Cara Kunci Jaringan 4G Realme

Cara Kunci Jaringan 4G Realme
Cara Kunci Jaringan 4G Realme

Sebagai pengguna ponsel merek Realme, mungkin kamu belum tahu cara kunci jaringan 4G Realme. Ada berbagai macam keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengunci jaringan 4G di ponselmu. Mau tahu informasi lengkapnya? Simak tulisan ini hingga selesai. Check it out

Realme, merek ponsel asal Tiongkok, hadir di Indonesia pada tahun 2018 dengan menyajikan produk berkinerja kuat dan desain yang trendi untuk anak muda. Ponsel ini hadir untuk memenuhi segmen pasar entry level dan mid range. Meski awalnya fokus target pasar Realme hanya di entry level dan mid range saja, kini Realme mulai mengembangkan targetnya ke segmen kelas atas yang lebih luas.

Read More

Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Realme melalui fitur-fitur yang disajikan. Salah satu fitur penting yang dimiliki oleh semua jenis tipe ponsel Realme adalah akses jaringan 4G. Dengan adanya akses jaringan 4G pada Realme, menjadikan ponsel ini sebagai salah satu yang paling banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari usernya terutama dalam bekerja.

Jaringan 4G memiliki sinyal yang kuat sehingga proses pekerjaan yang melibatkan internet dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien. Namun, kadangkala jaringan 4G tidak stabil dan sering hilang. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi cuaca yang tiba-tiba berubah, kondisi wilayah yang memiliki sinyal tidak stabil, atau bisa jadi saat kamu menggunakan jaringan 4G, banyak pengguna yang juga mengakses sinyal tersebut.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat jaringan 4G tetap stabil adalah dengan mengunci jaringan tersebut. Sebelum melakukan penguncian jaringan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar proses penguncian jaringan 4G dapat berhasil.

Syarat Sebelum Mengunci Jaringan 4G Realme

Ada 2 hal yang perlu kamu perhatikan dan penuhi sebelum mengunci jaringan 4G. Syarat ini diperlukan untuk bisa melancarkan proses penguncian jaringan 4G di ponsel Realme milikmu. Berikut ini syarat yang perlu dilakukan:

Terkait:  Cara Kunci Jaringan 4G Samsung

Jenis SIM Card

Syarat pertama yang perlu kamu perhatikan adalah jenis SIM Card yang digunakan untuk data seluler. Apakah SIM Card sudah dapat mengakses jaringan 4G atau belum. Beberapa SIM Card keluaran lama belum bisa mengakses jaringan 4G dan baru bisa akses jaringan hingga 3G saja. Jika kamu menemukan kendala ini, kamu bisa mengganti SIM Card dengan nomor baru yang sudah dapat digunakan untuk mengakses jaringan 4G. Namun jika kamu menggunakan cara ini, kamu perlu melakukan registrasi kartu agar nomor kamu terdaftar. Siapkan NIK dan KTP yang masih aktif sebelum melakukan pendaftaran kartu.

Cara kedua yaitu dengan upgrade SIM Card supaya dapat digunakan mengakses jaringan 4G. Cara ini dapat kamu lakukan jika tidak ingin mengganti nomor telepon. Kunjungi gerai dari operator yang kamu miliki. Setelah itu, minta tolong petugas untuk upgrade kartu kamu ke 4G. Cara ini biasanya gratis. Tapi bisa jadi berbayar tergantung kebijakan dari tiap operator.

Ketersediaan Kuota

Syarat kedua yaitu ketersediaan kuota internet 4G. Jangan sampai setelah melakukan penguncian jaringan 4G, kamu mengira bahwa gagal melakukan tiap langkahnya.  Padahal, penyebabnya mungkin saja kamu tidak memiliki kuota internet 4G. So, pastikan kembali ketersedian kuota 4G ya dear.

Setelah semua syarat terpenuhi, kamu bisa langsung melakukan proses kunci jaringan 4G di ponsel Realme. Bagaimana caranya? Ikuti beberapa metode yang ditawarkan untuk kamu berikut ini.

Cara Kunci Jaringan 4G Realme

Cara Kunci Jaringan 4G Realme
Cara Kunci Jaringan 4G Realme

1. Cara Kunci Jaringan 4G Realme via Menu Setting

  • Nyalakan ponsel Realme dan masuk ke menu Pengaturan atau Setting.
  • Pilih Dual SIM & Cellular Network atau Kartu SIM dan Data Seluler.
  • Tentukan SIM Card yang akan kamu gunakan untuk dikunci jaringan 4Gnya. (Tips: Gunakan SIM Card yang paling sering digunakan sebagai data seluler)
  • Setelah itu klik Preferred Network Type.
  • Ubah jenis jaringan menjadi 4G atau LTE Only.
  • Selesai. HP Realme kamu sudah mengunci jaringan 4G dan siap digunakan.
Terkait:  Cara Lock 4G Realme

Sayangnya, cara ini hanya berlaku untuk ponsel Realme dengan model lama. Untuk ponsel Realme keluaran terbaru, penguncian jaringan 4G tidak dapat dilakukan di menu setting. Karena pilihan yang ditawarkan hanya 2G saja, 3G/2G (otomatis), atau 4G/3G/2G (otomatis).

