Cara Melacak HP iPhone yang Hilang

Apakah kamu adalah pengguna HP iPhone? Apakah saat ini kamu sedang mencari cara melacak HP iPhone yang hilang? Simak artikel ini hingga selesai untuk dapat informasi lengkapnya.

IPhone sebagai salah satu merek ponsel mewah dengan harga diatas rata-rata yang menjadi pilihan masyarakat di Indonesia ternyata tetap unggul dalam sistem keamanan. Salah satu alasan mengapa ponsel keluaran Apple ini memiliki harga tinggi adalah tingginya biaya riset dan pengembangan produk seiap tahunnya. Selain itu juga Apple membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk melakukan penelitiannya.

Read More

Apple menggunakan sistem operasi eksklusif bernama iOS yang dirancang khusus hanya untuk digunakan di produk iPhone dari Apple Inc. Bisa dikatakan bahwa iPhone adalah teknologi smartphone sempurna di jaman ini. Dengan adanya label “mewah” dan “sempurna” pada iPhone, seringkali menjadikan ponsel ini sebagai target pencurian.

Lalu apakah ada cara melacak yang bisa dilakukan jika HP iPhone milikmu hilang? Jawabannya tentu saja ada. IPhone dilengkapi sistem keamanan data serta fitur deteksi yang dapat menunjukkan kepada penggunanya dimana ponsel tersebut berada. Namun sebelum itu, lakukan beberapa langkah berikut supaya data di iPhonemu tetap aman.

Tips Pencegahan Data Saat iPhone Hilang

Jika kamu sudah menyadari bahwa iPhone milikmu hilang, segera tandai perangkatmu sebagai hilang. Kunci perangkat Apple dari jarak jauh dengan kode sandi untuk menjaga keamanan informasi. Langkah ini juga akan menonaktifkan Apple Pay di perangkat yang hilang. Setelah itu, laporkan perangkat yang hilang kepada pihak berwajib jika memang diperlukan, misalnya iPhonemu jelas dicuri oleh seseorang.

Terkait:  Cara Download Video Instagram di iPhone

Dengan melaporkan kehilangan ini kepada pihak berwajib, maka tindakan jahat yang mungkin saja terjadi di iPhone yang hilang akan dilacak oleh pihak berwajib. Cara lain untuk mencegah data hilang adalah dengan menghapus perangkat Apple dari jarak jauh.

Setelah mengetahui tips pencegahan data saat iPhone hilang, berikut ini beberapa rekomendasi cara melacak HP iPhone yang hilang.

Cara Melacak HP IPhone yang Hilang

Cara Melacak HP IPhone yang Hilang
Cara Melacak HP IPhone yang Hilang

Pelacakan iPhone yang hilang bisa dilakukan dengan beberapa cara sesuai kondisi HP terakhir kali berada. Jika iPhone hilang dalam keadaan masih menyala dan data internet aktif, maka iPhone akan lebih mudah ditemukan. Namun jika kondisi iPhonemu sebelum hilang dalam keadaan mati, maka pelacakan lokasi terkini tidak akan semudah saat iPhone dalam kondisi menyala. Meski begitu, proses pelacakan lokasi iPhone masih bisa dilakukan.

Ikuti metode di bawah ini untuk melacak HP iPhone yang hilang disaat dalam kondisi mati dan menyala.

Melacak HP IPhone yang Hilang via Fitur Find My IPhone

Cara pertama yaitu dengan menggunakan bantuan GPS. IPhonemu yang berada dalam kondisi ON saat hilang masih tetap menjalankan fitur GPS di perangkatnya. Oleh karena itu kamu masih bisa mengaksesnya menggunakan device lain. Berikut ini cara melacak HP Iphone yang hilang menggunakan fitur find my phone.

  • Kunjungi situs https://www.icloud.com/find.
  • Masukkan Apple ID dan password.
  • Selanjutnya fitur Find My iPhone akan menampilkan keadaan ponsel. Apakah ponsel berada di kondisi mati total atau hanya offline.
  • Jika kondisi ponsel aktif atau hanya offline, segera klik Action.
  • Notifikasi GPS akan menunjukkan lokasi keberadaan iPhone secara otomatis.
  • Pilih Play Sound supaya ponsel mengeluarkan suara.
  • IPhone yang hilang di tempat dengan sinyal lemah akan membuat GPS menunjukkan titik terakhir kali ketika ponsel masih berada di tempat dengan sinyal kuat.
  • Jika iPhone hilang karena dicuri dan masih dalam area yang memiliki sinyal, kamu bisa memilih mode hilang (lost mode).
  • Mengaktifkan mode hilang akan membuat ponsel terkunci dan tidak bisa diatur ulang tanpa kode kunci yang sudah ditetapkan sebelumnya.
  • Perubahan lokasi ponsel juga dapat diakses jika ponsel dibawa ke tempat yang berbeda. Namun jika lokasi iPhone tidak jauh dari tempat kamu berada, iPhone akan mengeluarkan suara.
Terkait:  Cara Melacak IPhone Melalui GPS

Perlu kamu ingat bahwa cara ini hanya berlaku jika fitur find my iphone sudah diaktifkan sebelumnya di Iphone milikmu. Berikut ini cara mengaktifkan fitur my iphone.

