Cara Kunci 4G Realme C15

Cara Kunci 4G Realme C15

Adanya jaringan 4g pada HP Realme khususnya seri c15 tentunya membuat koneksi internet jauh lebih cepat. Kamu bisa melakukan aktivitas download, streaming, atau browsing tanpa kendala. Namun, pada area tertentu yang jarang mendapatkan sinyal 4G, HP kamu akan berubah ke jaringan 3G bahkan 2G. Oleh karena itu, agar jaringan 4G tidak berubah-ubah setiap saat maka kamu perlu untuk mengetahui cara kunci 4g realme c15.

Cara Kunci 4G Realme C15
Cara Kunci 4G Realme C15

Syarat Mengunci Sinyal 4G

Sebelum mengikuti tutorial cara kunci sinyal 4G Realme, kamu harus tahu beberapa syarat agar tidak gagal. Syarat berikut ini tidak hanya diterapkan untuk mengunci 4G di HP Realme, tapi juga HP Android lainnya.

1. HP telah didukung 4G LTE

Untuk seri C15 tentunya telah didukung dengan 4G LTE. Tapi, jika kamu menggunakan cara berikut untuk seri HP yang belum didukung dengan 4G LTE maka bisa dipastikan akan gagal.

2. Sim Card telah didukung 4G LTE

Selain HP, simcard atau kartu SIM yang digunakan juga harus didukung jaringan 4G LTE. Beberapa kartu SIM mungkin jaringannya masih 3G dan belum dilakukan update ke 4G. Untuk mengupdate-nya, kamu bisa kunjungi gerai operator terdekat agar bisa segera diperbaharui.

3. Lokasi mendukung LTE

Syarat yang ketiga adalah pastikan bahwa lokasi tersebut telah didukung jaringan 4G LTE. Karena ada beberapa pelosok daerah yang belum ada jaringan 4G.

Cara Kunci 4G Realme C15

Pada dasarnya cara lock 4g realme C15 dengan seri lain, seperti C12, C11, atau C3 tidak jauh berbeda. Pasalnya, tampilan UI atau antarmuka HP Realme ini hampir mirip. Mengunci sinyal 4G Hp Realme tentunya karena ingin sinyal internet menjadi lebih cepat dan kuat.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Realme Q

Lalu, bagaimana cara mengunci 4G agar jaringan realme c15 tidak lemot? Berikut tutorial selengkapnya

Cara Kunci 4G Realme C15 Lewat Pengaturan

Cara yang pertama ini sangat mudah dilakukan karena cukup dengan mengakses menu Pengaturan di Hp. Meski caranya sangat mudah, tapi tidak sedikit orang yang belum mengerti dan bingung apa saja yang harus diklik. Untuk itu, kamu bisa mengikuti panduan lengkapnya dalam mengunci sinyal 4G Realme berikut ini.

  • Langkah pertama adalah buka HP Realme dan masuk ke menu Pengaturan.
  • Selanjutnya, pilih menu Kartu Sim yang kamu gunakan, apakah kartu Sim 1 atau kartu Sim 2.
  • Lalu, pilih jenis jaringan yang diinginkan. Dikarenakan ingin mengunci jaringan 4G Only, maka kamu pilih opsi Prefered LTE.
  • Apabila tidak tersedia 4G LTE saja, kamu kamu dapat mengaktifkan opsi 2G/3G/4G Otomatis maka kartu SIM kamu akan menangkap sinyal paling tingginya.

Cara Kunci 4G Realme C15 Melalui Kode Dial

Cara selanjutnya yang juga ampuh untuk mengunci sinyal 4G pada Realme C15 tanpa aplikasi adalah melalui kode dial. Kode yang biasanya digunakan adalah *#*#4636#*#*, *#*#3646633#*#*, dan *#0011#. Ketiga kode tersebut dapat kamu coba agar koneksi 4G tetap stabil.

Akan tetapi, kode dial yang paling umum digunakan oleh banyak orang dalam lock 4G adalah *#*#4636#*#*. Tidak hanya HP Realme C15, tapi sebagian besar HP Android menggunakan kode ini untuk mengunci jaringan 4G. Dengan kode ini, kamu dapat mengunci dan mengubah koneksi menjadi LTE Only. Adapun panduan selengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu telepon/ dial dan masukan kode *#*#4636#*#* atau *#0011#.
  • Selanjutnya, pilih menu Informasi telepon1 atau Informasi telepon2 untuk menentukan sim card mana yang ingin di kunci 4G.
  • Pilih opsi LTE Only pada menu Setel Jaringan Yang Disukai, lalu kamu klik menu Jalankan Uji Ping untuk mencobanya.
Terkait:  Cara Kunci 4G HP Realme

Jika ada informasi data terkirim atau data diterima, maka proses kunci sinyal 4G sudah sesuai.

