Cara Hemat Baterai Oppo

Cara Hemat Baterai Oppo Supaya Awet dan Tahan Lama

PindahLubang.com | Baterai merupakan salah satu bagian penting yang punya andil besar dalam smartphone. Jika baterai ponsel bermasalah, smartphone tidak bisa digunakan. Kamu bisa menjaga kesehatan baterai seperti cara hemat baterai Oppo atau vendor Android lain dengan mudah.

Oppo menjadi salah satu brand smartphone Android terbaik dan terkemuka saat ini. Di Indonesia, jumlah penggunanya terbilang banyak karena mereka membuktikan kalau fitur dan layanannya berkualitas. Kamu bisa melakukan apa saja dengan penggunaan ponsel canggih ini setiap hari.

Oppo meluncurkan berbagai macam seri untuk para pencinta HP Android modern. Selain itu, mereka menyematkan beragam fitur keren seperti kapasitas penyimpanan internal (RAM) mencapai 256 GB, kamera jernih sampai pengisian daya cepat (fast charging).

Walaupun Oppo sudah mempunyai fitur fast charging, tapi banyak penggunanya masih sering kehabisan baterai saat berada di luar ruangan, lho. Kami akan beritahu cara hemat baterai Oppo supaya kamu bisa menggunakan ponselnya dengan nyaman, sehingga tidak perlu takut dayanya habis lebih cepat.

Cara Hemat Baterai Oppo

Cara Hemat Baterai Oppo
Cara Hemat Baterai Oppo

Belakangan ini orang-orang ingin tahu cara hemat baterai Oppo supaya bisa membuat dayanya lebih tahan lama. Jika kamu menggunakan HP Oppo dan sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya cari tahu tentang informasi tersebut.

Kami akan menjelaskan rahasianya agar baterai HP Oppo kamu dapat awet meski digunakan tanpa henti. Tak hanya itu, pastikan kamu mengunduh dan menggunakan beberapa aplikasi yang benar-benar dibutuhkan. Hal ini dikarenakan aplikasi yang terpasang bisa menyedot daya baterai sesuai dengan kinerjanya masing-masing.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Oppo A7

Langkah 1: Kurangi Penggunaan Widget

Widget yang ditampilkan pada halaman utama ternyata bisa menyedot baterai HP Oppo lebih cepat, lho. Walaupun keberadaannya membuat tampilan ponselmu lebih keren dan menarik, tapi tanpa disadari justru mengakibatkan baterai habis dengan cepat.

Kami anjurkan kamu mengurangi penggunaan widget, bila perlu pilih bagian tertentu saja. Tak hanya itu, jangan menggunakan live wallpaper maupun animasi, pilihlah wallpaper dengan warna gelap untuk menjaga baterai tetap awet.

Langkah 2: Matikan Aplikasi Tidak Digunakan

Jika kamu mengunduh berbagai macam aplikasi di HP Oppo, dipastikan kamu akan mendapat notifikasi setiap hari. Kami anjurkan kamu mematikan pemberitahuan untuk beberapa aplikasi yang tidak pernah digunakan sama sekali.

Langkah ini wajib dilakukan sebagai salah satu cara hemat baterai Oppo untuk tetap tahan lama. Kamu bisa menonaktifkan notifikasi untuk beberapa aplikasi seperti NFC, bluetooth maupun WiFi saat sedang tidak digunakan. Jadi, baterai tidak akan habis dengan cepat.

Langkah 3: Manfaatkan Fitur Hemat Daya

Fitur ini pasti tersedia pada semua vendor smartphone, baik Android maupun iOS. Fitur ini berfungsi memaksimalkan pemakaian baterai ponsel agar dapat awet dan tahan lama.

Jadi, sebaiknya kamu selalu mengaktifkan fitur hemat daya ketika menggunakan HP Oppo, apalagi kalau di luar rumah. Jika kamu sudah menghidupkan fitur ini, biasanya durasi pemakaian perangkat akan bertambah paling tidak selama sejam. Kondisi ini tentu saja berguna untuk kamu yang tidak bisa lepas dari penggunaan smartphone, lho.

Langkah 4: Nonaktifkan Fitur GPS Location

Jika kamu ingin membuat baterai HP Oppo awet dan tahan lama, salah satu cara hemat baterai Oppo yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah mematikan fitur GPS Location.

Terkait:  Cara Menghapus Gmail di HP Oppo Semua Tipe (6 Langkah) Mudah

Fitur ini biasanya akan melacak keberadaan smartphone yang sedang digunakan secara terus menerus. Tak bisa dimungkiri kalau dampaknya cukup terlihat pada baterai perangkat. Jadi, sebaiknya kamu matikan fitur tersebut untuk meningkatkan durasi pemakaian ponsel dan baterai HP Oppo pun lebih tahan lama.

