Cara Membersihkan Speaker HP Realme

Realme merupakan salah satu vendor smartphone Android yang memiliki beragam fitur menarik untuk penggunanya, termasuk speaker guna menghasilkan suara jernih dan enak didengar. Tapi, penggunanya belum tahu kalau cara membersihkan speaker HP Realme sangat mudah.

Speaker adalah salah satu fitur penting untuk memudahkanmu dalam mendengar suara yang berasal dari panggilan suara, voice note, dan lainnya. Jika speaker bermasalah, tentu saja kamu akan sulit tahu tentang informasi yang dihasilkan dari smartphone, khususnya berupa suara fisik.

Jika kamu sering mendengarkan musik atau melakukan panggilan telepon biasa tentu saja fitur speaker tidak pernah berhenti digunakan setiap hari. Oleh karena itu, kalian harus cek cara membersihkan speaker HP Realme supaya bisa menghasilkan suara yang jernih saat dipakai.

Tak bisa dimungkiri kalau proses pembersihannya terbilang simple, lho. Kamu hanya perlu peralatan sederhana untuk memastikan kalau komponen tersebut selalu bersih setiap hari. Selain itu, durasi waktu yang dibutuhkan pun kurang dari 10 menit saja agar speakernya dapat bersih maksimal.

Cara Membersihkan Speaker HP Realme
Cara Membersihkan Speaker HP Realme

Apakah Speaker HP Realme Harus Dibersihkan Rutin?

Kamu pasti bingung apakah speaker HP Realme harus rutin dibersihkan atau tidak. Jika diperhatikan, smartphone merk apapun pasti akan selalu kotor kalau tidak pernah diperhatikan kebersihannya.

Tak hanya itu, tampilannya akan kusam jika kamu jarang membersihkan kotoran yang menempel. HP Realme bukan sekadar diperhatikan kebersihan body nya, tapi juga speaker di mana fungsi utamanya untuk menghasilkan suara dari semua sumbernya.

Kamu bisa menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di sela-selanya paling tidak sepekan sekali agar kualitas suara yang dihasilkan tetap jernih.

Terkait:  Cara Reset Hp Realme C11

Cara Menjaga Speaker HP Supaya Tidak Cepat Rusak

Jika kamu sering mendengarkan musik atau melakukan panggilan telepon setiap hari, kemungkinan besar fungsi speaker tidak akan berjalan normal kalau dijalankan terus menerus. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan hal-hal sederhana di bawah ini:

– Menggunakan case ponsel yang berkualitas supaya debu dan kotoran tidak bisa menempel sampai ke dalam sela-sela speaker.

– Membiarkan ponsel terkena debu ketika berada di luar. Langkah sederhana untuk mengatasinya adalah menggunakan kain kecil untuk menjangkau sela-sela lubang speaker supaya bisa dibersihkan dengan mudah.

Cara Membersihkan Speaker HP Realme

Barangkali kamu masih belum tahu kalau cara membersihkan speaker HP Realme bisa dilakukan dengan cepat dan praktis. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal banyak untuk membuat bagian ponsel tersebut tetap bersih dan tahan lama.

Speaker memang menjadi bagian penting dari suatu smartphone, sedangkan fungsinya penting dan tidak boleh disepelekan. Jika kamu menggunakan HP Realme, sebaiknya ikuti pembahasan artikel ini agar bagian tersebut dapat bekerja dengan baik dan tidak cepat rusak.

Cara Membersihkan Speaker HP Realme dengan Selotip

Selotip biasanya digunakan untuk merekatkan suatu benda satu sama lain. Namun, alat ini juga bisa dimanfaatkan guna membersihkan speaker ponsel, lho. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Menyiapkan Selotip
    Langkah awal yang merupakan cara membersihkan speaker HP Realme adalah menyiapkan selotip nya terlebih dulu. Daya rekatnya yang tinggi membuatmu bisa mengangkat semua debu dan kotoran yang menempel pada sela-sela lubang speaker dengan mudah.

    Kami anjurkan gunakan selotip berukuran kecil agar dapat menjangkau semua lubang speaker, serta tidak mengganggu kenyamananmu.

