Cara Memperbarui Versi Android Oppo

Bagaimana cara memperbarui versi Android Oppo? Jika kamu tidak tahu soal itu, maka kami bisa membantumu untuk menjawab pertanyaan tersebut. Pembaruan perangkat lunak atau software pada smartphone memang penting supaya perangkat bisa bekerja dengan lancar.

Pembaruan tersebut memberikan patch dan sistem keamanan lebih baik dan perbaikan bug terhadap HP Oppo kalian. Jadi, pengoptimalannya akan berjalan lebih efektif dan signifikan berkat OS terbaru dibandingkan versi sebelumnya yang belum terlalu optimal.

Pada HP Oppo terbaru, versi Android terkini yaitu UI ColorOS sesuai dengan software Android 10 selalu berjalan lebih baik dan efektif dibandingkan versi UI lebih lawas. Pembaruan UI ColorOS terhadap smartphone Oppo selalu menyesuaikan dengan update Android 10 terbaru.

Pengguna HP Oppo semua tipe, apalagi model masa kini sebaiknya mengetahui cara memperbarui versi Android Oppo. Selain itu, kalau software nya sudah ditingkatkan maka perangkat bisa berfungsi lebih baik dan lancar ketika digunakan untuk komunikasi atau sekadar media sosial.

Cara Memperbarui Versi Android Oppo
Cara Memperbarui Versi Android Oppo

Sekilas tentang ColorOS di HP Oppo

ColorOS merupakan sebuah layanan yang terdapat pada fitur smartphone, serta berfungsi melakukan pembaruan sistem operasi (OS) ponsel. Di PC, OS tersebut biasanya dikenal dengan nama Windows 7, 8, dan 10.

Untuk smartphone sendiri biasanya setiap ColorOS mempunyai versinya masing-masing. ColorOS memberikan suatu pengalaman berbeda yang menakjubkan.

Jika kamu sudah upgrade OS Android nya, tampilan yang dihasilkan pun bakal lebih lembut dan penempatan icon aplikasinya semakin keren, lho.

Apakah Semua Smartphone Mendukung Update ColorOS?

Secara umum setiap smartphone mempunyai fitur yang menunjang proses update ColorOS. Beberapa HP Oppo yang mendukung OS tersebut antara lain F1S, A5S, A3S, A12, F5, A57, Reno 5, dan sebagainya.

Terkait:  Cara Memperkuat Sinyal Smartfren

Walaupun demikian, perbedaannya terletak pada kecepatan alias pengaksesannya. Jika kamu menggunakan HP Oppo versi lawas, proses download firmware ColorOS pun akan memakan waktu yang lama.

Setiap ponsel Oppo biasanya selalu menemukan fitur untuk memperbarui OS Android tersebut melalui menu setelan di perbaruan software. Kamu akan melihat pemberitahuan kalau belum di update.

Apa yang Harus Disiapkan Ketika Download Firmware HP Oppo?

Jika kamu menggunakan salah satu tipe HP Oppo yang sudah kami sebutkan sebelumnya, apalagi model baru maka bisa menyiapkan beberapa hal sebelum download firmware untuk OS Android terbaru sebagai berikut:

  • Mencadangkan Data Pribadi
    Jika tidak ingin mengalami masalah atau risiko cukup serius ketika memperbarui OS Android pada HP Oppo, sebaiknya kamu mencadangkan semua data pribadi sebelum pembaruan ColorOS dimulai. Tak hanya itu, kamu harus memilih lokasi penyimpanan data dan file nya yang aman.

    Kami anjurkan kamu  menggunakan tools storage atau aplikasi simpan file terbaik untuk menjaga semuanya tetap dirahasiakan. Gunakan Google Drive, PCloud, DropBox, dan lainnya sebagai media penyimpanannya.

  • Memeriksa Fitur pada ColorOS
    Kamu harus memeriksa seputar sistem pembaruan perangkat lunak firmware HP Oppo yang sedang digunakan. Secara umum bakal terlihat apakah fitur yang disajikan ketika kalian akan memperbarui ColorOS tersebut.

    Jangan sampai kamu hanya sekadar melakukan update terhadap OS Android nya saja, namun tidak memperhatikan fitur dan sistem keamanannya. Fungsinya agar dapat menjaga semua data perangkat tetap terjaga, serta memaksimalkan kinerja ponsel saat sudah ditingkatkan.