  • Buka iPhone.
  • Masuk ke menu Pengaturan di iPhone.
  • Input Apple ID dan Log In.
  • Pilih menu Find My iPhone dan klik Find My iPhone.
  • Centang posisi ON.
  • Geser toggle switch Send Last Location ke posisi aktif.
  • iPhone akan mengirimkan lokasinya ke pihak Apple ketika baterai perangkat sudah sangat lemah dan mendekati mati.
  • Fitur Find My iPhone sudah aktif dan bisa digunakan dalam situasi darurat baik hilang ataupun dicuri.

Melacak HP IPhone yang Hilang via Aplikasi Dropbox

Cara selanjutnya adalah menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, Dropbox. Dropbox adalah layanan penyedia data berbasis web yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc. Dropbox menggunakan sistem penyimpanan berjaringan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi data serta berkas dengan pengguna lain di internet menggunakan sinkronisasi data.

Selain menyimpan data, aplikasi ini ternyata dapat juga digunakan untuk melacak lokasi terakhir iPhone berada. Supaya kamu bisa menggunakan dropbox sebagai alat pelacak, pastikan iPhonemu memiliki aplikasi dropbox di perangkatnya. Ikuti langkah berikut untuk membuat akun dropbox sehingga dapat digunakan untuk mengakses dropbox agar bekerja sebagai fitur pelacak:

  • Buka aplikasi Dropbox
  • Pilih Masuk dengan Apple.
  • Masukkan Apple ID dan Log In.
  • Pilih salah satu pilihan Bagikan Email Sayaatau Sembunyikan Email Saya. Bagikan Email Saya akan membagikan alamat email kamu kepada Dropbox. Sedangkan Sembunyikan Email Saya akan menyembunyikan alamat email kamu dari Dropbox
  • Setelah itu pilih Lanjutkan.
  • Ketuk Lanjutkan untuk kedua kalinya.

Jika ternyata iPhonemu hilang karena dicuri seseorang dan kemudian digunakan, maka seluruh kegiatan yang terdapat pada iPhonemu akan terekam di dropbox. Sebagai contoh, seseorang yang memegang iPhonemu melakukan pengambilan gambar berupa foto. Maka foto secara otomatis akan tersimpan di akun dropbox yang ada di Iphone.

Terkait:  Cara Menghemat Baterai iPhone

Ketika kamu melakukan log in akun dropbox di device lain, maka kamu akan tahu kapan dan dimana foto tersebut diambil. Secara tidak langsung, kamu baru saja melacak dimana terakhir kali iPhonemu yang hilang digunakan oleh pencuri tersebut.

Melacak HP IPhone yang Hilang via Apple Watch

Apakah kamu pengguna Apple Watch? Jam keluaran Apple ini dirancang untuk dapat saling terhubung dengan perangkat lain keluaran Apple. Salah satunya iPhone. Dengan bantuan Bluetooth, Apple Watch dan iPhone dapat terhubung. Namun cara ini hanya bisa digunakan jika jarak antara kedua perangkat tersebut masih dalam jangkauan tertentu.

  • Masuk ke halaman utama Apple Watch.
  • Tekan Crown sekali dan kembali ke halaman depan.
  • Masuk ke Settings.
  • Pilih ikon iPhone yang ada di bagian bawah dan tekan untuk memutar suara di iPhone.
  • Ketukanan yang keluar saat menekan ikon iPhone hanya akan berbunyi satu kali saja. Jadi, pastikan untuk mengetuk beberapa kali hingga kamu menemukan iPhone yang hilang.
  • Jika iPhone masih belum ditemukan, tekan dan tahan ikon Pung iPhone selama beberapa saat. Cara ini akan membuat iPhone menyalakan senternya dan juga suara yang diputar menjadi lebih keras.

Jika ternyata saat Apple Watch digunakan tidak ada tanda-tanda posisi iPhone, maka cobalah untuk berjalan mengitari setiap sisi ruangan sampai akhirnya kamu berada dalam jangkauan Bluetooth.

Demikianlah cara melacak HP Iphone yang hilang. Selamat mencoba dan semoga membantu. Jangan lupa share artikel ini dan sampai juga. Bye.

 

 

 

 

Related posts