara klaim garansi, apa saja ketentuan untuk bisa mengklaim garansi, dan apa saja yang ditanggung dalam garansi?.

Cara Cek Garansi Samsung Online

Apabila ingin mengetahui masa berlaku garansi produk Samsung yang kamu miliki sebelum mengajukan klaim, maka harus memeriksanya terlebih dahulu. Cara cek garansi Samsung bisa dilakukan secara online. Jadi, sebelum kamu mendatangi Service Center Samsung terdekat, kamu dapat mengeceknya terlebih dahulu.

Sebab, syarat untuk bisa mengklaim garansi adalah produk tersebut masih dalam masa berlaku. Pasalnya, ketika masa berlaku garansi sudah habis, maka pengguna tidak dapat mengklaimnya.

Saat melakukan cek garansi Samsung dan masih dalam masa berlaku, maka ketika memperbaiki produk bisa dilakukan secara gratis di service center resmi Samsung. Sementara itu, masa berlaku garansi Samsung berbeda-beda untuk setiap jenis produknya. Misalkan saja masa garansi produk telepon adalah 12 bulan, tablet 12 bulan, baterai 12 bulan, dan aksesoris 6 bulan.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A10S

Perlu kamu ketahui bahwa Samsung tidak memiliki situs resmi untuk mengecek masa garansi secara online. Namun, ada website pihak ketiga yang dapat kamu gunakan untuk mengecek masa garansi Samsung secara online. Untuk tahu bagaimana caranya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Kunjungi alamat situs https://www.imei.info/samsung-warranty-check/
  • Selanjutnya, masukkan nomor IMEI HP Samsung milikmu yang ingin dicek.
  • Kemudian, klik CHECK.
  • Semua informasi mengenai HP Samsung akan ditampilkan termasuk masa berlaku garansi.

Apabila, perangkat milikmu masih dalam masa garansi maka bisa segera dilakukan klaim apabila mengalami kerusakan atau kendala lainnya.

Ketentuan Garansi Samsung

Setelah mengetahui masa berlaku garansi, kamu juga harus mengetahui ketentuan garansi Samsung. Dikutip dari laman resmi Samsung.com, ketentuan klaim garansi Samsung adalah sebagai berikut:

  • Masih dalam masa berlaku garansi,
  • Produk Samsung diproduksi di Indonesia,
  • Reparasi dilakukan di Pusat Pelayanan Purna Jual Samsung di Indonesia dengan membawa serta kartu jaminan.

Penyebab Klaim Garansi Samsung Gagal

Selain itu, pastikan juga menghindari beberapa hal berikut ini karena bisa membuat garansinya menjadi tidak berlaku, yaitu:

  • Kartu jaminan tidak diisi dengan lengkap dan/ atau tidak sesuai dengan informasi yang tertera pada produk.
  • Nomor seri, IMEI, dan model yang tertera pada produk telah diubah atau dihapus.
  • Kerusakan produk bukan dikarenakan oleh kelalaian pabrik.
  • Segel atau hologram yang terdapat di badan produk relag rusak.
  • Suku cadang dalam produk telah diganti dengan yang bukan aslinya (palsu), pernah dibuka atau diperbaiki oleh teknisi dari Samsung.
  • Perangkat keras atau perangkat lunak telah dimodifikasi oleh pengguna.
  • Masa berlaku garansi sudah habis.

Cara Klaim Garansi Samsung

Berikut ini langkah-langkah cara klaim Garansi Samsung, antara lain:

  1. Cari lokasi Service Center Samsung terdekat di kotamu.
  2. Datang ke lokasi Service Center dengan membawa ponsel Samsung yang bermasalah atau rusak.
  3. Sesampainya di sana, sampaikan ke petugas Samsung apa permasalahan terkait perangkat yang kamu miliki.
  4. Petugas Samsung akan memeriksa perangkat tersebut apakah sudah sesuai dengan ketentuan dan syarat klaim garansi atau belum.
  5. Selanjutnya, menandatangani kesepakatan bahwa pengguna siap apabila kehilangan semua data yang ada dalam perangkat.
  6. Jika masih dalam masa garansi dan permasalahan dalam perangkat bukan dikarenakan kelalaian pengguna maka akan langsung dilakukan perbaikan.
  7. Lama perbaikan tergantung pada jenis kerusakan perangkat bisa selesai dalam hitungan jam, keesokan harinya, atau mungkin beberapa hari ke depan baru dapat diambil.
Terkait:  Cara Menggandakan Aplikasi di HP Samsung Semua Tipe, Simpel!