  • Mengecek Baterai Perangkat
    Baterai punya peran cukup penting ketika kamu akan memperbarui versi Android pada smartphone Oppo. Walaupun sepele, tapi sangat dianjurkan kalau ponsel yang sedang kamu gunakan masih tergolong lawas. B

    Baterai yang kurang mumpuni bakal mengakibatkan performa perangkat semakin lambat untuk download firmware nya. Selain itu, ketika proses pemasangan sedang berlangsung bakal membuat HP Oppo lebih cepat panas dan kemungkinan besar perangkat akan mati.

  • Memeriksa Kuota Data
    Pada dasarnya kalau setiap pembaruan ColorOS pada smartphone Oppo mempunyai ukuran file bervariasi, mulai dari 1 GB, 3 GB, dan sebagainya.

    Oleh sebab itu, kalian harus memeriksa kuota yang tersisa untuk memastikan kalau kapasitasnya sesuai dengan jumlah data unduhannya.

    Kecepatan internetnya pun perlu diperhatikan, lho. Pasalnya, setiap orang pasti ingin mengunduh ColorOS terbaru dengan kencang, pastikan sinyal 4G LTE harus selalu terkunci.

Kelebihan dan Kelemahan Update Versi Android Oppo

Jika kalian sudah memperbarui versi Android pada smartphone Oppo, biasanya akan merasakan langsung mengenai update tersebut, baik layanan dan tampilan sekarang dengan sebelumnya.

Kalau ColorOS sudah diperbarui ke versi sekarang, kelebihannya adalah display nya tampak halus dengan tambahan efek animasi tertentu.

Tak hanya itu, akses layanannya semakin kencang dari biasanya dan mendukung proses download untuk beberapa aplikasi, sehingga kamu dapat mengunduh apps yang diinginkan.

Sementara itu, kelemahannya sendiri adalah kalau kamu sudah memperbarui OS Android ke versi lebih baru, biasanya terdapat beberapa hal yang wajib di otomatisasi lagi.

Kamu mungkin perlu membuka akses perizinan untuk perangkat tertentu seperti kamera, pesan dan layanan lain. Kami bisa menyimpulkan kalau langkah ini sama seperti refresh layanannya.

Jadi, kamu perlu mengatur ulang sebagian besar hal tersebut. Meski begitu, pembaruan versi Android ponsel Oppo tetap dianjurkan untuk pemiliknya masing-masing.

Cara Memperbarui Versi Android Oppo

Beberapa orang pasti tidak tahu cara memperbarui versi Android Oppo untuk menikmati layanan lebih keren dan menarik. HP Oppo terbaru sesuai dengan tipe yang sudah kami sebutkan sebelumnya bisa memperbarui OS perangkatnya untuk merasakan keutamaan tersebut.

Kamu tidak perlu menghabiskan waktu lama guna mendapatkan fitur-fitur lebih canggih dengan tata letak icon yang rapi. Sebab, prosesnya terbilang singkat sehingga kamu dapat memaksimalkan pemakaian HP Oppo dengan OS Android terbaru.

Cara Memperbarui Versi Android Oppo

Jika kamu bertanya berapa lama durasi update OS Android HP Oppo versi terbaru, maka bisa dipastikan kalau jangka waktu yang dibutuhkan tidak lebih dari 10 menit.

Meski begitu, semuanya tergantung pada penggunaan kuota dan kecepatan internet masing-masing. Kami pastikan kamu bisa langsung menikmati semua fitur beserta layanannya kalau sistem operasinya sudah diperbarui.

Simak cara memperbarui versi Android Oppo sekaligus install dan download firmware nya di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Oppo kalian.
  • Pilih menu Pembaruan Perangkat Lunak atau Update Software di bagian bawah.
  • Sebelum proses download dimulai, pastikan kalian sudah tahu semua fitur yang tersedia.
  • Jika sudah tahu dan yakin, klik Unduh Sekarang atau Download Now.
  • Klik Lanjut Mengunduh atau Continue Download untuk konfirmasi.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat hingga proses download berhasil.
  • Pilih menu Perbarui Sekarang atau Update Now.
  • Lakukan verifikasi dengan memakai password atau PIN HP Oppo kalian.
  • Silakan menunggu untuk melakukan pembaruan perangkat pada ponselnya.
  • HP Oppo akan melakukan restart secara manual.
  • Terakhir, HP Oppo sudah bisa digunakan dengan ColorOS atau OS Android versi terbaru.

Demikian tutorial mengenai cara memperbarui versi Android Oppo beserta kelebihan dan kelemahannya yang wajib kamu tahu. Semoga membantu!

Related posts