Cara Membersihkan Cache di HP Vivo

Cara Membersihkan Cache di HP Vivo

PindahLubang.com | Bagaimana cara membersihkan cache di HP Vivo? Penggunanya masih belum tahu prosedur menghapus semua data sampahnya dengan benar. Seperti kamu tahu kalau semua smartphone pasti mempunyai file cache yang berasal dari aplikasi dan website.

Jika kamu membiarkannya menumpuk dan tidak pernah dibersihkan, dampak buruknya adalah merusak kinerja perangkat. Selain itu, HP Vivo kamu akan sulit menjalankan beberapa aplikasi lebih cepat. Jadi, smartphone pun semakin lemot dan lag ketika sedang membuka aplikasi tertentu.

Jika kamu menggunakan HP Vivo, sebenarnya cara membersihkan cache di HP Vivo sangat mudah dan praktis. Bagaimana tidak, mayoritas vendor Android seperti Oppo, Realme, Xiaomi dan lainnya punya prosedur menghapus data sampah yang hampir sama.

Kamu bisa menggunakan fitur bawaan sampai aplikasi ketiga untuk menyelesaikan masalah ini. Jadi, pengguna HP Vivo semua tipe tidak perlu repot lagi kalau file cache sudah menumpuk. Kamu cukup menggunakan salah satu aplikasi untuk menghilangkan semua data sampah dengan cepat.

Sekilas mengenai Cache

Cache adalah suatu data penyimpanan sementara di mana aplikasi, browser, website dan lainnya tidak perlu mengunduh file yang sama berulang kali ketika kamu sedang menggunakan salah satu dari mereka.

Fungsinya sendiri terbilang krusial, di mana saat kamu membuka situs-situs tentu saja proses loadingnya akan lebih cepat. Jadi, kamu tidak perlu menunggu waktu lama untuk mengakses suatu website di internet.

Terkait:  Cara Merekam Suara di Hp Vivo

Pasalnya, kamu sudah pernah membukanya dan kecepatan loading tersebut berasal dari cache yang tersimpan di kapasitas penyimpanan internal (RAM).

Walaupun perannya cukup penting, tapi kalau file cache tidak pernah dibersihkan maka bisa memberi dampak cukup buruk terhadap smartphone, lho.

Data-datanya akan menumpuk dan mengakibatkan performa HP semakin lemot. Kondisi ini selalu dialami para pengguna smartphone yang file cache nya tidak pernah dihapus.

Jika semua data sampahnya sudah dihapus, maka semua aplikasi sampai website yang sudah dibuka bisa bekerja lagi dari awal. Jadi, performa smartphone akan normal lagi bahkan lebih kencang dari biasanya, lho.

Perbedaan Hapus Cache dan Hapus Data

Jika kamu menggunakan HP Vivo, biasanya bakal menemukan perintah untuk menghapus cache dan data. Namun, apa perbedaan keduanya? Selengkapnya, simak perbedaan satu sama lain di bawah ini:

  • Hapus Cache
    Aktivitas ini bertujuan menghapus semua file sementara yang berasal dari pemakaian aplikasi, browser dan website setiap hari. Jika data cache dihapus biasanya tidak bakal mengembalikan aplikasi seperti semula, sedangkan tetap mempertahankan setelan pengguna terhadap aplikasinya.
  • Hapus Data
    Langkah ini biasanya dilakukan untuk menghapus segalanya tentang data pada aplikasi mulai dari informasi login, basis data, cookies, cache dan lainnya. Jika datanya dihapus, maka bisa mengubah setelan aplikasinya ke posisi awal dan wajib dilakukan kalau apps mengalami error atau masalah lain.

Mengapa Cache Hapus Dibersihkan Setiap Hari?

Cache mempunyai andil cukup besar untuk memudahkan aplikasi maupun website supaya bisa bekerja lebih cepat dan stabil. Walaupun demikian, keberadaannya sendiri tidak dianjurkan untuk dibiarkan sampai menumpuk. Jadi, kamu harus membersihkannya secara berkala sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Cache sendiri bisa menimbulkan corrupt, di mana virus mampu mengunduh dirinya sendiri pada data sampah browser, kemudian bisa merusak ponselmu. File ini sebaiknya dihapus paling tidak sepekan bahkan sehari sekali demi kesehatan HP mu.

Terkait:  Cara Menghapus Cache di HP Vivo dengan Mudah

Cara Membersihkan Cache di HP Vivo

Cara Membersihkan Cache di HP Vivo
Cara Membersihkan Cache di HP Vivo

Barangkali kamu tidak tahu cara membersihkan cache di HP Vivo dengan cepat dan mudah, kamu bakal menemukan jawabannya melalui artikel ini.