Langkah 5: Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Kamu pasti merasa terganggu kalau layar smartphone tampak redup bahkan terlalu gelap. Namun, siapa sangka kalau pengurangan intensitas cahaya tersebut menjadi salah satu cara hemat baterai Oppo yang ampuh, lho.

Jika layar smartphone selalu menggunakan kontras terlalu terang, dampak buruknya adalah baterai habis dengan cepat. Jadi, alangkah baiknya kamu mulai membiasakan untuk mengurangi tingkat kecerahan layar supaya bisa menjaga kesehatan baterai untuk digunakan lebih lama.

Langkah 6: Aktifkan Fitur Optimasi Baterai pada ColorOS

Smartphone Oppo mempunyai sistem operasi terbaik bernama ColorOS yang menyediakan fitur-fitur canggih untuk penggunanya, salah satunya adalah mengoptimalkan penggunaan baterai. Fiturnya bisa diaktifkan dengan cepat dan mudah.

Jika kamu sudah menghidupkannya, baterai perangkat akan tahan lebih lama daripada pemakaian normal. Tak hanya itu, fiturnya pun akan menunjang beberapa layanan lainnya sehingga dapat menjaga performa baterai tetap awet meski HP Oppo digunakan seharian.

Langkah 7: Gunakan Aplikasi Greenify

Aplikasi Greenify sudah menjadi pilihan oleh mayoritas pengguna Oppo untuk menjaga performa baterai smartphone nya. Jika kamu sudah menggunakan aplikasinya, maka software nya bisa bekerja dalam melakukan penghematan daya baterai secara cepat.

Aplikasi ini akan mengoptimalkan beberapa aplikasi yang tidak butuhkan dan sedang berjalan di latar belakang. Tak hanya itu, aplikasinya pun merekomendasikan apps mana saja yang perlu dimatikan supaya baterai bisa tahan lebih lama.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Oppo A5S

Cara Hemat Baterai Oppo A3S

Pengguna HP Oppo A3S bukan sekadar mencoba langkah-langkah simpel yang sudah kami bahas di atas. Kamu bisa melakukan beragam cara hemat baterai Oppo lainnya dengan benar sebagai berikut:

  • Download aplikasi Greenify melalui Google Play Store secara gratis.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi Greenify.
  • Jika aplikasinya sudah dibuka, tekan tombol + pada halaman utama hingga diarahkan ke bagian Pengelola Aplikasi.
  • Pilih menu Tampilkan Aplikasi Lainnya.
  • Kemudian, daftar aplikasi akan ditampilkan dan cari salah satu atau beberapa untuk mengurangi konsumsi daya baterai.
  • Jika aplikasinya sudah dipilih, tekan tanda centang yang berada di samping kanan bawah.
  • Berikutnya, klik icon Zzz untuk mengaktifkan mode hibernasi dalam aplikasi.
  • Aplikasi Greenify akan menampilkan jendela pop-up berupa perizinan untuk mengaktifkan mode Hibernasi Otomatis.
  • Pilih menu Lanjutkan.
  • Terakhir, klik OK untuk menyelesaikan proses optimasi penggunaan daya baterai Oppo.

Cara Hemat Baterai Oppo A37

Jika kamu menggunakan HP Oppo A37, maka bisa mencoba cara hemat baterai Oppo dengan memanfaatkan aplikasi Hemat Daya Baterai seperti panduan berikut:

  • Download aplikasi Hemat Daya Baterai melalui internet.
  • Jalankan dan buka aplikasinya seperti biasa.
  • Aplikasinya akan diunduh dalam bentuk Zip, segera lakukan ekstrak zip file dengan memasukkan kata sandi yakni HEMATBANG.
  • Pilih menu Dekompres untuk mulai proses ekstrak file tersebut.
  • Klik OK.
  • Cari aplikasi tersebut dan jalankan dengan benar.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai dan tekan tombol Buka.
  • Pilih menu Mulai melalui halaman utama.
  • Klik Optimize untuk mengoptimalkan penggunaan daya baterai, lalu tekan tombol OK.
  • Geser toogle ke bagian Fast Charge melalui menu yang tersedia.
  • Klik + untuk masuk ke menu Pengaturan.
  • Terakhir, beri tanda centang pada menu Brighness Min dan Full Battery Alarm untuk membuat baterai Oppo lebih tahan lama.

Demikian pembahasan lengkap seputar cara hemat baterai Oppo semua tipe supaya dayanya bisa tahan lebih lama. Semoga membantu!

Similar Posts