  • Menempelkan Selotip
    Jika selotipnya sudah disiapkan, maka bisa langsung menempelkannya ke bagian atas speaker HP Realme. Kamu harus pastikan kalau setiap permukaan lubang speaker sudah tertutup dan menempel ke selotipnya. Tujuannya agar semua partikel kotoran yang terdapat di dalamnya benar-benar merekat dengan sempurna.
  • Mengulangi Berulang Kali
    Cara membersihkan speaker HP Realme dengan selotip ternyata tidak bisa dilakukan sekali saja. Kamu harus melakukannya paling tidak dua atau tiga kali, lho.

    Walaupun memiliki daya rekat cukup tinggi, tapi selotip tidak serta merta memudahkanmu dalam mengangkat debu dan kotoran yang menempel pada sela-sela lubang speaker dalam sekejap.

  • Mengangkat Kotoran ke Speaker Lain
    HP Realme bukan hanya mempunyai satu lubang speaker saja. Kamu harus membersihkan debu dan kotoran yang menempel dengan merekatkan selotip ke bagian lainnya.

    Lakukan sebanyak dua atau tiga kali agar partikel yang susah dibersihkan dapat hilang dengan sempurna. Jadi, speaker bisa bekerja maksimal untuk menghasilkan suara lebih jelas dan jernih.

Cara Membersihkan Speaker HP Realme dengan Sikat Gigi

Secara umum sikat gigi selalu dipakai untuk menghilangkan kotoran yang menempel di mulut. Tapi, kamu bisa mencoba cara membersihkan speaker HP Realme dengan sikat gigi sebagai berikut:

  • Mencuci Tangan
    Cara membersihkan speaker HP Realme dengan sikat gigi yang harus dilakukan adalah mencuci tangan terlebih dulu. Pasalnya, debu adalah partikel kecil tak terlihat yang bisa saja berasal dari tangan dan menempel di bulu sikat gigi. Jadi, bersihkan tanganmu dan keringkan dengan menggunakan lap kering.
  • Matikan Perangkat
    Jika tanganmu sudah dicuci sampai bersih, matikan perangkatnya agar proses pembersihan speaker dapat berjalan lancar. Selain itu, tujuannya demi mencegah korsleting yang tentu saja berdampak buruk terhadap HP Realme, salah satunya adalah tidak bisa dihidupkan dan mati total.
  • Membersihkan Speaker
    Langkah selanjutnya adalah membersihkan seluruh lubang speaker dengan menggunakan sikat gigi bersih. Gunakan alat tersebut yang memiliki bulu halus dan lembut, sehingga debu dan partikel kotoran dapat terangkat sempurna. Lakukan pelan-pelan dan pastikan dibersihkan dari satu arah saja.
  • Menyikat Bagian Port Speaker
    Kamu juga perlu menyikat bagian port speaker dengan perlahan, sehingga tidak dapat merusak speaker ketika sedang digunakan. Jika ingin membersihkannya dari debu dan kotoran yang susah hilang, sikat dengan lembut supaya kotorannya tidak masuk terlalu dalam ke permukaan speaker.
  • Mengeringkan dengan Lap Bersih
    Cara membersihkan speaker HP Realme dengan sikat gigi terakhir adalah mengeringkannya dengan lap bersih. Debu memang selalu bertebaran kemana-mana, maka kamu bisa mengatasinya pakai lap kering agar kotoran yang baru saja dibersihkan tidak dapat masuk lagi ke bagian dalam speaker.

Cara Membersihkan Speaker HP Realme dengan Lap Kain

Lap kain bersih dan kering juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada speaker HP Realme. Berikut panduan pembersihan speakernya yang wajib kamu tahu, yakni:

  • Membuka Case HP
    Cara membersihkan speaker HP Realme dengan lap kain pertama adalah membuka case perangkat terlebih dulu. Tujuannya agar kamu dapat menghilangkan semua debu dan kotoran yang membandel dan susah dibersihkan pada bagian tersebut.
  • Mengusap Speaker Sampai Bersih
    Jika case ponselnya sudah dilepas, cara membersihkan speaker HP Realme berikutnya adalah mengusap bagian tersebut secara perlahan sampai bersih. Jangan digosok terlalu keras demi mencegah kerusakan internal pada speaker, serta debu dan kotoran akan susah hilang kalau diusap sangat kencang.

Demikian panduan lengkap tentang cara membersihkan speaker HP Realme yang benar dan mudah untuk kalian coba. Jika bagian tersebut benar-benar kotor dan susah dibersihkan, maka kamu bisa menggunakan salah satu tutorial kami di atas. Semoga membantu!

Rate this post

Related posts