Pengguna Vivo atau smartphone lain sekarang tidak perlu khawatir mengalami kesulitan karena sulit menghapus semua file cache di HP nya. Siapapun bisa menggunakan fitur bawaan atau aplikasi guna membersihkannya, lho.

Semuanya aman dan tidak akan merusak smartphone, sehingga kamu dapat mengaksesnya berulang kali untuk menghilangkan file cache yang membuat kinerja ponsel menjadi lemot.

Cara Membersihkan Cache di HP Vivo Lewat Pengaturan

Kamu bisa melakukan cara membersihkan cache di HP Vivo dengan beragam metode sederhana, salah satunya tanpa aplikasi. Pengguna Vivo cukup membuka menu Setelan untuk menghapus semua file cache yang tersimpan di dalamnya. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting melalui HP Vivo kamu.
  • Pilih menu Aplikasi dan Notifikasi atau Application and Notification.
  • Kemudian, muncul daftar aplikasi yang terpasang pada HP Vivo kamu.
  • Cari salah satu aplikasi yang file cache nya ingin dihapus, misalnya Instagram.
  • Klik Info Aplikasi atau Application Info pada aplikasi yang sudah dipilih.
  • Pilih menu Penyimpanan dan Cache atau Storage and Cache.
  • Klik Hapus Cache atau Clear Cache.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi kalau file cache pada aplikasinya sudah terhapus.

Cara Membersihkan Cache di HP Vivo Lewat Browser

Jika ingin meningkatkan kinerja dan performa HP Vivo, semua data sampah pada browser juga bisa dihapus secara keseluruhan. Kalau kamu tidak tahu prosedurnya, simak cara membersihkan cache di HP Vivo via browser sebagai berikut:

  • Buka Google Chrome sebagai browser default melalui HP Vivo kamu.
  • Jika sudah terbuka, tekan icon titik tiga yang berada di samping kanan atas.
  • Pilih menu Riwayat atau History.
  • Klik Hapus Browse atau Clear Browsing dan tekan tombol tersebut selama 3-5 detik.
  • Kemudian, tentukan jangka waktu penghapusan data dan kunjungannya, mulai dari satu jam sampai semua jangka waktu.
  • Pilih menu Hapus Data atau Clear Data.
  • Klik Hapus atau Delete/Clear.
  • Terakhir, ikuti langkah selanjutnya sampai semua file cache dan data (cookies, riwayat pencarian sampai data website) sudah terhapus secara otomatis.
Terkait:  Cara Membersihkan Cache di HP Xiaomi

Cara Hapus Cache di HP Vivo Lewat Aplikasi iManager

iManager adalah aplikasi bawaan pada HP Vivo yang tidak bisa dihapus alias uninstall. Aplikasi ini berguna untuk memindai sekaligus menganalisa sistem yang terjadi di HP Vivo. Selain itu, kamu juga bisa melakukan cara hapus cache di HP Vivo melalui aplikasi iManager di bawah ini:

  • Pertama, buka iManager melalui HP Vivo kamu.
  • Silakan tunggu beberapa saat hingga perangkat sedang dioptimalkan.
  • Lakukan hal yang sama dengan menekan tombol Status Optimal guna memindai data lainnya pada HP Vivo.
  • Pilih menu Pembersihan Ruang atau Clear Storage.
  • Klik Bersihkan Semua atau Clear All.
  • Terakhir, ikuti instruksi selanjutnya sampai semua file cache berhasil terhapus pada HP Vivo kamu.

Cara Hapus Cache di HP Vivo Lewat Aplikasi All in One Toolbox

Cache juga bisa dihapus dengan menggunakan aplikasi ketiga, yakni All in One Toolbox. Kalau kamu belum pernah menggunakannya, ikuti panduan menghapus file cache dengan aplikasinya di bawah ini:

  • Download aplikasi All in One Toolbox via Google Play Store.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi All in One Toolbox.
  • Jika aplikasinya sudah terbuka, pilih menu Bersihkan atau Clear.
  • Silakan tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  • Terakhir, klik Bersihkan lagi untuk mengakhiri semua proses pembersihan file cache di HP Vivo.

Demikian panduan lengkap tentang cara membersihkan cache di HP Vivo untuk menjaga performa perangkat tetap kencang setiap hari. Semoga membantu!

Similar Posts