Saat pengambilan perangkat yang selesai diperbaiki, pengguna tidak akan dikenai biaya sepeserpun karena masih dalam masa garansi.

Cara Klaim Garansi Samsung Online

Selain mendatangi service center Samsung, pengguna juga bisa melakukan klaim garansi secara online. Misalkan saja saat mendapati perangkat yang sudah dibeli ternyata rusak atau ada cacatnya.

Perlu diketahui bahwa cacat produk hanya bisa diklaim dalam waktu maksimal 2 hari setelah produk Samsung tersebut kamu terima. Untuk mengganti produk rusak dan memperbaiki perangkat Samsung yang rusak, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Apabila merasa perangkat Samsung yang kamu terima adalah produk cacat, maka cara klaim garansi online bisa dengan segera mengirimkan email ke alamat [email protected] supaya bisa mendapatkan bantuan dengan menyertakan juga beberapa detail yang diperlukan sebagai berikut:
    • Cantumkan Order ID atau nomor pesanan,
    • Produk Samsung yang diterima,
    • Foto box/kardus produk bagian luar pada semua sisi,
    • Foto kerusakan produk secara detail,
    • IMEI atau Serial Number produk.
  1. Keluhan yang kamu kirimkan ke Customer Service Samsung akan direspon pada hari Senin – Jum’at pada pukul 09.00 – 18.00. Umumnya respon tidak akan dikirimkan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur.
  2. Kamu juga bisa mendatangi Samsung Service Center terdekat dari tempat tinggal kamu. Untuk informasi lengkap mengenai lokasi daftar garansi Samsung serta jam operasional Samsung Service Center bisa dicek di laman https://www.samsung.com/id/support/service-center/.
  3. Setelah mengetahui dimana lokasinya, kamu bisa membawa perangkat Samsung yang bermasalah tersebut ke Samsung Service Center terdekat.

Langkah-langkah detail selanjutnya kurang lebih seperti cara klaim di atas.

Cara Service Perangkat Samsung di Service Center Tanpa Garansi

Lalu, bagaimana jika masa garansi Samsung telah habis? Kamu tetap bisa memperbaiki perangkat milikmu di Service Center tapi tentu saja tidak gratis. Untuk langkah-langkah lebih detailnya adalah sebagai berikut:

  • Mendatangi Samsung Service Center terdekat dari tempat tinggalmu.
  • Sampaikan kepada petugas Samsung apa saja keluhan perangkat
  • Petugas akan memeriksa kondisi perangkat Samsung tersebut, dan akan langsung dikenai biasa jasa sebesar Rp50.000.
  • Selanjutnya, kamu harus menandatangani menandatangani kesepakatan bahwa siap apabila kehilangan semua data yang ada dalam perangkat.
  • Setelah selesai pengecekan, kamu akan diberikan pilihan servis dan total biaya perbaikan serta penggantian komponen apabila ada yang mengalami kerusakan.
  • Kemudian, menandatangani kesepakatan kembali dimana pengguna siap menanggung seluruh biaya perbaikan tersebut.
  • Jika sudah sepakat, maka akan lanjut ke proses perbaikan berdasarkan jenis kerusakan, yaitu bisa ditunggu atau ditinggal dan ketersediaan sparepart.
  • Tagihan servis dibayarkan saat pengambilan perangkat Samsung yang selesai diperbaiki.
Terkait:  Cara Cek IMEI Samsung yang Harus Kamu Ketahui: Penting!

Kesimpulan

Tutorial cara klaim garansi di atas dikhususkan untuk perangkat seluler, seperti smartphone, tablet, baterai, dan aksesoris Samsung lainnya. Untuk produk elektronik Samsung, seperti TV, AC, Kulkas, dan lain sebagainya memiliki syarat dan ketentuan garansi yang tidak sama.

Demikian informasi bagaimana cara klaim garansi Samsung lengkap dengan persyaratan dan ketentuannya. Semoga bermanfaat!

Related posts