Cara Membersihkan Sampah di HP Oppo

File sampah yang sudah menumpuk pada smartphone memang mengakibatkan kinerja perangkat semakin lemot bahkan hang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu ketahui cara membersihkan sampah di HP Oppo kalau menggunakan ponsel tersebut.

Bukan Oppo saja, file tersebut juga bisa merusak performa merk smartphone lainnya, lho. Jadi, jangan heran kalau data sampah yang jarang apalagi tidak pernah dibersihkan akan mengakibatkan perangkat lebih sulit dikendalikan. HP kamu pun dapat kurang merespon terhadap semua perintahmu melalui sentuhan dari touchscreen.

Read More

File sampah memang dianjurkan untuk dihapus secara berkala, paling tidak seminggu bahkan sehari sekali. Akan tetapi, keberadaannya justru memberikan manfaat tersendiri untuk perangkat yang sedang kalian gunakan.

Walaupun demikian, kami tetap menyarankanmu supaya menghapusnya dengan mengikuti cara membersihkan sampah di HP Oppo secara keseluruhan. Gunanya agar ponsel bisa bekerja lebih baik, serta terhindar dari hang atau lemot yang membuatmu tidak nyaman ketika bermain media sosial atau komunikasi setiap hari.

Cara Membersihkan Sampah di HP Oppo
Cara Membersihkan Sampah di HP Oppo

Pengertian Cache

File sampah alias cache merupakan data sementara yang bekerja untuk mempercepat proses booting atau loading ketika membuka aplikasi maupun website dari smartphone.

Cache ini bisa dibilang akan membantumu saat mengakses salah satu di antara keduanya agar prosesnya dapat berjalan lebih cepat. Cara kerja file sampahnya adalah menyimpan data yang pernah diakses penggunanya.

Maka dari itu, perangkat kamu bakal lebih cepat mengakses data maupun informasi karena tidak usah download semua konten aplikasi maupun website ketika melakukannya pertama kali.

Terkait: Cara Membersihkan Sampah di HP Oppo

Fungsi dan Manfaat Cache

File sampah yang mungkin masih tersimpan di HP Oppo kamu ternyata mempunyai fungsi dan manfaat cukup penting, lho. Simak berbagai macam hal tersebut yang wajib kamu tahu di bawah ini:

  • Menghemat Budget Saat Buka Aplikasi dan Website
    Cache mempunyai manfaat penting supaya kamu bisa menekan biaya internet alias kuota data setiap hari. Pasalnya, kamu tidak perlu menunggu lama untuk proses booting terhadap gambar yang muncul dari aplikasi atau website tertentu.

    Kami pastikan kamu hanya perlu waktu sekian detik sampai gambar tersebut benar-benar muncul dengan jelas. Oleh karena itu, kamu bisa membuka foto apapun tanpa takut membuang paket internet terlalu banyak karena file sampah masih tersimpan di ponsel.

  • Mengakses Website Lebih Cepat dari Browser
    File sampah memang dianjurkan untuk dihapus kalau sudah menumpuk. Akan tetapi, keberadaannya sendiri memudahkanmu untuk mengakses situs-situs apa saja lebih cepat dan mudah melalui peramban browser yang biasa digunakan setiap hari.

    Jika kamu menggunakan Google Chrome sebagai default browsernya, kemungkinan besar loadingnya tidak akan lama karena cache nya masih ada dan tersimpan di sana. Jadi, kamu dapat mengakses website apapun tanpa takut lemot terus menerus.

  • Mempercepat Proses Loading Gambar atau Thumbnail
    Jika kamu selalu membuka aplikasi atau website di internet, biasanya akan terlihat gambar maupun thumbnail yang terpasang pada bagian depannya.

    Gambar tersebut berguna untuk menampilkan konsep dari aplikasi atau website yang akan diakses. File sampah atau cache berguna dalam menghemat waktu booting terhadap keduanya, lho.

    Maka dari itu, kamu akan langsung melihat foto dan thumbnail yang terpasang pada halaman utama apps atau situs-situsnya tanpa menunggu lagi.

