Cara Hemat Baterai Samsung Tanpa Aplikasi Agar Awet Seharian

Cara Hemat Baterai Samsung
Cara Hemat Baterai Samsung

PindahLubang.com | Sudahkah kalian tahu cara hemat baterai Samsung supaya bisa awet dan tahan lama? Seperti kalian tahu kalau baterai punya andil besar dalam penggunaan smartphone. Jika baterai perangkatnya cepat habis, kamu pasti akan sulit berkomunikasi atau sekadar main media sosial setiap hari.

Secara umum kalau semua vendor smartphone sudah menyematkan baterai berkualitas dan original, sehingga kamu dapat menikmati semua fitur perangkat tanpa masalah. Kondisi ini tentu saja dialami oleh para pengguna Samsung atau Android lain yang baterai ponselnya normal.

Sementara itu, banyak orang khususnya pengguna smartphone asal Korea Selatan ini masih belum tahu bagaimana cara hemat baterai Samsung dengan benar. Tak bisa dimungkiri kalau mayoritas penggunanya selalu menggunakan perangkatnya sembarangan.

Jika kebiasaan tersebut dibiarkan, salah satu dampak serius yang akan dialami adalah baterainya cepat habis dan rusak. Selain itu, perawatan baterai Samsung sama dengan HP Android lain seperti Oppo, Xiaomi dan sebagainya yang semuanya berasal dari kebiasaanmu saat menggunakannya.

Penyebab Baterai Samsung Cepat Habis

Jika kamu ingin tahu mengapa baterai HP Samsung boros dan cepat habis, sebaiknya ketahui berbagai macam penyebabnya di bawah ini:

  • Baterai Rusak
    Apakah HP Samsung kamu selalu cepat kehabisan baterai setiap hari? Masalah ini mungkin disebabkan oleh kerusakan fisik pada bagian tersebut. Penyebab ini bisa dibilang merepotkan, di mana kamu harus membongkar perangkatnya dan semua Android sekarang punya baterai yang tidak bisa dilepas.
  • Notifikasi Terlalu Banyak
    Kamu pasti merasa senang mendapat notifikasi berupa chat atau telepon. Sayangnya, notifikasi terlalu banyak justru berdampak buruk terhadap baterai perangkat. Kami anjurkan kamu matikan notifikasi untuk beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting guna menjaga daya tahan baterai HP Samsung mu.
  • Sinyal Buruk
    Siapa sangka kalau sinyal buruk bukan sekadar membuatmu sulit mendapatkan notifikasi, tapi juga merusak kualitas baterai. Kondisi ini membuat HP Samsung akan mencari pemancar sinyal terdekat, tapi sebaiknya matikan data seluler kalau kamu sedang berada di tempat yang sinyalnya kurang bagus.
  • Akses Lokasi dalam Aplikasi
    Baterai Samsung cepat habis juga disebabkan oleh kebiasaanmu mengizinkan akses lokasi pada aplikasi tertentu. Walaupun tidak terlihat, sayangnya smartphone akan memancarkan sinar di latar belakang dan sebaiknya kamu menghindari penggunaan lokasi kalau benar-benar tidak dibutuhkan.
  • Fitur Sinkronisasi Aktif
    Sinkronisasi merupakan suatu hal yang penting dilakukan agar kamu dapat mencadangkan data penting ke Google Drive secara otomatis. Meski begitu, fitur sinkronisasi yang aktif ternyata membuat baterai smartphone cepat habis, sehingga HP Samsung tidak dapat digunakan dalam waktu yang lama.
Terkait:  Cara Menggandakan Aplikasi di Samsung J2 Prime dan Tipe Lainnya

Cara Hemat Baterai Samsung

Cara Hemat Baterai Samsung
Cara Hemat Baterai Samsung

Kami beritahu kalau cara hemat baterai Samsung bukanlah perkara sulit, lho. Penggunanya cukup melakukan hal-hal sederhana supaya bisa meningkatkan kualitas daya baterainya. Selain itu, banyak orang bahkan kamu sendiri berpikir kalau performa baterai Samsung akan semakin menurun.

Kondisi ini biasanya terjadi jika kamu melakukan suatu hal yang berdampak buruk terhadap baterainya, termasuk komponen internal lainnya. Jika ingin tahu lebih lengkapnya, maka bisa mengikuti dan menyimak pembahasan artikel kami selanjutnya.

Langkah 1: Aktifkan Daya Penghemat Baterai Ultra

Kamu bisa melakukan cara hemat baterai Samsung pertama dengan mengaktifkan daya penghemat baterai ultra. Fitur ini akan memberikan beberapa perubahan untuk menghemat pemakaian baterainya, sehingga HP Samsung dapat digunakan lebih lama. Jika kamu sudah mengaktifkan mode ini, layar bakal berubah menjadi grayscale dan setiap notifikasi bakal dinonaktifkan.

