Cara Membersihkan Cache di HP Realme

Cache merupakan data sampah yang pasti terdapat pada semua smartphone, salah satunya Realme. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara membersihkan cache di HP Realme untuk meningkatkan kinerja dan performanya.

Realme sudah menjadi salah satu vendor smartphone Android yang disematkan berbagai macam fitur canggih dan keren. Sayangnya, banyak penggunanya justru tidak pernah peduli dengan file sampah di dalamnya. Jika tidak pernah dibersihkan, performa HP Realme akan semakin lambat dan menimbulkan lag.

Read More

Kamu harus mengetahui cara membersihkan cache di HP Realme untuk menjaga kinerja perangkat tetap optimal setiap hari. Selain itu, file sampah yang terdapat pada smartphone Realme mempunyai kelebihan dan kekurangan untuk kalian ketahui, lho.

Walaupun file tersebut adalah sampah dari sisa penggunaan aplikasi, tapi ternyata keberadaannya memberikan dampak baik juga. Jadi, kamu akan tahu semuanya melalui artikel ini, baik seputar nilai plus dan minus data cache hingga prosedur penghapusannya secara lengkap.

Cara Membersihkan Cache di HP Realme
Cara Membersihkan Cache di HP Realme

Pengertian Cache

Cache alias memori singgahan adalah lokasi penyimpanan data sementara yang berguna untuk mempercepat suatu akses terhadap beberapa file yang selalu digunakan.

Jadi, saat kamu ingin mengakses suatu file, maka bisa menggunakan cache untuk memudahkan prosesnya. File ini bersifat sementara yang biasanya tersimpan pada CPU untuk versi lebih cepat.

Untuk versi lebih lambat sering tersimpan di memori RAM maupun memori utama, di mana keberadaannya pun bakal memenuhi kapasitas penyimpanan internal ponselmu.

Cache sendiri tentu saja bakal meringankan beban kerja suatu processor. Pasalnya, terdapat jalur yang dipersingkat terhadap kinerja bagian tersebut.

Terkait:  Cara Cek Kesehatan Baterai Realme

Di Android, data sampah tersebut selalu berada dalam setiap bagian, baik pada sistem operasi, games, browser web maupun aplikasi.

Jika setiap pengguna baru bakal mencoba membuka suatu aplikasi, cache akan langsung diproduksi dan bila aplikasinya sering dibuka tentunya tingkat produksinya semakin tinggi. Alhasil, kapasitas memori RAM pun akan cepat penuh.

Kelebihan dan Kelemahan Cache di HP Realme

Cache pada HP Realme mempunyai kelebihan dan kelemahan yang wajib diketahui setiap penggunanya. Jadi, kamu bisa memastikan apakah file sampah tersebut memang perlu dihapus secara rutin atau tidak. Simak kelebihan dan kelemahannya di bawah ini:

  • Kelebihan Cache di HP Realme
    Cache pada HP Realme mempunyai keutamaan guna memudahkanmu dalam mengakses berbagai macam aplikasi saat dibuka lagi. Pasalnya, cache bekerja sebagai lokasi penyimpanan data sementara dari setiap aplikasi.

    Maka dari itu, saat kamu ingin membuka aplikasi tersebut semakin cepat dan mudah. Kondisi ini pun sama dengan browser web bawaan, salah satunya Google Chrome saat hendak melakukan pencarian di internet. Sebab, loading nya akan semakin cepat agar kamu dapat mengakses portal apa saja tanpa lemot.

  • Kekurangan Cache di HP Realme
    Walaupun keberadaannya memudahkanmu untuk membuka aplikasi atau browser dengan cepat, tapi file cache sendiri justru dianjurkan agar dapat dihapus secara keseluruhan.

    Bagaimana tidak, kalau data sampah dibiarkan menumpuk justru membuat performa HP Realme semakin lemot. HP Realme sendiri tidak jauh beda dengan smartphone lain, lho.

    Pasalnya, perangkatnya bisa memuat berbagai macam aplikasi di mana satu sama lain bisa menambah jumlah file cache. Alhasil, kalau data sampah tidak pernah dihapus dipastikan HP Realme mu akan lemot.

Cara Membersihkan Cache di HP Realme

Barangkali kamu masih belum tahu cara membersihkan cache di HP Realme dengan benar dan praktis, maka bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Kami sudah menyiapkan informasi lengkapnya sehingga kamu dapat menghapus semua data untuk meningkatkan performa HP Realme.