Cara Membersihkan Sampah di HP Oppo

File sampah memang memberikan manfaat untuk setiap pengguna smartphone. Akan tetapi, kami sarankan kamu menghapusnya guna menambah ruang penyimpanan perangkatnya.

Kamu bisa mengikuti cara membersihkan sampah di HP Oppo yang benar. Penggunanya dapat menggunakan aplikasi atau tidak untuk menghapus semua data tersebut.

Seperti kami sebutkan sebelumnya kalau sampah yang jarang dihapus akan meninggalkan dampak buruk untuk ponsel, seperti lemot dan hang tiba-tiba.

Cara Membersihkan Sampah di HP Oppo via Phone Manager

Phone Manager atau manajer telepon merupakan salah satu fitur bawaan HP Oppo yang menyimpan data sampah cukup banyak, lho.

Kamu harus menghapus file sampah tersebut sehingga kinerja perangkat dapat berjalan lebih cepat setiap hari. Pengguna smartphone Oppo biasanya akan selalu mengelola manajer telepon melalui menu setelan perangkat dari layar utama.

Jika kamu belum pernah melakukannya, ikuti cara membersihkan sampah di HP Oppo via Phone Manager berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Phone Manager melalui HP Oppo kamu.
  • Pilih menu Clean Up Storage atau Bersihkan Penyimpanan pada halaman utamanya.
  • Kemudian, muncul jumlah ukuran sampah yang bisa dibersihkan oleh sistem aplikasi tersebut.
  • Klik Bersihkan atau Clean.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai proses pembersihan file sampah yang tersimpan selesai.

Cara Membersihkan Sampah di HP Oppo via Application Management

File sampah yang menumpuk pada HP Oppo juga bisa dibersihkan melalui manajemen aplikasi. Di sana, kamu bisa melihat semua daftar aplikasi yang sudah terpasang pada smartphone.

Jadi, kamu akan menentukan apps mana saja yang akan dihapus atau sebaliknya. Kalau kamu sudah menentukan pilihannya nanti, aplikasinya harus langsung dihilangkan untuk menambah ruang penyimpanan internal perangkatnya.

Simak cara membersihkan sampah di HP Oppo via Application Management berikut:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Oppo kamu.
  • Pilih menu Setelan Tambahan atau Additional Setting.
  • Klik Manajemen Aplikasi atau Application Management.
  • Berikutnya, muncul daftar aplikasi bawaan atau unduhan yang sudah terpasang pada perangkatnya.
  • Cari dan pilih salah satu aplikasi yang diinginkan, misalnya Instagram.
  • Klik Hapus Cache atau Clear Cache.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi kalau semua file sampah sudah dibersihkan.

Cara Membersihkan Sampah di HP Oppo via Aplikasi All in One Toolbox

Aplikasi All in One Toolbox adalah salah satu tools cleaner yang belakangan ini sedang digunakan banyak orang, khususnya pengguna HP Oppo.

Pasalnya, aplikasi tersebut memudahkanmu dalam menghapus semua file sampah yang tersimpan dalam perangkat. Kamu tidak perlu menghabiskan kuota data banyak untuk download dan menggunakannya setiap hari, lho.

Penasaran, kan? Simak cara membersihkan sampah di HP Oppo via aplikasi All in One Toolbox berikut:

  • Download aplikasi All in One Toolbox melalui Google Play Store secara gratis.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi All in One Toolxbox.
  • Kalau aplikasinya sudah terpasang dan terbuka, muncul menu pop-up dan tekan tombol Izinkan atau Allow untuk mengizinkan sistem aplikasi menggunakannya pada perangkat.
  • Pilih menu Bersihkan atau Clean.
  • Silakan tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian selesai.
  • Klik Bersihkan lagi yang berada di bagian bawah.\
  • Terakhir, ikuti langkah selanjutnya sampai semua file sampah sudah terhapus secara keseluruhan.

Demikian informasi lengkap tentang cara membersihkan sampah di HP Oppo untuk meningkatkan performa perangkatnya supaya lebih kencang dan bisa tetap ngebut setiap hari. Gunakan salah satu tutorial dari kami di atas kalau ponselmu tiba-tiba lemot atau hang karena memori internalnya hampir penuh.

Related posts