Cara Kunci 4G Realme C15 Menggunakan Aplikasi

Cara lain yang juga bisa kamu gunakan untuk mengunci sinyal 4G di HP Realme atau bahkan beberapa HP Android lainnya adalah dengan menginstal aplikasi pihak ketiga. Di Google Playstore terdapat banyak aplikasi untuk mengunci sinyal. Namun, salah satu yang paling banyak digunakan dan recommended adalah Force LTE.

Menggunakan aplikasi Force LTE ini fungsinya tidak berbeda dengan cara sebelumnya hanya saja tidak perlu masuk ke menu Pengaturan atau menggunakan kode dial. Cara ini terbilang lebih praktis tapi harus memasang aplikasi tambahan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa ikuti panduan berikut.

  • Langkah pertama tentunya harus menginstal aplikasi Force LTE di Playstore.
  • Setelah berhasil terpasang, langsung saja buka aplikasi Force LTE.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu pilih opsi Method 1 untuk versi Android 10 ke bawah dan pilih Method 2 untuk Android 11 ke atas.
  • Berikutnya adalah memilih menu Informasi telepon1 atau Informasi telepon2 untuk menentukan sim card mana yang ingin dikunci 4G.
  • Lalu, pilih LTE Only pada menu Setel Jaringan Yang Disukai.
  • Klik tombol Jalankan Uji Ping untuk mencoba menjalankannya.

Jika kamu melihat informasi data diterima atau data terkirim, artinya proses yang dilakukan sudah sesuai.

Keuntungan Mengunci Sinyal 4G

Berikut daftar keuntungan yang akan kamu dapat apabila mengunci sinyal 4G di HP Realme C15 atau lainnya, antara lain:

1. Pemakaian kuota 4G akan lebih maksimal

Sejumlah paket internet hanya bisa digunakan dengan jaringan 4G. Jadi, cukup disayangkan apabila kuotanya tidak digunakan secara maksimal.

Terkait:  Cara Reset Hp Realme C11

2. Streaming video tanpa buffering

Keuntungan lainnya apabila koneksi 4G LTE kamu stabil adalah streaming video di berbagai platform menjadi lebih lancar tanpa putus-putus. Kamu bisa menonton video berkualitas HD tanpa kendala buffering.

3. Main game online jadi lebih Lancar

Koneksi 4G mempunyai ping yang lebih rendah dibandingkan jaringan 3G sehingga bermain game online bisa lebih lancar.

4. Kegiatan download dan upload akan lebih cepat

Selain streaming atau main game, koneksi 4G LTE juga memungkinkan kamu mengunduh dan mengunggah file menjadi lebih cepat.

Kekurangan Mengunci Sinyal 4G

Tentu saja melakukan cara kunci sinyal 4G ada kekurangannya, diantaranya adalah:

1. HP jadi lebih cepat panas dan habis

Apabila HP dipaksa untuk terus terhubung dengan sinyal 4G maka akan membuatnya menjadi lebih cepat panas. Selain itu, baterai HP juga akan boros atau lebih cepat habis.

2. Tidak menerima telepon untuk beberapa pengguna

Kekurangan lain dalam melakukan cara ini adalah beberapa pengguna tidak bisa menerima panggilan telepon. Hal tersebut karena operator seluler yang digunakan belum didukung layanan VoLTE sehingga tidak akan dapat menerima akan melakukan panggilan telepon.

Untuk mengetahui apakah operator seluler telah mendukung VoLTE, maka kamu bisa memeriksanya pada Pengaturan sudahkah muncul fitur VoLTE.

Jika kamu menggunakan Realme C15 hanya untuk sosial media, maka cukup menggunakan pengaturan secara default. Namun, jika kamu gemar bermain game online atau membutuhkan koneksi internet yang stabil, cara ini bisa kamu coba.

Nah, sedangkan untuk mengembalikan jaringan ke pengaturan default, kamu dapat melakukan cara di atas dan pilih LTE/UMTS.

Itulah tutorial lengkap bagaimana cara kunci 4G Realme C15, C25, C21, C17, C15, C12, C11, atau seri yang lain. Semoga membantu!

Similar Posts