Cara Merekam Layar Hp Oppo A37

Cara merekam layar hp Oppo A37 sangatlah mudah. Kamu hanya tinggal mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam artikel ini.

Merekam layar atau screen recorder adalah merekam aktivitas di hp dalam bentuk video. Biasanya seseorang merekam layar aktivitas mereka di hp untuk merekam saat sedang bermain game, merekam tutorial di dalam hp, merekam percakapan dan  lain sebagainya.

Di era digital ini, aktivitas merekam layar bukanlah sesuatu yang sulit. Kamu bisa melakukannya dengan berbagai metode yang mudah. Pada dasarnya, merekam layar sama kurang lebih sama dengan screenshoot. Yang membedakan adalah hasil dari merekam layar berupa video, sementara screenshoot berupa gambar.

Bagi kamu pengguna hp dengan merek Oppo khususnya Oppo A37, untuk merekam layar bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan fitur bawaan atau tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi.

Hp Oppo A37 yang dirilis pada tahun 2006 juga dibekali dengan chipset Snapdragon 410 (28 nm) dan Qualcomm MSM 8916. Hp ini juga memiliki prosesor inti Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 dengan sistem operasi berbasis Android 5.1 (Lollipop), ColorOS 3, menjadikan smartphone ini bisa membuka beberapa aplikasi ringan secara mulus.

Hp Oppo dengan tipe A37 hadir dengan sistem ColorOS di dalamnya yang menjadi andalah dari Hp Oppo A37. Salah satu di antaranya juga termasuk Screen Recording, yang bisa memudahkan kamu untuk merekam aktivitas pada layar hp kamu.

Ketika merekam layar, kita harus memperhatikan bagaimana cara merekam layar hp Oppo A37, baik itu dengan suara atau tanpa suara.

Lalu, bagaimana cara merekam layar di hp Oppo A37? Simak cara-cara di bawah ini.

Daftar Isi

Terkait:  Cara Menambahkan Font di Picsay Pro

Cara Merekam Layar Hp Oppo A37

Cara Merekam Layar Hp Oppo A37
Cara Merekam Layar Hp Oppo A37

Cara merekam layar hp oppo A37 bisa kamu lakukan dengan beberapa cara. Untuk kamu yang ingin merekam layar untuk membuat video game atau video tutorial, silakan ikuti cara-cara di bawah ini.

Cara Merekam Layar Hp Oppo A37 Menggunakan Fitur Bawaan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk merekam layar adalah dengan menggunakan fitur bawaan dari hp Oppo itu sendiri.  Sehingga kamu tidak perlu lagi mengunduh aplikasi tambahan.

Cara merekam layarnya pun cukup mudah. Pertama kamu harus mengusap Status Bar atau Panel Cepat dari atas ke bawah. Cara selanjutnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Jika status bar sudah muncul, nantinya kamu akan melihat menu yang berisi fitur-fitur dari hp tersebut
  • Cari dan pilihlah logo yang bertuliskan Rekam Layar
  • Kemudian tekan tombol merah untuk mulai merekam layar
  • Silakan rekam layar sesuai dengan kebutuhanmu

Jika sudah selesai merekam, kamu tinggal tekan kembali  toombo merah untuk menghentikan perekaman. Hasil dari perekaman tersebut secara otomatis tersimpan ke galeri kamu. Kamu pun telah berhasil merekam layar tanpa aplikasi.

Namun, jika mungkin kamu tidak menemukan fitur perekam layar bawaan di Oppo A37 kamu, coba periksa pembaruan pada OS atau versi pembaruan perangkat, karena biasanya versi lama dari OS Oppo A37 belum mendapatkan update berupa fitur prekam bawaan.

Cara Merekam Layar Hp Oppo A37 Menggunakan Aplikasi

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk merekam layar di hp Oppo A37 selain tanpa aplikasi, kamu juga bisa merekam layar dengan menggunakan aplikasi.

Aplikasi yang digunakan ada beragam yang tersedia di Play Store, seperti X Recorder, AZ Recorder, Superscreen Recorder, Fenix REcorder, dan lain sebagainya.

Terkait:  Cara Ngereset HP Vivo

Namun, di sini admin akan menjelaskan cara merekam layar di hp Oppo A37 menggunakan aplikasi X Recorder dan aplikasi AZ Recorder.