Meski begitu, masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengunci jaringan 4G di ponsel Realme, seperti menggunakan kode tertentu.

2. Cara Kunci Jaringan 4G Realme via Kode Rahasia

  • Nyalakan smartphone Realme kamu.
  • Buka menu Dial Pad atau Telepon.
  • Ketik kode *#*#4636#*#*atau *#*#3646633#*#* dan tekan Call atau OK. Pilih salah satu kode. Jika kode pertama tidak bisa, gunakan kode yang kedua.
  • Setelah itu kamu akan masuk ke halaman Phone Information atau Informasi Telepon.
  • Ubat Set Preferred Network Type menjadi LTE Only.
  • Selesai.

Untuk memastikan apakah ponsel Realme kamu sudah mengunci jaringan 4G atau belum, kamu bisa melakukan restart ponsel terlebih dahulu.

3. Cara Kunci Jaringan 4G Realme via Aplikasi Force LTE Only

  • Download aplikasi Force LTE Only di Google Play Store.
  • Install dan buka aplikasinya.
  • Ikuti petunjuk yang muncul di layar ponsel dan ikuti arahannya dengan mengetuk tombol Next.
  • Izinkan permohonan akses jika diperlukan.
  • Setujui ketentuan dan kebijakan aplikasi Force LTE Only.
  • Pilih Get Started.
  • Masuk ke halaman 4G Force LTE.
  • Pilih Method 1, 2, atau 3 sesuai perangkat yang digunakan.
  • Ubah Set Preferred Network Type menjadi LTE Only.
  • Selesai.

4. Cara Kunci Jaringan 4G Realme via Aplikasi 4G Switcher

  • Download aplikasi 4G Switcher di Google Play Store.
  • Install dan buka aplikasinya.
  • Pilih menu Informasi Telepon Secara Otomatis.
  • Setelah itu, pilih kunci 4G LTE Only.
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem memproses jaringan 4G pada ponsel Realme milikmu.
  • Selesai. Jaringan 4G sudah dikunci.
Terkait:  Cara Mengunci Aplikasi di HP Realme Tanpa Aplikasi, Cepat dan Mudah

Ternyata ada banyak pilihan cara yang bisa dilakukan untuk mengunci jaringan 4G. Kamu bisa memilih salah satu yang paling cocok dengan ponsel Realme yang kamu miliki.

Keuntungan dan Kerugian Mengunci Jaringan 4G

Jaringan 4G yang dikunci di ponsel Realme milikmu punya keuntungan dan kerugian. Apa saja itu?

Ponsel yang telah di-setting agar hanya menangkap sinyal 4G memiliki jaringan yang stabil. Kemungkinan sinyal hilang lebih kecil. Selain itu, download file juga dapat dilakukan dengan lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan jaringan 3G saja. Sinyal 4G dapat melakukan transfer data hingga 1 Gbps dan hampir tersedia di seluruh daerah di Indonesia. Inilah alasan mengapa sinyal 4G masih populer hingga saat ini meski jaringan 5G mulai hadir di Indonesia.

Jaringan yang stabil tentu akan melancarkan komunikasi via internet. Semua pekerjaan yang menggunakan internet akan sangat terbantu. Semua pesan tersampaikan dengan baik. Jika begini, maka produktivitas pun ikut meningkat.

Selain keuntungan, ada juga kerugian yang bisa kamu dapat jika mengunci jaringan 4G. Meski jaringan 4G hampir tersedia di seluruh daerah di Indonesia, masih ada beberapa daerah pelosok yang belum terjangkau jaringan 4G. Ini bisa menjadi penghambat bagi ponsel untuk mengunci sinyal 4G.

Satu hal lagi yang perlu kamu tahu adalah bahwa saat jaringan 4G telah dikunci, kamu tidak akan bisa lagi menerima panggilan telepon maupun SMS. Ini karena kedua layanan tersebut menggunakan jaringan 2G atau 3G. Saat ponsel mengunci jaringan 4G, jaringan 2G dan 3G tidak akan bisa diakses oleh ponsel.

Demikian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di lain kesempatan. Selamat mencoba dan See you!

Related posts