Jika kamu bersikeras untuk tidak membersihkannya, dikhawatirkan bakal merusak kinerja perangkat yang sedang digunakan. Jadi, alangkah baiknya kamu segera hapus semua file cache dengan mengikuti panduan artikel kami selanjutnya.

Cara Membersihkan Cache di HP Realme Lewat Files By Google

Google sudah lama bekerja sama dengan Android untuk menunjang layanan teknologi terhadap semua penggunanya. Kamu bisa menggunakan aplikasi Files By Google yang mirip dengan file manager, di mana fitur ini memuat status memori internal secara detail.

Jika kamu ingin hapus semua file sampah, simak cara membersihkan cache di HP Realme dengan Files By Google di bawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi Files melalui HP Realme kamu.
  • Jika aplikasinya sudah dibuka, muncul beberapa folder dari kapasitas penyimpanan internal maupun eksternal (MicroSD).
  • Cari File Sampah di bagian bawah informasi tersebut.
  • Klik Hapus atau Delete.
  • Kemudian, muncul notifikasi pop-up yang memberitahu tentang menghapus file aplikasi sementara (cache).
  • Klik Izinkan atau Allow.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai file sampah terhapus dan kapasitas penyimpanan perangkat akan bertambah secara otomatis.

Cara Membersihkan Cache di HP Realme Lewat Aplikasi Pilihan

Jika kamu tidak paham cara menggunakan aplikasi Files By Google untuk menghapus data sampah, maka bisa mencoba cara membersihkan cache di HP Realme melalui aplikasi pilihan. Sayangnya, kamu tidak bisa menghapusnya sekaligus alias wajib satu per satu. Simak panduan lengkapnya di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Realme kamu.
  • Pilih menu Manajemen Aplikasi atau Application Management.
  • Jika opsi tersebut sudah ketemu, klik Daftar Aplikasi untuk melihat semua aplikasi yang terpasang pada HP Realme kamu.
  • Cari salah satu aplikasi yang diinginkan, misalnya WhatsApp.
  • Pilih menu Penggunaan Penyimpanan atau Storage Usage.
  • Kemudian, muncul informasi mengenai rincian pemakaian kapasitas penyimpanan RAM mulai dari aplikasi, data hingga cache.
  • Jika kamu ingin menghapus semua file sampahnya, klik Hapus Cache atau Delete Cache.
  • Terakhir, pilih menu Hapus Data atau Delete Data kalau ingin membersihkan file sampah sekaligus data aplikasi tersebut.

Cara Membersihkan Cache di HP Realme Lewat Aplikasi AVAST CleanUp

Aplikasi AVAST CleanUp merupakan pembersih yang biasa digunakan para pengguna smartphone, sedangkan pemakaiannya pun mudah dan praktis. Aplikasi ini dapat diakses melalui semua tipe HP Realme untuk menghapus file cache, lho. Penasaran, kan? Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Download aplikasi AVAST CleanUp melalui Google Play Store terlebih dulu.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi AVAST CleanUp.
  • Jika aplikasinya sudah terpasang dan terbuka, muncul keterangan Pembersihan Cepat di dalam lingkaran, tekan tombol tersebut untuk tahap berikutnya.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai proses pembersihan file sampah dan data tak penting lainnya selesai.

Cara Membersihkan Cache di HP Realme Lewat Aplikasi CCleaner

Kalau kamu tidak bisa mengakses aplikasi AVAST CleanUp, sebaiknya ikuti cara membersihkan cache di HP Realme dengan menggunakan aplikasi CCleaner. Berikut panduan lengkapnya yang bisa dicoba, yakni:

  • Download aplikasi CCleaner melalui Google Play Store secara gratis.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi CCleaner.
  • Kalau aplikasi CCleaner sudah terpasang dan terbuka, tekan tombol Analisis dan tunggu beberapa saat sampai proses analisis pada memori utama berhasil.
  • Terakhir, pilih menu Selesaikan Pembersihan kalau semua file cache sudah dibersihkan secara keseluruhan.

Demikian pembahasan tentang cara membersihkan cache di HP Realme dengan atau tanpa aplikasi yang wajib kamu tahu. Selamat mencoba!

Rate this post

Related posts