Langkah 2: Gunakan WiFi, Matikan Data Seluler

Secara umum data seluler punya andil lebih besar daripada WiFi untuk terhubung ke internet. Akan tetapi, kalau kamu sedang berada di tempat umum yang menyediakan WiFi gratis, maka bisa memanfaatkannya. Pasalnya, pemakaian data seluler tanpa henti justru berdampak cukup buruk terhadap pengurangan daya baterai secara signifikan.

Langkah 3: Manfaatkan Mode Gelap

Dark Mode atau mode gelap adalah fitur bawaan semua smartphone masa kini. Fitur ini akan memberi suasana berbeda ketika kamu sedang main HP. Pasalnya, layar ponsel akan berubah warna menjadi hitam dan membantu menjaga kesehatan penglihatan. Tak hanya itu, baterai HP Samsung pun akan tahan lebih lama dan tidak cepat habis, lho.

Langkah 4: Pakai Power Saving Mode

Mode ini berguna untuk menghemat daya baterai pada HP Samsung kalian, lho. Jika Power Saving Mode diaktifkan, kamu bisa menggunakan smartphone dalam kurun waktu yang lama.

Terkait:  Cara Screenshot Samsung A01 (Tombol, Menu Asisten, Panjang) Mudah

Cara kerjanya sendiri mengurangi penggunaan terhadap CPU, meminimalisir frame rate sampai mengurangi tingkat kecerahan pada layar demi mengoptimalkan performa baterai HP Samsung.

Langkah 5: Nonaktifkan Notifikasi Tidak Penting

Aplikasi mana pun pasti selalu membutuhkan notifikasi kalau terdapat informasi penting, apalagi kalau chat atau telepon. Sayangnya, semua notifikasi tersebut tidak selalu berguna dan kamu harus menonaktifkan salah satu atau beberapa dari mereka. Jika notifikasinya sudah dimatikan, baterai HP Samsung bisa bekerja lebih baik dan tahan lebih lama.

Langkah 6: Hapus Aplikasi Jarang Digunakan

Samsung memang sudah meningkatkan memori internal dengan jumlah sangat besar, bahkan mencapai angka 256 GB. Akan tetapi, kalau kamu download beragam aplikasi yang sebenarnya tidak penting apalagi jarang dipakai, justru mengakibatkan baterai ponsel cepat habis. Jadi, cara hemat baterai Samsung yang bisa dilakukan adalah hapus beberapa aplikasi tidak penting sekarang juga.

Langkah 7: Cek Penggunaan Baterai

Cara hemat baterai Samsung berikutnya adalah memeriksa kembali pemakaian pada baterainya dengan benar. Kamu bisa membuka menu Pengaturan, kemudian tekan tombol Abnormal Battery Usage.

Fitur ini sudah disematkan dalam HP Samsung semua tipe, sehingga dapat memudahkanmu dalam menganalisa pemakaian baterai ponsel, apakah normal atau terlalu boros.

Langkah 8: Kurangi Cahaya Layar

Siapapun memang akan sulit membaca tulisan yang tampak pada layar. Namun, kalau layar HP Samsung terlalu terang justru mengakibatkan baterainya cepat habis. Jadi, cara hemat baterai Samsung yang bisa dilakukan adalah mengurangi kontras dan brightness nya. Kamu bisa mengaktifkan Auto Brightness pada panel dengan geser layar dari atas ke bawah untuk hidupkan fitur tersebut.

Langkah 9: Nonaktifkan Fitur Smart Stay

Smart Stay merupakan salah satu fitur yang biasanya digunakan untuk membuat layar HP Samsung tetap menyala meski tidak digunakan. Kami sarankan kamu menonaktifkan fitur ini sebagai salah satu cara hemat baterai Samsung yang efektif. Jika layar ponsel dibiarkan menyala, lambat laun akan membuat baterainya terkuras dan habis sehingga dapat butuh waktu untuk isi ulang dayanya lagi.

Terkait:  Cara Blokir Panggilan Tidak Dikenal di HP Samsung Semua Tipe

Langkah 10: Pakai Charger Samsung Asli

Cara hemat baterai Samsung adalah menggunakan charger asli bawaan smartphone. Jangan pernah menggunakan charger vendor smartphone lain, apalagi kalau komponennya adalah barang murahan yang tidak terjamin kualitasnya. Sebab, penggunaan charger palsu justru membuat baterai HP Samsung cepat habis dan kamu bisa mengisi ulang dayanya hingga beberapa kali dalam sehari.

Demikian informasi lengkap seputar cara hemat baterai Samsung supaya bisa awet dan lebih tahan lama yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

Related posts