Cara Merekam Layar Hp Oppo A37 Menggunakan Aplikasi X Recorder

Aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar di hp Oppo A37 adalah aplikasi X Recorder. Aplikasi ini bisa kamu manfaatkan untuk merekam layar sama seperti merekam layar dengan menggunakan fitur bawaan dari Oppo.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk merekam layar menggunakan aplikasi X Recorder.

  • Unduh aplikasi XRecorder di Play Store
  • Kemudian instal dan buka aplikasi tersebut
  • Di tampilan utama, kamu akan diminta untuk memberikan izin akses untuk menampilkan di atas aplikasi lain
  • Kemudian, secara otomatis aplikasi tersebut menampilkan shortcut
  • Kamu bisa mulai merekam dengan mengklik ikon dengan gambar video
  • Dan kamu berhasil merekam layar

Jika kamu sudah selesai merekam layar, untuk menghentikannya silakan kamu tekan tombol Stop. Secara otomatis video hasil dari rekaman layarmu tersimpan di galeri. Kalian juga bisa mengedit hasilnya melalui aplikasi tersebut.

Cara Merekam Layar Hp Oppo A37 Menggunakan Aplikasi AZ Screen Recorder

Selanjutnya aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar di hp Oppo A37 adalah AZ Screen Recorder. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar.

  • Unduh aplikasi AZ Screen Recorder di Play Store
  • Lalu instal dan buka aplikasi tersebut
  • Di halaman awal kamu akan melihat beberapa ikon bulat dengan pilihan untuk merekam, live streaming, dan sebagainya
  • Pilih Opsi Record, lalu kamu akan diminta untuk mengonfirmasi perekaman layar
  • Proses rekaman pun dimulai
  • Jika kamu ingin menghentikan rekam layar, kamu bisa usap layar dari atas ke bawah dan klik tombol Stop di notofikasi

Untuk melihat hasil rekamanmu, kamu bisa buka galeri hp mu, karena hasil rekamanmu secara otomatis tersimpan di galeri. Jangan lupa untuk menyiapkan memori yang cukup sebelum mulai merekam layar.

Terkait:  Cara Mengatasi HP Bootloop

Cara Merekam Layar Hp Oppo A37 Menggunakan Aplikasi Super Screen Recorder

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar di hp Oppo A37 adalah Super Screen Recorder. Berikut langkah-langkah untuk merekam layar.

  • Unduh aplikasi Super Screen Recorder di Play Store
  • Kemudian instal dan buka aplikasi tersebut
  • Lalu klik ikon yang muncul di layar hp mu
  • Selanjutnya akan mucul opsi, klik ikon Record untuk memulai merekam layar
  • Kemudian, klik pengaturan
  • Lalu ubah ke mode tangkapan layar

Proses merekam pun selesai. Untuk menghentikan perekaman kamu bisa klik tombol Stop. Hasil dari rekaman layar akan otomatis tersimpan di galeri hp mu.

Selain itu, kamu bisa menambahkan teks, logo dan bisa mengambil screenshot saat layar sedang direkam. Namun, aplikasi ini tidak memiliki dukungan untuk merekam suara internal di device kita.

Cara Merekam Layar HP Oppo A37 Menggunakan Aplikasi Mobizen

Dan aplikasi terakhir yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar pada ponsel Oppo A37 adalah dengan menggunakan aplikasi Mobizen. Aplikasi ini cukup terkenal dan banyak digunakan pengguna ponsel untuk melakukan perekaman pada layar ponsel mereka.

Dan untuk caranya juga tak terlalu sulit kok.

  1. Silakan download aplikasi Mobizen melalui Google Play Store
  2. Setelah itu tunggu sampai proses installasinya selesai
  3. Jika sudah, kamu bisa langsung membuka aplikasi Mobizen dan memberikan perizinan yang dibutuhkan
  4. Dan setelah itu kamu bisa langsung mengklik pada tombol record untuk melakukan perekaman baik pada layar ataupun screen game kalian.

Perlu diperhatikan ketika menggunakan aplikasi ini, pastikan kamu juga melakukan pengaturan untuk ukuran video, bitrate dan juga FPS agar mendapatkan hasil rekaman layar yang maksimal.

Kesimpulan

Itulah cara merekam layar hp Oppo A37 dengan beberapa cara yang bisa kamu ikuti. Silakan sesuaikan dengan cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related posts